+-

Video Silat


Shoutbox

10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Syekh Muhyi dan Syekh Kurdi salah satu tokoh syahbandar  (Read 11750 times)

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Ada yg tau tentang syekh muhyi dan syekh kurdi dari pamijahan? Mohon yg tau,beri tau yah,mungkin ps aliran syahbandar bisa kasih keterangan.
baru belajar nulis

pamanah rasa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 57
  • Reputation: 11
  • Perguruan: Suliwa - Lima Adegan Serong
Wah, info dari mana ini kalau Syekh Abdul Muhyi Pamijahan itu salah satu tokoh Syahbandar? Kayanya nggak mungkin deh.

Coba kita cek ya, sambil saya juga nginget2 tentang beliau. Terakhir ziarah ke pamijahan itu tahun kemaren.

Beliau itu yang menyebarkan tarekat Syatariyah di jawa barat, murid dari pendiri tarekat tersebut, yaitu Syehk Abdul Rauf Singkel dari Aceh.

Dari pihak Ayah (Sembah Lebe Warta Kusumah), beliau itu masih memiliki darah bangsawan. Ayahnya adalah keturunan raja Galuh (Pajajaran).

Sedang dari jalur Ibu (Sembah Ajeng Tangan Ziah), masih memiliki garis hubungan keturunan dari Sayidina Husein. Atau keturunan Rasulullah SAW ke 15 dihitung dari Fatimah.

Syekh Abdul Muhyi itu lahir pada 1071 H/1660 M dan wafat di Pamijahan, Bantarkalong, Tasikmalaya, Jawa Barat, 1151 H/1738 M.

ini qoute dari uda parewa...
Ada di thread ' Menyingkap Tabir Sosok Muhammad Kosim - Pendiri Sabandar'
1. Mama Kosim pergi meninggalkan kampung halamannya sebagai akibat dari Perang Paderi yang melanda Minangkabau pada tahun 1821-1837.

Jadi kayanya nggak mungkin kalau beliau itu salah satu tokoh silat Aliran Syahbandar. Kalau salah satu tokoh penyebar aliran Tarekat Syatariyah di Jabar, khususnya Tasikmalaya itu sih bener.

----

Kalau Syekh Kurdi yang anda maksud itu apa Syekh Muhammad Amin Al-Kurdi Al-Irbil ( Tarekat Kholidiyyah)?
« Last Edit: 09/02/2008 04:40 by pamanah rasa »

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
TOP - BGT lah Kang Pamanah Rasa  [top]
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Syekh Muhyi dan Syekh kurdi salah satu tokoh syahbandar
« Reply #3 on: 09/02/2008 11:13 »
Saya memang kurang tau tentang syekh muhyi dan syekh kurdi,yg saya tau di perguruan saya mereka adalah pendekar pendiri pstd syahbandar justru mama sabandar gak termasuk salah satu pendirinya.
Lengkapnya ad 7 pendirinya
1.Rd. Mama karta
2.syekh muhyi
3.syekh kurdi
4.ki asnawi dari caringin
5.ki romli dari caringin
6.eyang idris
7.kyai M. Husaeri
saya belum bnyak tau tentang mereka karena guru besarnya sudah lama meninggal jauh sebelum saya bergabung dng perguruan itu.
Terima kasih atas infonya,semoga apa yg saya tulis sekarang ini hanya akan menambah pengetahuan saja bukannya menambah perdebatan.
baru belajar nulis

kisawung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 14
  • Posts: 458
  • Reputation: 73
Rd. Mama Karta sudah saya jelaskan sejarahnya mengutip keterangan dari buku karangan Abah MH Syarif di thread sebelah.. :D

menurut yg saya pahami ialah, rata2 pendekar Sabandar banyak yg menyukai mengikuti aliran Thareqat mana saja. bisa ke Naqsyabandiyyah, bisa ke Qodiriyyah wan Naqsyabandiyah, bisa ke Samaniyyah, bisa juga ke Syattariah.

maka sebagai rasa penghormatan, selain hadiah fatihah kepada para pendekar Sabandar sebelumnya, juga hadiah Fatihah mutlak kepada para Mursyid Thareqat yg diikutinya.

