+-

Video Silat


Beksi Performance by Bang Muali
Jambore Pencak Silat, al azhar performance 3
Golok Seliwa @ Escapade Show Shooting
GGBD - Demo/Aplikasi #1
GGBD - Aspek Keras
Jurus Macanan KYS
Sparing Ikmaludin vs Arif Persinas
PS-1 (Pokolan Silat -1)
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar  (Read 27721 times)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #30 on: 03/01/2008 09:49 »
selamat bergabung di sahabat silat mas wisnu widodo  [top]
belajar Sabandar itu bisa cepat , bisa juga lama

mengapa bisa cepat.., karena jurus aselinya cuma ada lima saja  :D
dan pada saat saya bersama Abah Syarif berkunjung ke Pelabuhan Ratu dulu
menemui murid beliau yaitu Bpk Uci almarhum, kami disuguhi pertunjukan spektakuler dimana ada beberapa orang murid yg baru saja menyelesaikan pelatihan selama kurang lebih 3 s.d 6 bulan ... dihajar perut dan punggungnya dengan sepotong besi yg rupanya seperti stick sepanjang sedepa..
padahal perawakan murid2 itu kurus kecil ceking  :D tapi nampaknya mereka kuat..
setelah sebelumnya memperagakan jurus lima Sabandar  [top]

mengapa bisa lama.. ,
karena penghayatan dan pemahamannya banyak yg masih misterius dan langka

suatu contoh.. ada seorang guru Sabandar yg bisa membakar gabah padi di sawah dari hanya menghentakkan kakinya di kejauhan ..
namun sayangnya pengetahuan Sabandarnya itu lenyap dibawa mati

ada lagi seorang guru Sabandar, yang mampu mengendalikan angin ribut dan menahan petir dengan tangannya... inipun... nasib ilmunya dibawa mati juga..

bahkan menurut keterangan yg sangat sahih, diceritakan..
Moh Kosim Ama Sabandar sendiri, setelah perjumpaan silaturahmi kepada Mama Ibrahim... terus pergi selama 9 tahun untuk "berlatih kembali"
setelah mengatakan : " Tidak ada yg paling kuat pukulannya kecuali Raden Haji Ibrahim"

 ???

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #31 on: 03/01/2008 10:20 »
kabar terakhir...salah satu dari beberapa murid itu kena disentri ya Ki Sawung? [lucu] [lucu] [lucu]...kebanyakan digebukin sih

selamat tahun baru


one
BBM

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #32 on: 03/01/2008 12:27 »
hehehe

 [pant]

selamat tahun baru juga Juragan Iwan  [beer]

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #33 on: 03/01/2008 12:37 »
Kang Ranggalana, Kang Rasyid, Kang Java, Kang Iwan..

selamat tahun baru, ditunggu postingannya lagi  [top]

 [beer] [ultah] [ultah] [ultah] [ultah] [ultah]

ma`af suguhannya kalu kurang layak, maklum jarak jauh by cyber  [lucu]

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #34 on: 03/01/2008 13:25 »
@Kisawung
Selamat tahun baru juga. Semoga kita semua senantiasa dilimpahi rahmat dan kebaikan oleh Allaw S.W.T.

Suguhan Kisawung selama ini menyegarkan serta menyejukkan hati pecinta pencak silat. Semoga sampeyan ditambah rejeki, kesabaran dan kesempatan untuk tetap jadi penggembala member tercinta forum sahabat silat.

salam,


wisnu-widodo

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 1
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #35 on: 03/01/2008 15:46 »
ck..ck..ck..! saya benar2 kagum atas wawasan anda2 semua! saya haturkan banyak2 trimakasih atas info2nya! terus tentang asal muasal sabandar ada kaitannya gak dengan kerajaan majapahit? konfirmasinya di tunggu lho...!

srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #36 on: 03/01/2008 15:49 »
mumpung ngomongin majapahit  ;D
ada yg th ga nasib terakhir patih Gadjahmada? meninggal dimana? karena perang atau karena tua? biarin ah ga nyambung juga  ;D
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #37 on: 03/01/2008 15:56 »
..ada yg th ga nasib terakhir patih Gadjahmada? meninggal dimana? karena perang atau karena tua?

