+-

Video Silat


padjadjaran nasioan - Performance silat di acara u
ICE 2009, gerak gulung
Cingkrik Goning - Performance silat di acara ultah
Eksibisi @ Pencak Silat Word Championship 2010 - M
Silat Paseban Taqwa Betawi Babe Cacang Murtadho
Silek Harimau di FIB UI
Gerak Gulung di FIB UI
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Final Pencak Silat Sea Games XXVI kategori Regu Pu

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar  (Read 27744 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Riwayat H. Moch Syarif
« Reply #15 on: 17/12/2007 10:18 »
Kira-kira umur 15 tahun, Beliau mulai belajar pencak silat Cimande, karena di Cibadak saat itu yang masyhur ialah Cimande.  Tempat belajarnya di Kebon Pala Cibadak, yang mengajarnya ialag Guru Iyong. Belajar kurang lebih lima tahun, beliau sudah dapat bermain pepedangan. Dilanjutkan pelajaran Cimande tersebut kepada Abah Kowi dari Tarikolot.

Selain itu beliau juga belajar Cimande pada kakek beliau yang bernama Agus dan Haji Malik dari Gadog Sada Mukti Cicurug.

Kakek Beliau pernah berkata : " Mencari ilmu itu jangan satu macam, sekarang carilah permainan pencak silat Opat Kalima Pancer ".

Suatu hari, ada kawan beliau bernama Kalsum (acun) yg bekerja sebagai buruh pegadaian, menginformasikan tentang adanya Ibingan Cianjuran yang diajarkan oleh Rd Kartadimadja (wakil kepala pegadaian), sehingga beliau H.  Syarif kemudian diterima untuk belajar Ibingan sebagai murid.
dan setelah lima bulan dibawah bimbingan para senior, yakni Iwik, Mamat, Sulaeman, dan Mad Nawi,  maka beliau H.Syarif menjadi sangat mahir dan paling bagus ibingannya.

Sehingga kemudian ada diantara murid Rd.Kartadimadja yg bernama Mamad, bercerita bahwa akan datang dari Cianjur ialah Gan Enceng (Rd Husen). Nanti kalau sudah latihan gendang pencak janganlah buru-buru pulang, biarkan saja yang lain pulang duluan, karena jam 12 malam akan ada latihan khusus, yakni antara Rd Kartadimadja dan Rd Husen.

Pada malamnya setelah setelah latihan gendang pencak selesai, bpk Tatang dari Sukamadju Cibadak datang, dan diperkenalkan. Rd Kartadimadja bertanya, kenapa Syarif belom pulang, kalau mau silahkan menginap di rumah saja.

Betul saja, setelah jam 12 malam, Gan Enceng turun, dan semua menjadi heran, karena mau latihan, mengapa kepalanya dibungkus handuk seperti mau mandi.
Sarungnya dikeataskan sampai lutut, kemudian berdiri dan kedua tangannya dikedepankan. Selanjutnya Mama Karta turun dan ini betul-betul seperti mau latihan karena memakai pangsi dan kaos putih.

Setelah keduanya siap, tiba-tiba mama Karta terpental jatuh begitu kerasnya dan bangun lagi akan menyerang Gan Enceng akan tetapi tidak sampai-sampai..


kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #16 on: 17/12/2007 10:44 »
lanjutan....

padahal waktu itu, mama Karta sering olah raga angkat besi, sehingga badannya berotot dan tinggi besar.  Kira-kira setengah jam latihannya bersama Gan Enceng, kemudian murid-murid lainnya ada empat orang  disuruh menyerang Gan Enceng, akan tetapi tidak ada satu orangpun yang pukulannya sampai ke badan Gan Enceng, bahkan mereka jatoh semuanya.

beliau Syarif menjadi heran karena baru melihat permainan pencak silat seperti itu, dalam pikirannya menyangka, jangan-jangan hal itu ialah ilmu sihir. 

Demikianlah pada keesokan harinya, Mamad ditanya, apakah latihan itu betulan atau bukan, dan Mamad malah menyatakan mengapa tidak dicoba saja langsung.
Syarif menyatakan tidak berani jika mencoba Mama Karta, tapi berani jika mencobanya kepada Mamad  :D

Malam Rabu, Mamad datang ke rumah Syarif, lalu berkata dimana mau mencoba saya.  Syarif berkata, disini saja sambil membereskan kursi ruangan tamu.

Selanjutnya Mamad dipegang oleh Syarif..
"Silahkan Ip, kamu kan jago Cimande yang suka mencoba-coba.."

Syarif berkata: " boleh.., tapi nanti kalau kena pukul jangan marah ya"
Mamad berkata: "Terserah kamu saja.."

Pikiran Syarif, pasangan kuda-kuda macam itu ialah begitu mudah seperti ikan tinggal ambil saja  :D , kemudian tangannya Mamad dipegang dan segera perutnya dipukul cepat dan keras oleh Syarif. Namun diluar dugaan , malah Syarif yang jadinya terpental dan jatuh..  :D

Mamad berkata : " Yang keras dong pukulannya Ip.."

