+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pertemuan dengan Keramahan Bang Zul Bachtiar cucu Pewaris Silat Sabeni  (Read 4716 times)

Bang Gagak

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Baru mau Daftar Sabeni Tenabang
        Ramah dan berkarisma, dua kata tersebut yang terbesit di dalam fikiran sewaktu menerima sms balasan dari sang jawara Tenabang ini. Setelah sempat 3 hari sms yang saya tunda karena dilanda dilema antara menelpon atau pesan singkat (sms). Yaps selain dorongan oleh penatnya bertarung dengan server seharian, akhirnya sore itu ane putuskan untuk mengirim sms. Ternyata balasan beliau sangat ramah, serasa ber-sms dengan teman yang telah lama berkawan. Beliau langsung mengundang ane untuk berkunjung ke tempat latihannya, pada malam harinya(ciri seorang jawara). Langsung terbesit untuk mengajak 2 orang sahabat untuk ikut. Kami putuskan untuk berkunjung pada malam sabtu ahad berikutnya.

         Ba’da Maghrib misi kami berangkat rute Pondok Gede – Tanah Abang, dengan jiwa yang membara apapun yang terjadi harus sampai di tanah jawara tersebut, walaupun kondisi kami kurang fit setelah aktiftas seharian (kuliah maupun kerja). Setelah berjuang di jalan mencari alamat dan bantuan by phone-nya bang Zul, Alhamdulillah, ketika kami di landa kebimbangan gang yang dimaksud bang Zul ini atau bukan, ada seorang anak(hampir remaja), mendatangi kami dengan mengendarai sepeda, dan bertanya “bang, Mau ketemu bang Zul ya?”, kami kaget melihat anak baik hati ini langsung mengetahui kemana tujuan kami, dalam fikiran ane terbesit bahwa anak tersebut tau setelah melihat wajah linglung kami :).  Tapi dari sinilah tekad ku untuk belajar aliran sabeni semakin menjadi.

   Setelah diantarkan kami ketempat latihan beliau, tatapan kami langsung tertuju pada seorang pria yang duduk diatas balai bambu, mungkin aura jawara-nya :) yang menuntun kami bisa langsung mengenali bahwa pria setengah baya tersebut adalah bang Zul Bachtiar cucu Kong Sabeni sang Pahlawan legendaris dari tanah Betawi tengah. Setelah melihat kedatangan kami, beliau langsung mengajak kami duduk bersama di balai dengan ramahnya, “sini duduk bareng” bang Zul berkata sambil tersenyum ramah. Dalam hatiku berkata yaps, sejarah kehidupan silatku di mulai dari sini, :), walaupun umurku sudah 23 :) hahaa. Kebetulan pada malam itu memang sedang ada latihan, hiks malu sekali ane melihatnya ternyata yang latihan pada malam itu sekitar masih duduk dibangku smp atau sma, karena jadwal untuk yang dewasa bukan malam itu. Dalam hati berkata  wuuhh.. ude lihai bener..(sempet ane nelen ludah :))

         Pembicaraan dimulai dari setelah beliau menanyakan masing nama kami. Beliau menerangkan bagaimana maenan sabeni ini, juga sesekali beliau memperagakan teknik tersebut, dari kami melihat bahwa beliau orangnya terbuka untuk ilmu, tidak pandang bulu. Beliau menjelaskan bahwa Bang Zul dalam menurunkan ilmunya tidak ada yang di tutup-tutupi, “kalo orang dulu emang ngajar ke anaknye, disuruh jangan semuanye di kasih, katanye kalo di kasih 15 turunin aje 13, tapi kalo abang ngajar begitu, bisa abis dong nanti.”sambil tertawa beliau berkata, begitu juga kami. Kemudian saya menanyakan soal umur 23 apakah masih belum terlambat, yang menjadi kerisauan selama ini :). Katanya Bang Zul, “ngak ada kate terlambat buat belajar, nyang penting nawaitunye Her”, Hmppss plong rasanya..hihii...sesekali beliau turun untuk membenarkan mana kala muridnya salah dalam gerakannya. Beliau sangat perhatian pada murid-muridnya. Sesekali beliau lihat muridnya jatuh, bang Zul langsung menanyakan keadaanya(begitu ramahnya beliau). Kemudian cerita berlanjut dari bersyukurnya beliau di bentuknya forum pecinta dan pelestari pencak silat, karena bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh pencak silat lainnya. Dilanjut dengan serunya cerita sewaktu beliau diundang untuk mengikuti wisata pencak silat tradisional di Cianjur.

            Tak lama agak  kageet…Wekz tanpa terasa jam di handphone menunjukkan pukul 22.12, dalam hati, “wadooh perasaan baru bentaran banget w duduk, ude jam segini ajah”. Rupanya kami terhipnotis oleh keramahan beliau :).  Tapi dari sana semakin tidak sabar ane pribadi untuk belajar maen pukulan Sabeni ini, walaupun ditengah kesibukan kami yang begitu ketat, siang malem nguli.. :).

           Semoga Allah selalu memberi kesehatan dan rizky yang berkah kepada bang Zul Bachtiar sekeluarga, agar bisa terus menurunkan dan melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia yang begitu tinggi nilai sejarahnya ini, dan semoga Kong Sabeni diberikan Syurga Firdaus oleh Allah Azza Wa Jalla, karena perjuangannya melawan penjajahan Belanda maupun Jepang, juga memberikan warisan tak ternilai ini. Juga untuk kami moga di beri celah waktu untuk bisa mempelajarinya. Amiin y Rob.

Jakarta
Dengan Hormat,



Heri aka Bang Gagak

duyungson

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 174
  • Reputation: 14
Saya cuma bisa mengucapkan,
Selamat Datang di Dunia kami, dunia yg penuh dengan keajaiban jurus,gerak,falsafah & jalan hidup.

Bang Gagak

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Baru mau Daftar Sabeni Tenabang
Saya cuma bisa mengucapkan,
Selamat Datang di Dunia kami, dunia yg penuh dengan keajaiban jurus,gerak,falsafah & jalan hidup.

Terima kasih bang Duyung..
Memang dunia silat ajib bgt.. :)
orangnya ramah2, tapi sakti. [top]

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
bang saya ijin share di group FB dan web sabeni tenabang yah  [top]

Bang Gagak

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 1
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Baru mau Daftar Sabeni Tenabang
bang saya ijin share di group FB dan web sabeni tenabang yah  [top]

Maaf bang dah lama ga maen kesini, iye bang dengan senang hati ane, paste-in aje semuanya, di sabenitenabang.com,
kl mau nnt ane bikinin tulisan soal bang Zul lagi.

ndog bledheg

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 16
  • Reputation: 114
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Tejokusuman
Hihihiiiii, waktu acara sarasehan pencak tradisi di Yogya Desember kemarin noh. Tuh Bang Zul sumpah tujuh sumur bikin ngakak tuh banyolannya. Hehehehehheheeee, tapi bener. Itu Merak Ngigel ame Kelabang Nyebrang dahsyat banget. Salam deh buat Bang Zul...
dengan sajak, tiada kita berjarak

 

Powered by EzPortal