+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Video Maenpo Cikalong di Perjual belikan di Eropa (prancis)  (Read 11248 times)

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Ternyata di prancis telah beredar DVD maenpo cikalong, yang sebagian besar wajah wajah mereka kita kenal sebagai tokoh maenpo cianjur.
 
enak banget ya mereka ngambil gambar guru - guru kita, apakah guru guru kita tahu gambar video mereka diperjual belikan di prancis sana? terus apakah mereka mendapatkan share dari hasil penjualan video ini?
 
Kita kadang terlalu baik hati melakukan sharing elmu, tapi ini menjadi asset yang sangat berharga buat orang luar dan menjadi potensi bisnis yang sangat menggiurkan
 
padahal mungkin saja tidak ada kontribusi tambahan nilai ekonomi bagi para sesepuh kita.
 
mudah mudahan dugaan saya ini salah....
 
http://www.youtube.com/watch?v=Nbp6rFQXJZI

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=Nbp6rFQXJZI
[/youtube]
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Ini direkam kira2 bbrp minggu sebelum wisata silat kita. Acara ini juga direkam oleh Pak Memet dan diputarkan kepada kita di DPC sewaktu diskusi. Seingat ane, tujuan dari pengambilan video (info dari pak Azis), adalah untuk diputer di TV Perancis.  :P

Pada saat itu memang buat para sesepuh Maenpo diberikan uang lelah, yg nilainya gak enak lah kita sebutin disini. ^:)^

Salam

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
Wah kalau gitu, kasihan dong para sesepuh kita.

Tapi sebenarnya bagus juga sih buat promosiin silat di sana, cuman mestinya ini memacu orang luar datang ke indonesia untuk belajar silat langsung dari sumbernya.

yang penting asal akar dan sumber silat ini tidak dilupakan
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
saya udah konfirmasi dg pak Memet (Cianjur). Menurut beliau, waktu itu dikatakan bahwa video tersebut akan diputar di TV Perancis, dengan satu catatan bahwa apabila bagus akan dijual dalam bentuk DVD. Dijelaskan jg oleh si bule bahwa kalaupun laku terjual, tidak ada semacam royalti lg ke para sesepuh.

Opini ane, selama ada transparansi dan disetujui oleh kedua belah pihak, ya monggo2 aja... toh belon tentu video nya laku, dan beliau ini udh ngeluarin ongkos dan tenaga jauh2 dari Perancis. Hitung2 promosi maenpo lah di Eropa....  ::) Semuanya ada disana, gak hanya Maenpo Cikalong, tapi juga Sabandar dan Kari-Cikaret

Dan lagi, itu bukan video instruksi kok... cuman demo dari beberapa sesepuh, ada demo aplikasi dan jurus...

Tetap semangat boss......

Elang

  • Guest
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=Nbp6rFQXJZI[/youtube]

Yang ini ya, hem di Indo gratis tuh, asal mau mencopynya saja, ngomong2 apa bener untuk acara TV.

kedua saya lihat ada putra betawi juga tuh, aneh banget kita2 yang disini tau ngerekamnya, kok dia duluan yang dapet tuh DVDnya.

Untuk yg putra betawi itu, di ambil di plasa cibubur,  :-*


Kang Yana

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 54
  • Reputation: 13
* quote removed *

@ Nagapasa: 
Saya berpendapat untuk promosi di luar negeri sangat bagus.
Sekarang giliran bangsa kita membuat DVD dari 820 aliran tradisi silat di negara sendiri. Kemudian kalau nilai kuality DVD  silat sudah memasyarakat  seIndonesia, maka teruskan produksi di LN kerjasama bisnis dengan pedagang / produser DVD bagaimana imbal balik royality kedua bangsa.

Saya ke liling toko di Indonesia apa ada DVD pencak silat? Pedagang bilang nggak ada, yang ada hanya Kung Fu, Karate, kapoera, Tae kwondo .

Bangsa Indonesia masih TABOO memproduksi tradisi penca silat, apalagi buat buku silat yang sistimatis. Karena Ilmu pencak silat / silat masih dianggap eklusip dan sangat rahasia.

Lihat dalam dialog forum masih mancing2 debat yang bisa pura2 tidak bisa karena taboo menjelaskan secara rinci rahasia silat, yang ngak bisa lebih banyak bisanya, maka jadilah pendekar keyboard.

Saya kira jaman sudah serba cepat,  kecepatan produksi silat bangsa Indonesia dalam berbagai aspek harus ditingkatkan menjadi industri isian budaya silat.

Ini ada contoh dosen matematik ITB kalau tidak salah orang Tasik. Karya penemuannya berguna untuk kepentingan dunia seperti untuk bidang perminyakan, computer, bank, kesehatan, nasa dll. ilmu dibidang industri. Dia menyatakan saya iklas penemuannya digunakan untuk kepentingan bangsa di dunia tanpa harus memberi rolality.

Silatpun sama halnya ibarat penemuan bapak dosen ITB,  bila sudah disenangi nilai silat oleh berbagai bangsa di dunia, alangkah harumnya nama Indonesia. Penca silat sudah akan menjadi ujung tombak yang membawa nilai2 kemanusiaan di berbagai belahan dunia, tidak lepas dari kreasi para leluhur kita dan akar2 budaya Indonesia.

Ruh, sukma, jatidiri, jiwa, rasa pencak silat tidak akan sama dengan kopian DVD.


Maaf bila ada kata2 yang tidak berkenan kepada para sahabat silat dan para pendekar, maklum masih belajar menca.


