+-

Video Silat


Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia  (Read 13995 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« on: 04/01/2009 01:15 »
sekilas tentang tokoh peranakan indochina jawa sragen solo...
Asmaraman KHO PING HOO lagendaris novel silat/kungfu di indonesia
dan adik kandungnya.. KHO KIONG AN Swastika Ananta
dan keturunannya..
di...
www.harmonyWUSHUindonesia.com


HARMONYWUSHUINDONESIA.com

Perguruan Harmony Wushu Indonesia didirikan oleh Kho Kiong an ( Swastika Ananta Christyana ) pada tahun 1980 tanggal 14 Jully. Pada saat itu, politik negara Indonesia tidak mengizinkan segala kegiatan budaya oriental, sehingga nama perguruan ini disebut Silat Laras Jagad.

Harmony Wushu Indonesia was first founded by Kho Kiong An (Swastika Ananta Christyana) 14th of Oct 1980. At that time, Indonesian politic state did not allowed any oriental subculture activity hence it was named "SILAT LARAS JAGAD".

Beliau adalah pewaris dari ilmu Wushu dari ayahnya ,bernama Kong Pu. Kong Pu mempelajari dari ayahnya bernama Kong Ling, tidak jelas catatan sejarah Kong Ling. Dari 12 orang anak - anak  Kong Pu, hanya ada 3 orang anak laki - laki. Yaitu Kho Ping Hoo, Kho Kiong An ( Swastika Ananta Christyana ), dan yang paling kecil  Kho Kiong San.

He was a Wushu Decendent from his own father Kong Pu. Kong Pu learned from his father Kong Ling which his backgrounds are unknown. From the 12 sons and doughter of Kong Pu, 3 of them are boys named Kho Ping Hoo, Kho Kiong An (Swastika Ananta Christyana), and the youngest of the 3rd Kho Kiong San.

Dari mereka bertiga hanya Kho Ping Hoo dan Kho Kiong An yang memperdalam ilmu Wushu dari ayahnya.

From three of them only Kho Ping Hoo and Kho Kiong An who learned more of their father's Wushu.

Kho Ping Hoo sebagai anak tertua, saat itu Kho Ping Hoo terus berlatih dan mengembangkan pendalaman Wushu nya dari segi fisik, pikiran, dan spirtualnya. Hingga di usianya yang ke 27an tahun, Tahun 1952  beliau mulai menuangkan pendalaman Wushu nya dalam bentuk sastra. Hal ini dipicu karena Kecintaannya akan Wushu, dan keinginannya untuk mengembangkan dan melestarikan olah raga Wushu di Indonesia.

Tahun 1958, cerita pendeknya dimuat oleh majalah Star Weekly. Inilah karya pertamanya yang dimuat majalah terkenal ketika itu.

The Eldest Kho Ping Hoo at the time keep practicing and  develop his Wushu physically, mind, and spiritually. Until he turned 35 years old, he devoted his wushu experienced into literature, this comes from his love of wushu and his wishes to develop and preserve Sport in Indonesia.

Beliau menuangkan berbagai konsep, dasar, prinsip, filosofi, pengalaman, pengamatan, budaya, moral, hiburan, dan fiksi ke dalam ratusan novel sastra silat karyanya. Hingga tahun 1994 wafatnya Kho Ping Hoo, ratusan cerita silatnya telah mengilhami dan menjadi gejolak Wushu / Kung Fu Indonesia pertama kali saat itu, dalam bentuk sastra yang sangat  ramai dikenal dan mengilhami rakyat Indonesia.

Karya Kho Ping Hoo, mempunyai arti penting di hati para pembaca di Indonesia. Terutama keturunan Tionghoa yang di besarkan di rejim Soeharto ( pemerintahan orde baru ), yang waktu itu pengajaran bahasa, budaya, Tionghoa di larang negara. Dalam suasana itu, karya Kho Ping Hoo menjadi sumber yang langka dalam "pendidikan" kebudayaan, sejarah, nilai moral, filosofi Tionghoa.

 Cerita Silat Kho Ping Hoo tetap berkesan mendalam bahkan menjadi dasar dan sumber yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan watak dan mental bagi jutaan penggemarnya. Karyanya membangkitkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk belajar lebih banyak tentang Budaya TiongKok atau China khususnya di bidang Wushu / KungFu dan Filosofi !

