+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Memahami Beijing/Peking Opera  (Read 3139 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Memahami Beijing/Peking Opera
« on: 15/01/2010 15:59 »
Memahami Silat Opera / Opera Silat
..

Sebagai pecinta martial arts.. khususnya Martial Arts Timur..
memahami Silat Opera / Opera Silat cukup penting manfaatnya.
[/b]

Kenapa?

di zaman dulu yang keras dan cukup kelam kejam.., saat manusia belum mengenal pertunjukan, show, ataupun teater ataupun drama..

yang ada hanyalah peperangan, pertumpahan darah adu manusia hingga mati.
di zaman Romawi, mereka menyediakan arena gladiator sebagai tempat itu.
para ilmu tempur dipertunjukan hidup dan mati, sebagai hal biasa setiap harinya.. sebagai bukti bangsa yang keras, kuat, ganas...mematikan..

seperti halnya kalau di Indonesia acara adu Ayam..

sebagai orang bumi belahan timur...

memahami konsep filosofi Silat Opera / Opera Silat, cukup berguna dalam menyesuaikan dan mengembangkan Martial Art.
tentunya berbeda dengan konsep tarung bebas MMA,UFC,dll..

Peking Opera menjadi salah satu budaya yang penting dan cukup vital di negara Tiongkok.
Bukan saja penting dalam hiburan layaknya sirkus...

tetapi penting untuk menggambar dan melanjutkan sebuah cerita hidup.. melebihi buku..buku terbatas dalam kata2..

tetapi dari manfaat opera..

dari ilmu...
cerita sejarah..
tehnik perang..
perasaan..
mimik..
penjiwaan..
filosofi..
makna..
pengalaman..
dalam militer,kenegaraann... dll..

menjadi begitu penting dan Efektif untuk diteruskan ke anak cucu..

buku terbatas.

Sebaga orang Timur..
bisa kita pahami cerita Ramayana, Mahabharata, diukir dan sering dipentaskan.. di Indonesia.






Peking Opera memilki berpuluh dan mungkin beratus cerita mendalam kisah manusia..
yang usianya ribuan tahun diwariskan ke anak cucu..
olehnya jasa pemain Pking Opera..
banyak sekali

dari ilmu...
cerita sejarah..
tehnik perang..
perasaan..
mimik..
penjiwaan..
filosofi..
makna..
pengalaman..
dalam militer,kenegaraann... dll..

 yang terwariskan dengan sangat baik.. :)

berbagai senjata kuno dan tehniknya juga dasar serta tehnik tangan kosong yang tetap terjaga.

Sedikit orang yang mengetahui
- latar belakang Peking Opera.
- Pentingnya Peking Opera dalam Martial Arts Tiongkok / Wushu
- Vitalnya Peking Opera dalam Filosofi,sejarah, dll  Wushu
- Pengaruhnya terhadap kemiliteran dan kebijakan pemimpin negarawan
- dll manfaat yang sangat banyak.

ada lagenda yang menceritakan bahwa dahulu kala ada keluarga militer yang begitu bijak ingin mewariskan ilmu perang bijaksana yang sangat penting bagi kehidupan generasi penerusnya.. untuk itu dibuatlah sistem pewarisan ilmu perang/WUSHU ini ke dalam sistem Opera.
Hal ini adalah sebuah keputusan yang paling bijaksana di zamannya hingga memberika lompatan peradaban rakyatnya di kala itu dan pengaruhnya hingga hari ini.
kebijakan system mewariskan Ilmu Perang ini hanya bisa dicapai oleh seorang pemimpin militer ang telah berhasil mencapai kedamaian... ksejahteraan,.. dan tiada permusuhan.

banyak cerita alkisah Peking Opera ini hingga begitu penting... hingga hari ini..
Ilmu Silat TiongKok terwariskan..
 ke Hollywood, Olahraga, dll....

pentingnya FILOSOFI KONSEP dari OPERA SILAT untuk pecinta Martial Arts
-ilmu perang tidak harus diwariskan dengan system permusuhan persaingan apalagi oleh benjol dan darah...
-ilmu perang bukan arti terjaga originalitasnya dan terkembangkan  bila sanggup membunuh dengan ahli ...
- ilmu perang bukanlah punah dan hilang arah plot aslinya bila bukan menjadi yang berdiri terakhir di atas darah kematian musuhnya.

dll...

video Peking Opera
mewariskan Semangat, Petuah, Tehnik, dll...
seperti halnya jurus toya sakti Sungokong.
untuk memerankannya sesorang harus menjiwai dan memahami benar.. secara otomais akan mewarisi..