Wasalaam

Kang Yana



« Last Edit: 26/01/2008 12:47 by EricB »

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50

Setuju banget dg Kang Yana...... [toop]

« Last Edit: 26/01/2008 12:44 by EricB »

noesantara

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
saya udah konfirmasi dg pak Memet (Cianjur). Menurut beliau, waktu itu dikatakan bahwa video tersebut akan diputar di TV Perancis, dengan satu catatan bahwa apabila bagus akan dijual dalam bentuk DVD. Dijelaskan jg oleh si bule bahwa kalaupun laku terjual, tidak ada semacam royalti lg ke para sesepuh.

Opini ane, selama ada transparansi dan disetujui oleh kedua belah pihak, ya monggo2 aja... toh belon tentu video nya laku, dan beliau ini udh ngeluarin ongkos dan tenaga jauh2 dari Perancis. Hitung2 promosi maenpo lah di Eropa....  ::) Semuanya ada disana, gak hanya Maenpo Cikalong, tapi juga Sabandar dan Kari-Cikaret

Dan lagi, itu bukan video instruksi kok... cuman demo dari beberapa sesepuh, ada demo aplikasi dan jurus...

Tetap semangat boss......

Haloo Boss Parewa, Justru tambah semangat nih :)

Menurut saya sih, kemungkinan besar bakalan laku boss :) Banyak orang luar yg nyari filem silat yg indo asli :)

Tapi jujur filemnya ( liat di youtube ) emang asik banget, sempet kepikiran tuk beli itu filem tapi kemungkinan sih ngak murah  :)  Enak banget sih ngeliat para sesepuh maen, natural banget.. seru!!

Noviar

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
saya udah konfirmasi dg pak Memet (Cianjur). Menurut beliau, waktu itu dikatakan bahwa video tersebut akan diputar di TV Perancis, dengan satu catatan bahwa apabila bagus akan dijual dalam bentuk DVD. Dijelaskan jg oleh si bule bahwa kalaupun laku terjual, tidak ada semacam royalti lg ke para sesepuh.

Opini ane, selama ada transparansi dan disetujui oleh kedua belah pihak, ya monggo2 aja... toh belon tentu video nya laku, dan beliau ini udh ngeluarin ongkos dan tenaga jauh2 dari Perancis. Hitung2 promosi maenpo lah di Eropa....  ::) Semuanya ada disana, gak hanya Maenpo Cikalong, tapi juga Sabandar dan Kari-Cikaret

Dan lagi, itu bukan video instruksi kok... cuman demo dari beberapa sesepuh, ada demo aplikasi dan jurus...

Tetap semangat boss......

Haloo Boss Parewa, Justru tambah semangat nih :)

Menurut saya sih, kemungkinan besar bakalan laku boss :) Banyak orang luar yg nyari filem silat yg indo asli :)

Tapi jujur filemnya ( liat di youtube ) emang asik banget, sempet kepikiran tuk beli itu filem tapi kemungkinan sih ngak murah  :)  Enak banget sih ngeliat para sesepuh maen, natural banget.. seru!!

Noviar

ane punya videonya, tp yg versi rekaman orang Cianjur. Saat itu pihak Dewan Kesenian Cianjur juga ngerekam acara tsb...

Nagapasa

  • Naga Pasa - Naga Pamanah Rasa
  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 8
  • Posts: 927
  • Reputation: 48
  • Paku Jagat Ingsun
    • Nagapasa Blogs
  • Perguruan: Suliwa 5 adegan Serong
boleh copy engak boss ? (bajak membajak mode= on) :-*
Susulan Liliwatan | Sulaya tina panyangka
visit my Blogs - www.nagapasa.multiply.com

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
...Enak banget sih ngeliat para sesepuh maen, natural banget.. seru!!
Salam...
Lha... Silat kalo udah mendarah daging ya emang begitu Kang... Natural! Jangan kata lagi bangun dan sadar, sedang tidur pun bisa bersilat kalo memang perlu...  [top]

Salam...

p.s. Saya juga merindukan adanya film mengenai silat Indonesia (bukan film silat ciat-ciat lho!)

EricB

  • Guest
Silahkan saja, kalau ada yang mau kopi, saya akan baya onkos kirim ke Belanda  [top]

mau dong gue  :)

sedikit tambahan: Kang Herman Suwanda (Alm) dengan seorang Guru:

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=YDlgTZDk6eQ[/youtube]






bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Kang Eric... gute Besserung (naonnya bahasa Belanda nya?)  ;D

Saya tertarik dengan video yang dipost Kang Eric, ada keterangan ngga siapa tokoh yang di video itu?

Menurut penilaian saya, cara dia menjelaskan Cikalong, Sabandar dan Sera masih sangat orisinal. [top]

Masih ada video tua lainnya?  x-))
Post dong  ;D
« Last Edit: 10/04/2008 04:28 by bradlee »
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

EricB

  • Guest
@ kang Bradlee, saya rasa itu bukan bahasa belanda tapi bahasa german ;)
dalam bahasa german artinya adalah: selamat menyembuhkan (kepada orang yang sakit)

yang video saya post untuk saya semdiri masih kurang jelas, masih cari keterangannya :P

video tua masih banyak, belum di proces jadi digital
nanti di post .............

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
Iya Kang Eric, saya cuma bisa bahasa Jerman (saya tinggal di Hannover).
Maksud saya... Gute Besserung apa dalam bahasa Belanda nya? :)
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

 

Powered by EzPortal