+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tentang TD  (Read 6721 times)

saidianing

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 25
  • Sahabat Silat
tentang TD
« on: 13/08/2011 22:21 »
asalamualaikum,,,,  mau nanya nh buat para sesepuh atw pendekar,,,
1. apa arti tenaga dalam buat para pendekar
2.apa benar setiap pendekar harus melengkapi ilmu silatnya dengan TD ktnya biar afdol
3 mnrt para pendekar ttg TD yg ktnya bidah bgmn,,,
4 apa bnr TD bisa menolak ganguan jin,,truz ada yg bljr TD ada yg gila apa bnr,,,,
5, apa manfaat TD,,,
 aduh  smpe  bnyk pertannyan,,,ini smua yg ada d kpala penasaran bgt,,,mhon ada yg mnjawb,,
saya sndri bkn murid atw praktisi silat,,,tp ttp mau tau jwbnnya,,,,
makasih ya ,,,mhn pencerahan

saidianing

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 25
  • Sahabat Silat
Re: tentang TD
« Reply #1 on: 16/08/2011 20:15 »
kg ada yg jwb y,,,,sedih hatiku,,, :'(

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: tentang TD
« Reply #2 on: 16/08/2011 22:05 »
kenapa sedih, ni kan malam di bulan ramadhan....
1. tenaga dalam ada yang mengistilahkannya dengan cadangan tenaga yang tersimpan yang akan keluar jika dibutuhkan, karena bersifat cadangan kadang ini jauh lebih besar ketimbang tenaga biasa yang dipakai keseharian. ada juga yg menganggap ini adalah hasil "olahan" baik dari kerja keras fisik maupun pernapasan.
2. ada yang bilang ada ya ada juga yang menapikkan hal ini, tergantung pada siapa hal ini ditujukan
3. ada baiknya memilah dan memilihnya, jika kita mengacu hal ini pada konteks asal kata bid'ah yang berarti mengerjakan sesuatu tanpa ada contoh, maka inovasi ilmu pengetahuan seperti hal nya listrik jg termasuk bid'ah. Tapi ini diperbolehkan atau mubah. Namun jika dalam mempelajari tenaga dalam terjadi bid'ah ad-dien (Islam) tentu anda tak usah ikut.. (itu saran saya). sedangkan bid'ah yg tidak diperbolekan meliputi : Bid’ah qauliyah ‘itiqadiyah (perkataan yg keluar dari keyakinan), Bid’ah fil ibadah (tidak seperti yg disyariatkan) yg masuk diantaranya tidak memiliki dasar atau pokok aturan dalam syariat, menambah atau mengkhususkan, mengada-ada, baik pada pelaksanaan maupun sifat ibadah.... nah jika tertarik belajar silahkan juga pelajari batasan hukum syariatnya hingga tidak terjebak dalam kebingungan yg dibuat sendiri....
4. karena manusia mahluk Allah yg jadi khalifah di muka bumi, maka selayaknya dan sepatutnya kitalah yg memerintahkan jin, kalo benar jin diketahui ada dan mendekat ya tinggal suruh aja pergi, jika tidak ya minta perlindungannya sama Allah... tenaga dalam cuma salah satu bagian usaha manusia menjadi lebih memiliki energi untuk menjaga dirinya. cara lain mengusirnya ya minta dong ama yang buatnya Yang Maha Segala....

kalau gila sih gak cuma belajar tenaga dalam saja, belajar di fakultas teknik, ekonom, di sma, kedokteran, akmil, akpol ada juga kok yang gila.... itu kan kelabilan penerimaan pikiran dan jiwa aja.
5. menurut yang mempelajarinya ya minimal menjadi sehat dan bugar

saya juga bukan pendekar.... tapi setidaknya ini jawaban dari saya yg semoga saja sedikit membantu
5. Antara lain untuk sehat

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: tentang TD
« Reply #3 on: 17/08/2011 16:42 »
Wa'alaikum salam Saidianing,

Kalau mau tau lebih banyak tentang tenaga dalam, silahkan lihat2 trit Tenaga Dalam yang insya Allah bisa menjawab semua keingintahuan anda mengenai TD...
Tapi kalo males, kang Iwan sudah bantu membuat rangkumannya tuh  [top]