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=K4XF-OA5AUA&feature=related[/youtube]

disini Gokong melawan bermacam siluman..
Gokong masih menggunakan tehnik mudah.. menyepelekan silmua.. hanya dengan gerakan sedikit saja siluman kalah..

akan semakin menarik bila melihat penuh dimana Gokong melawan musuh yg makin kuat.. ilmu rahasia dikeluarkan.. dan tehnik toya monyat atau pun tehnik silat tinju monyet akan terlihat sangat indah...
bukan hanya tehniknya saja tapi makna cerita ini tetap terjaga..

melebihi sebuah buku..

kalau di Indonesia layaknya Wayang Orang.



GogiNebulana.
Dewa Perang Guankong dengan Golok Naga Hijaunya..
juga sama, terwarisi ribuan tahun dengan sendirinya dalam Peking Opera.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #1 on: 15/01/2010 16:05 »
aduh sory..kok nulisnya jadi agak acak acakan ya.
udah lama ga posting nih.

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #2 on: 15/01/2010 21:28 »
Terima kasih info-nya Kang Gogi... [top]

Kalau istri saya punya sederet tempat di Eropa dan Afrika yang ingin dikunjunginya, saya cuma punya beberapa tempat dalam daftar saya... dan salah satunya Beijing Opera. Dengar soal opera ini dari teman yang pernah bekerja di sana...

Kang Gogi, cerita dong soal pementasannya... apa saja lakonnya dan bagaimana penjadwalannya...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #3 on: 15/01/2010 21:42 »
[top] Bagus bung Gogi,
mengingatkan saya pada ketoprak mataram waktu saya masih kecil. Ketoprak waktu itu adegan perkelahiannya sarat dgn gerakan2 silat, dan diperkuat oleh pesilat2 juga. Sayang sekarang gak banyak lagi ya, atau saya saja yg sudah kelamaan di Jerman?
Salam
Chandrasa

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #4 on: 15/01/2010 23:14 »
@mas Antara
aku kurang tahu, di Beijing.
tapi pernah wisata ke desa / perumahan kecil sekali di sekitar Beijing yg juga menjadi tempat kunjungan wisata. Katanya tempat desa kecil itulah asal muasal Peking Opera dimulai. Perumahannya kuno dan sepi sekali jauh dari mana2.. hanya sawah kering kerontang.. karena pas lagi musim dingin kesananya.

pertunjukan opera yang besarnya ada di teater2 ternama Beijing atau resto resto mahal klasik. aku belum beruntung bisa nonton langsung.  :P hanya sering ngikutin di channel China. dan sedikit cerita org tua dulu tentang opera ini.

@mas Chandrasa
iya kayaknya kalau Silat Pencak membuat sebuat teatrikal/opera Silat dengan beragam sejarah dan budaya bisa menarik.. dalam mempromosikan budaya Indonesia. Jarang aku lihat.. yang menggunakan full tehnik silat Silat tapi dalam bentuk cerita sejarah/dongeng.biasanya hanya ketoprak lakon. kalau bisa dicampur tarian .. wah aku buking tiketnya hari ini juga.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #5 on: 15/01/2010 23:24 »
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=p_dcMSxyW1I&NR=1[/youtube]

Sungokong di China..

Hanoman di Indonesia


putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #6 on: 21/01/2010 10:53 »
:D Wah, wushunya jurus pukulan kera ya? Pernah lihat. Tapi termasuk kategori jurus tarian yg sulit dikuasai, tidak seperti di film-film, jurus tarian monyet banyak mengandung loncatan juga kecepatan tinggi dan kuda-kuda kecil yg unik, bergulung juga salto, sapuan, cara menendang dan memukul juga beda, apalagi cara memukul Toya. Sulit tapi sangat menarik. :D
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Memahami Beijing/Peking Opera
« Reply #7 on: 21/01/2010 13:31 »
Betul mas Putradewa..

Silat Monyet terkenal dengan :

1. Ginkangnya yang tinggi
2. gerakannya yang tidak terduga seperti kungfu mabuk
3. keganasannya yang sama buasnya dengan Kera/ ga ada aturan..semau monyet.
4. lucu dan tampak seperti lemah/lelucon/badut
5. karakterisasi yang sering dihub dengan dewa dewa.
6. seni silat yang selalu ditunggu tunggu penampilannya.

Silat monyet adalah salah satu tahap dimana prajurit perang zaman dulu mempelajarinya, untuk memperlengkap insting perangnya.

 

Powered by EzPortal