Kemudian Syarif segera bangun dan Mamad segera pasang kuda-kuda sembari memberikan tangannya dekat wajah Syarif dan berkata :
 " Ip.., ini sih mudah mengambilnya.." sambil tersenyum.

Syarif segera memukul kepalanya Mamad, namun begitu mau sampai pukulan tersebut, dengan sekilat Syarif terpental lagi sampai-sampai kepala membentur tembok  :D lumayan juga sakitnya..

Padahal beliau Syarif saat itu belom pernah bisa dijatohkan oleh siapapun, bila mencoba permainan silat orang lain.

Demikianlah sambil bangun, Syarif mengaku kalah dan menyatakan mau belajar kepada Mama Karta.


CrYPTON

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 152
  • Reputation: 2
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #17 on: 17/12/2007 20:50 »
tambahin lagi @ki, yg pake liliwatan sama potong dong.....

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #18 on: 29/12/2007 12:42 »
asalamu alaikum ki sawung. maaf sebelumnya saya perkenalkan nama saya wisnu dan alhmd selama ini saya juga berlatih syah bandar. yg ingin saya tanyakan nama yg sebenarnya itu syahbandar atau sabandar? apa ki sawung kenal dg bang nasrul(bang acun)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #19 on: 30/12/2007 08:56 »
hallo masa wisnu widodo
masalah nama itu aselinya memang Sabandar
akan tetapi kemudian masyhur menjadi Syahbandar

Bang Acun saya kenal tapi itu sudah lama sekali
kalau gak salah yg dahulu melatih di daerah Cibinong ya..

barangkali fotonya ada di site saya kisawung.multiply.com
silahkan dilihat pada tag Abah H. Syarif

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #20 on: 30/12/2007 22:38 »
salam ki! saya sebagai pemula dlm berlatih sabandar ingin menanyakan apa ada kiat kusus untuk cepat menguasai sabandar?

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #21 on: 01/01/2008 12:57 »
Mas Wisnu Widodo, belajar apapun bila dihayati dengan cinta dan asyik akan cepat. Cepat itu juga relatif khan? Waktu kecil saya duduk di kelas kepingin pulang rasanya lamaaaaaa banget. Agak gedean kalo deket pacar sudah maleeeem terasa misih sore. Sekarang liat anak masuk SMA terasa betapa cepat waktu 15 tahun itu. Kemaren nglayat Paklik yang berusia 85 terasa sungguh bahwa hidup hanya mampir ngombe, cepat sekali layaknya mampir minum saja.

Kalau Anda menguasai setiap segi Sahbandar dalam satu kali hidup Anda, itu juga sudah cukup cepat bukan?

Kalau mau yang instan, coba minum extrajos segalon, ngemut setrum, atau minta jimat dari dhemit tetangganya Mbah Maridjan. Hehehehe ini bercanda lho maaf kalo agak kurang berkenan maklum orang bodo nih yang bercanda.

Salam tahun baru...

Mari, sumangga diwejangkan ilmu yang sesungguhnya Kisawung, saya duduk manis mendengar sambil melirik suguhan saja.

Ranggalana.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #22 on: 02/01/2008 11:47 »
met tahun baru juga mas rangga, dan selamat tahun baru buat seluruh sobat sahabatsilat.com. mudah2an cepat panjang dan gede (cepat jodoh bagi yg single,panjang umurnya.dan gede rizkinya) amin! oh ya saya mau nanya ada yg bisa kasih info tentang sabandar yg ada di pelabuhan ratu suka bumi gak? kalau gak salah yg di pimpin almarhum pak uci! thanks

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #23 on: 02/01/2008 12:17 »
ki sawung saya pernah dengar bahwa sabandar itu asalnya dari jawa timur yg pada masa kerajaan majapahit dulu di bawa dan diajarkan ke ranah minang, betul gak ki? mohon petunjuknya!

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #24 on: 02/01/2008 12:19 »
ki sawung saya pernah dengar bahwa sabandar itu asalnya dari jawa timur yg pada masa kerajaan majapahit dulu di bawa dan diajarkan ke ranah minang, betul gak ki? mohon petunjuknya!
@mas Wisnu Widodo
Pertanyaan bagus, mengingat Majapahit dan Minangkabau khususnya Pagar Ruyung punya kaitan sangat erat. [top]

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #25 on: 02/01/2008 15:50 »
nah, mas java nich kayaknya tahu banyak?! monggo di lanjut mas java!

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #26 on: 02/01/2008 15:51 »
nah, mas java nich kayaknya tahu banyak?! monggo di lanjut mas java! [top]

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #27 on: 02/01/2008 16:17 »
Enggak lah mas Wisnu.
Kisawung dan uda Parewa lah pakar-pakarnya sejarah silat di forum SS.
Kita tunggu saja posting beliau-beliau. :D

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #28 on: 02/01/2008 17:11 »
kalo mas java pakarnya silat [top] [top] [top]

@mas wisnu, salam kenal. akhirnya ada juga yang ga pake nick name... :)

wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #29 on: 02/01/2008 22:07 »
Salam kenal balik mas rasyid, ngomong2 para pakar pada kemana ya? kok gak ada yg muncul?

 

Powered by EzPortal