Forum > Tenaga Dalam (TD)

Satria Nusantara

<< < (6/8) > >>

CrYPTON:
^
I
I
I
I
I
No Comment ah... soalnya beberapa perguruan lain juga ada yg langsung vakum
sepertinya ada alasan lain.....

f4iz:
Salam,
Tahun 80'an akhir sampe 90'an memang keliatannya Satria Nusantara popular sekali. Ada temen-2x saya pernah ada yg ikutan sampe jadi asisten pelatih. Pas lagi ngobrol-2x mereka bilang SN itu lebih menitik beratkan pada kesehatan/pengobatan bukan pada beladirinya. Jadinya banyak yg ikut untuk memperbaiki kesehatan mereka atau memberi pengobatan. Tapi asik juga sih ngeliat mereka pas praktek. Pernah temen saya tangannya benkak kena pintu, ama anak SN disalurin tenaga dalem langsung kempes bengkaknya. Saya tadinya kirain tenaga dalem untuk beladiri aja ternyata utk pengobatan sama ampuhnya.

--- Quote from: samber gledek on 16/05/2007 14:11 ---Waktu kemarin ke cianjur saya akhirnya punya pemikiran seandainya silat tradisional bisa dikelola secara profesional bisa lain ceritanya.
Memang kebanyakan guru hanya memikirkan masalah keilmuan sehingga masalah organisasi secara keseluruhan akhirnya kurang diperhatikan.

--- End quote ---
Ini agak ngelatur dikit sih tapi saya mau nanya rekan-2x.
Saat ini kan Silat tradisional mempunya kharakteristik tersendiri spt. tidak bersifat spt organisasi besar, hubungan guru ke murid langsung, dsb.
Kalau dikembangkan dan dikelola secara profesional bukankah akhirnya sifat tradisional itu jadi ilang ? Maksudnya disuatu saat dulu banget, perguruan-2x yg besar spt. MP, Tapak Suci, SH, dsb dulunya awalnya juga tradisional. Setelah dikembangkan dan dikelola secara organisasi akhirnya menjadi perguruan non-tradisional.
Kalo silat Syahbandar, Cimande, Cikalong, Cingkrik, Sanua, Pengian dsb dikembangkan dan dikelola secara profesional akhirnya jadi spt. perguruan non-tradisional enggak ?
Kalo gitu lama-2x perguruan silat tradisional jadi ilang juga karena transformasi ke perguruan Silat modern (progressive).
Jadi bingung saya :-\ Tolong kasih pendapat rekan-2x...
Terima kasih,
Wasalam,
Faiz

Red Hawk:
di daerah saya juga ada satria nusantara. cuma latihannya malam. pas di lampung ikut kejuaraan karate di saburai, saya lihat orang latihan. tapi versinya agak beda. yang di lampung latihannya kayak tai chi, yang di bangka latihan fisik digenjot habis-habisan. yang bener yang mana yah? ???

darklord:
selamat malam..
  saya dari sn sepanhol

40ºc summer -10ºc winter)

moday:
Mohn bantuan rekan2 sekalian, kalo ada yang tau info tempat latihan SN di sidoarjo kota, mohon infonya ya


Thax
moday

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page

[*] Previous page

Go to full version