Wassalam,
TP


saidianing

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 25
  • Sahabat Silat
Re: tentang TD
« Reply #4 on: 17/08/2011 22:40 »
bang one:  mksh pencerahannya wlw jd pusing,,,, TD yg ada di kepala saya cm ttg mentalin org yg emosi,,, sm ngobatin org kena santet,,, mknya paz baca dsni TD luas ,,,,truz kbnykn nntn youtube jd tmbh pusing...mknya mau nnya para senior ttg TD'
kbnykn memilah malah lier,,,, :D
 
bang taufan,,,,nnti saya baca2 lg ,,,mksh ya,,,,

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: tentang TD
« Reply #5 on: 18/08/2011 15:36 »
Menambahkan sedikit mas saidianing,
selama ini masyarakat awam dan juga sebagian besar masyarakat pesilat terjebak dengan pemahaman Tenaga dalam yang beredar di luaran, bahwa TD itu adalah tenaga yang bisa mementalkan lawan yg emosi dan menyembuhkan santet atau kesurupan, atau melakukan hal2 yang diluar kemampuan nalar manusia seperti terbang,berjalan diatas air,dll.
Jadi sebenarnya ada 3 bagian tenaga yang diberikan oleh Allah kepada manusia:
- yang pertama tenaga fisik/luar,
- kedua tenaga dalam atau seperti yang dikatakan juragan one yaitu dengan istilah tenaga cadangan yang terdapat didalam diri setiap manusia dan porsinya menurut penelitian baru 2.5 % enrgi yang digunakan manusia untuk aktivitas sehari sisanya berarti 97,5 % masih tersimpan didalam diri setiap manusia,makanya kalau energi cadangan ini bisa diolah dan dikendalikan maka orang tersebut akan memiliki kemampuan yang luar biasa,ada yang bisa mengolahnya dengan menggunakan teknik pernafasan ada juga yg tetap tanpa diolah dan bisa keluar dalam kondisi2 tertentu seperti gambaran bang one.
- dan yang ketiga yaitu tenaga metafisik atau selubung energi yang membungkus setiap makhluk Allah seperti layaknya lapisan atmosfer atau ozon bagi alam diluar kita, energi ini berada diluar tubuh manusia dan bisa diperbesar dengan menyerap energi dari Alam semesta dan kemampuan energi ini bisa dikendalikan untuk melakukan hal-hal yang luar biasa, dan dalam prakteknya hasil olahan dari tenaga cadangan bisa memperkuat tenaga metafisik dan pada tingkatan tertentu ada yang bisa menggabungkan ketiga-tiganya sekaligus; tenaga luar, tenaga dalam dan tenaga metafisik sehingga menghasilkan ledakan energi yang sangat besar mungkin ini yang disebut orang yang memilki kesaktian tapi dengan cara yang original atau normal, namun ada juga yang menggunakan bantuan media lain diluar diri manusia untuk memperbesar tenaga metafisiknya apapun itu dan dengan memakai atau melakukan berbagai ritual yang disyaratkan tergantung tuntutan dan tuntunan dari ilmu tersebut, cuma masalah benar atau tidaknya secara agama itu perkara lain. namun ada tingkatan manusia tertentu yang menerima kemampuan metafisik ini tanpa dilatih merupakan anugerah langsung dari Allah SWT, TM pada tingkatan para nabi disebut Mukjizat, TM pada tingkatan para wali disebut Karomah dan TM pada orang biasa yang ikhlas mencintai Allah dan dicintai Allah disebut Maunah.
kalau tenaga dalam dalam makna yang sebenarnya menurut saya tidak bid'ah karena itu energi murni dari dalam tubuh manusia yang bisa dibangkitkan atau diolah dengan teknik pernafasan, atau mungkin dibeberapa kisah dikatakan bahwa energi cadangan ini bisa di buka dan dibangkitkan oleh orang lain yang memiliki kemampuan tenaga dalam yang besar.
tapi kalau tenaga metafisik yang menggunakan media energi lain seperti jin itu yang perlu dipertanyakan, jadi TD yang mas Saidianing maksudkan lebih kepada tenaga metafisik,wallohu'alam bisshowab itu pemahaman yang saya pahami selama ini, mohon maaf kalau berlebih2an,terima kasih
salam

saidianing

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 25
  • Sahabat Silat
Re: tentang TD
« Reply #6 on: 19/08/2011 20:21 »
mksh kang bayu

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: tentang TD
« Reply #7 on: 26/08/2011 06:21 »
sama2 bos

anaknaga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 121
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: SKM & MP back to Ahlusunnah Salaf
Re: tentang TD
« Reply #8 on: 27/08/2011 05:07 »
Mas Bayu,

mungkin yang dimaksud Bid'ah disini adalah tidak ada tuntunan sunah Rasulullah perihal pembangkitan energi dengan latihan seperti pernafasan, penyaluran, pengendapan etc.
jika kita melandaskan ilmu silat adalah sebagai Ibadah maka ada pihak yg mengklaim itu "bid'ah" karena asal hukum ibadah adalah terlarang melakukan kecuali apa-apa yg diperintahkan dalam Alquran & Sunnah.

