+-

Video Silat


Silat Pengasinan
pepedangan cimande
Maenpo peupeuhan.. IMTV
Silat Sika - di acara Khaul 3 Guru Besar Beksi
Colokan Bandrong #2
beksi - sambut
Beksi, Peragaan Jurus #01
silek harimau performance, Jambore pencak silat
Tuna Daksa Sang Pendekar Silat

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sile Ono Niha, silat pulau nias yang hampir punah by lukas
23/12/2014 17:04

[BUKUTAMU] by lukas
10/12/2014 21:12

aliran silat seIndonesia by abay gcis
05/12/2014 21:46

PELURUSAN SEJARAH:PITUNG TERNYATA BUKAN ORANG ASLI RAWA BELONG by didit4ditia
27/11/2014 09:25

Hoby Miara Jin by si wiwid
25/11/2014 22:11

BONGKOT, Maen Pukulan Betawi Timur by si wiwid
25/11/2014 22:06

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PERGURUAN TAKO INDONESIA  (Read 16463 times)

takomuda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 50
  • Reputation: 5
  • TRI CITA UTAMA
    • Email
PERGURUAN TAKO INDONESIA
« on: 22/06/2007 14:58 »

Kebetulan aye murid dari salah satu perguruan KARATE unik yang ade di indonesia. begini ceritenye ...... ::)     
aye belajar beladiri dari aye masih kecit...hehehe!!!!! dulu cuman ikut-ikutan doang maklum deeh anak-anak..ngeliat orang lain maen silat trus ikut belajar silat belom kelar pindah lagi....trus belajar taekwondo trus.....pindah lagi wahhh pokoknye kutu loncat deh....!!!
cuman akhirnye pada tahun 1989 aye mentok diperguruan KARATE TAKO Indonesia dan belajar agak serius ampe nembus ujian DAN beberapa kali.    cerite punye cerite ternyate perguruan KARATE ini sebelum jadi perguruan KARATE ternyata dulunye perguruan Silat gabungan... ::) dan untuk generasi saya dulu kami masih diajarin beberapa jurus adopsi silat dan main berpasangan beberapa gaya pasangan kayak bunga sepasang-lompat kuntul-harimau menghindar-putri malu berhias dulu udah nggak asing lagi buat kami ..pokoknye eksotis banget deh........ [top]( Kalo generasi sekarang udah kagak diajarain karena udah murni KARATE ).
aye merasa beruntung sempet ngerasain dan tau jurus-jurus langka karena pelajaran kayak gitu diperguruan aye udah jarang banget yang tau kalo pun tau kayaknye segen banget buat ngajarin yang muda-muda ....katenye kudu ade izin dari nyang ngasih...!!!
nah..bagi nyang tau nih perguruan( Maklum kalo dijakarta nih perguruan jarang ade nyang tau, soal'e ni'perguruan kagak gede alias kecil ) seneng rasenye bisa silahturahmi meski cuman lewat kabel...hehehehehe

filosofi perguruan ini adalah difensif aktif atau secara gerakan adalah apabila posisi lawan dianggap sudah membahayakan (Berpotensi menyerang) maka wajib melakukan serangan terlebih dahulu dengan tiga arah serangan wajib (Atas-tengah-bawah) kalo bahasa betawinye :  "ane kagak pernah nge-jual,  cuman kalo keliatannye ente mau nge-jual...ane kagak pake' tawar lagi, ane bayar kontan kalo perlu ane kasih bonus..!"

cuman sekali lagi sekarang ni' perguruan udah jadi perguruan KARATE murni, filosofisnye udah sedikit kendor atawe lebih kearah karate banget..cuman nyang sedikit nge-bedain kite adalah pengucapan sumpah saat latihan kite ntang kagak boleh dirobah yaitu : TRI CITA UTAMA ( Perkasa-Rendah hati-Luhur budi ) dengan harapan teknik boleh berobah, filosofis boleh berkembang cuman tujuannye kagak boleh lari yaitu :
PERKASA : Kudu punya jasmani bagus ame kuat diatas orang awam / OLAH RAGA
RENDAH HATI : Kudu pinter jaga hubungan ama orang-orang disekitar / OLAH RASA
LUHUR BUDU : Kudu pinter ngejaga hubungan ame Sang pencipta / OLAH JIWA
atau bahasa kerennye yaitu : mencapai 1. kecerdasan Fisik 2. Kecerdasan Emosional 3. Kecerdasan Spritual.