sehingga menimbulkan anggapan, seolah Muryid thareqat juga ialah beraliran Sabandar. Padahal sebenarnya tidak demikian.

terima kasih atas masukannya sahabat dolly  [top]

f4iz

  • Guest
Salam Rekan-2x..
Saya boleh posting disini gak kalo nanya-2x ttg. aliran Syahbandar ? Ato harusnya posting di Topik Aliran ?
Pak Admin, kalo gak cocok disini bisa tolong dipindahin aja ke tempat yg cocok ?
Pertanyaan saya gini..maaf ya kalo rada gaptek Syahbandar :)
  • -Di Syahbandar ada gerakan kaki "seseran" *kalo gak salah namanya seser ato sered ya* dimana kaki itu diseret ditanah bisa dgn jari kaki atau telapak.
    Kalo gitu apakah musti latihan nyentuh tanah ? Kalo misalnya latihan dikarpet ato ubin gitu bisa ? Apakah effek dari latihannya berkurang
  • -Gimana kalau latihan pakai sepatu yg solnya terbuat dari karet ato bahan yg isolatif apakah itu akan mempengaruhi latihan gerakan tsb
  • -Kalau dalam praktek beladiri apakah kaki tetep melakukan seseran atau menapak ato melangkah *bukan diseret*?
  • -Kalau diliat sepintas dari mata orang awam, Silat Syahbandar mirip gerakan kelabang yg merayap gerakannya. Syahbandar ini apakah asli penemuan Mama Syahbandar hasil intisari ilmu yg dipelajari ato memang ada aliran di Sumatera yg bernama Syahbandar ?
Terima kasih sebelumnya.
Wasalam,
Faiz


Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Syekh muhyi dan syeh kurdi salah satu tokoh syahbandar
« Reply #6 on: 15/02/2008 22:02 »
Mas faiz pertanyaan bagus tuh,saya juga sempat bertanya seperti itu pada guru saya"apa kalo latihan pake sepatu ato sendal akan pengaruh?"
saya lupa jawaban pastinya, tapi menurut saya itu tergantung pada kemampuan orangnya, klo dia teknik pernapasannya bagus tenaga dia berarti murni pernapasan,tapi kata guruku klo latihan tanpa alas kaki itu ngebantu kita ngambil tenaga dari bumi. Tapi gak masalah juga latihan pake alas kaki saya pernah mencobanya hanya saja bg saya kurang srek.

Kalo masalah gerakan kaki seser itu gunanya buat ngambil tenaga dari bumi, tapi tergantung juga sama perguruannya, saya justru gak ada gerak seser pada setiap jurusnya yg ada gerakan menggebrak bumi dng kaki secara selang seling. Saya juga pernah melihat peragaan dari perguruan lain yg menggunakan langkah seser, kata guruku, klo langkah seser ngambil tenaganya secara bertahap jd harus dilakukan beberapa kali sedangkan langkah dng gebrakan lebih cepat ngambil tenaganya. Mohon yg lebih tau membenarkan tulisan saya jika salah.
baru belajar nulis

Putra Petir

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
ini syekh muhyi yang dikenal Sunan Muhyi-kah yang legendanya bersama sunan qudus berlomba mengantar surat dari demak ke kesultanan banten?

sunan Qudus melewati jalur bawah (dalam tanah) dan beliau jalur atas (terbang)?

Hanya sayangnya beliau terjatuh di hutan larangan banten karena gara2 merokok? alirannya masih ada di sukabumi termasuk sorbannya beliau (info waktu saya membuat event jejak wali)


apakah orang yang sama ??
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
ada yang tau tentang ki romli dan ki asnawi dari caringin, banten gak???
baru belajar nulis

Jangkawareng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Garis Paksi
Ki Asnawi, klo ga salah seh.salah satu pewaris Ulin Makau / ulin Abu / Ulin Sabrang Girang..

Jangkawareng

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
  • Perguruan: Garis Paksi
Ki Asnawi, klo ga salah seh.salah satu pewaris Ulin Makau / ulin Abu / Ulin Sabrang Girang..

 

Powered by EzPortal