+-

Video Silat


Merpati Putih Cabang Kabupaten Tangerang
Final Pencak Silat Sea Games XXVI kategori Regu Pu
Silat Sitaralak Pasambahan
SABENI jalan bang Jaka.1
Jambore Pencak Silat, Slempang Betawi, Beksi Kong
Aplikasi Cikalong #01
Jurus Dasar Cimande - sitting
Maenpo Cikalong @ Cakrawala ANTV
Liputan: Silat Tradisional Beksi H. Hasbulloh

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Wisata Religi  (Read 9473 times)

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Wisata Religi
« on: 25/02/2008 21:19 »
Mungkin selain wisata - wisata yang ada di nusantara, ada yang terlupakan....
yaitu wisata religi............
mari kita mulai fren, ada masukan............

pada umumnya wisata religi identik dengan tempat - tempat bersejarah tempo dulu yang menggambarkan kejayaan islam dimasa kejayaan kerjaan- kerajaan islam di nusantara.............

saya awali dulu aja ya yang ada di daerah Banten yang saya tau dan pernah kunjungi...

1. Penjarahan Gunung santri
    berada di wilayah utara cilegon, tepatnya di kec. Bojonegara
    tempat ini merupakan makam pejuang banten ( geger Cilegon )
2. Penjarahan Syeh Nawawi ( Caringin )
    Berada di labuan sebelah barat pantai carita
3. Masjid Agung Banten Lama
    yang di dalamnya di semayamkan makam sultan Ageng Tirtayasa, Sultan 
    Hasanudin dan keluarga besar sultan dan keturunannya
    terletak di utara serang 20 Km dari serang
4. Makam KH. Wasyid
    Merupakan salah satu pemimpin pejuang banten yang pada masa itu beliau
    salah satu tokoh yang memimpin Geger Cilegon 1888
    Terletak di depan Gerbang SMA KH wasyid Cilegon
    3 Km dari Ramayana Cilegon
5. Makam Kiayi Beji ( Ki Terumbu )
    Berada di kampung terumbu kec.kasemen 15 km wil. utara serang

sementara itu yang saya tau ... mungkin ada yang mau nambahin....?
mungkin di daerah - daerah lain....? 


Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Wisata Religi
« Reply #1 on: 26/02/2008 13:14 »
Punten sedurunge Kang Trumbu, saya tambahin ya...

Banten:
Selain yang sudah disebutkan oleh Kang Trumbu, ada beberapa yang menurut sesepuh dianggap sebagai pusat kosmis Banten a.l tempat tirakatnya Sultan Hasanuddin sebelum berangkat haji ke Mekah:
• Gunung Pulosari dan sekitarnya, kecamatan Mandalawangi,kabupaten Pandeglang.
  disini  terdapat makam Aki Tirem/Angling Darma/Wali Jangkung pendiri kerajaan   
  Salakanagara.

• Gunung Karang, Desa Kadubumbang kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang.
  Disini terdapat beberapa kolam, seperti kolam Cibulakan dimana di dalamnya terdapat 
  "Batu Qur'an" peninggalan kesultanan Banten. Kolam Cikoromoi & pemandian sumur 
  tujuh.

• Pulau Panaitan, terdapat petilasan peninggalan Sultan Hasanuddin.

Disamping itu ada makam Syech Mansyur di Saketi, Gunung Santri di Goyang Lidah-Mengger. Tempat buat kungkum/Heu'eum juga bagus di pertemuan antara laut dan sungai di desa Sidamukti dekat Panimbang, Labuan Banten.

Disamping itu maaaasih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan...


Cirebon:
Astana Gunung Sembung-Gunung Jati (pusat kosmis di Cirebon):

• Di Gunung Sembung adalah pusat dari makam2 para bangsawan Cirebon, mulai dari 
  Sunan Gunung Jati yang paling tertinggi sampai Sultan yang terakhir. Masyarakat
  hanya dapat mengunjungi hingga ke pintu saja (Kecuali keluarga kerajaan). Di dalam
  Makam Sunan Gunung Jati terdapat "Pasir Malela" yang dibawa dari Masjidil Haram,
  tidak boleh terinjak atau nempel terbawa oleh kaki. Di bagian bawah terdapat makam   
  Ong Tien (puteri Cina yang jadi isteri Sunan) dan kerabatnya, banyak pengunjung
  Tionghoa disini.

• Pekemitan, letaknya di belakang Masjid Astana (Gunung Sembung), bagus untuk wirid 
  bersama atau sendirian.

• Petilasan Tapak Semar, Letaknya 1km sebelah Timur dari Astana Gunung Jati. Bagus
  untuk uji nyali  ;D

• Sumur Jalatunda, satu dari tujuh sumur yang paling dikeramatkan.

