+-

Video Silat


Dogongan, Indonesia wrestling
Pukulan Patikaman Silat Kuntau YOGYAKARTA
Pukulan Patikaman Silat Kuntau Pahampangan Kandang
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
PenampiLan Pencak TERAZAM di MaLioboro Pencak Fest
Pencak Malioboro Festival - ujungan macan ngawahan
Silat Sera Indonesia by master Gending Raspuzi
BENJANG
Silat Chakra V ( MMA Style )

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar  (Read 27727 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #45 on: 16/01/2008 19:52 »
terima kasih kepada kang Nagapasa yg telah membantu dengan jawabannya  [top]
mengenai Syahbandar Bpk Satiri, memang terlihat berbeda, karena saya melihat peragaannya langsung saat Acara Putera Betawi di Cibubur setahun lalu. saya sempat berbincang dengan bpk. HZA Arifin sebagai penerus dari Bpk Satiri.

kemudian saya juga pernah menanyakan kepada Master O`ong Maryono tentang hal ini, berhubung Master O`ong juga pernah belajar Syahbandar kepada Bapak Satiri. Tanggapan Master O`ong ialah, apapun jenisnya dan perbedaannya Syahbandar, ialah menurut kepada pembawanya masing-masing. maka Style Syahbandar Betawi ialah Style nya Bpk Satiri, Syahbandar Satiri  :D

begitu pula bahkan yang satu rumpun pun juga banyak terjadi perbedaan, antara Style H.Syarif dengan Style Sabandar yang ada di Cikaret misalnya

bahkan dari segi namapun jadi berbeda, ada Sabandar , ada juga Syahbandar  ;D

maka dengan ini saya mengundang, jika ada diantara murid Bpk Satiri dan Bpk HZ Arifin, dengan senang hati dipersilahkan memberikan masukannya disini tentang sejarah dan pohon silsilah perguruannya  [top]

oh ya ada satu lagi yang unik..
jika kita berziarah di pemakaman keramat Mbah Dalem Bogor
disitu terdapat makam Panglima Syahbandar
ialah salah satu diantara Panglima perang Prabu Siliwangi  :D

so... nama Syahbandar atau Sabandar memang legendaris banget


Terimakasih Ki Sawung...hebat euy..

Benar Ki,...
Syahbandar nya Betawi khususnya yang maenan TM Satiri berbeda, baik dari jurus maupun akar sejarahnya. Kemarin sempat berbicara dengan keponakan Ngkong Satiri, menjelaskan bahwa Syahbandar Betawi hanya PSRI-nya TM Satiri...sekalipun ada bpk HZ Arifin yang meneruskan PSRI namun karena ada beberapa "faktor perbedaan visi" membuat PSRI Syahbandar yang ada sekarang menjadi berbeda.

Menurutnya akar sejarah Syahbandar Betawi berasal dari sejumlah Dato' penyebar agama Islam di tanah Betawi, seperti Pangeran Syarif Lubang Buaya, Dato Tanjung Kait, Kumpo Datuk Depok, Dato Tonggara, Dato Ibrahim Condet, dan Dato Biru Rawabangke. Dari beberapa Dato' tersebut diwariskan oleh seorang "Syahbandar" pelabuhan Sunda Kelapa yang bernama Wak Item yang mengkombinasikan dengan ilmu yang diperoleh dari para resi sunda Buhun wiwitan setempat. Wak Item wafat dalam pertempuran pembebasan Sunda Kelapa dari Portugis.

Jurus Syahbandar TM Satiri ada 13, di satu jurus ada gerakan seperti orang mabuk,lunglai (setengah rebahan) namun ketika diserang tanpa diduga balik menyerang dari arah yang tidak diperkirakan.
Esensi pelatihan dengan metode pengerasan badan,disebut dengan istilah "Remuk Daging". Metode pelatihan seperti ini yang tidak dijumpai saat ini di Syahbandar HZ Arifin.

Sekian, mudah2an bisa digali lagi dari yang lain, sementara saya mengamati & menggali info lain dari Syahbandar yang satu ini.

Salam,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Tenji_no_Ichi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 175
  • Reputation: 7
  • For the mistake i've made, must be faced gently.
    • TenChi
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #46 on: 27/03/2008 12:02 »
numpang menyimak yah, Ki... :)

Baru mampir soalnya.... 8)
Beladiri tradisional/klasik itu universal, ngga ada yg superior ataupun inferior. Namun tiap personal mempunyai jodohnya masingĀ². Kebetulan saja saya berjodoh dng Okinawa-Tote Kobujutsu. Jadi, nikmati aja apa yg ada...