Nah..bagi temen-temen nyang pernah denger atau tau' keberadaan ni' perguruan silahkan post disini..seneng bisa bersilahturahmi meski cuman lewatkabel ...hehehehe...... [top]
salam perkasa
salam TAKO
Osh......!!!!
Sebutan pemberani bukan untuk orang yang memenangkan satu perkelahian namun untuk orang yang mampu menghindar dari suatu  perkelahian bukan karena ketakutan namun percaya dan yakin bahwa perkelahian bukanlah jalan yang terbaik.

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #1 on: 25/06/2007 17:44 »
Saya beberapa waktu yang lalu ada tugas ke Medan. Pas jalan lewat kantor Satpol PP, ada plang TAKO.

TAKO ada websitenya gak ? Jadi penasaran nih. :)

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #2 on: 26/06/2007 16:43 »
wah menarik nih..
TAKO...

Cerita dong sejarah perguruan ini..siapa tokoh2nya serta falsafahnya kalo ada..
KAsih tau juga gimana tingkatannya serta materinya, apa plek sama dengan karate umumnya ato ada tambahan ato gerakan yang 'udah dipoles' dengan karate...
Sekarang gimana perkembangannya? alamat sekretariatnya dimana?

thanks
S.B
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

takomuda

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 50
  • Reputation: 5
  • TRI CITA UTAMA
    • Email
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #3 on: 26/06/2007 21:23 »
Uhuiii...Jadi asyik neeeh......!!!!
Perguruan TAKO itu didirikan oleh Alm.Syahrun Isa didaerah tebing tinggi sumatera utara dibulan februari 1963 ( Sori tanggalnya tidak ada yg tau persis ) modal pokoknya adalah teknik bertahan dan menyerang dengan tangan kosong ajaran dari O.Takugawa ( Waktu O.Takugawa ngajarin Syahrun isa beliau kagak bilang kalau ini itu teknik2 karate, beliau cuman bilang ini teknik berkelahi tokk.. ) disamping teknik ajaran O.Takugawa kebetulan syahrun isa juga jago silat-silat kampung cuman teknik silat nyang paling dikuasai itu berasal dari RM.Dirjoatmojo guru besar perisai diri.

kemudian mulai dari sebuah dojo atau sasaran atau tempat latian nyang kecil mulailah perguruan ini menggeliat, karena keinginan kuat dari Syahrun isa untuk membentuk beladiri khas Indonesia beliau mempersilahkan seluruh cendikiawan dan para pendekar didaerah itu untuk bergabung dan merumuskan bentuk beladiri khas indonesia dan hasilnya luar biasa banyak yang bergabung dan sangat berminat untuk merumuskan ( sampai beliau wafat beliau bilang kalo TAKO akan terus berevolusi dan berkembang )

ada sedikit pertanyaan yang kerap terlontar dibenak para pendahulu kami di TAKO mengenai beladiri yg ada di Indonesia yaitu manakah beladiri asli Indonesia???? karena seluruh beladiri yang ada pasti terpengaruh atau kalau tidak boleh dibilang berkiblat kesalah satu bentuk beladiri yang telah ada kemudian berkembang berdasarkan budaya setempat.

kemudian SUHU (Panggilan kami untuk Syahrun isa ) sering menjelaskan kalau seluruh beladiri itu secara konsep pemikiran berasal dari INDIA kemudian ter-implementasi kan didaratan China oleh seorang Bhiksu asal India selatan yaitu Tatmo Chowsu - Daruma Taishi yang kemudian pengaruhnya sampai kejepang nahhh...jepang curi Star duluan dengan bilang kalau negaranya merupakan ibu dari beladiri dunia .....( Hal tersebut gak lepas dari propaganda politik jepang pada jaman itu - Perang dunia II ), kalau mau difikirkan india jago dengan sesuatu yang bersifat spritual ( Yoga ) cuman untuk berkelahi china dan jepang emang kiblatnya, nahhh....menurut cerita ( Bisa bener bisa juga kagak ) kalo Daruma Taishi sempet mampir kedaratan Indo china sebelum kembali ke India ( Agama Bhuda kan juga ada di Indonesia cukup lama dengan bukti berdirinya beberapa candi budha ???? ) jadi silat juga dapat  pengaruh dari beliau..... ( Untuk ini banyak yang gak setuju .....)

