+-

Video Silat


Final Pencak Silat Sea Games XXVI Kategori ganda P
Demo Silat Golok Seliwa
Asian Silat Night - Indonesian Demo Team 2006 Penc
Main Kerambit
Acara Kramasan PS Bandrong Karang Tunggal - Anak #
Pendekar Trans 7 : Gajah Putih #3
bandrong on action
Bandrong Ing Cilegon
GGBD - Aspek Rasa

Shoutbox

20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
04/10/2014 09:20 Taufan: Selamat hari raya Idul Adha 1435 H...
04/10/2014 08:12 Taufan: Kopdar Sahabat Silat 11 Oktober 2014... datang ya :-)
02/10/2014 20:30 Taufan: Temu kangen di FB :p
13/08/2014 03:06 Ekka_Xakra: Salam kenal para sahabat silat semua.
12/08/2014 17:56 Dwi_NGJ: Salam kenal para ksatria. Mohon ijin bergabung... :)
12/07/2014 16:49 one: Pada kemane nih buka puasanya ye?
View Shout History

Recent Topics

Sejarah Xinyi Liuhe Quan Bag 2 by ifung
23/10/2014 18:28

aliran silat seIndonesia by Zebud
23/10/2014 17:09

(Ask) Timbangan di Jakarta by Fanani
20/10/2014 22:41

Serial Xinyi Liuhe Quan I by ifung
16/10/2014 20:02

Selayang Pandang Lu Style Xinyi Liuhe Quan by ifung
16/10/2014 20:00

One Day Workshop Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang by luri
16/10/2014 09:29

silat timbangan by ifung
14/10/2014 15:51

maenpo Cikalong by aki sija
07/10/2014 05:13

Parkour by Taufan
02/10/2014 21:28

SILAT BERDO'A SELAMAT by Taufan
02/10/2014 21:17

[BUKUTAMU] by Taufan
02/10/2014 21:01

Hoby Miara Jin by gumuruh
03/09/2014 14:01

contack person guru silat suaeb yg di padepokan pencaksilat TMII by rohadi
17/08/2014 05:58

Silat Betawi di Bentera Budaya by luri
12/08/2014 11:01

PABUCI (PANCERBUMI CIKALONG/PASAR BARU CIANJUR) by aki sija
26/07/2014 06:36

SilatIndonesia.Com

Author Topic: sejarah singkat kungfu  (Read 17361 times)

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
sejarah singkat kungfu
« on: 02/01/2009 10:01 »
Kungfu adalah istilah yang kita kenal sekarang merupakan istilah yang populer di tahun 1930 an. dalam sejarah Chinese Martial Arts, kungfu memiliki lebih dari 40 nama tergantung pada dinasti yang menaunginya.
 
Wu Yi (Tehnik bela diri) telah lebih tua dari peradaban. selama ada manusia di dunia, pasti ada perkelahian. dalam celah-celah inilah Wu Yi berkembang. Selain itu, tujuan untuk mengembangkan diri, dan meraih harmonisasi eksternal dan internal juga menjadi tujuan orang mempelajari Wu Yi.
 
Istilah Wushu yang dipopulerkan kembali oleh pemerintah China dikenal sejak abad ketiga sampai keenam masehi. istilah yang paling populer dari abad ketiga SM sampai abad ke 19 M adalah Wu Yi. Wu adalah teknik bela diri dan Yi adalah seni. dalam susunan semantik, kata wu yi lebih tepat daripada wu shu.
 
Pada 7000 tahun yang lalu, bangsa China prasejarah telah menemukan berbagai jenis alat untuk membela diri baik terhadap sesamanya, suku lain, maupun dengan hewan. senjata-senjata yang berkembang antara lain tombak, pedang, golok, dll. pada masa damai, teknik mereka dipakai untuk tarian bela diri seperti tarian pedang.
Pada masa dinasti Hsia dan Shang (2000-1030 SM) telah ditemukan senjata tembaga dan kuningan, dan banyak terdapat penemuan arkeologi berupa teknik bela diri yang dipahat di cangkang kura-kura.
 