• Puser Bumi, letak tepatnya di atas puncak Gunung Jati. Tempat ini adalah petilasannya 
  Syeh Datuk Muhammad Kahfi. Berbentuk Goa dengan diameter +/ 60cm. konon jika 
  ditelusuri sampai ke Mekah. Pernah ada yang mencoba tapi sampai saat ini tidak ada
  kabar/kembali... :-\

• Masjid Ciptarasa/Pakungwati, terdapat bilik2 tempat wirid yang letaknya
  rahasia...cuma golongan keluarga raja Cirebon dan keturunannya saja yang boleh.

• Petilasan di desa Kalijaga, (dari Cirebon ke arah Sumber)...banyak kera. Disini
  terdapat petilasan Sunan Kalijaga,makam kakak beradik Syeh Magelung dan Syeh
  Kejaksan partner Sunan Gn.Jati dalam menyebarkan Islam di Jawa Barat, konon sering
  dijadikan tempat penyugihan kera.

• Makam & Petilasan Nyi Mas Gandasari di Desa Jamblang, bagus buat uji nyali.

Disamping itu maaaasih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan...

Di daerah lainnya:
• Makam Raja Mulawarman di Tenggarong, Kutai Kertanegara-Kaltim...buat yang
  memiliki ilmu kesaktian harus berhati2 menurut kuncennya apabila berkunjung
  semuanya bisa hilang.
• Makam Si Pitung di Kemandoran dan Sukmajaya Depok.
• Makam Ki Buyut Buaran, di Pabuaran,Pedurenan Kranggan Pondok Gede.
• Patung Kuda, Gunung Haruman,Limbangan-Garut.
• Pineleng, Tondano-Sulawesi Utara...makam Tuanku Imam Bonjol
• Petilasan Sunan Giri dan pengikutnya di Lereng Tombu/Tobu ya(...lupa) di Gunung
  Gamalama, Ternate.

Disamping itu maaaasih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan...Udah dulu...Capek nulisnya... :'(

Salam...Jali

Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 7
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Wisata religi
« Reply #2 on: 28/03/2008 19:05 »
Maulid kmrn ke makam ki asnawi dicaringin,sayang gak bisa lama2,bnyak yg minta sumbangan dan pengemisnya,dari dpn pintu msk aja ad lbh dari 3 peminta sumbangan yg kesannya maksa. Sayang sekali
baru belajar nulis

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Wisata Religi
« Reply #3 on: 28/03/2008 19:12 »
Maulid kmrn ke makam ki asnawi dicaringin,sayang gak bisa lama2,bnyak yg minta sumbangan dan pengemisnya,dari dpn pintu msk aja ad lbh dari 3 peminta sumbangan yg kesannya maksa. Sayang sekali

Pesan saya, kalau mau ngasih harus siapkan uang receh yang tidak terhitung jumlahnya...karena sekali ente ngasih yang lain nyerbuuuuu...mending kalo gak ngasih sekalian...biasanya para pengemis adalah para pendatang dari lain tempat yang memanfaatkan momen2 seperti Mulud dan kliwonan.

Tabik, Jali
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

trumbu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 158
  • Reputation: 13
    • Banten culture and torism
  • Perguruan: Bandrong
Re: Wisata Religi
« Reply #4 on: 31/03/2008 18:55 »
betul kata bang jali / jalatunda......... ::)

kalo ga mau repot di serbu ama pengemisnya........
ya ga usah di kasih sekalian ( sadis dikit GPP ) demi kebaikan diri kita sendiri

selain di situ juga rata2 tempat penjarahan di wil. Banten emang kaya gitu
kalo mau ngasih siapin aj tuh receh dari rumah cepean yang banyak....... ;D


Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Wisata Religi
« Reply #5 on: 31/03/2008 20:41 »
Salam,

Nyang pade suka tirakat, mikirin "gila" nye bagus di marih nih, belah belor Astana Gunung Jati, tempat tirakatnye Syeh Datu Kahfi :
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Wisata Religi
« Reply #6 on: 31/03/2008 20:48 »
Nyang ni nyang disebut Puser Bumi, kabarnye kalo terus ke dalem ade 2 cabang..ke kiri ke Mekkah, ke kanan ke Pamijahan Tasikmalaya...Berani Coba?
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

kobelkokok

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 7
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Wisata Religi
« Reply #7 on: 01/04/2008 05:58 »
Nyang ni nyang disebut Puser Bumi, kabarnye kalo terus ke dalem ade 2 cabang..ke kiri ke Mekkah, ke kanan ke Pamijahan Tasikmalaya...Berani Coba?

waahh ngga berani ....takut...  [pray2] ^:)^

kalo di daerah bogor ada yang tahu ngga?...

kalo saya paling ziarah ke makam aki sama nini aza , ke tempat lain belum pernah.
yaah... sekalinya ziarah ke makam kyai/syeh malah main ke tempat keturunannya aza. ke makam mah ngga berani....

 

Powered by EzPortal