 He then poured several concepts, basics, principals, philosophies, experiences, observances, cultures, morals, entertainment, and fictions into hundreds of martial arts literatures. Until he died at 1994, hundreds of his stories has inspired many and has been the excitement of Wushu development in Indonesia for the first time in a form of literature that are known and inspired many Indonesians.

Kho Kiong An ( Ananta ), sebagai adik kandung Kho Ping Hoo, Ananta juga berlatih dengan sangat giat, kecintaanya akan Wushu dan usahanya untuk mengembangkan olah raga Wushu menjadi visi dan misi mereka berdua. Pada tahun 1980 Kho Kiong An mendirikan Laras Jagad, dengan melatih rekan - rekan dekat dan kepada ketiga anaknya, Theta, Gora dan Gogi.

    Kho Kian An (Ananta), as the little brother of Kho Ping Hoo, also train really hard. His love of Wushu and his effort to develop the sport has become the visions as well as missions for the both fo them. In 1980 Kho Kiang an formed Laras Jagad by training his close friends and his 3 children, Theta, Gora, and Gogi.

Saat itu Kho Kiong An masih bekerja di daerah sangat terpencil di Irian Barat, dan budaya oriental belum bisa berkembang secara organisasi olah raga yang diakui pemerintah. Sehingga perguruan Laras Jagad tidak bisa berkembang banyak. Sehingga hanya kepada ketiga anaknya, ilmu Wushu diturunkan.

At the time Kho Kiong An still working in a remote place at Western Irian which at the moment the Oriental Culture could not develop in a form of sport organisations that are accepted by the government. Therefore, Laras Jagad could not develop and only to his 3 sons Wushu was then thought.

Hingga pada tahun 1992, olah raga Wushu masuk secara resmi dari Komite Olah Raga China dan diakui oleh Negara Indonesia, untuk menjadi olah raga prestasi di Komite olahraga Indonesia.

Until 1992, wushu sport was officially known from the Chinese Sport Committee and then accepted by the Indonesian Government to be competed as a sport by the Indonesian Sport Committee.

Pada tahun 1993, Ananta beserta keluarga pindah ke kota Bogor. Dengan penuh semangat dan visi misi yang tinggi, kedua anak laki - lakinya ( Gora & Gogi Nebulana) dikutsertakan ke dalam kegiatan olahraga Wushu di Jakarta.

In 1993, Ananta and his family moved to Bogor, west Java. Filled with a high expectation and both visions and missions, both of his sons (Gogi and Gora) were then entered the Jakarta wushu.

Sekian puluh tahun perkembangan Wushu di Indonesia terputus dengan perkembangan Wushu yang ada di China. Banyak sekali perubahan Wushu "modern" yang dipelajari dari Pelatih Wushu China yang saat itu datang ke Jakarta saat itu.

Tens of years of wushu development has been cut off with the Wushu development in China, many changes was brought by Chinese Coach who was then come to Jakarta.

Tahun demi tahun Gogi dan Gora mulai terbiasa dengan Wushu modern, Ananta pun mengganti Silat Laras Jagad menjadi Harmony Wushu Indonesia. Dan mulai mengembangkan olah raga Wushu di kota Bogor pada tahun 1995. Saat itu Harmony Wushu pertama kali membuka cabang di Harmony Center Jalan Gunung Gede dan di Sekolah Kesatuan Pulo Armen.

Years by years Gogi and Gora was getting used to the modern wushu, Ananta later on changed Silat Laras Jagad into Harmony Wushu Indonesia and begin developing wushu at Bogor at 1995. By the time, Harmony Wushu Indonesia was first open a class at Harmony Center Jalan Gunung Gede and the Kesatuan Pulo Armen School.

Pada tahun 1998 Harmony Wushu Indonesia diketuai oleh Gora Nebulana dan diwakili oleh Gogi Nebulana hingga saat ini. Dalam tempo 6 tahun sejak Wushu secara resmi deterima Negara Indonesia, Harmony Wushu berkembang pesat.

In 1998, Harmony Wushu Indonesia was Chairmaned by Gora Nebulana and Co-Chairmaned by Gogi Nebulana until now. It's been six years since Wushu was officially accepted by the government and Harmony Wushu Indonesia was grown fast.

