+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI  (Read 11619 times)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« on: 03/07/2008 22:46 »
"Bubur sumsum masing utuh, Assalamualaikum warohmatullohiwabarokatuh..."

Dibawah ini ane sari'in profil Dewan Pendekar PPS Putra Betawi, karene data dari taun lame (1987), mohon maap sekiranye ade beberape nyang ude "ngeduluin" kite (alm). Sekirenye sahabat silat punye kenangan manis ame pare pendekarnye bise di sharing deh ceritenye...lebih kurangnye mohon dima'apin.

DEWAN PENDEKAR PPS PUTRA BETAWI (1987)
 
OETAMA
Perawakannya kecil, tidak tampak kesan sebagai seorang “jagoan”. Inilah keuntungan Babe Oetama atau akrab dipanggil Be O’. Dengan mudah dia mengajarkan silat kepada anak-anak Betawi kala itu, pada saat Indonesia dalam cengkraman penjajah. Kalaupun “kepergok”, pihak penjajah cepat percaya dengan alas an yang diungkapkan oleh Be O’, yakni mengakjarkan seni tari. Pada kenyataannya memang demikian, aliran “Si Pecut” yang diajarkan Be O’ memang banyak unsure seninya. Sehingga setiap ada peragaan atau atraksi, grup Be O’ sering tampil sebagai penyumbang atraksi, member hiburan berupa seni silatnya.

Namun demikian dalam  jurus “Si Pecut” tentu banyak yang bersifat membahayakan musuh dan patut dihargai sebagai suatu aliran silat yang perlu diperhitungkan. Itulah sebabnya, pada saat Indonesia sudah merdeka, Be O’ mendirikan Kesatuan Pencak Gang Solitude (KPGS) yang menurunkan ilmu silat sekaligus seni silat kepada murid-muridnya. Kemudian KPGS berganti nama menjadi Perguruan Silat “Putra Utama” yang sudah banyak melahirkan pesilat-pesilat berprestasi, menunjang kredibiltas IPSI baik dalam percaturan daerah maupun nasional. Bahkan Mursin Utama, putra Be O’ tercatat sebagai anggota wasit juri tingkat nasional.

Sebagai salah seorang anggota Dewan Pendekar Putra Betawi, Be O’ mengharapkan agar PPS Putra Betawi bisa lestari dan dan mempertahankan identitas silat aliran Betawi, baik dalam jurus maupun system pertandinga.

MAHMUD MARZUKI (ABU)
SesepuhPutra Betawi  yang satu ini tidak dikenal sebagai pesilat dengan bentuknya yang kongkrit; sambut-pukul atau serang-elak. Akan tetapi ayah dari 17 orang anak ini, lebih dikenal sebagai ahli “silat lidah” dalam forum-forum organisasi persilatan, mewakili “PUTRA BETAWI”. Abu cukup berpengalaman sebagai duta untuk memperjuangkan wadah pesilat Betawi ini,  meski untuk kepentingan pribadinya Abu pernah belajar silat. Sejak usianya 15 tahun, kakek dari 40 orang cucu yang lahir 23 Oktober 1917 ini sudah “ngambil” maenpukulan “Si-Ikut” dari Muhammad Natsir atau yang sering disebut Pak Acing.

12 jurus “Papat Kelima Pancer”, jurus dasar silat Betawi pernah diselesaikannya, termasuk belajar Cimande dengan Pak Odas, Abu lakonin buat tukar pikiran mengenai silat. Cuma ketika dipertandingkan Abu sudah berusia lanjut, sehingga tidak bisa terjun langsung mengikuti praktek persilatan.

Dalam usianya yang sudah lanjut, Abu lebih mengutamakan kepentingan Akhirat, sambil memantau perkembangan Putra Betawi yang kini sudah dipegang generasi muda. Tentu saja dengan diiringi doa, semoga bisa ditampilkan system pertandingan  ala Putra Betawi.

SA’AMAN
Gagasan membentuk wadah untuk para pesilat Betawi, selain muncul setelah membaca berita mengenai silat akan dipertandingkan di PON VIII, juga muncul dari Sa’aman, kemudian didukung oleh para pendiri lainnya yang memang ahli dalam bidangnya.