Pada dinasti Zhou (1030-480 SM) beladiri dinamakan Quan Yong dan Shou Po ( 手搏) , dan pada jaman inilah lahir prinsip dan filosofi Yin Yang, Wu Xing, serta Pat Kua.
 
Pada jaman 3 kerajaan dan masa negara-negara berperang, dikenal Jiji dang xiang po. pertarungan diatas kuda dan teknik senjata berkembang pesan. pada jaman ini munculnya seni perang Sun Tzu.
 
Setelah Shi Huang Ti mempersatukan China tahun 221-207 SM, ia memperkenalkan Shou Po dan Jue Di.
 
Pada jaman dinasti Han, istilah wu yi muncul dan sangat populer. pada jaman inilah diadakan pertandingan tinju dan gulat pertama di dunia.
 
Sampai pada akhirnya Bodhidharma datang ke China dan melembagakan Kungfu sehingga muncul banyak aliran.
Jaman dinasti Tang, muncul Xiang Pu dan Jue Li yang merupakan leluhur dari bela diri sumo.Pada jaman dinasti Song muncul Wu Yi dan Wu Ji. Pendiri Song juga dikenal sebagai pendiri aliran Tai Zu, yang merupakan cikal bakal dari teknik Thai Boxing.
 
Jaman dinasti Yuan, dimana dinasti ini adalah penguasa dari luar China, sehingga melarang China mempraktekan bela diri, maka berkembanglah teknik tangan kosong. banyak juga ahli bela diri yang menyimpan ilmu mereka dalam seni akrobat, drama, pertunjukkan, dll, sehingga banyak bela diri yang berkembang menjadi seni pertunjukkan dan muncullah istilah tendangan sulaman, pukulan kembangan.namun gulat mongolia berkembang pesat. ada jaman ini seorang Jendral bermarga Chen berkelana ke Jepang dan mengajarkan kepada orang Jepang teknik yang bernama JuJutsu.
 
Pada jaman dinasti Ming muncul Wu Yi dan Quan Fa. pada jaman dinasti Ching, banyak terjadi pemberontakkan. Shaolin baru didirikan di selatan (Fu Jian), dan menjadi tempat berkumpul para kaum revolusioner. lalu dihancurkan pemerintah, sehingga banyak pendekar yang berkelana ke luar China.
 
Lalu pemerintahan Guo Min Tang mendirikan Guo Shu. setelah China dikuasai Komunis, maka seni yang berkembang adalah Wu Shu.
 
Nama Kung Fu sendiri dipopulerkan oleh almarhum Bruce Lee (Lee Siao Lung), saat dia mengadakan show di universitasnya dan berhasil mengalahkan beberapa pendekar dari aliran beladiri lain (Jepang). Siao Lung juga memenangkan kejuaraan karate se-amerika dan pada saat memenangkan turnamen karate terbuka (semua beladiri boleh ikut) itu, ia meneriakan kata2, "Wo Shi Zhong Guo Ren". setelah itu dia ditawarkan bermain film di Hollywood, lalu ke hongkong. pada saat itu demam kungfu mulai mewabah ke seluruh dunia.

Seorang yang mempelajari Kungfu harus ingat 3 hal, yakni;

Wen ( pengetahuan dan budaya)
Wu   ( kedisplinan diri, latihan yang tekun, tekad yang bulat)
Dao  ( Keagamaan, Ketuhanan Yang Maha Esa, ketenangan batin)

Inilah landasan untuk mempelajari Kungfu sejati. Tahapannya sendiri ada 3 yaitu :
(maaf pakai bahasa hakka)

Tam (tekad, keyakinan terhadap diri sendiri, teman, Guru, dan Kungfu)
Lip (tenaga, latihan yang berkesinambungan, latihan rutin bukan latihan keras)
Kungfu (teknik, dll)

Kungfu sendiri mengenal 3 tenaga :

Gwa Kang (Way Kung) --> tenaga luar
Nay Kang (Nei Kung) --> Tenaga Dalam (ada yang disebut tenaga bumi, Fa Jing, Fa Li, dll)
Gin Kang --> Ringan badan, dibagi 2 horizontal dan vertikal.

