+-

Video Silat


silat harimau
GGBD - Wejangan Wak Oto
Silaturahmi Silek Kumango + Silek Tuo (03)
bandrong on action #4
Pencak Silat Tiga Berantai
Merantau Production Blog 2 - The Choreography
Silat Sambut in slow motion
Akeket Macanan
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar  (Read 27718 times)

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #60 on: 22/08/2008 21:07 »
maap ye  smuanya,sy jg pengen tau neh  tmpt latihan sabandar di  skitar daerah tebet mana ya,

wah..akhirnya ada orang tebet juga dimari...aye jg tinggal di tebet kang, ente tebet mane?

D'Boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #61 on: 09/09/2008 13:19 »
 [top] Salut buat Ki Sawung tentang tokoh-tokoh sahbandar. Saya sangat tertarik sekali dengan kisahnya Rd. Enceng (Husein). Tolong dong kalau bisa Ki Sawung lanjut lagi ceritanya, kalau bisa disinggung kisahnya Aki Aman (muridnya Rd Enceng). Please Ki [pray2]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

faj ar

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #62 on: 09/09/2008 16:30 »
maap ye  smuanya,sy jg pengen tau neh  tmpt latihan sabandar di  skitar daerah tebet mana ya,

wah..akhirnya ada orang tebet juga dimari...aye jg tinggal di tebet kang, ente tebet mane?

D'Boels


ane daerah menteng dalam tepatnya menteng pulo Gg.IX rt.05/12 no.22

faj ar

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #63 on: 09/09/2008 17:05 »
ki sebenarnya saya sdh lama dengar nama besar ki sawung, soalnya dl swkt lathn ma pak irham, sy di samperin "orang" tinggi besar..lagi dalam mode tafakkur, setelah sy selesai sy tanyakan ke pak irham..pak irham bilang "cman satu org yang sll mendatangi murid2 sabandar dimanapun berada pd saat latihan walau itu cman tubuh astral.....ki sekarang pak irham sdh ga ngelatih lagi..beliau skarg lbh banyak mlakukan shalat malam...sy dl bareng pak irham mendirikan perguruan SKMI di kab. pangkep MKS..sempat mencapai 50an murid dari berbagai kalangan usia sbelum hancur karena terjadi perpecahan dikalangan anggotanya..masalah leader untuk memimpin kami latihan, org itu ga bs terima kalo sy yang ditunjuk jd leader soalnya kami berbeda kecamatan..sedangkan anggota skmi saat itu banyak yang dari daerahnya dy....kayak ga terima, akhirnya segala macam cara dy lakukan untk menjatuhkan sy termasuk menjelek-jelekkan kami yang dari daerah lain..singkat kata, kami benar2 tercerai berai mang udah jalannya kali..walau tersisa 5 org sy teap latihan sm pak irham sbelum akhirnya  sy memutuskan k jkt cari pengalamn smbl nyari link soal sabandar kari madi.........sy akan usahakn untuk bisa soan ke tempat ki sawung, pengennya sih gabung ma perguruan ki sawung......salam 

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #64 on: 09/09/2008 21:05 »
wah pak fajar curhat nih... :)
kenapa ga kirim PM aja, Pak langsung ke Ki sawung..
maju terus,pak..

tetap semangat

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #65 on: 10/09/2008 09:14 »
ane daerah menteng dalam tepatnya menteng pulo Gg.IX rt.05/12 no.22
[/quote]

wah..deket tuh ma rumah aye...kapan waktu aye maen ke rumah boleh kagak?


d'boels
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

P_Muda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 135
  • Reputation: 18
  • SECOND GEAR!!!
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #66 on: 13/09/2008 12:04 »
ki sebenarnya saya sdh lama dengar nama besar ki sawung, soalnya dl swkt lathn ma pak irham, sy di samperin "orang" tinggi besar..lagi dalam mode tafakkur,  

Tinggi besar??? Mirip perawakan Ki Sawung yah?
17 tapak duka nestapa... pukulan merindukan kekasih

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #67 on: 13/09/2008 12:16 »
Awas hati-hati sama si Dodol  [run]
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

faj ar

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #68 on: 15/09/2008 16:35 »
ane daerah menteng dalam tepatnya menteng pulo Gg.IX rt.05/12 no.22

wah..deket tuh ma rumah aye...kapan waktu aye maen ke rumah boleh kagak?


d'boels
[/quote]boleh, silahkan datang tanye aje name bang acang ane numpang sementara....tp senen mpe jumat ane kerja..balik2 jam 4an paling bisanye klo hari sabtu ma minggu, di rumah seharian kagak kemane2................ente latihan dimana?