Sebagai pesilat, sejak berusia 10 tahun Sa’aman telah belajar pada kakak satu ibu lain bapak, Bang Tasim namanya. Oleh Bang Tasim, Sa’aman mempelajari juus “Belit Rotan”. Kemudian Sa’aman belajar padaBang Aseni, anak Makasar yang pada zaman Jepang senasib dengan Sa’aman lantaran di penjara. Seanjutnya Sa’aman berguru pada Abah Asbani dari Cimande. Sebagai anak Gang Solitude, tentunya Sa’aman tidak dapat melupakan Babe Oetama yang ketika itu sebagai guru besar aliran “Si Pecut”. Dari sanalah Sa’aman dikenal sebagai “murid yang jadi”, yang setelah itu mendirikan perguruan Silat “Rompes Si Pecut”.

Dalam perkembangan selanjutnya, Sa’aman berperan sebagai orang yang banyak mendirikan perguruan silat dengan berbagai nama, seperti : PS GENTA, PS PUTRA JAKARTA, PS PUTRA CONDET, dan PS SUNDA KELAPA.

Ketika di tahun 70an ketua umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) masih Tjokropranolo (mantan Gubernur DKI), dan ketua PENGDA masih H Eddy Djadjang Djajaatmadja (mantan Walikota Jakarta Pusat), Sa’aman terpilih sebagai wakil Indonesia untuk melatih silat di Belanda. Rupanya ketua Bond Silat Belanda merasa perlu memperkenalkan silat keluar Belanda. Maka terukirlah dalam pena sejarah, Sa’aman sebagai pelatih silat pertama di Eropa, Belanda, Belgia, dan Jerman Barat mewakili Indonesia atas nama IPSI dan PPS Putra Betawi.

Pada pergantian pimpinan PPS Putra Betawi kedua, Sa’aman berkesempatan menyerahkan golok sebagai symbol “Pendekar” kepada H. Daong Makmur Zulkarnaen. Sekaligus menyerahkan kepengurusan kepada generasi selanjutnya.
 
H. SANI
Pendekar yang satu ini termasuk pendekar yang banyak “berguru” dari berbagai aliran silat. Awalnya H. Sani belajar pada Bapak Sabeni Bopeng di zaman Belanda, kemudian belajar “Gerak Rasa” kepada Bang Pi’I di Petojo Dearen. Kemudian dilanjutkan dengan belajar silat yang sambil “besile” kepada Bapak Ismail, terakhir belajar “Bandrong Petojo” kepada Bapak Soleman. Aliran inlah yang kemudian diorganisir dengan baik menjadi “Perguruan Silat Kancing 7 Bintang 12”, bagian dari “Pusaka Bandrong”.
 
ZAKARIA
Orang-orang Betawi menyebutnya sebagai Pendekar Betawi yang potensial. Disamping sebagai pendukung utama berdirinya “Putra Betawi”, Zakaria juga terkenal sebagai pendekar silat aliran “Mustika Kwitang”, sebuah aliran silat yang langka ditemukan di tempat lain, karena merupakan perpaduan antara silat Betawi dan Kuntao milik Sinshe Kwee Tang Tiam.  Aliran ini diturunkan dari kakeknya Kong Zaelani.
 
MUHAMMAD SYAFI’I
Bang Pi’i dikenal sebagai pendekar “Menak” atau priyayi. Sebab menurut pendekar yang lahir di Jakarta 1930, maenan “Gerak” yang dimilikinya berasal dari keturunan Raden Abdullah, yang kemudian diturunkan kepada Neng Aom. Dari Neng Aom “Gerak” ini turun kepada Raden Jusuf, Raden Ahmad, Raden Soma, dan Raden Widarma. Dari Raden Widarma inilah Bang Pi’i belajar “Gerak”, yang kemudian diberi nama “Gerak Saka Pribumi” atau “Gerak Sakadaekna” yang artinya “semau gue”.
 
ENDANG MUHAMMAD SUMARNA
Kesetiaannya dalam dunia persilatan tidak diragukan lagi, lantaran pendekar yang satu ini senantiasa aktif mengikuti kejuaraan IPSI, baik tingkat wilayah maupun daerah. Bahkan jalan kakipun dilakoninya dari Lokasari (Princen Park) Jakarta Barat ke GOR Bulungan yang kemudian dilanjutkan ke kediamannya di Kebon Pala I Jakarta Timur.