Sejak saat itu tahun demi tahunHarmony Wushu Indonesia mulai berkembang pesat, Gogi dan Gora sudah berprestasi di level provinsi dan nasional serta menghasilkan atlet - atlet handal. Kepelatihan mulai berjalan dengan cepat, murid - murid Gogi dan Gora mulai meraih prestasi terbaik di level provinsi dan level nasional.

Since then, years by years Harmony Wushu Indonesia begun to expand, Gogi and Gora has taken an achievement Provincially and Nationally also has making many great athletes. The trainings took a high speed on its course, Gogi and Gora's students has taken the best achievements provincially and Nationally level.   

Gogi, First Indonesian Athlete for World Wushu Gold Champion
- with the Indonesian Minister of Sports and Youth, Mr. Adhyaksa Dault-

Pada tahun 2007 atau dalam tempo 15 tahun sejak olah raga Wushu di Indonesia berdiri, Bangsa Indonesia untuk pertama kalinya memiliki juara satu sedunia. Yaitu oleh atlet dan pelatih Harmony Wushu Indonesia, Gogi Nebulana.

In 2007 or in 15 years since Wushu was standing in Indonesia, for the first time Indonesia reach the highest level achievement which was the 1st Gold Medal at an International Event (9th World Wushu Championship, Beijing) by Harmony's own Head Coach Gogi Nebulana.

Prestasi ini adalah prestasi tertinggi yang bisa dicapai insan Wushu di seluruh dunia. Saat itu Gogi bersaing dengan 85 negara, Gogi mendapat skor tertinggi untuk jurus pedangnya. Keberhasilan ini tidak lain dari usaha keras ayahnya, Alm. Ananta dan kakak kandungnya Gora Nebulana dalam membina Gogi. Hasil prestasi ini menggemparkan seluruh Wushu Indonesia, dan membuktikan kerja keras Harmony Wushu.

This is the highest achievement Indonesia could have in a World competition. Gogi was competing with 85 countries world wide, Gogi get the highest score for his straight sword routine. This achievement was non other comes from his own dad Ananta and his loving brother Gora who always support him. This achievement shocks Indonesia and proved how Harmony Wushu Indonesia was very dedicated in their hard work.

Andrie Mulianto, student of Gora & Gogi
- SEA GAMES Champion and World Wushu Top 7th Rank Champion -

Selain Gogi menjadi juara Dunia untuk pertama kalinya bagi Wushu Indonesia, Harmony Wushu juga telah berhasil mengantarkan Andrie Mulianto ( murid Gora dan Gogi ) menjadi juara nasional dan internasional. Andrie adalah atlet dengan prestasi terbaik se Jawa Barat, pemain jurus tangan kosong terbaik ke7 dunia tahun 2007, pemain terbaik jurus Chang Quan+Golok+Toya ke3 se Asia Tenggara tahun 2007, dan juara Emas Nasional.
Besides Gogi becoming the world champion for the first time for Indonesia, Harmony Wushu also has succeeded to deliver Andrie Mulianto (Gora and Gogi's student) to become the National and International champion. Andrie is the best athlete west java province has right now, the 7th best champion of bare hands world level in 2007, top 3 South East Asia combined Chang Quan + Boardsword + Staff athlete, and one of the best at National.

 

Juga murid - murid yunior ( di bawah usia 18 tahun ) Gora dan Gogi, yang telah menjadi juara - juara yunior nasional, daerah dan dunia.

Pada tahun 2008 bulan Desember, murid Gora dan Gogi, yaitu Erwein Wijayanto telah berhasil merebut medali emas level dunia di The 2nd World Wushu Junior Championship 2008 Bali, di nomor pedang dan perak di nomor tombak. Erwein berlatih wushu selama kurang dari 3 tahun di bawah bimbingan Gora dan Gogi. Juga Kelvin Young yang meraih perak di nomor toya. Kejuaraan itu diikuti 44 negara di dunia. Sungguh luar biasa perjuangan Harmony Wushu dari turun menurun demi Tanah Air Indonesia.

Also, the juniors (Under 18 Years Old) has achieved the National Level and won many competitions

Hingga saat ini kurang lebih 2000an orang telah pernah berlatih di Harmony Wushu, dan ada sekitar 500an murid aktif saat ini. Puluhan prestasi dari murid Gora Gogi telah diraih, dari juara yunior, senior, provinsi, nasional, serta internasional.