Ujian dalam mempelajari kungfu ada 3:

Harta --> godaan untk memperoleh keuntungan besar
Tahta --> Godaan untuk memperoleh kedudukan
Sex --> ini godaan terbesar
 
Berikut istilah yang dipakai dalam praktisi kungfu:
 
Jue Li Kekuatan Bertempur
Jue Di Gulat
Ji Ji Teknik bertarung
Wu Ji Teknik Bela diri
Xiang Pu Pertarunagn menanduk
Xiang Po Pertarungan antara
Shou Po Tinju
Zuo Jiao Mencengkram dan melempar
Quan Fa Teknik pukulan
Quan Shu Seni Pukulan
 
Setelah Lee Siao Lung meninggal, dunia kehilangan tokoh Kungfunya, aktor Jacky Chan (Chen Lung), ditawari Golden Harvest untuk bermain di beberapa film Kungfu dengan karakter Bruce Lee. Namun ditolak. (Jacky adalah Stuntmannya Bruce Lee). Dia memilih karakter yang berlawanan dengan Bruce.

Saat ini Pemerintahan Deng Xiao Bing yang menggantikan Mao Ze Dong tahun 1974, mulai mengembalikan lagi budaya yang dibabat habis oleh pasukan merah. salah satunya adalah Kungfu. maka ditunjuklah Maha Biksu Hai Teng, yang merupakan pemimpin Biara Shaolin Utara di Henan, Shong Shan untuk mengumpulkan para ahli Kungfu yang tersisa dan sudah lama tidak berlatih dan dikumpulkan di Shaolin dan menciptakan teknik baru yang disebut Wushu. Wushu kemudia dilatihkan oleh para atlit khususnya atlit Beijing, dan dipopulerkan ke seluruh dunia.

Ada yang menarik dari jaman revolusi budaya. Sebenarnya dari jaman dinasti Manchuria, Kungfu sudah banyak yang dilarang, sehingga para masternya menyembunyikan kungfu ini kedalam opera (sering disebut opera Shang Hai, karena Shang hai adalah pelabuhan terkenal sejak dulu), sehingga teknik wushu ini ada banyak mengandung teknik akrobat. teknik Tao Lu nya adalah Chang Quan (Kumpulan teknik utara), Nan Quan (Kumpulan teknik selatan--> namun banyak juga yang terpengaruh utara), Tai Chi (Campuran beberapa aliran seperti Yang, Wu, Sun dan Hao--> didominasi gerakan Yang Style), Golok tunggal, Pedang, Toya, dan Tombak. Teknik pertempuran diambil dari campuran teknik semacam Judo dicampur dengan teknik semacam Thai Boxing.

Setelah itu diutuslah rombongan ke seluruh dunia untuk mempopulerkan Wushu. setelah itu dibuatlah film Shaolin Temple, sehingga banyak pemuda dari seluruh dunia datang ke Shaolin untuk belajar. sampai tahun 1990 an, bisa kita lihat banyak sekolah2 beladiri yang muncul di sekitar Shaolin dengan membawa nama Shaolin. hal ini membuat Shaolin menjadi kurang nilai sejarahnya,sehingga pemerintah menutup semua martial arts school tersebut.

Sejarah yang kita tau, setelah Sun Yat Sen meninggal, Chiang kai Sek, mantan perdana mentri Manchuria menjadi presiden kedua mewakili partai Guo Min Tang (Nasionalis), setelah republik China dikuasai oleh Kung Chang Tang (Komunis) dipimpin Mao Ze Dong, melalui Long March tentara merahnya, Chiang beserta banyak ahli Kungfu hijrah ke Taiwan. Setelah Mao Berkuasa mulailah revolusi budaya yang memakan korban ratusan juta ahli sastra, budayawan, pengusaha, sampai para ahli beladiri dan para biksu Shaolin.

Para ahli bela diri yang bergabung dengan Chiang Kay Sek membentuk Guo Shu (Beladiri Negara). pada tahun 1990 an , pertemuan pertama Shaolin Selatan berlangsung di Quan Zhou, Fu Jian, dan dilirik oleh pemerintah, karena pertemuan itu dihadiri oleh banyak pendekar Kungfu dari seluruh dunia, acara berlangsung setiap bulan november dan ditayangkan di banyak stasiun TV di China. sehingga tahun 2008 Pemerintah, demi mengumpulkan budaya2 yang hilang membuat turnamen non Wushu yaitu Turnamen Kungfu Tradisional yang pertama.


Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #1 on: 02/01/2009 10:04 »
Kami dari I Sin Wu Yi, membuka kesempatan bagi anda yang berminat bergabung untuk mempelajari berbagai macam Kungfu Tradisional.
 
Yang dipelajari di perguruan kami :
 
Tradisional :

Tai Ji ( Chen, Yang, Sun )
Xing Yi
Xing Yi Liu He
Ba Gua Zhang
Ngo Heng Kun
Ba Ji Quan aliran Wu
Shaolin Lohan
Nan Shaolin
Shan Tung Quan
Chi Kung
Yong Chun Quan
Dasar2 Wu Zu Quan
Mix Chinese Martial Arts
Kick Boxing
 
Standar Internasional :
 
Wushu Internasional
 
Senjata :
 
Toya
Trisula
Pedang
Tombak
Golok
Triple Stick


contact kami :
iwanto_chen@ yahoo.com
021-6874 8743
0817 6505 498

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #2 on: 04/01/2009 00:42 »
wow.. bagus sekali postingnya!!!
aku suka sekali!!
I Sin Wu Yi di jakarta??

ini gogi
www.harmonyWUSHUindonesia.com

liukhang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 154
  • Reputation: 10
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #3 on: 04/01/2009 20:55 »
Salam ....nice posting...!

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #4 on: 05/01/2009 15:27 »
iya pak ada di jakarta. saya kayaknya pernah ketemu sama bro dari harmony wushu yah. salam yah. wu lin shi i jia. kayaknya bro liu khang juga saya kenal. yang di bogor yah

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #5 on: 05/01/2009 16:54 »
mas Red Hawk...

wooooww TOP BGT postingannya dan makasih banget udah sharing di sini sejarahnya Kungfu. Saya juga pengagum Bruce Lee...



salam,
Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #6 on: 05/01/2009 17:00 »
Uraian yang menarik tentang sejarah Kung Fu Mas Red Hawk [top]

Kalau diperkenankan request, boleh dong sejarah masuk dan berkembangnya Kung Fu itu sendiri ke Indonesia, singkat saja. Seperti aliran Kung Fu apa yang hijrah ke Nusantara (Utara atau Selatan-CMIIW).

Mungkin dari sini ada yang bisa di lacak pengaruh bela diri Kung Fu ini terhadap Pencak Silat, apakah ada atau tidak...


Tabe'...
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #7 on: 05/01/2009 23:38 »
thanks semua atas motivasinya. kalau saya analisa dari sejarah masuknya pedagang dari tiongkok maupun utusan misi perdamaian dinasti thang (kalau gak salah awal masehi), maka kaitan sejarah perkembangan kungfu ke seluruh dunia mulai kelihatan.

Peta dunia sebenarnya telah dibuat jauh sebelum para pelaut eropa menjelajahi dunia. banyak misi persahabatan yang dibawa ke luar china untuk merangkul kerajaan2 yang ada di luar china. namun karena misi ini semuanya adalah misi persahabatan, maka tidak ada pendudukan. hal ini bisa kita lihat mengenai pembauran budaya nusantara yaitu sriwijaya dan majapahit yang berhubungan dengan kerajaan di china. bahkan kabarnya, di laut sekitar palembang, pusat maritim waktu itu, banyak sekali kaum perompak dari fu jian (hokkian), yang lalu ditumpas oleh Sam po kong.