Banyak orang meragukannya sebagai anak Betawi, lantaran namanya berbau Sunda. Namun dia berani sumpah bahwa dirinya dilahirkan di Betawi tanggal 11 Januari 1938, putra bungsu dari 4 bersaudara keluarga M. Kasim seorang pesilat dari aliran “Sera Tembak”. Ayahandanyalah yang mendidiknya pertama kali aliran silat ini, yang kemudian dilanjutkan dengan mempelajari aliran Syahbandar yang mempunyai pecahan cukup banyak dan rumit; empat kurung, empat kelima pancer, gelombang 9 dan 12, serta berbagai pechana lainnya. Pada akhirnya diseragamkan menjadi tiap jurus mempunyai lima pecahan.
 
M. SAIDI bin ASIKIN
Lahir di Jakarta 6 Maret 1928, belajar silat kepada Bapak Sabuchi bin Samiun pada tahun 40an di Pacebokan (sekarang dikenal Jl. Kesederhanaan, Kel. Keagungan di bilangan Jakarta Kota).

Sejak tahun 1952 sudah mulai mengajar tetapi baru tahun 1970 atas prakarsa Bapak H. Sumarmin didirikan “Perguran Silat Macan Betawi”. Tentang aliran yang dianutnya ini secara terus terang tidak jelas apa namanya, sebab ketika hal itu ditanyakan pada gurunya hanya mengatakan, bahwa permainan silat ini “berat dan jelek”. Namun bisa dipastikan bahwa aliran dari silatnya adalah aliran silat Betawi.
 
M. NAWAWI
Lahir di Jakarta 15 Mei 1930, pertama belajar silat dari seorang Tionghoa bernama Koh Liong di Pasar  Baru. Pada sekita tahun19 45-1947 belajar silat dengan orang tua kandungnya Bapak H. Abdul Halim dengan permainan silat yang disebut “Jurus Gelibag/ Jurus Peratok”. Dilanjutkan berguru silat Beksi kepada Bapak H. Abdullah (1948-1950), Guru Tua Bapak H. Jalih (1950-1955), Guru Muhammad (1955-1960). Kemudian berangkat dari berguru ini M. Nawawi mendirikan perguruan silat yang dinamakan “Putra Beksi”, yang pada tahun 1972 dirubah namanya menjadi “Purbekala”. Dua taun kemudian nama Purbekala diganti menjadi “Purbakala” hingga sekarang.

Sumber PPS PUTRA BETAWI



Tabe'...Jali
« Last Edit: 03/07/2008 22:51 by Jali Jengki »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #1 on: 04/07/2008 00:45 »
@Bang Jali
Saya lempar GRP untuk Abang.
Artikel yang sangat berharga sekali  [top]
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #2 on: 06/07/2008 18:37 »
keren bang Jali... pertama kali aku hadir saat ulangtahun Putera Betawi, sangat kagum dan bangga melihatnya.. dan sempat bertanya-tanya tentang profilnya.. akhirnya sekarang muncul juga.. terima kasih [top]

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #3 on: 07/07/2008 09:49 »
mantabbbbb banget bang jali....aye kirim dodol GRP nyang gurih asli bikinin enyak ane....


DB
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #4 on: 09/07/2008 12:28 »
Makasi deh Kang Bredli, Ki Sawung dan Bang Debe...(kagak beracun nih dikasi dodol nyang ude bebuluk...? :'()

ane juga lagi ngelacak tokoh2 nyang laennye nih...kayak Kong Satiri dan kong Sa'alih (Ketua I dan II) PPS Putra Betawi angkatan pertame...brikut ame cerite2 eposnye...Denger2 dua org ni Juware2 pade di jamennye...

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

budi prihatin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 11
    • http://kancing7bintang12.blogspot.com
    • Email
  • Perguruan: PPS. PUTERA BETAWI KANCING 7 BINTANG 12
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #5 on: 24/07/2008 06:36 »
maaf bang jali kalau ane boleh tau ente dari perguruan atau organisasi mane bang, terima kasih atas jawaban ente bang

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #6 on: 24/07/2008 10:08 »
Assalamualaikum, Bang Budi...