Until today atleast thousands of people have been trained at Harmony Wushu Indonesia, and around 300 of them are active right at the moment. Hundreds of achievements ranging from the Junior Championship, Seniors, Provincials, Nationals, and Internationals.

by
GOGI
08161377173

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #1 on: 04/01/2009 01:54 »
wushu zaman dulu lebih ditekankan hanya pada tarung hidup mati, bunuh ato dibunuh, ilmu yang mematikan dan menyelamatkan.

tapi sekarang zaman sudah berubah.. wushu bukan untuk itu lagi... sekarang fokus untuk olahraga.

tapi ilmu berperang wushu tidak hilang sama sekali..
tapi yang hilang orang2 alias tak ada lagi atau sedikit sekali orang di dunia yang mau melatihnya dengan penuh tanggung jawab dan serius di zaman sekarang.

ilmunya tetap ada, tapi praktisinya yang pada hilang hehehehe,..

ilmu wushu berkembang zaman ke zaman, semakin maju untuk humanity cultural sport goal!

mempelajari ilmu berperang tanpa kondisi yang membutuhkan perang, tidaklah bijak.
memiliki pistol tanpa kondisi situasi yang memerlukan pistol, tidaklah bijak!
memiliki ilmu yang bermanfaat untuk setiap situasi dan kondisi, melatih ilmu untuk meningkatkan humanity adalah hal yang dituju...
kira kira itu pepatah ayahku dulu...

mempelajari kungfu/keahlian jangan lepas dari sejarahnya kungfu itu sendiri, saat ini dan ke depannya..
karena kungfu sejati mengikuti zaman, kungfu meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, moral, dan nilai hidup seseorang. itulah disebut kungfu/high skill.

khusus untuk kungfu wushu ya yang telah distandarkan oleh komite olah raga bela diri prestasi.
untuk kungfu berperang ya.. yang telah distandarkan oleh komite militer perang beneran.

 Smiley salam persahabatan.

gogi nebulana.

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #2 on: 04/01/2009 07:49 »
Selamat.... Salut dengan Anda! Semoga sukses selalu...  [top]  [top]  [top]

Akhirnya terjawab juga pertanyaan saya sedari kecil sewaktu pertama kali membaca buku-buku alm. Kho Ping Hoo: "Apakah Kho Ping Hoo tidak bisa beladiri?" (soalnya dulu pernah ada artikel di sebuah majalah *lupa namanya* yang mengatakan bahwa Kho Ping Hoo tidak bisa beladiri) Kok rasanya mustahil beliau tidak bisa beladiri tetapi bisa menuliskan teknik-teknik berkelahi dengan fasih dan detil. Terima kasih atas informasi ini.

Apakah perguruan Anda mengajarkan aliran kungfu tertentu ataukah hanya mengajarkan wushu olah raga standar pertandingan internasional?

Jabat erat...

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #3 on: 04/01/2009 09:44 »
Idem dg Mas Don....

Saya jg penggemar berat Kho Ping Hoo, dan sy punya pertanyaan sama dg Mas Don, yg sekarang telah terjawab [top]
Ketertarikan sy kepada seni beladiri, juga dipengaruhi oleh buku2 karangan Kho Ping Hoo.....

Malah Mas O'ong Maryono pernah mengatakan bhw istilah "silat" sendiri adalah Kho Ping Hoo yg memperkenalkannya....... ::) ::)



Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #4 on: 04/01/2009 09:53 »
terima kasih mas goginebulana atas artikel nya yang menarik, [top]
secara saya juga pembaca setia kho ping hoo sejak usia SD...

salam persahabatan

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #5 on: 04/01/2009 14:30 »
Wah, ada keponakannya Kho Ping Hoo dong di Sahabat Silat,

Senang sekali bertemu Anda Mas Gogi Nebulana.

Ayo cerita lagi.

Saya kira di sini banyak sekali pengagum dan penggemar karya-karya Kho Ping Hoo.

Salam hangat,
Bram.
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #6 on: 04/01/2009 18:39 »
Salam Kenal mas Gogi,
seperti mas2 di sini saya juga penggemar om Anda Kho Ping Hoo, bukan cuman saya sendiri melainkan adik-kakak dan bapak saya :).
Idem peryataan mas Don Basuki, pertanyaan sy juga terjawab setelah sekian lama, terima kasih atas infonya.
Btw ada pertanyaan dr saya mengenai om anda:
1. Dr mana nama Asmaraman, dan bagaimana sejarahnya beliau mengambil nama ini.
2. Om anda sll menulis dr lereng lawu, saya asumsi ini Tawangmangu, tempat beliau kalau lagi menulis.

