Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Silat Diskusi Umum => Video Silat => Topic started by: serunai on 13/04/2008 20:32

Title: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: serunai on 13/04/2008 20:32
Inilah salah  permainan jurus golok  seliwa dari maetronya sendiri Bang Husin.Keunikan dalam  permainan golok ini adalah melipat golok diantara bisep dalam dengan dada. Menurut saya ini perlu tehnik penguasaan yang tinggi karena jika tidak maka bisa melukai diri sendiri> Tehnik inilah yang membuat para praktisi golok seliwa selalu menggunakan golok yang relatif pendek ( satu jengka 3 jari). Namun bagai seorang maestro seperti bang Husin berapa pun panjang golok nggak masalah bagi dia. Tehnik lipat melipat golok tetap bisa dimainkan dengan piawai. 

http://www.youtube.com/results?search_query=seliwa&search_type=
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: HartCone on 13/04/2008 20:49
Satu kata:

TOP!!  [top]

GRP buat panjenengan, mas Serunai...
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Antara on 13/04/2008 21:37
Hufffhhhh........

Saya sampe nahan nafas...
GRP juga Bang Serunai...  [top]

Saya tidak akan mimpi bisa belajar dari video, tapi yang ini sangat memberi
inspirasi...
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: sedyaleksana on 14/04/2008 01:52
Hebat... [top]
gak bisa bilang apa2 lagi saya, mainya sambil santai begitu, apalagi kalau sudah serius ya.
GRP buat bang Serunai  [top]. Terimakasih banyak.
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: serunai on 14/04/2008 06:08
Untuk para pendekar yang budiman,

Dari kaca mata anda anda sebagai praktisi yang menggeluti beladiri khususnya pencak silat, selain tehnik "melipat" golok di tangan, kira kira apa lagi yang unik atau khas dari permainan golok seliwa, yang mungkin tidak ada dipermaian golok di perguruan lain.

Pengamatan ini penting, karena rencananya saya akan bikin semacam dokumenter kecil kecilan tentang golok seliwa ini

Terima kasih atas masukannya.
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Pemula on 14/04/2008 07:12
Maaf bang Serunai,
tapi apakah sdh izin Bang Husin mau masukin film beliau diforum? kalau sudah,its ok,...btw gimana liputannya bang serunai,..maap minggu saya nggak bisa nongol karena ada acara keluarga...padahal mau bgt masuk tipi.

@ mengenai film tersebut,
mantap siapa yg percaya kalo Bang Husin sdh berumur 54 thn bisa bergerak seperti itu, lebih mantap lagi kalo dijabarkan arti dari jurus yg diperagakan sangat luar biasa.

oh iya bang serunai sdh sampe jurus 4 yah? ckckckkckckckck main colongan yah? ntar ane susul ! ;D
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: serunai on 14/04/2008 08:55
Udah dong!!!
Mana berani ane munggahin ini video kalau tidak ada ijin dari beliau.
Tentang aplikasinya ya silakan mikir dan analisa sendiri He...he..  ;D ;D

Terus tentang liputannya, sori banget karena mendadak minggu pagi pagi sekali kameramen andalan saya sakit, jadi terpaksa batal.

Emang saat ini ane sudah sampai jurus empat, tapi dasar otak saya sudah mulai low bat, low memory, dan low low yang lainnya. Makanya nggak bisa bisa.  :-X :-[ :-\   
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: santri kinasih on 14/04/2008 11:08
Om serunai,

Bikin lagi dong videonya...kita kan mau bisa belajar juga...

Buat Pemula,

kita mau lihat dong maenan raketnya eh..pedang jepangnya... ;D

 
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Pemula on 14/04/2008 18:32
Om serunai,

Buat Pemula,

kita mau lihat dong maenan raketnya eh..pedang jepangnya... ;D

Hahhaahaha bro serunai juga kenal ama sensei saya YT yang jago pake raket, tapi itu semua dari keluarga istri, saya sama sekali nggak bisa menggunakan raket. :'(
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Pemula on 15/04/2008 06:59
ini ada bule belajar golok
http://www.youtube.com/watch?v=M6CuPSMy6c4&feature=related
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: santri kinasih on 15/04/2008 09:15
Kalau lihat golok si bule ini..belagak jadi pak tino sidin aja deh. "Bagus, bagus!" (jadul banget ya sk) ::)
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: serunai on 15/04/2008 10:37
Kalau si pemula sih mainnya pisau, pedang, ama tongkat. Makanya sama keluarga istrinya berusaha ditunjukkan ke jalan yang benar, yaitu main raket. ;D  ;D
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: serunai on 15/04/2008 10:40
Ini juga salah satu permainan golok.

http://www.youtube.com/watch?v=6ftzuIk9mb0

 
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: EricB on 22/04/2008 13:16
@ mas serunai, yang terachir adalah kang Cecep dari pencak silat Panglipur
dia memang hebat main golok :)
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Antara on 22/04/2008 14:18
Kang Eric,
posting di youtube itu ternyata iklan ke website black-eagle, yang salah satu
jualannya adalah DVD Pencak Silat.

http://www.black-eagle.co.uk/martial-arts-dvds-pencak-silat-dvds-c-111_151.html (http://www.black-eagle.co.uk/martial-arts-dvds-pencak-silat-dvds-c-111_151.html)

Jadi penasaran... niat hati sih kepingin beli DVD golok dari Kang Cecep, apa daya
poundsterling jauh di mata  ;D Nabung yuk, mari kita nabuuunnggg...  :w

Kang Eric cerita dong soal Golok Panglipur di sana??? Berkembang bagus-kah
permainan ini di Eropa...?
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: EricB on 22/04/2008 15:47
@ Kang Antara:

undang aja Kang Cecep ke rumah, latihan langsung lebih puas

kalau di eropa ini banyak pesilat Panglipur, berapa teman saya sudah cukap bagus permainan Golok dan Golok kembar
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Antara on 22/04/2008 16:33
Oh.. Kang Cecep ternyata tidak tinggal di sana toh?