Nasib Maha Patih Gajah Mada memang tidak jelas. Begitu pula keberadaan makam beliau masih kabur. Misterius, padahal beliau tokoh sentral Majapahit.

Mungkin begitulah nasib mahluk-mahluk fenomental. Ibarat gajah liar saja, biar kata badannya gede tapi jarang gajah yg mati tua ditemukan orang?

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #38 on: 03/01/2008 15:57 »
Assalamualaikum,...met taon baru semue...ane nongol lagi nih...

Sahbandar nyang di Tanah Betawi pegimane Ki Sawung,PSRI Sahbandarnye Tjatja Muhammad Satiri...? Katenye beda ame Sahbandarnye Mama Kosim, gak ade Tangtungan Alipnye. Denger2 nyang di Tanah Betawi emang bener2 maenannye orang2 pelabuhan menurut asal katenye Sahbandar.

Kalo Gajah Made,nyang ane tau moksa di gunung abis perang Bubat...ade nyang bilang sih...di Gunung Lawu.

Tabik,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #39 on: 03/01/2008 17:29 »
ki sawung saya pernah dengar bahwa sabandar itu asalnya dari jawa timur yg pada masa kerajaan majapahit dulu di bawa dan diajarkan ke ranah minang, betul gak ki? mohon petunjuknya!

mungkin yang kompeten menjawab ki sawung sebagai pewaris (murid) sabandar yang jelas silsilahnya :)

saya coba menjelaskan dari sisi sejarah yang saya tahu, bahwa sabandar sendiri adalah nama satu kampung di daerah cianjur (sabandar) yang dalam bahasa sunda artinya sa (satu) - Bandar (bandar) atau pengumpul. jadi makna harfiahnya satu bandar (bukan syahbandar yang bisa bertugas di pelabuhan).

di kampung inilah Mama Kosim tinggal (beliau berasal dari pagaruyung - sumatra) setelah mengembara dari pagaruyung dan bertemu dengan Rd. Enoh beliau di tempatkan di kampung sabandar ini. sehingga beliau lebih dikenal sebagai Mama sabandar (sebutan mama dalam bahasa sunda berarti yang dituakan)

nah dari kampung sabandar ini lah beliau mengajarkan silat / maenpo sabandar pada murid-muridnya di tanah cianjur sampai ke purwakarta. aliran mama sabandar ini memberikan warna dan pengaruh besar pada ulin maenpo di tanah pasundan.

mengenai keterkaitan dengan majapahit saya belum menemukan literatur yang jelas mengenai ini.

Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #40 on: 03/01/2008 20:29 »
..ada yg th ga nasib terakhir patih Gadjahmada? meninggal dimana? karena perang atau karena tua?

Nasib Maha Patih Gajah Mada memang tidak jelas. Begitu pula keberadaan makam beliau masih kabur. Misterius, padahal beliau tokoh sentral Majapahit.


kan udah diketahui makamnya masih kabur....mungkin belum tertangkap sampe ini hari ;D

salam,


one
BBM (bolak balik mumet..)

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #41 on: 05/01/2008 18:42 »
terima kasih kepada kang Nagapasa yg telah membantu dengan jawabannya  [top]
mengenai Syahbandar Bpk Satiri, memang terlihat berbeda, karena saya melihat peragaannya langsung saat Acara Putera Betawi di Cibubur setahun lalu. saya sempat berbincang dengan bpk. HZA Arifin sebagai penerus dari Bpk Satiri.

kemudian saya juga pernah menanyakan kepada Master O`ong Maryono tentang hal ini, berhubung Master O`ong juga pernah belajar Syahbandar kepada Bapak Satiri. Tanggapan Master O`ong ialah, apapun jenisnya dan perbedaannya Syahbandar, ialah menurut kepada pembawanya masing-masing. maka Style Syahbandar Betawi ialah Style nya Bpk Satiri, Syahbandar Satiri  :D

begitu pula bahkan yang satu rumpun pun juga banyak terjadi perbedaan, antara Style H.Syarif dengan Style Sabandar yang ada di Cikaret misalnya