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #69 on: 20/09/2008 04:14 »
buat Fajar.. terima kasih informasi tentang perguruan Syahbandar yg pak Irhaman dan Fajar dirikan di Kab. Pangkep Sulawesi Selatan.
semoga Pak Irham diberikan ketabahan dan dapat mengambil Hikmahnya, sebagaimana juga apa yg pernah saya alami sebelumnya, kurang lebih sama ketika di Medan  :o

 [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Tidak diungkap dengan jelas tentang siapakah Nyai Bojong ini sebenarnya.
hanya saja diceritakan bahwa pada masa itu sekitar tahun 18..
terkenal di daerah Bojong Cianjur ada seorang Pendekar Wanita kenamaan.

Lalu diadakan sayembara dan tantangan kepada semua Pendekar yg berminat untuk dapat mengalahkannya, dan yg menang akan diberikan hadiah dan menjadi suaminya   ::)

menurut informasi dari Bapak HM Taufik Ismail (Ketua MUI Wanayasa),
akhirnya banyaklah Pendekar yg tepar dan menyerah ketika menerima dan menyambut tantangan dari Nyai Bojong  x-))

tinggallah seseorang yg berperawakan tinggi besar , akhirnya maju dan menjajal kemampuan Nyai Bojong.
memang sungguh luar biasa Nyai Bojong, entah apakah aliran silat yg beliau hayati, pertarungan berjalan dengan seimbang, yg ada selanjutnya ialah pertarungan batin dalam arti "kesabaran".
Nyai Bojong tampaknya jadi hilang kesabarannya dan emosi jadi memuncak.
itulah yg menurut Bapak HM Taufik Ismail menjadi sebab kekalahannya.

Nyai Bojong mengajukan syarat yg unik dalam melakukan pertarungan dengannya. bahwa barang siapa yg sanggup memegang "teteknya" , maka dia rela untuk menjadi suaminya  [lucu]

begitulah yg terjadi dalam dongeng bombastis, dikatakan terjadi pertarungan antara Ama Sabandar melawan Nyai Bojong ialag berlangsung 3 hari  :o (mungkin ini istilah orang dahulu dalam memberikan nilai "sangat sulit" atas pertarungan yg luar biasa)

sehingga saat emosi Nyai Bojong terpancing amarahnya,
Ama Syahbandar berhasil memegang tetek Nyai...  :-X

sama-sama kita ketahuilah apa hasil akhir kisah ini  [top]


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
to be continued... story of Nyai Bojong , by HM Syarif

 >:(
« Last Edit: 20/09/2008 04:42 by kisawung »

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Riwayat dan kisah pendekar sabandar
« Reply #72 on: 20/09/2008 06:28 »
Kisawung,aku juga pernah dapet tuh cerita dari pelatih yg gak mau aku panggil guru,dy cerita tentang itu beberapa bulan lalu sebelum aku belajar dari beliau,tapi beliau gak nyebutin nama wanita itu dengan jelas.tapi persis dh ceritanya...
Pelatihku itu pelatih sabandar tunggal
baru belajar nulis

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #73 on: 20/09/2008 13:02 »
terima kasih atas info yg mendukung :)
nice share dolly  [top]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Kisah Ibu Bojong,
by : HM Syarif


Adapun istrinya Ama Sabandar yakni Ibu Bojong terkenal pintar main silatnya. pada suatu hari Ibu Bojong pulang belanja dari Cianjur dengan naik kereta api, rupanya ada 3 orang lelaki akan berbuat jahat didalam kereta, orang tersebut duduk mendekati Ibu Bojong dan memang lelaki itu tidak kenal siapa sesungguhnya Ibu Bojong. lalu lelaki itu bergerak cepat merampas kalung Ibu Bojong.
Namun dengan gerakan sekilat akhirnya lelaki itu terpental dan jatuh terlentang.
dan penumpang kereta api pada bertepuk tangan, karena mereka kebanyakan kenal siapa Ibu Bojong itu  :D

kemudian ketiga orang itu ditahan oleh kondektur akan dilaporkan kepada polisi, namun dilarang oleh Ibu Bojong, malahan dikasih uang seperak, karena kasihan kata ibu Bojong..  8)

ketiga lelaki itu kemudian diberitahu oleh kondektur tentang siapa sesungguhnya Ibu Bojong itu, lalu ketiga lelaki segera bersujud merangkul kaki Ibu Bojong sembari mohon ampun dan meminta maaf..  x-))
setelah kejadian itu, Ibu Bojong turun di Halte Karang Tengah..

berlanjut...  :-P


 

Powered by EzPortal