Saya pikir karena DVD-nya di jual di Inggris, maka pengambilan gambarnya juga
di sana. Horeee...

Salam saya untuk pesilat di sana ya? Apapun alirannya. [top]
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: EricB on 22/04/2008 18:15
Bukan, Cecep tinggal di Indonesia, di Tajur, Bogor

memang dia sering ikut tim IPSI ke luar negeri

saya sampaikan salamnya, bagaimana dengan sereh ?
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: bradlee on 22/04/2008 19:27
@Kang Eric
Kang Eric, bukannya Kang Cecep tinggal di Garut? Ngajar juga di sebuah SD kalo ngga salah, tapi itu tahun 2006 lalu. Waktu itu saya sempat mau bertemu di tempatnya Pak Gending di Bandung, sayang sekali saya ngedadak harus ke kota lain. Apakah Kang Cecep memang sudah pindah ke Tajur?

Btw, ketika ngobrol dengan salah seorang tokoh muda Panglipur di Bandung tentang jurus senjata di Panglipur, beliau mengatakan Abah Aleh menciptakan jurus senjata Panglipur itu dengan hanya mengambil esensi 3 Jurus pertama dari 17 Jurus Pepedangan Cimande. Luar biasa...  [top]
Apalagi kalo semuanya diambil... lebih luar biasa   ::)
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: serunai on 22/04/2008 20:10
Kang Cecep emang tinggal di Garut. Cuma saat ini kalau nggak salah dia ada di perancis, soalnya dia di kontrak selama beberapa bulan untuk melatih pencak silat di sana.
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: parewa on 22/04/2008 22:30
Kang Bradlee,

Kang Cecep masih tinggal di Garut. Terakhir sy ketemu beliau bbrp hari sblm tim Indonesia berangkat ke Paris utk IPO dan Bercy. Menurut sms yg sy terima, kang Cecep di Paris smpai Juni. Kalau mau jalan2 ke Paris (jauh gak dari Jerman?), sy akan PM no HP Indonesianya Kang Cecep, selama masih sms kayaknya dibales. Ane contact kang Cecep waktu itu krn ada permintaan utk ngeliput ibu Eni (kalo gak salah mas Serunai deh melalui kang Nagapasa). Sebenarnya telp sih, tp yg nerima voice mail ala paris... terpaksa deh sms dan Alhamdulillah dibales..... [top]

O ya, sblm beliau berangkat ke Paris, kang Cecep ane minta utk mau memberikan workshop buat Sahabat Silat sesuai dg pengalaman beliau di Eropa bbrp kali... dan Alhamdulillah beliau bersedia... Nanti kita atur lg ya..... mohon sabar...... :w

Rencananya sih, kita belajar ngadain workshop dg orang yg udah sering memberikan workshop silat di mancanegara. Insya Allah setelah itu disamping diskusi silat bulanan, bakal ada workshop2 silat...... Yg langsung kepikiran jg adalah bang Husin ngadain workshop mainan goloknya..... muanteb gak...... ::) [top]

Salam.
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Antara on 23/04/2008 10:31
Muantebbhhh...  [top]

Wusshhhh.... Saya langsung ngantri di urutan paling depan...  ;D

Workshop itu konsepnya seperti apa Uda? Apa semacam pelatihan/pengenalan
jurus? Mantap tuh, penting untuk saling kenal...
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: Unknown on 23/04/2008 11:55
ide workshop yak?
muanteb, uda...
ditunggu deh realisasi nya

piis
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: EricB on 23/04/2008 12:20
Kang Eric, bukannya Kang Cecep tinggal di Garut? Ngajar juga di sebuah SD kalo ngga salah, tapi itu tahun 2006 lalu. Waktu itu saya sempat mau bertemu di tempatnya Pak Gending di Bandung, sayang sekali saya ngedadak harus ke kota lain. Apakah Kang Cecep memang sudah pindah ke Tajur?

Jadi binggung gue

terachir di Indonesia saya ketemu dia (kebetulan bersama Pak Gending) di Tajur  ???
pendapat saya bahwa kang Cecep pindah ke sana, pasti salah pendapat gue  :-X

hehehe jadi rame juga salah info saya  :w
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: bradlee on 23/04/2008 13:55
Kalau waktu itu Kang Eric ketemu Kang Cecep juga Pak Gending di Tajur... hehehe... dugaan saya beliau-beliau ini lagi silaturahmi ke salah seorang tokoh di sana.

Btw, ketika saya mau bertemu dengan Kang Cecep itu, di Pak Gending sedang ada tamu dari Perancis... sepertinya Erik (FR)  ;D
Title: Re: Bang Husin dengan golok Seliwanya
Post by: EricB on 23/04/2008 16:12
heheh, benar, pasti mereka lagi nenggok di rumah teman :P

yang di tempat Pak Gending mungkin Erik Chatelier, dia pesilat SH yang tinggal di Paris
kalau ketemu salam aja dari saya, pasti kenal deh :)