+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Teknik Pernafasan  (Read 89516 times)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #30 on: 16/12/2008 14:48 »
mbak PeTe..sonoan dikit ngape...masak jengkoknye di dudukin kendirian aje...mang mesen kopi ame pisang goreng ye...nyang pedes yee.....


debuls

maklum lah Dodol, nih pantat gede banget...tunggu Nagapasa mah soal kacang dan kopinya..

Kembali ke laptop deh,

soal pernafasan memanghal yang sensitive banget, dan juga disini kita setujui dulu pakemnya. Tehnik pernafasan yang mana?
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #31 on: 16/12/2008 16:46 »

 Ini memang sering jadi perdebatan. Apa itu pernafasan dada atau pernafasn perut.

Cuma yang pernah saya pelajari teknik pernapasnnya biasa tapi konsentrasi yang penting. Ilmu ini kalau diistilah komik kho ping ho adalah ilmu membuka jalan darah. Tadinya saya nggak percaya, tapi setelah lihat ternyata benar2 ada.

Napas yang digunakan disini hanya menggunakan napas buang( konsentrasi pada saat buang napas ) dan terbalik ( konsentrasi pada saat menghirup napas )

Dilanjut akang2...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #32 on: 16/12/2008 17:10 »
Napas yang digunakan disini hanya menggunakan napas buang( konsentrasi pada saat buang napas ) dan terbalik ( konsentrasi pada saat menghirup napas )

jehh..bingung jehh...semuanya kudu konsentrasi emangnye...kok pake terbalik???maksudnya ga konsen pas buangnye???


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #33 on: 17/12/2008 08:11 »

Bang DB,

Kalau latihan pernapasan terbalik pada saat menarik napas dada tidak bergerak tapi perut ditarik kedalam.

Lanjut bang..

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #34 on: 17/12/2008 08:17 »
pertanyaan yang bener sebenarnya tuh, konsentrasinya kemana?
kenarik nafasnya kah atau ke perutnyakah...please di perjelas.

thanks
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #35 on: 17/12/2008 08:43 »
ooh..aye ngerti deh..konsentrasinya itu ya pada pengolahan nafasnya yah???pengaliran nafas, dulu sih waktu aye baca-baca..katenye nafas perut untuk memperhalus TD, bener kagak ye?



debuls
..ade singkong goreng neh
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #36 on: 17/12/2008 08:44 »
saya diem aja...duduk manis nunggu jawaban buat culik.
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #37 on: 17/12/2008 12:30 »
 x-))AAaaalllowww, oom hidup mana nich, lama gak nongol2. Jurus 3 nya dah ditungguin nich
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #38 on: 17/12/2008 13:10 »
mas hidup sedang gua kempittt...
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #39 on: 17/12/2008 13:17 »
 :oEmang ada ya metode latian nafas dgn dikempit. Waih eni jurus baru nih anti sesek nafas keknya. Maauuu dunks kempitna
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #40 on: 17/12/2008 13:41 »
kembali ke laptop,

percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #41 on: 17/12/2008 15:40 »
Dalam khasanah Jawa kuno, pernafasan tidak sekedar diolah dan ending-nya dapat mengeluarkan kekuatan tertentu, namun lebih daripada itu dimaknai secara filosofis.

Bahwa hidup harus menurut aturan tertentu, baik hukum negara maupun hukum alam (nature of law). Dengan berolah nafas, berarti seseorang telah belajar untuk menaati hukum atau harmonis dengan lingkungannya.

Sedangkan teknik pernafasannya dapat bermacam-macam :
1. Menggunakan pernafasan dada, dalam pernafasan dada ini yang dipentingkan adalah satunya pikiran dan perasaan. Aliran pernafasan dada ini sekarang cenderung ditinggalkan, bisa jadi karena sifatnya yang "mengejar" keheningan.
2. Menggunakan pernafasan perut, pernafasan perut inilah yang dianggap sekarang merupakan menifestasi dari olah nafas sesungguhnya. Karena dengan berlatih nafas perut, seseorang akan menguasai kemampuan yang luar biasa (kata Orang Jawa, ngedab-ngedabi).

Sekian dulu, jika ada kurang atau salahnya, mohon dikoreksi!
tapi ada beberapa metode rahasia yang menggunakan pernafasan dada yang dapat digunakan untuk menghentak serangan musuh.

untuk yang ini gak bisa saya sebarkan secara umum...tar ilmu saya abis dong hehehehe

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #42 on: 17/12/2008 15:55 »
bukannya habis ilmunya, tapi itu senjata pamungkas yang bisa bikin orang KO'IT...

begitu juga yang nglakuin, menurut saya silat jaman sekarang bukan untuk menghabisi.

Saya ingin meninggikan derajat silat dengan belajar ilmu asah asih asuh saja, dan memberi kesempatan lawan saya hidup dan menyadari arti dari kehidupan yang sebenarnya.

Sadisme sudah bukan jamannya lagi dah...sebab masih ada pistol tuh kalo mau sadis.

Pernafasan dada ini pernah saya lihat di film film kungfu lama.
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #43 on: 17/12/2008 16:00 »
setuju ma mbak ane... [top] yah minimal bisa insyaf kembali ke jalan yang bener...


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: Teknik Pernafasan
« Reply #44 on: 17/12/2008 16:28 »

Sebetulnya kalau latihan pernafasan dengan konsentrasi itu ibarat nyetir mobil. Pada saat pertama kali kita nyetir kita masih banyak konsentrasi ke setir sambil perhatikan sekeliling. Tapi lama kelamaan kita bisa nyetir sambil memperhatikan keadaan sekeliling kita.Ini berlaku juga pada saat kita berlatih teknik pernafasan.

Latihan nafas disini untuk awal kita perlu konsentrasi ( kalau saya biasanya pusat konsentrasi di bawah pusar). Lama kelamaan kita sudah tidak konsentrasi lagi tapi fokus. Ini yang sering sangat sulit didapat praktisi meditasi( bukan konsentrasi lagi tapi fokus).

Kalau daerah di bawah pusar sudah penuh dengan hawa murni maka dengan sendirinya hawa murni tersebut akan turun ke daerah selangkangan . Kalau kita lakukan dengan intens maka hawa murni tersebut akan tembus sampai ke ubun ubun.

Untuk bisa merasakan hal ini kita perlu intens latihan pernapasan setiap hari 3 jam( minimal )

Kalau teman2 latihan secara intens maka biasanya 14 hari hawa murni akan tembus sampai ke ubun2.

PAda tahap ini jalur hawa murni belakang dan depan sudah cukup bersih.

Sensasi2 yang akan kita rasakan pada saat hawa murni mulai menembusi jalur ini adalah bisa berupa sakit ( bisa sangat sakit) bila ada organ2 atau otot atau tulang yang bermasalah.

Dilanjut kang...

 

Powered by EzPortal