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #47 on: 27/03/2008 12:18 »
silakan sobat Tenji, selamat bergabung dan selamat menikmati kehangatan, keakraban, dan indahnya silaturahmi di di sahabat silat ini..

piis

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #48 on: 01/04/2008 13:57 »
Yth. Master Tenji  [top]
Selamat datang dan selamat bergabung di sahabatsilat.com  :)
semoga betah dan bersedia ikutan sharing di forum ini
terima kasih

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Riwayat dan kisah para pendekar syahbandar
« Reply #49 on: 01/04/2008 17:59 »
Mau tanya nih...
Apa metode pengerasan anggota tubuh ato remuk daging itu hanya di syahbandar satiri saja? Atau hal itu juga ada di syahbandar laen tapi dng istilah berbeda?anggota tbh mana saja yg perlu melakukan pengerasan tsb?ada tekhnik khusus atau pake pernapasan?
Maaf nanyanya agak mendalam
Mohon dijawab...

baru belajar nulis

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Riwayat dan kisah para pendekar sabandar
« Reply #50 on: 06/04/2008 10:19 »
Ki sawung,,,
kenal sama pak adang gani gak?dia dulu di syahbandar jakarta tp sekarang beliau sudah almarhum ,aku lupa daerahnya. Ato yg laen mungkin ada yg kenal???
baru belajar nulis

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Riwayat dan kisah para pendekar syahbandar
« Reply #51 on: 22/04/2008 16:58 »
Saya mohon informasinya. Ada yg kenal pak chi dari syahbandar roxy? Saya mohon informasinya.terima kasih
baru belajar nulis

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #52 on: 06/05/2008 14:21 »
Saya mohon informasinya. Ada yg kenal pak chi dari syahbandar roxy? Saya mohon informasinya.terima kasih

Boleh lengkapnya apa Mbak Dolly, namany Pak Chi aja...?

Saya kenal Pak Chi Nu, salah satu keponakan TM Satiri...dulu tinggal di Karang Anyar. Karena dekat ke Roxy,ya maennye juga kesitu kali ye...

Tabe'...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Riwayat dan kisah para pendekar syahbandar
« Reply #53 on: 06/05/2008 17:31 »
Kalo gak salah nama asli pak cik th pak samsudin dh.
baru belajar nulis

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #54 on: 06/05/2008 18:02 »
Kalo gak salah nama asli pak cik th pak samsudin dh.

Mbak Dolly, nanti saya tanyain deh...soalnya saya kalo manggil Ci Nu aja. Cuman kayaknya bukan orang yang dimaksud.

Kalo Ci Nuh dulu belajar PSRI Syahbandar "Betawi" di Karang Anyar sama pamannya TM Satiri, cuman daerah kongkonye dari Kota, Roxy ampe Pasar Baru & Tomang.

Sampe sekarang masih hidup, ngelatih keluarga aja di Depok.

btw mbak Dolly Syahbandar atau Sabandar ya? kalo mau tau ttg Syahbandar nanti saya antar ke orangnya.

Tabe'
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Riwayat dan kisah para pendekar sabandar
« Reply #55 on: 06/05/2008 18:13 »
Kalo saya ikut perguruan silat syahbandar,jadi pak cik ntu guru besar saya tapi beliau udah almarhum.
baru belajar nulis

fajar islam

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #56 on: 21/08/2008 17:21 »
 [yahoo] [yahoo] [yahoo] [erobik] [asik]lanjut  donk ki........

fajar islam

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 3
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #57 on: 21/08/2008 17:45 »
maap ye  smuanya,sy jg pengen tau neh  tmpt latihan sabandar di  skitar daerah tebet mana ya, sy maw ngelanjutin pelajaran silat sabandar sy..maksudna dari awal lagi.abis hebat  sih kalosendiri malas banget latihanna,......sy udik dari makassar.... :) :) please....maap ki mw nanya neh ki sawung kenal dengan dg Pak irhaman dr bogor yg menikah dg gadis makassar?

YwK

  • Guest
Re: Riwayat dan kisah para pendekar sabandar
« Reply #58 on: 21/08/2008 23:39 »
Kalo saya ikut perguruan silat syahbandar,jadi pak cik ntu guru besar saya tapi beliau udah almarhum.

saya baru tau kale kamu tuh wanita....xixixi salam kenal yaaa,  x-))

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #59 on: 22/08/2008 14:11 »
buat Daeng Fajar  :)

silahkan silaturahmi ke tempat saya di jalan pintu 2 atas TMII, no: 67.
(sekitaran stasiun TV TPI )
dari tebet engga jauh kok ..

pak Irhaman ialah sahabat baik saya dahulu di Bogor,
sebelum menikah, mereka sering sowan ketemu saya..

 

Powered by EzPortal