Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Seputar Dunia Beladiri => Wushu (Kungfu) => Topic started by: parewa on 23/01/2009 07:11

Title: Biara Shaolin dan Seni Beladiri China
Post by: parewa on 23/01/2009 07:11
Sahabat sekalian,

Setiap kali membaca sejarah kungfu/wushu, selalu aja ada keterkaitan seni beladiri tersebut dg Biara Shaolin ini. Terakhir membaca di topic Wing Chun (http://sahabatsilat.com/forum/index.php?topic=866.msg22478;topicseen#msg22478), kembali dikaitkan lagi dg para pendeta Shaolin...... ::)

Ane jadi tergelitik untuk bertanya:
Mohon para sifu dan praktisi kungfu/wushu dapat menjelaskannya disini.... ^:)^ [rapat]

Title: Re: Biara Shaolin dan Seni Beladiri China
Post by: Aguswin on 23/01/2009 14:10
Kalo gak salah inget, Dharma Taishi dalam menciptakan Shaolinshi Kungfu salah satu komponennya adalah kungfu Cina purba.
Title: Re: Biara Shaolin dan Seni Beladiri China
Post by: goginebulana on 24/01/2009 22:51
baiknya mengenal seni bela diri China bukan dari sejarah shaolin..
 tapi dari sejarah SUN TZU, SAM KOK, KAISAR KUNING...dll...yang ribuan tahun lebih tua dari Shaolin sendiri.
dari sejarah ini... sudah dapat terlihat cukup jelas sejarahnya...
sejarah shaolin hanya sebagian dan turunan darinya...

beberapa poin yang menurut pendapat saya, mohon dikoreksi.....bila salah.

1. Wushu Shaolin bukan dari India, terpengaruh dalam Chikung dan konsep agamanya, tapi sangat sedikit terpengaruh dalam Seni berperangnya. Tatmo adalah pendeta, bukan ahli perang.

2. Diluar bahkan sebelum ada Shaolin di muka bumi, masih banyak sekali aliran wushu yang berkembang tidak kalah hebat dan terkenalnya. dikembangkan oleh kerajaan kerajaan kuno yang besar dan kuat kuat. tapi sayang untuk internasional banyak hanya mengenal Shaolin.

3. Shaolin menjadi tempat pelarian dan berkumpulnya para pensiunan dan buronan ahli perang yang bertobat selama ribuan tahun, tapi tetap berlatih/mengajarkan/mengembangkan ilmu perang sistematis seperti di kerajaan bagian militer disana.
tapi Shaolin tidak selengkap dan sebesar kamp konsentrasi militer kerajaan kaisar.

4.Shaolin yang asli paling awal,..... tempat Tatmo mengunjungi.. letaknya sangat strategis... propinsi henan, kota Dengfeng,Kaifeng,Zhengzhou... ketiga kota ini pernah menjadi ibukota pemerintahan dan kegiatan militer China kuno.inilah yang juga menyebabkan Shaolin menjadi perhatian yang cukup luas... ditambah.......berbarengan pengaruh ajaran Buddha yang menarik perhatian dunia bahkan di Tiongkok sendiri..

5.Dekat Dengfeng, propinsi Henan disinilah buku SUNTZU/buku yang diklaim sebagai buku ilmu berperang tertua di dunia yang ditemukan hingga saat ini. Ditulis oleh SUN BIN... ribuan tahun sebelum ada Shaolin looooo....

6. Dekat Kaifeng, tak jauh dari biara Shaolin dikuburkan Dewa Perang China GUAN KONG, tokoh ternama SAM KOK.yang juga sudah ada sebelum Shaolin muncul. Di cerita Samkok bisa kita lihat bagaimana perkembangan Wushu sudah sangat hebat dan luar biasa, bukan bela diri, bukan bertarung tapi.... berperang... untuk infonya nonton RED CLIF di bioskop sekarang!!!!! lumayan keren!

7. Sebelum Tatmo datang mengajarkan ajaran Buddha, di China telah berkembang agama Buddha berserta kuil kuil vihara... dengan luas, termasuk di biara Shaolin sendiri sudah ada sebelum Tatmo datang. tapi tidak jelas dari mana yang membawa.

8.Shaolin pernah dipakai dan dikembangkan sebagai tempat pelatihan dan kedok strategi berperang Raja raja, untuk mengalahkan lawan lawannya. Dengan berpura pura sebagai biksu tetapi ternyata ahli berperang. Strategi ini cukup sukses pada masa itu. tetapi ada juga masanya Shaoin di hancurkan oleh Raja raja lain. Bahkan pernah dipakai untuk perang sipil RRC tahun perang dunia 2.

9. Kalau tidak salah konsep berperang ninja dikenalkan biksu dari china di jepang.

10. Ilmu berperang Tiongkok sejak Kaisar Kuning, Samkok, Suntzu..... hingga Jenghis Khan, Cheng Ho telah memberikan dampak yang sangat besar ke Korea, Jepang, Indochina, dll.
terlepas.. dari pengaruh Biara Shaolin Wushu sendiri.

11. Diluar Tiongkok, dunia umum hanya mengenal seni bela diri dan seni bertarung, yang sebenarnya hanya merupakan sebagian kecil dari ILMU BEPERANG tiongkok yang lebih dalam dan luas.

12. di universitas2 Wushu banyak sekali catatan2 tentang tehnik berperang kuno yang lebih komplit,aneh, luar biasa dan mencengangkan. Banyak pula musiumnya. salah satunya bisa di cek ke shanghai sports and cultural university.

Title: Re: Biara Shaolin dan Seni Beladiri China
Post by: dragon sby on 28/01/2009 12:22
salam kenal aku melatih wingchun bila tertarik silakan email aku chanlung777@yahoo.com/
Title: Re: Biara Shaolin dan Seni Beladiri China
Post by: dragon sby on 28/01/2009 16:38
salam kenal aku melatih wingchun,bila tertarik email aku chanlung777@yahoo.com
Title: Re: Biara Shaolin dan Seni Beladiri China
Post by: cupuu on 11/03/2013 21:54
Maaf sebelumnya jika salah tempat, sekedar mau bertanya. Saya ikut sebuah perguruan silat, nah kata pelatih saya silat tersebut berasal dari kuntao. Yang unik ada sebuah jurus yang jika sudah selesai di lakukan bekas langkah kaki kita di tanah akan membentuk simbol swastika. Yang mau saya tanyakan adalah kungfu apakah yg terdapat langkah kaki yg membentuk lambang swastika tsb. Mengingat lambang swastika adlh lambang yg sering digunakan dlm agama budha di cina.