+-

Video Silat


Shoutbox

02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)  (Read 7874 times)

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
(Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« on: 07/05/2010 14:26 »
Salam Silat,

Kawan2 penghobi kungfu terutama shaolin... mohon dibantu istilah indonesia utk nama2 jurus shaolin berikut ya... atau kalau ada yg mau nambah jurus2 shaolin yg belum ada dan bhs indonesianya sangat diterima lho... xixixixi:

Silu_Liuhe_Quan
Luohan_Quan_1-4_Lu : jurus orang gagah (bener ga?)
Yilu_Liube_Quan
Xiaohong quan
Babu_Lianhuan_Tui
Bafa_Quan
Bao_Cuan_Quan
Baiyuan_Tanglang_quan : jurus belalang......
Bu_Quan
Cuan_Gong_Quan
Chuojiao_Quan
Da_Meihua_Quan
Da_Tongbi_Quan
Duanda_Quan
Feng_Huo_Quan
Gunlong_Zhang
Luohan_18_zhang
Jingang_Quan_Vi_Lu
Luowang_18_Zhang
Shaclin_Meihua_Tanglang_quan : jurus belalang.......
Pigua_Quan
Qixing_Tanglang_Quan : jurus belalang.....
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #1 on: 07/05/2010 18:25 »
Cuma tau 4 aja...

Luohan_Quan: jurus orang gagah (bener ga?) – katanya sih, pukulan orang suci
Bafa_Quan – Pukulan empat jalan
Chuojiao_Quan – Ilmu kaki patuk, ini juga nemunya di novel Water Margin :-P
Pigua_Quan – Pukulan kapak, ini pasangannya bajiquan
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

pastorbonus

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 302
  • Reputation: 9
  • Tunggal Banyu Tunggal Ilmu
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #2 on: 23/05/2010 22:44 »
Para master kungfunya pada kmna ya.. Para sifu, suhu mohon dibantu.. Maksa mode on :D
Pertapaan Tunggulwulung, di bawah kaki gunung Arjuna

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #3 on: 24/05/2010 06:14 »
kl boleh kasih masukan ...
saya bkn ahli wushu nih, tp mo coba ngartiin dikit2/sepotng2

meihua = bunga meihua (bunga apaan ye ntuh?)
Ba Fa --> Ba = delapan; Fa= jalan/metode/cara
Chuo Jiao .. hmmm gak ngerti. Kl Chiao Jiao, itu gulat mongol.

Lianhuan = rangkaian.
Kl babu(papu) lianhuan quan = rangkaian jurus kungfu papu.

Xiao Hong Quan..
Xiao = kecil, Hong = burung phonix, quan= kepalan

Da Tong Bi Quan..
Da= besar, tong bi = kl gak salah diartikan kera putih.

Shaolin Meihua Tanglang Quan...
Gabungan kungfu bunga meihua dan belalang sembah..

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #4 on: 24/05/2010 08:11 »
Quan / Chuan itu bukannya aliran ya ?

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #5 on: 05/02/2011 12:24 »
mumpung masih On flm SHAOLIN di bioskop...

yang tertarik Shaolin Quan dari kampung halamannya Dengfeng Henan.
sekedar info ada pelatihnya juara Shaolin Quan se China lagi mengajar Wushu modern di Yogyakarta sasana Sinduandi.
namanya Zhao Chang An.
fb nya
http://www.facebook.com/profile.php?id=739088970

setelah imlek bulan ini akan balik lg ke Yogya.

Beliau pelatih wushu  Ivana, perak Asean Games 2010.

kresna

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 5
  • Reputation: 0
  • Sahabat Silat
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #6 on: 05/02/2011 20:35 »
ane izin nimbrung dikit2

Luohan Quan (sering jg disebut Lohan): bisa jg diterjemahkan "kungfu orang suci" (spt udah disebut). Lengkapnya 18 Arhat (Luo Han). 18 Arhat itu 18 org suci (wali kalau org Islam) yg sudah naik ke nirwana dan bertugas menjaga ajaran Buddha sepanjang zaman. Mungkin lebih tepat diterj: Kungfu 18 Penjaga Buddha?

Konon ini kungfu paling awal Shaolin yg diciptakan Bodhidarma dan jadi kurikulum dasar biksu shaolin zaman dulu.

Yg belum disebutin sepertinya kungfu2 binatang shaolin. Kan banyak tuh. Kalau yg paling dasar (konon jg kurikulum wajib utk semua biksu) Kungfu 5 Binatang: Long (Naga), Hu (Harimau), She (Ular), He (Bangau), Bao (Macan Tutul).

masih banyak lagi sih ilmu2 shaolin. monggo para suhu membabarkan...

salam

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #7 on: 06/02/2011 08:36 »
Mas kresna,

Bodhidharma, atau Tat Mo tidak menciptakan ilmu silat mas, dan Luohan Quan (se pa luo han) bukan ciptaan Tat Mo.

Sawer Wulung

  • Guest
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #8 on: 06/02/2011 10:45 »
Wah, kabar baru nih mas euwin, setau saya tatmo setelah 9 tahun bertapa bawa oleh2 tiga kitab, yi gin ching, si shoei ching sama siba lohan (kepalan arhat). Bisa diceritain ga yang benernya mas.

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #9 on: 06/02/2011 12:21 »
Se Pa Luo Han tidak ditulis oelh Tat Mot, tp oleh generasi setelahnya.
Dan 18 Luohan sendiri gerakannya bukan 18 gerakan seperti yg byk diketahui oleh umum skrg ini, tp 18 gerakan tsb sendiri adalah bagian dari 6 set rangkaian gerak (jurus).
2 kitab yi yin Jing dan Yin Sui Jing jg bukan ditulis oleh Tat Mo, tp oleh muridnya yg kemudian memotong putus sendiri tangannya (kl gak salah ingat namanya Hui Ke).


goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #10 on: 06/02/2011 23:36 »
Propinsi Henan tempat Shaolin berada, memilki sejarah seni perang yang sangat tua, jauh sebelum shaolin itu sendiri ada.

Di Propinsi Henan tersebut, tempat kampung Chen Jia Gou kampung Chen Taiji Quan berada, tempat makam Dewa Perang Guan Yu di cerita Sam Kok di kota Kai Feng, tempat ditulisnya buku Suntzu, dan tempat akademi militer rahasia dan tercatat pertama di dunia, kata para sejarahwan. kota Zhengzhou,Luoyang,Kaifeng kota yg terkenal di propinsi ini.

Tentunya Shaolin menyerap berbagai ilmu perang, dan menjadi tempat pelarian yang bertobat ataupun untuk bersembunyi.

Shaolin Quan ada puluhan dan ratusan macam, semua Quan nya ada cerita sejarah asal mula dan karakternya sendiri. Di Shaolin school, murid di level tertentu akan memilih spesialis jurusnya yang sesuai dengan karakter dirinya.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: (Req) Jurus Shaolin (Bhs Indonesia)
« Reply #11 on: 06/02/2011 23:58 »

setahuku, Shaolin banyak disalah gunakan untuk kepentingan politik dalam sejarahnya. Dan mengalami berbagai perang yang berkecamuk, sehingga jurusnya perangnya pun memakai nama2 Buddha.

bahkan dalam perang dunia kedua dalam penyatuan China, Shaolin masih sempat dipakai sebagai alat untuk berperang, mengikuti sejarahnya dulu.

Zaman sekarang Shaolin menjadi industri Bela Diri raksasa.

 

Powered by EzPortal