Salam hangat dr anak Solo yg  merantau di Jerman
Chandrasa Sedyaleksana

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #7 on: 04/01/2009 20:47 »
@ mas Gogie, salam kenal ya?
saya dan babe juga suka baca kophingho...mau niru bikin cersil juga susah banget ngikutin gayanya. Tolong mas di babar habis disini tentang Ko Phing Hoe-nya..

salam,
Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

maulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 3
  • Posts: 262
  • Reputation: 3
    • Email
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #8 on: 04/01/2009 21:37 »
 :)Salam kenal mas gogi, sy pernah kerumah di gn gede tahun 92an jumpa pak ananta n waktu itu taunya beliau ahli tai chi kungfu n leader mlm. Maaf baru tau kalo beliau dah mendahului kita.


salam
maulana
Aku Takut bukan berarti Tunduk,
Aku Takluk bukan karena Takut

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #9 on: 04/01/2009 23:09 »
terimakasih atas comment teman2..
terus terang saya tidak terlalu mengenal kehidupan nyata om saya sendiri...
karena saya besar di Papua irian barat, lahir dan besar disana, masih anak hutan udik...dan baru pindah ke pulau jawa kota bogor tahun 1993. sementara tahun 1994 om Ping Hoo sudah meninggal. waktu itu usia saya 14 tahun. tidak banyak bukunya yang saya baca saat itu.Walau sudah dianjurkan baca bukunya oleh ayah saya, saya malah lebih suka Kung Fu Boy karya Takeshi Maekawa, Kenji, Dragon Ball, Ashura... dll yang ada gambar komik, maklum masih ingusan.jadi hanay dengar dari papiku dan om tante lainnya.

tapi Kakak saya Gora mengenal dia lebih dekat, dan tidak jarang bertamu khusus dibawa ayah saya untuk mengembangkan Wushu filosofi dan prinsip. Gora Membaca bukunya berjilid - jilid pemberian om nya...hingga mami kami marah marah ... dan bukunya di buanng karena kakak saya Gora, bukannya belajar malah baca buku itu, tidak mau belajar sekolah maunya latihan silat - silatan.... sewaktu remaja hehehe

tidak terlalu banyak yang saya bisa ceritakan tentang cerita kehidupan keluarga... asal usul nama Asmaran atau pun Swastika, kisah engkong engkong ...ataupun gunung tawang mangu...tapi......nasihat orang tua adalah yang terjujur dari hati nurani. turun menurun untuk yang terbaik bagi keturunannya, setelah perjalanan panjang, berat, penuh dengan suka duka...mengikuti zaman.

untuk urusan kungfu bertarung, sepengetahuan saya.. tidak menjadi fokus keluarga kami sejak zaman engkong engkong saya. nampaknya mereka tidak tertarik dan tertutup. Kungfu tarung memang menarik dan seru diceritakan seperti beratus jilid buku Kho Ping Hoo,  tapi di balik itu semua dalam menjalani kehidupan sebenarnya...kekerasan ditambah kemiskinan kejahatan dan situasi dunia saat genting tentunya... sungguhlah  tidak mudah dan penuh penderitaan dan perjuangan hidup.dan tentu hanya bentuk cerita yang bisa dan akan  disampaikan ke generasi sekarang, bukan darah air matanya ..hehehe..

sejak tahun 1920an... dan zaman Bruce lee... kungfu bertarung telah menjadi komoditi komersil, industri bela diri memang sangat menarik dan laku dijual... berjuta mungkin milyar dollar di dunia omzetnya .. hahaha...

