+-

Video Silat

Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Seperti Maenpo Sabandar, Hsing-I juga punya 5 jurus dasar ...  (Read 16645 times)

Rebo Paing

  • Guest
Salam kenal teman2 di forum ini.
Waktu saya masih muda saya sempat berguru Hsing I (Xing Yi) yang punya 5 jurus sebagai jurus2 dasar. Sebetulnya lima jurus itu merupakan 5 macam tenaga dasar yg kemudian dpt digabung menjadi expresi tenaga tanpa batas. (Hsing I juga memiliki 12 jurus lanjut, tetapi pd umumnya kedua-belas jurus tsb masih merupakan ramalan ke-lima jurus dasar).
Seperti Maenpo Sabandar dan juga TaiChi, Hsing I juga mengandalkan "rasa" ... dan cara membangkitkan "rasa" juga dgn main tempel tangan.
Di negeri Cina, Hsing I dianggap sbg MA yg pertama, yg tertua. Karena itu saya kadang2 ngelamun, apakah mungkin kalau aliran2 silat di Asia Tenggara mendapatkan  influence dari seni bela-diri ini ... apalagi kalau kita ingat pada jaman itu (abad 12 - 14), negeri Cina merupakan super power?

Ma'af sebelumnya bukan maksud saya utk menyinggung siapa-pun dgn hipotesis saya, harap maklum belum pernah melihat maenpo Sabandar in action.

Salam,
Krisno
« Last Edit: 17/07/2007 19:55 by Rebo Paing »

bradlee

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 173
  • Reputation: 19
IMHO & CMIIW
Saya dulu juga sempat berpikiran seperti itu, terutama karena persamaan jumlah jurus. Karena nya saya melakukan sedikit "penggalian" di sini. Yang saya temukan ternyata Sabandar dan Xing Yi itu sangat berbeda jauh sekali.

Awalnya saya menilai dari sikap pasang dan juga sikap badan, Xing Yi yang selalu menuntut segaris berbeda dengan Sabandar yang lebih flexibel. Lalu saya berpikiran sedikit radikal, ah mungkin sikap pasangnya berubah... tetapi ternyata jurus-jurus dasar Xing Yi dan Sabandar sangat berbeda. Dan saya semakin berpikiran radikal... ah mungkin sikap dasar dirubah, jurus-jurus dasarnya dirubah, tetapi prinsif dasarnya jurusnya tetap... ternyata yang saya temukan, prinsif dasar jurusnya juga berbeda  ;D

Lalu, saya masih berpikiran radikal... saya berpikir, mungkin sikap dasar dirubah, bentuk jurus dasar dirubah, prinsif jurus dasar dirubah, tetapi tehnik napasnya (yang dianggap "inti" dari Sabandar dan Xing Yi) tidak dirubah. Tapi ternyata... sangat jauh berbeda.

Kesimpulan saya, Xing Yi adalah Ying Yi... dan Sabandar adalah Sabandar.  ;D
Cuma kebetulan jumlah jurusnya sama, ada 5

Tetapi kalau konteksnya adalah, apakah secara umum ada saling mempengaruhi antara beladiri China, Nusantara, India, Persi dan lainnya?
Kita semua yakin itu ada  :)
"Ti Iwung Nungtung Ka Padung, Ti Kanteh Dugi Ka Boeh, Diajar Hirup Nu Teu Mawa Ceda, Lir Ibarat Sinar Mustika, Bari Nyusul Nu Ngaliwat, Malikeun Panyangka Nu Sulaya, Ngabagi Bagja Kanu Sangsara"

stryker

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 38
  • Reputation: 9
    • Email
silahkan dilanjut.. keliatanya menarik..

 ::)

ditunggu el-mariachi.

tapi klo masalah metode latihan sih jelas beda.

