+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Mistik dan Klenik Silat Tiongkok/Kuntaw/Wushu tradisional  (Read 4317 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Mistik dan Klenik Silat Tiongkok/Kuntaw/Wushu tradisional

adakah klenik dan mistik dalam silat Tiongkok?

jawabannya banyak!

mistik dan klenik ini telah berusia ribuan tahun, dan mnjadi salah satu cara memenangkan sebuah perang.

dalam zaman sekarang, mistik dan klenik ini akan susah kalau kita mencarinya di negara asalnya, karena revolusi budaya di Tiongkok telah meniadakan budaya ini, walau masih ada tapi sangat terbatas.

Di Indonesia atau di negara Asia Tenggara..
mistik dan klenik silat tiongkok sagat mudah dicari..
yang paling jelas ramai terlihat adalah di Singkawang, Kalimantan Barat.

Tatung adalah istilah orang yg menjadi media masuknya roh roh alias kesurupan.
Kesurupan digunakan kerajaan tiongkok dulu untuk menyihir pasukannya menjadi lebih kuat, lebih ganas dan lebih sakti.





di Singkawang, hubungan budaya Dayak dan Tiongkok memiliki keeratan dan kemiripan, festival Tatung diadakan setahun sekali setiap perayaan capgomeh.

http://yohanessupriyadi.blogspot.com/2008/02/tatung-capkala.html

di daerah daerah yang pernah dikunjungi laksamana Chengho pun sering diadakan festival ini.

Sebenarnya bagaimanakah Tatung atau mistis ini?
dan bagaimana fungsinya dalam ilmu silat?

di Indonesia mungkin bisa disamakan dengan ilmu PaMacan.. ?







goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=YtXFZ6uvZcg&feature=PlayList&p=5A9E89136C674F44&playnext=1&playnext_from=PL&index=13[/youtube]

Tatung biasanya menjadi sakti tidak mengenal lelah, berbicara dalam bahasa asing, kebal senjata, kebal luka/bisa sembuh dengan cepat, dll...

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
pernah denger adanya kungfu Kaifeng yg juga mengajarkan tenaga dalam lontaran. Bro gogie tau?

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
:D Ya, kalo orang kalimantan nyebutnya 'Tatung' kalo orang sumatera ato palembang peranakan sini bilangnya 'Kitong'. Bapakku selain guru kuntao (bapak gak aktif lagi ngajar sejak engkong berpulang tahun 1987, baru2 ini saja mau mulai ngajar kami lagi, tp waktunya juga relatif singkat karena minggu depan mesti mule kerja lagi ke jakarta) dan bapak juga seorang Kitong, macam2 kejadian pernah terjadi. Tp, sebenernya semua balik merupakan karunia Tuhan semata. Kalo kita terlena semua akan menjadi racun bagi diri sendiri, musuh terbesar dari manusia adalah dirinya sendiri. Menciptakan keselarasan hati dan pikiran, lalu menerima apa adanya diri sendiri dan apapun yg ada disekeliling kita. Sepasang ikan mas yg bercengkerama dalam cermin bulan ditengah roda delapan diagram. YIN YANG. :D
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
bung Hb, wah belum pernah dengar tuh , bisa diceritakan?

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
om HB itu dari dulu gitu, ilmunya banyak tuh..tapi irit quote... x-)) x-))
Beliau khan tokoh kungfu thifan pokhan tsufuk..kungfu asia tengah suku tayli...
Khazanahnya dibabar mas her.... [top]
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

hummdee6

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 23
  • Posts: 365
  • Reputation: 33
    • Email
Wah ... bang Hb latihan Thifan jg ...

@bang Pemulung ...
Koreksi ..Thifan Po Khan itu bukan beladirinya suku tayli aja. Tp gabungan beladiri dari banyak suku di asia tengah, termasuk tayli, berber, kazakh, mongol, wigu, dll.
Dulu saya jg pernah belajar thifan po khan .. 5 thn di pra dasar (dari masuk kuliah sampe bosen dan lulus)...gak naik2...:D:D:D:D..maklum, dulu (waktu blm terpecah2) masih tradisional bgt latihannya .. naik tingkat hanya bagi yang emang mampu (skillnya). Nah, kemampuan saya hanya sebatas pra dasar  [lucu] [lucu] [lucu]
Senamnya thifan (sentay) konsepnya mirip dengan olah nafas silat mustika kwitang..sangat powerful. 

@bang hb...
Boleh tuh di beber konsepnya tuh ... kl gak terlalu dirahasiain.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
iya bung HB..
dibeber donk..
udah hari jumat nih.. jadi kita week end di SS gicu loo..

tentang Thifan juga, aku kurang paham.

 

Powered by EzPortal