Kungfu/Wushu ada yang berkembang di cabang olah raga kembang, cabang olahraga pertarungan di panggung, cabang olah raga pertarungan jalanan, kesehatan, spiritual, dll... yang bisa dengan mudah kita pelajari dimana - mana. menjadi budaya dan salah satu aspek bebas ringan mudah seru menghibur bermanfaat.

di harmoni wushu hanya olah raga bela diri kembang dan panggung.. sesuai dengan rapat para partai masyarakat / tokoh penting persilatan ( dunia kang ow kata istilah Kho Ping Hoo )di China tahun 1950an  wushu/kungfu telah menjadi olah raga yang aman dan sportif dan harta budaya dalam membangun generasi yang humanis tapi kompetitif. harmony wushu hanya berkiblat pada komite olah raga.

untuk yang suka kungfu tarung beneran, saranku pada teman2 untuk ngebrowsing ke militer china. di sana perkembangannya sangat lebih dahsyat dan sesuai zaman modern.

untuk yang suka bela diri kungfu tarung beneran ala tradisional,nah yang ini agak susah ya... untuk di china sendiri..hmmm
coba aja  bisa ngebrowsing ke provinsi henan kota dengfeng. disana sekolah2 terbesar bela diri di china dan dunia ada di sana. kalo sempat datang tur pariwisata ke sana... luar biasa perkembangannya.aliran shaolin  

untuk taiji quan kungfu tarungnya menurutku ke Taiwan karena mereka lebih open berbagi. ada pertandingannya  dunianya lhoo...banyak sekali orang jepang korea amerika eropa yang belajar ke sana.

kalau Taiji quan yang di China atau aliran internal bagua shing yi, baji quan dll ala daratan China bisa ke wudang, tapi baru dibuka resmi umum tahun 2008 kemarin....jadi aku masih belum terlalu tahu perkembangannya. tapi katanya  mirip henan shaolin tapi internal art Wushu dikiblatkan ke WuDang ( nei kung kata om Ping Hoo ). tapi kalo mau lebih detail..kalo bisa ke kampung asal kungfu itu berkembang, di internet banyak infonya dijamin tradisional habis!!! gaya hidupnya juga manteb tradisional!

untuk di indonesia atau pun luar negri banyak sekali ahli yang juga mengajar sejak zaman kemerdekaan / zaman dulu, di eropa dan amerika serta jepang. dari komite Wushu China akan dan telah banyak mengundang dunia untuk generasi mudanya turut meramaikan. Dari film2 Bruce lee atas inisiatif Bruce sendiri, sampe terakhir Jetlee di film Fearless( kisah gurunya Cen Cen di Shanghai ) dan Donnie Yen di film Yip Man ( gurunya Bruce lee ).. dah pada nonton belum??? ceritanya bagus mengharukan, kayaknya kisah dunia kang ouw sebenarnya banyak banget yang gitu tuh dan banyuak yang lebih parah lagi dan apes pula, ...sedih  :-[!!

engkong Donnie Yen kalau saya tidak salah adalah salah satu tokoh kang ow di china yang turut berjasa mengorganisasikan Wushu menjadi sekarng ini, dan ibunya yang pertama secara resmi mewakili Wushu di Amrik.

bagi para pecinta kungfu wushu,... tradisional maupun modern...
Wushu ....
yang istilah asli atau pun olahraga...
yang istilah tarung ataupun kesehatan..

Wushu mencakup hal luas, kadang dalam mempelajarinya ada yang berjodoh untuk menjadi pewushu jalanan dan berjodoh menjadi pewushu panggung, kemana anda akan melatihnya dan menggunakannya untuk tujuan tujuan tertentu..
ada nasib seperti jetlee, ada bruce lee, ada jacky chan, huang fei hung, yip man, ada tokoh2 lain... ada kho ping hoo.. ada banyak sekali...di dunia.
kematian, pertempuran,dendam, politik, harta uang wanita, cinta, pengkhianatan, pembunuhan, penyelamatan, sampai kelaparan..... ( seperti cerita om Ping Hoo ) Wushu telah ribuan tahun mengalami semua hal hal itu...

hendaklah selalu diingat agar Wushu dipelajari untuk alasan humanity yang mengkultivasi praktisi, keluarga, lingkungan, dan negara. sebagai ilmu membeladiri dari hawa nafsu diri sendiri, bela diri  kuman, penyakit,  serangan manusia,hewan,bencana dll....

Wushu berubah setiap zaman, setiap dynasti, setiap kerajaan, setiap suku.... setiap gunung, setiap keluarga... berkembang dan berganti tokoh, setiap partai persilatan dari Goby sampai Kunlun.. berbagai aliran bersaing dan beradu... setiap negara dan politik saling beradu, antara perantauan dan daratan.., sampai setiap manusia saling bersaing.. otot, otak, ilmu, pedang, darah, keringat,uang,...dll...

hendaklah Wushu Sejati mendamaikan itu semua...