Pada saat pemerintahan Kaisar Yong le, Sam po kong di utus membawa utusan 300 duta besar kerajaan kembali ke negara masing2. armada itu merupakan armada terbesar di dunia yang pernah ada. salah satu tempat yang dikunjunginya adalah Arab, dimana banyak pengikut Sam Po Kong yang naik haji. hal ini terjadi tahun 1421. sehingga dalam hadits pun Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tuntutlah ilmu sampai negeri China. hal ini menandakan sebenarnya jauh sebelum eropa menaklukkan dunia, bangsa tiongkok telah banyak menyebar ke seluruh dunia.

kalau dilihat dari arah persebarannya, maka penduduk dari china selatanlah yang paling banyak datang ke nusantara. hal ini kita bisa lihat dari struktur budaya yang hampir sama dengan budaya china selatan, indo china, filipina, sampai ke Indonesia. begitu juga teknik bela dirinya. pada saat penyebaran Islam pertama kali di Jawa oleh para pengikut Sam Po Kong, banyak dari mereka yang menjadi pelatih beladiri pasukan kerajaan di Jawa. yang paling terkenal adalah pelatih pasukan Pangeran Diponegoro yaitu kapiten pertama Tionghoa. namun sejarah ini semuanya susah dilacak. disamping karena banyak tokoh yang sudah memakai nama Indonesia, juga karena sistem devide et imperanya belanda yang banyak menutupi dan menghancurkan sejarah mengenai hal ini, supaya kita terpecah belah. hasilnya seperti sekarang ini, kita terkotak2 dalam kesatuan. satu namun terkotak2. sebenarnya sejarah Indonesia jaman dulu paling lengkap ada di negeri belanda yaitu di museum leiden. disana banyak terdapat peninggalan2 sejarah yang mengisahkan keharmonisan antara pendatang dengan kaum pribumi.

nah kalau kita lihat, disinilah letak adaptasi teknik2 beladiri china ke beladiri nusantara. dilihat dari gerakannya, banyak kemiripan, walaupun banyak yang sudah berkembang. itu kalau yang teknik selatan. kalau teknik utara kayaknya lebih belakangan. mungkin saat ekspedisi Sam Po Kong itu.

MAAF SEKALI KALAU ADA KATA-KATA YANG MENYINGGUNG, SAYA SIAP MENERIMA SARAN DAN MASUKKAN JIKA SAYA SALAH, MOHON DIMAAFKAN.


dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #8 on: 06/01/2009 08:43 »
...Pada saat pemerintahan Kaisar Yong le, Sam po kong di utus membawa utusan 300 duta besar kerajaan kembali ke negara masing2. armada itu merupakan armada terbesar di dunia yang pernah ada. salah satu tempat yang dikunjunginya adalah Arab, dimana banyak pengikut Sam Po Kong yang naik haji. hal ini terjadi tahun 1421. sehingga dalam hadits pun Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tuntutlah ilmu sampai negeri China.
Sebentar... sebentar Mas Red Hawk... Paragraf ini benar, hanya saja kesimpulannya yang sedikit kurang pas. Saya setuju bahwa Sam Po Kong (Laksamana Zheng He) menjelajah sampai ke tanah Arab dan banyak dari mereka yang menunaikan ibadah haji (sayangnya, Laksamana Zheng He, beliau itu muslim, tidak sempat melakukan ibadah haji karena satu dan lain hal). Benar juga bahwa ada hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa Rasullullah SAW bersabda "tuntutlah ilmu hingga ke negeri China". Hanya, beliau bersabda demikian bukan karena banyaknya orang China yang ada di Arab pada waktu beliau masih hidup (karena ekspedisi Laks. Zheng He baru ada sekitar tahun 1421-an), melainkan karena pada waktu itu China "dianggap" sebagai sebuah negeri yang sudah sangat maju dan sangat jauh letaknya. Rasullullah SAW hidup sekitar abad ke-6 Masehi, jauh sebelum ekspedisi laks. Zheng He.

Pada masa Rasullullah SAW hidup, ada 3 emperium besar: Romawi (Bizantium), Persia dan China. Penyebaran agama Islam di China dilakukan oleh 4 orang sahabat Rasullullah SAW yang dipimpin oleh Abu Waqqas RA (beliau adalah paman Rasullullah SAW dari garis ibu). Komunitas muslim di China berkembang menjadi sebuah "suku" tersendiri, yang disebut suku Hui (yang artinya "mereka yang harus kembali"). Interaksi China-Arab bukan dimulai dari ekspedisi Laks. Zheng He, melainkan jauh sebelumnya. Pada masa kekaisaran Gaozong (Kao Tsung) sudah pernah terjalin hubungan bilateral antara China dan Arab ketika Kaisar Gaozong mengirimkan utusan ke Kalifah Usman RA di Madina dan sebagai balasannya, Kalifah Usman RA juga mengirimkan seorang jenderal utusan ke China.