Namun kalau kita melandaskan bahwa Ilmu silat adalah Muamalah, untuk memupuk hubungan secara horizontal antar sesama manusia,untuk tujuan kesehatan, kemawasan diri terhadap segala makhluk yg dibumi, membela tanah air dari serangan musuh maka menjadi boleh. Muamalah asal hukum nya adalah boleh, boleh disini adalah silakan saja melakukan nya dengan landasan tanpa syirik dengan tujuan Muamalah. yang tidak boleh adalah apa-apa yang dilarang
oleh Alquran & Sunnah.


Mohon maaf jika ada kesalahan atas tafsir nya.
AnakNaga
BabyNaga
CicitNaga

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: tentang TD
« Reply #9 on: 27/08/2011 11:45 »
asal hukum ibadah adalah terlarang melakukan kecuali apa-apa yg diperintahkan dalam Alquran & Sunnah.



Mohon maaf mas, mohon dibabar ini dari kitab mana?? Hadist, kitab hadist mana, sanadnya dari siapa? Fiqih, mazhab mana? Ijma ulama, yang mana??

Nanti saya akan dicari di kitab milik saya kalau ada, kalau tidak ada akan saya cari ke perpustakaan kampus, atau nasional.

Terimaksih sebelumnya.
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

saidianing

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 17
  • Reputation: 25
  • Sahabat Silat
Re: tentang TD
« Reply #10 on: 28/08/2011 23:34 »
kang naga: betul itu dya mksd saya,,,,,,
tp saya hrp ttg bidah jgn d bahas lg saya jd tdk enak,,,saya tnya ini krn d youtube ada bnyk skli yg bahas ttg ini.. dan saya juga jd binggung apa TD sbnrnya,,,,apkh tD cm buat ngobatin org kena teluh,,,inilah fenomena skrg bnyk yg bljr tD krn tkut kena guna2,,,
tp skli lg sya mnta maaf,,ttg bidah mmg sprti kang one bilang sdh ada perbedaan pndpt dr dulu,,,
dan knpa saya brtnya ttg TD dlm silat,,,, krn saya liat org tua skrg lbh suka anaknya bljr bela diri luar drpd silat....
seakn jk bljr silat itu menakutkn,,,yang alasan berupa2,,

tanpa mengurangi rasa hormat saya mnta maaf,,,jk ada yg kurang pantas,,,
saya cm anak ingusan yg mncintai budaya banga mksh utk pndptnya
" il love silat wlau blm bljr silat"...

anaknaga

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 0
  • Posts: 43
  • Reputation: 121
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: SKM & MP back to Ahlusunnah Salaf
Re: tentang TD
« Reply #11 on: 29/08/2011 10:52 »
HUKUM ASAL IBADAH ADALAH TERLARANG


Banyak orang yang mencampuradukkan antara ibadah dengan yang lainnya, dimana mereka berupaya membenarkan bid’ah yang dilakukan dengan memnggunakan dalil kaidah, hukum asal dalam segala sesuatu adalah boleh !

Kaidah tersebut adalah kaidah ilmiah yang benar. Tapi penempatannya bukan dalam masalah ibadah. Sesungguhnya kaidah tersebut berkaitan dengan keduniawian dan bentuk-bentuk manfaat yang diciptakan Allah padanya. Bahwa hukum asal dari perkara tersebut adalah halal dan mubah kecuali jika terdapat dalil yang mengharamkan atau melarangnya.

Yusuf Al-Qaradhawi berkata dalam bukunya Al-Halal wal Haram fil Islam (hal.21) setelah menjelaskan sisi yang benar dalam memahami kaidah tersebut. “Demikian itu tidak berlaku dalam ibadah. Sebab ibadah merupakan masalah agama murni yang tidak diambil kecuali dengan cara wahyu. Dan dalam hal ini
terdapat hadits, “Barangsiapa yang mebuat hal yang baru dalam urusan (agama) kami ini apa yang bukan darinya, maka dia di tolak”.

Source cari di google: key word  "Asal hukum ibadah"

http://almanhaj.or.id/content/1895/slash/0

AnakNaga
BabyNaga
CicitNaga

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: tentang TD
« Reply #12 on: 07/09/2011 11:05 »
@anak naga

Terimakasih atas jawabannya, sebenarnya ada banyak hal yang saya rasa harus di kritisi dari tulisan tersebut tetapi saya rasa forum ini bukanlah tempat yang tepat untuk berdiskusi hal2 demikian.
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

 

Powered by EzPortal