+-

Video Silat


Pencak Malioboro Festival - sabeni
ARE’ SEKA’ : aplikasi jurus clurit mad
Tarung Bebas Genggong
Babe Nunung - Performance Silat di acara ultah fp2
Trailer of DVD Maenpo Peupeuhan
Performance Silat Beksi H. Hasbullah
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
Main Kerambit

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Ki Hadjar Hardjo Oetomo - Pendiri Persaudaraan Setia Hati Terate  (Read 54090 times)

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Ki Hadjar Hardjo Oetomo merupakan founder (pendiri) PSHT pada tahun 1922 di desa Pilangbango Madiun. beliau lahir pada tahun 1890 dan merupakan murid langsung dari Ki Ngabehi Soerodiwirjo, pendiri Setia Hati (SH) yang berpusat di Madiun.  [top] [top]
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

EricB

  • Guest
OK deh kita tahu,

saya punya banyak teman disini di Belanda yang ikut PSHT
cerita dong historinya PSHT

BTW teman saya (sudah senior di PSHT) mungkin anda kenal itulah Ronny Lerrick

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
OK deh kita tahu,

saya punya banyak teman disini di Belanda yang ikut PSHT
cerita dong historinya PSHT

BTW teman saya (sudah senior di PSHT) mungkin anda kenal itulah Ronny Lerrick
mungkin lebih jelasnya dapat dilihat di :
http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=186.60
disitu sudah dijelaskan singkat ttg profil PSHT dan perkembangannya, sampai2 timbul pro-kontra di antara member SS :'( :'(

tapi baiklah, karena ada permintaan mengenai history PSHT, maka saya akan menjelaskan secara singkat, menurut pemahaman yang saya dapat. dan jika ada kekeliruan, sudilah para Warga - Warga PSHT untuk meluruskan:

PSHT merupakan organisasi / perguruan pencaksilat yang berdiri di Madiun, tepatnya di desa Pilangbango Kota Madiun pada tahun 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo, murid dari Ki Ngabei Soerodiwirjo. pada awalnya, PSHT memiliki nama Setia Hati Pencak Sport Club, yang pada saat itu sempat dibekukan kegiatan perguruan oleh belanda karena mengandung kata "pencak", dan Ki Ngabei Soerodiwirjo ditahan oleh belanda di penjara Madiun,Cipinang, sampai ke Penjara Padang Sumatera. guna menghidupkan kegiatan perguruan dan menghindari sergapan belanda, maka kata "Pencak" dihilangkan dan diganti dengan kata "Pemuda" sehingga berubah menjadi Setia Hati Pemuda Sport Club. tepat setelah RI diduduki oleh Jepang, nama SH PSC dirubah menjadi SH Terate oleh Ki Hadjar berdasarkan hasil pandangan beliau beseta murid-muridnya dan bertahan sampai dengan saat ini.
pada masa awal, PSHT merupakan perguruan pencak silat tanpa berbentuk organisasi, tapi pada sekitar tahun 1948-an, berdasarkan rapat para petinggi dan sesepuh,telah diputuskan berubah bentuk menjadi organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate yang memiliki AD/ART dalam menjalankan roda organisasi.
pada perkembangannya, setelah Ki Hadjar wafat, PSHT dibesarkan dengan sangat baik oleh Alm. RM. Imam Koesoepangat, dan sampai akhirnya PSHT dapat berkembang pesat sampai dengan hari ini dengan memiliki kompleks padepokan pusat yang berlokasi di wilayah Nambangan Kidul Madiun dengan Mas Tarmadji B. Harsono selaku Ketua Umum Pusat PSHT sekarang.
seiring dengan berjalannya waktu, PSHT tidak hanya berkutat pada bidang pencaksilat saja, tapi juga melebarkan sayap di bidang-bidang lain yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat luas, a.l : pendidikan (dengan mendirikan SMP & SMIP Kussuma Terate), ekonomi (Koperasi Terate Manunggal) dan dalam tempo yang akan datang segera dibangun sarana kesehatan untuk masyarakat umum di wilayah padepokan PSHT pusat. selain itu, dalam bidang prestasi, PSHT tidak pernah absen dalam menghasilkan atlit2 guna mendulang medali, baik dalam tingkat nasional/internasional.