bahkan dari segi namapun jadi berbeda, ada Sabandar , ada juga Syahbandar  ;D

maka dengan ini saya mengundang, jika ada diantara murid Bpk Satiri dan Bpk HZ Arifin, dengan senang hati dipersilahkan memberikan masukannya disini tentang sejarah dan pohon silsilah perguruannya  [top]

oh ya ada satu lagi yang unik..
jika kita berziarah di pemakaman keramat Mbah Dalem Bogor
disitu terdapat makam Panglima Syahbandar
ialah salah satu diantara Panglima perang Prabu Siliwangi  :D

so... nama Syahbandar atau Sabandar memang legendaris banget

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #42 on: 05/01/2008 18:50 »
masalah Silat Sabandar kaitannya dengan Majapahit

silahkan diungkap jika memang ada data tentang hal tersebut..  ::)
tetapi setahu saya, atas dasar saya pernah berdialog dengan salah satu ahli tentang Silek dan Tambo Minangkabau.

tidak tertera cerita tentang pertukaran budayanya, khususnya Silek.
yang ada ialah saling mengangkat persaudaraan dengan jalan pernikahan..  8)

bahkan secara telak dikatakan bahwa Silek berasal dari rangkuman 4 aliran beladiri dari Campa, Siam, Butan, Persia, dan minang itu sendiri jauh sebelum kedatangan Majapahit ke Sumatera.

Ama Sabandar ialah diantara bangsawan dari Kerajaan Pagaruyung.

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Riwayat H. Moch Syarif
« Reply #43 on: 05/01/2008 20:12 »
lanjutan...

Setelah kejadian itu saya ( H.Syarif )  belajar jurus Sabandar kepada Rd.Kartadimadja , dan saya berlatih  tiga kali sehari, yaitu jam empat pagi setelah pulang kerja di pasar selepas waktu subuh, jam sembilan siang, dan jam delapan malam. dengan lamanya latihan itu ialah selama kurang lebih dua tahun.

Pada waktu latihan di rumah Mama Karta, Mama berkata: " Mad, kamu latihan bersama Syarif". Kemudian kami latihan bersama Mamad, selanjutnya Mamad disered (didorong) oleh saya, tetapi tidak dapat dia menjatuhkan saya lagi. selanjutnya saya berkata : " Mamad, coba sekarang kamu yang menyerang saya"
lalu Mamad menyerang saya, dan segera saja saya jatuhkan beberapa kali, dan kurang lebih seperempat jam sampai akhirnya Mamad tidak bisa menyerang lagi dan mengaku kalah kepada saya  :D

Kemudian Mamad berkata kepada Mama Karta : " Mama, Syarif itu sekarang sudah tinggi permainannya,"
dijawab oleh Mama Karta: "Syarif itu latihan terus menerus selama dua tahun tidak pernah berhenti. sedangkan kamu kamu selama dua tahun tidak pernah kesini lagi. nah begitulah jadinya Mad."

Kemudian teman-temannya Mamad ada tiga orang, yaitu Mad Nawi, Sulaeman, dan Iwik mencoba untuk menyerang saya, tapi tak seorangpun yang dapat menjatuhkan saya. Nah begitulah permainan itu berkata Mama Karta kepada murid-muridnya, jadi walaupun sudah bisa, tetap harus dipelihara jurus-jurusnya.

Setelah itu, murid-murid Mama Karta yang sudah menjadi guru Silat, tidak diajar lagi oleh Mama Karta, tetapi disuruh belajar dengan saya, dan oleh saya semuanya dijadikan saudara. Pada waktu itu, murid=murid dari Raden Husen juga sering datang untuk latihan bersama Mama Karta, namun tak seorangpun diantara mereka yang mampu menjatuhkan Mama Karta.

bersambung..

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Riwayat dan Kisah Para Pendekar Sabandar
« Reply #44 on: 05/01/2008 22:48 »
Ki Sawung, teriimaksih untuk postingnya yang memberi pelajaran. Sungguh, sangat menarik dan perlu dituliskan. Mohon diteruskan, dilengkapi, dan sekalian dijadikan buku? Boleh?

Salam hangat,
Ranggalana
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

 

Powered by EzPortal