Alhamdulillah, ane bersyukur dilahirin sebage anak Betawi yang punye kebudayaan unik. Lahir di Gang Jengki Kampung Asem, Cililitan, gede di Condet, Kramat Jati. Ane ngikutin perguruan nyang sifatnye formil lebih dikit dibanding non formil, banyakan boleh nuturnye alias minta-minta ame guru-guru nyang kagak punya perguruan, mangkenye ane lebih mentingin silaturahim ketimbang bentuk maenannye...kalo orang tua bilang "ngalah berkah dari sesepuh".

Sebenernye ane gak ikutan organisasi manapun, sebab ane pikir bakalan nyempitin ane bersilaturahim. Alhamdulillah lantaran berkah silaturahim ngebawa ane kenal ke sesepuh organisasi Betawi,  mulain dari Babe Uci (Sekretaris PPS PUTRA BETAWI/Sesepuh PS PUSAKA JAKARTA) ampe Om Nana (Jend.Nahrowi Ramli-Ketua BAMUS BETAWI-FORKABI) yg kebetulan masing tetangga....dan laen-laennye (capek ngetiknye)...

Kebetulan lingkungan keluarga juga ngedukung ngebentuk, mulain dari ngkong Tjatja Muhammad Satiri (Ketua I PPS PUTRA BETAWI angkatan pertama), Kong Maliki nyang seperjuangan Entong Gendut di Condet.

Kalo disini ane kecelakaan ikutan FP2STI lantaran mungkin ane yg bise ngedekor kali...mulaen dari logo komunitas, logo FP2STI yg baru, kaos, plakat, dan sekarang yg lagi dikerjain cover CD silat. Ane cuman mikirin pegimane carenye ane idup lebih bermanpaat, buat majuin Silat tradisional....

Kiranye cukup sekian dari ane Bang Budi...

Pantun:

"Pesalo nyasar ke sawah, perahunye dianggurin, Kalo ade kate nyang salah...mohon maap bukan mao ngagulin..."

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Taufan

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 6
  • -Receive: 27
  • Posts: 506
  • Reputation: 76
    • Email
  • Perguruan: Bandarkarima
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #7 on: 25/07/2008 14:14 »
Assalamu 'alaikum,

Ane denger bakalan ade pertandingan maen pukulan dalam rangka memeriahkan HUT PPS Putra Betawi bulan eni. Nyang punye info bole dong bagi-bagi disini.

Wassalam,
TP

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #8 on: 25/07/2008 17:15 »
Kalo nyang ni ane kurang mahfum...
apan ude perayaannye puncaknye kemarenan nyang tanggal 20 di Kalibata?
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

budi prihatin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 11
    • http://kancing7bintang12.blogspot.com
    • Email
  • Perguruan: PPS. PUTERA BETAWI KANCING 7 BINTANG 12
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #9 on: 04/09/2008 19:12 »
Assalammualaikum,

Bang jali ane mau tanya alamat jelas dan nomer telepon Putera Betawi dimane ya bang, kebetulan ane punya perguruan ikut acara yang dicibubur yang katenye VCDnya dibagikan ke perguruan yang ikut serta tapi PPS. Putera Betawi Kancing 7 Bintang 12 belum dapet sampe sekarang. terima kasih bang sebelumnya atas jawabannya

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #10 on: 05/09/2008 10:40 »
Wa alaikumsalam Wr.Wb

Bang Budi, bise ngubungin sekretariat Putra Betawi
Jl. Saharjo Gg. Bedeng RT 009/10 No.15 – Jakarta Selatan
kalo gak sale kemarenan masing ade 5-6 VCD deh...kalo abis mesen aje, insya Alloh masternye masing ade.

Tabe'...Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

budi prihatin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 11
    • http://kancing7bintang12.blogspot.com
    • Email
  • Perguruan: PPS. PUTERA BETAWI KANCING 7 BINTANG 12
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #11 on: 10/09/2008 19:39 »
Terima kasih bang jali atas jawaban alamatnya

budi prihatin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 69
  • Reputation: 11
    • http://kancing7bintang12.blogspot.com
    • Email
  • Perguruan: PPS. PUTERA BETAWI KANCING 7 BINTANG 12
Re: Dewan Pendekar PPS PUTRA BETAWI
« Reply #12 on: 12/09/2008 18:03 »
Bang jali kalau ade ane minta nomer tlpnya PPS Putera Betawi Juga dong

 

Powered by EzPortal