sekian sejarah awal singkat dari PSHT. mungkin pada lain waktu akan menyusul profil tentang alm. RM. Imam Koesoepangat. 8) 8) 8)

mengenai teman anda, Mas Ronny Lerrick, maaf saya belum mengenal beliau. titip salam persaudaraan untuk beliau :) :)
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 94
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
terima kasih mas atas informasi nya :)

salam persaudaraan

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
salam persaudaraan juga dari kami sedulur PSHT pusat, mas.

oya, mohon maaf sebelumnya, bahwa telah terjadi salah penulisan nama dalam posting saya sebelumnya, bahwa yang ditahan di Madiun sampai Padang selama penjajahan Belanda seharusnya adalah Ki Hadjar Hardjo Oetomo(Pendiri SH Terate), bukannya Ki Ngabei Soerodiwirjo/Eyang Suro. hal ini sekaligus merupakan koreksi redaksional dan tidak bermaksud merubah keseluruhan informasi sebelumnya.

terimakasih atas perhatiannya, dan mari kita perkaya khazanah pencaksilat di bumi nusantara.

salam persaudaraan.
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Masih boleh nanya nggak ? Kalo boleh, apakah yang mendasari Ki Hadjar Hardjo Oetomo mendirikan perguruan sendiri (SH Terate) , bukan menjadi cabang dari perguruannya Ki Ngabei Soerodiwirjo (SH) ?

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
 :oiya kenapa ya, denger2 n pernah liat di tipi kayaknya gimana gitu :'(
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Salam..
@mas maulana..
 kita coba bangun pembahasan SHT yang lebih kondusif, kasihan tiap2 dibahas hal negatif mlulu.. padahal cukup banyak hikmah dan hal positif lain yg bisa digali dari sejarah SHT ini

@mas warga terate
terima kasih atas informasinya ya.. oya.. kl ada even2 SHT, coba saja di informasikan jg disini.. cukup jarang anak SHT yang sharing disini

terima kasih
Salam hormat
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
suwun untuk mas srdananjaya... bentar lagi pada bulan muharram, SHT akan mengadakan ritual pengesahan  warga SH yang baru angkatan 2008. mohon doanya moga2 acaranya lancar

untuk mas maulana, terimakasih untuk kritik atas organisasi kami, tapi mengenai polemik hal ini udah sering dibahas di topik lain diatas..

untuk mas aguswin, alasan tepat kenapa beliau mendirikan perguruan lain (SHT) setelah SH, saya sendiri juga kurang tau. cuma saya pernah dengar, bahwa beliau mendirikan SHT untuk mendermakan ilmunya beliau kepada masyarakat umum(biasa), karena kabarnya dulu SH -nya eyang suro kebanyakan hanya diikuti oleh kaum2 bangsawan (priyayi). jadi mbah Hardjo mendirikan SHT untuk masyarakat awam yang ingin memperdalam ilmu SH, tanpa membedakan latar belakang/asal-usul masyarakatnya. dan yang perlu digarisbawahi, ajaran SHT yang didirikan Eyang Hardjo tetap sama dengan ajaran SH Eyang Suro karena merupakan 1 mata air: ilmu Setia Hati.
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
 [top]Terima kasih untuk infonya, tak kenal maka tak sayang :)
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Boleh nanya lagi gak ? Kalo boleh :
1. Apakah saat ini SH-nya Mbah Suro masih eksis ? Kalo iya, apakah itu Persaudaraan SH ? Karena di daerah saya dan di internet saya lihat ada Persaudaraan SH.
2. Apakah Persaudaraan SH sama dengan Persaudaraan SH Organisasi ?
3. Apakah Persaudaraan SH sama dengan Persaudaraan SH Winongo Tunas Muda ?