hal ini menandakan sebenarnya jauh sebelum eropa menaklukkan dunia, bangsa tiongkok telah banyak menyebar ke seluruh dunia.
Nah, pernyataan ini benar dan saya setuju banget. Sayangnya, "sejarah dunia" kebanyakan ditulis oleh orang Eropa, sehingga yang terkenal adalah para petualang Eropa (Columbus, Magellan, Vasco da Gama, dll), sedangkan di belahan bumi lainnya, jauh sebelum mereka jalan-jalan keliling dunia, orang-orang sudah banyak yang menjelajahi dunia. Seperti bangsa China yang hingga sampai ke daratan Amerika, suku Bugis yang sampai ke kepulauan Madagaskar, dan lain-lain. Lagi pula, perbedaan yang sangat mencolok adalah setiap ekspedisi bangsa timur (ini pun yang bikin istilah orang "barat") bukan merupakan ekspedisi untuk ekspansi, melainkan ekspedisi sains, perdagangan dan persahabatan.

Maaf karena sedikit OOT dan melenceng dari judul thread. Mohon dikoreksi kalau pernyataan saya ada yang keliru atau kurang pas. Terima kasih.

Salam...

Sabrang kidul

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 98
  • Reputation: 3
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #9 on: 06/01/2009 09:09 »
Maaf sedikit OOT
Tertulis dari postingnya mas Redhawk
"sehingga dalam hadits pun Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tuntutlah ilmu sampai negeri China. "

Setahu saya hadist ini kategorinya sangat lemah, bahkan ada yang bilang palsu.
Saya pernah dengar dalam satu khutbah penceramah bilang bahwa ungkapan ini bukanlah sabda kanjeng Nabi melainkan peribahasa bangsa Arab saat itu.

Tentunya sama sekali tidak menafikan esensi bahwa di China dari dulu sampai sekarang banyak terdapat ilmu-ilmu yang bisa kita pelajari.

Wallahualam, salam

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #10 on: 06/01/2009 09:55 »
...Benar juga bahwa ada hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa Rasullullah SAW bersabda "tuntutlah ilmu hingga ke negeri China".
Wah... saya harus mengkonfirmasikan dulu pendapat saya yang saya quote sendiri.  :P

Saya setuju dengan pendapat Mas Oki (Mas Sabrang Kidul), bahwa hadist yang saya (dan Mas Red Hawk) sitir adalah hadist lemah dan bahkan ada yang mengatakan hadist palsu (Ibn Jauzy dalam kitabnya "Al Maudhu'aat"). Hanya saja (sekedar "pembelaan diri" hehehe) kalimat saya yang saya kutip di atas juga benar bahwa hadist itu ADA. Memang sih, tidak saya lanjutkan apakah hadist itu shahih, lemah atau bahkan palsu.  :D

Maaf... maaf... jadi malah melenceng dari topik. Just a confirmation aja, sekaligus penguat dari pendapat Mas Oki.

Salam...

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #11 on: 06/01/2009 12:07 »
ok deh. sori, jadi ngomongin agama. saya berterima kasih sekali atas segala koreksinya. memang benar saya terima semua masukkannya. yang saya tahu, memang interaksi antar bangsa telah terjadi sejak jaman dulu, dan mengenai hadits, kita cukupkan sampai disini. jangan gara2 ini, kita semua menjadi terpecah. terima kasih sekali atas koreksinya, saya masih harus banyak belajar. hehehe.

semua orang bela diri adalah satu keluarga, jadi kita jangan saling serang yah. keep peace. sekali lagi terima kasih atas masukkannya. mengenai tulisan saya yang di bagian hadits yang agak kontroversial, dari pada menyebabkan perdebatan yang panjang, akan saya hapus. thanks atas masukkannya.