Nah ...berdasarkan cerita itu SUHU kami berusaha membentuk suatu beladiri yang memang bukan asli dari Indonesia tapi mempunyai ke-Khas-an atau ciri yang Indonesia banget.....!!!

dah dulu cang...mo pulang dulu !!!  anak bini dah nungguin dirumah besok ane pasti cerita lagi...!!

Salam Perkasa
Salam TAKO
OSH................
Sebutan pemberani bukan untuk orang yang memenangkan satu perkelahian namun untuk orang yang mampu menghindar dari suatu  perkelahian bukan karena ketakutan namun percaya dan yakin bahwa perkelahian bukanlah jalan yang terbaik.

Sosro_Birowo

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 336
  • Reputation: 34
  • The best of us is never enough but God's love
    • Email
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #4 on: 27/06/2007 14:19 »
Mmmm...
ditunggu lanjutannya ya...terutama sejarahnya..

mulai latihan dimana? dari tebing tinggi ke Medan ato kota lain juga ? trus gimana perkembangannya  sampe sekarang...

.....

haiks,
S.B
Menguasai Kekuatan/kesaktian adalah untuk belajar rendah hati dan sadar akan adanya Kekuatan MahaTertinggi yaitu Sang Cahaya Kasih Sejati.

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #5 on: 27/06/2007 17:29 »
menarik menarik sekali [top]
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #6 on: 29/06/2007 19:29 »
Kalau dibilang bahwa Siauw Liem Sie (Shaolinshi) Kungfu yang diciptakan oleh Boddhidharma alias Dharma Taishi alias Tatmo Chowsu alias Sang Daruma adalah beladiri tertua, saya kayaknya kurang pas. Karena, yang pernah saya baca, Boddhidharma meramunya dari Indo Kempo (silat India, mungkin Kalaripayit kali ya ?) plus Kampahama Yoga Dahtayana plus Kungfu Cina Purba plus pengamatan gaya bertarung binatang.

Tapi kalo dibilang bahwa Siauw Liem Sie (Shaolinshi) Kungfu berpengaruh besar terhadap berbagai beladiri yang ada di dunia ini, termasuk Karate, Judo, dan sebagainya, masuk akal. Bahkan RM Soebandiman Dirdjoatmodjo, pendiri silat Perisai Diri, pernah mempelajari beladiri aliran Siauw Liem Sie ini.

Aguswin

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 7
  • Posts: 407
  • Reputation: 34
    • Kelatnas Indonesia Perisai Diri
    • Email
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia Perisai Diri
Re: PERGURUAN TAKO INDONESIA
« Reply #7 on: 29/06/2007 19:33 »
Cerita yang pernah saya dapatkan, kalo dirangkum seperti ini (mohon diluruskan apabila ada yang salah) :

Konon di dataran Tiongkok dahulu ada empat partai silat terbesar, yaitu Siauw Liem Pay, Bu Tong Pay, Go Bi Pay, Kun Lun Pay.

Kungfu Siauw Liem Pay diajarkan di biara-biara Siauw Liem (Shaolin), biara Buddha aliran Zen, atau disebut Zen Buddhisme. Biara dalam bahasa Tiongkok disebut Sie atau Shi, sehingga biara Siauw Liem (Shaolin) disebut Siauw Liem Sie (Shaolinshi).

Aliran kungfu yang sangat legendaris dan masih eksis hingga sekarang ini diciptakan oleh pendeta Boddhidharma alias Tatmo Chowsu alias Dharma Taishi alias