(bukan Wushu nya ya...tapi tanggung jawab setiap hati pikiran dan tubuh peWushu nya ).

kira - kira dari ratusan cerita om Ping Hoo.. dan keluarga www.harmonyWUSHUindonesia.com
inilah yang ingin disampaikan kepada teman2....

harmony in me, harmony in family, harmony in community, harmony in nation, harmony in the world!
harmony in soul, gives harmony in mind, it will gives harmony in body to move as a unit harmonic of energy to follow the harmony law of the universe.
[/i][/i]

health and wisdom is one of  the main Wushu Goals.[/b]


salam kenal... dan salam Wushu..
gogi nebulana
www.harmonyWUSHUindonesia

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #10 on: 04/01/2009 23:42 »
Idem dg Mas Don....

Saya jg penggemar berat Kho Ping Hoo, dan sy punya pertanyaan sama dg Mas Don, yg sekarang telah terjawab [top]
Ketertarikan sy kepada seni beladiri, juga dipengaruhi oleh buku2 karangan Kho Ping Hoo.....

Malah Mas O'ong Maryono pernah mengatakan bhw istilah "silat" sendiri adalah Kho Ping Hoo yg memperkenalkannya....... ::) ::)




salam hormat p.Basuki..
anda anggota senior forum ini, luar biasa forum ini memberi jembatan bagi pecinta seni bela diri bisa berkumpul...
sungguh terima kasih bisa diberi kesempatan bergabung di sini.
salam Gogi.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #11 on: 04/01/2009 23:45 »
Idem dg Mas Don....

Saya jg penggemar berat Kho Ping Hoo, dan sy punya pertanyaan sama dg Mas Don, yg sekarang telah terjawab [top]
Ketertarikan sy kepada seni beladiri, juga dipengaruhi oleh buku2 karangan Kho Ping Hoo.....

Malah Mas O'ong Maryono pernah mengatakan bhw istilah "silat" sendiri adalah Kho Ping Hoo yg memperkenalkannya....... ::) ::)




salam hormat p.Parewa..
forum ini luar biasa, terima kasih diberi kesempatan unutk bergabung.

salam gogi..

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #12 on: 04/01/2009 23:48 »
:)Salam kenal mas gogi, sy pernah kerumah di gn gede tahun 92an jumpa pak ananta n waktu itu taunya beliau ahli tai chi kungfu n leader mlm. Maaf baru tau kalo beliau dah mendahului kita.


salam
maulana

salam kenal. senang bisa bertemu p.Maulana di sini.
salam hangat Gogi.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #13 on: 04/01/2009 23:53 »
Salam Kenal mas Gogi,
seperti mas2 di sini saya juga penggemar om Anda Kho Ping Hoo, bukan cuman saya sendiri melainkan adik-kakak dan bapak saya :).
Idem peryataan mas Don Basuki, pertanyaan sy juga terjawab setelah sekian lama, terima kasih atas infonya.
Btw ada pertanyaan dr saya mengenai om anda:
1. Dr mana nama Asmaraman, dan bagaimana sejarahnya beliau mengambil nama ini.
2. Om anda sll menulis dr lereng lawu, saya asumsi ini Tawangmangu, tempat beliau kalau lagi menulis.

Salam hangat dr anak Solo yg  merantau di Jerman
Chandrasa Sedyaleksana

Salam kenal p.Chandrasa..
mohon maaf karena aku tidak terlalu tahu untuk soal kehidupan nyata beliau. tapi benar, Tawangmangu tempat beliau.
salam hangat, gogi.

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: KHO PING HOO dan Harmony Wushu Indonesia
« Reply #14 on: 22/01/2010 01:34 »
:D Walah, Kho Ping Ho ya? Hebat! Ortu ku penggemar berat beliau, jaman mudanya kalo sudah baca buku-buku karya beliau kata bapak dan emakku, bisa lupa makan dan lupa tidur, cukup baca buku udah bisa bikin kenyang. Tapi ada satu pertanyaan ne, buku2 karya Kho Ping Ho apakah masih diterbitkan? Secara mas, aku gak begitu luas pengetahuannya ini dibuat penasaran oleh bapak emakku itu katanya ceritanya bagus tapi sampe sekarang belum bisa baca satupun karena belum nemu tempat buku2 tersebut dijual. Apakah anda bisa kasih informasi sedikit?:D
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

 

Powered by EzPortal