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 828
  • Reputation: 43
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #12 on: 06/01/2009 12:07 »
Back to topic…

Para sejarawan beranggapan bahwa imigran Cina yang datang ke Nusantara terbagi atas dua gelombang besar eksodus, yaitu pada masa Dinasti Tang (618-907) yang telah berbaur dan disebut peranakan, dan awal abad 20 ketika dimulai pemerintahan RRC yang disebut Singkeh.

Pada masa dinasti Tang berkuasa, mereka mengirim ekspedisi militernya ke daerah China Selatan. Sejak itu, banyak sekali orang-orang Hoakiau/Hokkian yang
berasal dari daerah-daerah yang terletak di sekitar Amoy di Provinsi Fukien
(Fujian) dan orang-orang Kwang Fu (Kanton) yang berasal dari Kanton dan
Makao di Provinsi Kwangtung (Guangdong) terus menetap di perantauan
dan tak kembali lagi ke kampung halamannya. Sedangkan pada gelombang kedua mulailah imigran dari Cina Utara berdatangan, namun jumlahnya tidak sebanyak orang2 selatan.

Saya sependapat bahwa sebagian besar imigran Cina yang datang ke Nusantara sebagian besar dari Selatan Sungai Yang Tze, hal ini dapat dilihat dari sebaran suku-suku yang ada di Indonesia, seperti suku Tenglang (Hokkian), Tengnang (Tio chiu), Hainan dan Kanton.

Oleh karenanya menurut hemat saya, pengaruh bela diri Kung Fu aliran Selatanlah (Nan Chuan) yang banyak mempengaruhi Pencak Silat, terlebih Pencak Silat di Betawi, hal ini dapat dilihat dari gerakan pencak silat dengan banyaknya variasi metode pukulan. Penggunaan tangan yang dominan yang kuat dan enerjik. Sampai ada pepatah Cina yang mengatakan “Tendangan dari Utara, dan Tinju dari Selatan”.

Namun sangatlah sulit melacak untuk menyatakan aliran Nan Chuan apa saja yang banyak mempengaruhi Pencak Silat dari kelima aliran utama Nan Chuan itu sendiri (Honjia Chuan, Liujia Chuan, Caijia Chuan, Lijia Chuan, dan Majia Chuan). Karena sudah semakin banyaknya Pembauran dari setiap aliran yang ada di Nusantara dalam kurun waktu cukup lama.

Uniknya setelah sampai di Nusantara (abad 16), khususnya di Jawa Barat dan Betawi bela diri Cina ini disebut Kungthauw, yang menurut dialek Hokkian berartti ilmu guna-guna. Mungkin hal itu berkaitan dengan masa itu di tanah Betawi yang sempat heboh dengan maraknya ilmu mistis dan guna-guna. Hal lain yang menerangkan tentang kungthauw sebagai ilmu guna-guna dapat dilihat pada Syair Cina Peranakan:

Ini waktoe soeda sampe temponja,
Njaie soeda kliwat djineknja,
Tjari kungtauw boeat kematnja,
Soepaija lantas beroba hatinja.
 
(O .S . Tjian 1924: 21)


Tabe’…

NB.
Mohon maaf kalau ada salah kata, dan siap menerima masukan untuk pengembangan buku pencak silat Betawi yang sedang saya garap…

Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #13 on: 06/01/2009 12:14 »
wah, terima kasih sekali atas masukkannya pak. memang kalau dilihat dari gerakan , banyak yang mirip.

oh yah, mengenai kung thauw yang mas maksudkan, ini saya agak bingung juga. soalnya bahasa mandarinnya kung thauw itu disebut quan shu. quan adalah teknik tinju atau pukulan, sedangkan shu adalah seni. dalam dialkek hokkian disebut kun tauw, bukan kung thauw. dialek hokkian pun sebenarnya tiap daerah agak beda. kebetulan saya orang hakka. tiap daerah memiliki dialek hakka yang berbeda. kalau gak salah, kun tauw ini cara baca dari hokkian di filipina. artinya way of fist, atau seni/jalan pukulan.

maaf kalau ada yang salah.

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: sejarah singkat kungfu
« Reply #14 on: 06/01/2009 12:15 »
oh yah, ada yang tau cara edit postingan gak
kok gak ketemu yah

 

Powered by EzPortal