Sorry ya banyak nanya. Maklum, malu bertanya sesat di jalan, banyak bertanya malu di jalan. :D

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana
Boleh nanya lagi gak ? Kalo boleh :
1. Apakah saat ini SH-nya Mbah Suro masih eksis ? Kalo iya, apakah itu Persaudaraan SH ? Karena di daerah saya dan di internet saya lihat ada Persaudaraan SH.
2. Apakah Persaudaraan SH sama dengan Persaudaraan SH Organisasi ?
3. Apakah Persaudaraan SH sama dengan Persaudaraan SH Winongo Tunas Muda ?

Sorry ya banyak nanya. Maklum, malu bertanya sesat di jalan, banyak bertanya malu di jalan. :D
waahhh... nanti saya dicap sok tau lagi, ngasi koment ttg perguruan SH yang laen??? :P :P :P
tapi saya akan memberikan sedikit pendapat yang saya tau, dan saya tidak bermaksud untuk menyinggung yg laen lho yaaa:

1. di Daerah saya (Madiun), SH-nya eyang suro tu masih eksis. tapi bukan PSH Winongo atao apa. tapi namanya SH-Panti yang bertempat di kediaman Eyang Suro di Winongo Madiun. dan SH ini hanya boleh diikuti oleh keturunan Eyang Suro, sangat tertutup dan tidak ingin ada publikasi pihak luar.

2. wah, kliatane sama mas. coz PSH itu dulunya SHO yang didirikan di semarang, trus ganti jadi SHO yang berpusat di Jkt. jadi secara perguruan, PSH tu sudah gak ada. kalo ndak salah dipimpin oleh pak gambiro sekarang

3.JELAS BEDA. seperti yang diterangkan diatas, PSH itu didirikan di SEmarang, kalo PSH Tunas Muda Winongo tu di Winongo madiun (1965) dan dipimpin mas RDH. Soewarno smp sekarang..


INTINYAAAAA :::::::

semua yang saya sebutkan diatas emang bersumber dari 1 mata air yaitu ilmu SH. cuma ada perbedaan prinsip yang memang tidak dapat membuat perguruan2 yang bersumber dari sesama SH dapat bersatu.

tapi harap makmlum, untuk memahami ilmu SH, memang beragam jalan dan caranya.

ada pepatah : banyak jalan menuju roma khan???

jadi.... keep peace yah!!!!!!! 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Oooo ... PSH itu dulunya SHO ya. Pantesan, teman-teman SHO di sini lambang di baju silatnya kok PSH, yang gambar hati dan warnanya hitam putih (nggak berwarna), tapi nyebutnya SHO.

Tapi sekarang denger-denger kembali lagi namanya jadi SHO, dan lambangnya berubah, dan bukan hitam putih tapi berwarna. Teman-teman anggota SHO di sini sebagian besar berubah lambang di baju silatnya.

Namun sempat terdengar juga kalo sekarang PSH dan SHO memang pecah. Bener gak ya ?

warga terate

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 54
  • Reputation: 5
  • Memayu Hayuning Bawana

Namun sempat terdengar juga kalo sekarang PSH dan SHO memang pecah. Bener gak ya ?

kurta alias kurang tau mas. coz jujur aj, disini emang SHO perkembangannya gak ada, ato mungkin gak pernah kedengaran kabarnya. tau sendirilah, di wilayah Jatim Barat, mayoritas SH nya ya SHTerate ini. paleng2 yang nyempal SHnya Winongo.. jadi ya agk kurang tau perkembangannya SHO di Jatim tu kyk gmn :) :) :) :)

mungkin ada info laen??
Sepiro Gedhening Sengsara
Yen Tinampa Amung Dadi Coba....

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Di Batam sini ada SHT dan SHO. SHOnya lumayan besar juga.

 

Powered by EzPortal