Rebo Paing

  • Guest
Terima kasih Mas Bradlee atas keterangan saudara mengenai silat Sabandar.
Kalau boleh saya ingin saling mengenyam sedikit mengenai silat Hsing I yg saya ketahui.
Sebelum mulai kita sebaiknya mengunjungi arti daripada nama Hsing I.
Hsing berarti bentuk atau rupa, I berarti pikiran, tapi lebih tepat berarti ilham, jadi ka lau digabung kita mendapat bentuk atau rupa yg dipengaruhi oleh ilham. Menurut ilham dan pengalaman pribadi ini mengandung arti yg menunjuk kepada gerak yg dipengaruhi nurani atau gerak-nurani.
Maaf Mas Bradlee saya kira salah faham, tetapi Hsing I tidak selalu menuntut segaris  :). Itu hanya terjadi pada latihan permulaan (tahap pertama), ketika gerakan sang murid masih belum fasih dan harus berlatih utk menyerap gaya bergerak yg menjadi ciri daripada Hsing-I dan utk meng-intergrasi laku dan badan.
Silat Hsing-I mempunyai tiga tahap perkembangan. Tahap pertama sudah mulai saya babarkan. Maaf, tetapi sekarang saya sedikit kurang waktu ...

mohon tunggu, akan dilanjutkan.

Salam,
Krisno

Rebo Paing

  • Guest
lanjutan ...
Sebelum berlanjut, saya pingin membuat sangkalan, bhw apa yg sy uraikan disini merupakan pendpt sy sendiri dan merupakan metodenya pernah saya belajar silat Hsing-I.

Dari Mas Stryker ...
>silahkan dilanjut.. keliatanya menarik..
>ditunggu el-mariachi.
>tapi klo masalah metode latihan sih jelas beda.


Matur nuwun Mas Stryker atas perhatian anda pada topic ini. Saya setuju bahwa metode latihan kemungkinan besar akan berbeda. Tetapi yg akhirnya tercapai mungkin juga banyak yg serupa   8).

Tahap pertama pada silat Hsing I juga merupakan tahap dimana seseorang mulai mengusut arti daripada ilmu bernafas sembari waspada pada berbagai metodologi utk mengendurkan otot didalam badan.
Kegiatan tsb akan membantu mereka yg sungguh2 menyelusuri pengertian pada tubuh-nya masing2 utk mengilhami bagaimana badan itu biasa bergerak dgn struktur yg menyatu-padu atau secara integrasi. Tahap ini hampir sama juga dgn persiapan awal didalam silat Patkwa yg mengunakan prinsip2 yg serupa. (Biasanya silat Hsing I dan silat Patkwa saling mempengaruhi).
Selain maju mundur segaris dan berkeliling (langkah sembari berputar) dgn tujuan utk mengusut makna daripada ke-lima jurus tsb, seseorang juga harus arif melakukan kegiatan persiapan lainnya. Salah satunya adalah kegiatan dimana kita berdiri setempat tanpa bergerak dan dengan tenang. Mungkin kegiatan inilah yg paling penting utk melepaskan ketegangan di-otot, urat dan kerangka yg saling mempengaruhi satu sama lain didalam badan kita. Ketegangan yg sudah biasa kita alami setiap hari ini (di-otot, urat & kerangka), sedikit demi sedikit dapat diketemui/diakui dan di lepaskan sehingga akhirnya badan menjadi lembut (tetapi tdk lemah) menghasilkan struktur yg  kuat dan saling menyangga .. itulah yg dimaksudkan daripada kata "integrasi". Demikian pula, daripada latihan ini (diantara lain), dapat diketahui lambaran makna isi dan kosong.
Ada juga beberapa cara lain dimana kita dapat berlatih berdiri setempat. Yg paling utama sudah saya terangkan diatas, tetapi salah satu kegiatan yg terkenal didalam lingkungan praktisi silat Hsing-I adalah latihan dasar San-Ti-Shi ... berarti tiga titik pemusatan yg memiliki arti selanjutnya dimana tangan, kepala, kaki dan pinggang sama2 mengatur jajar pada prinsip2/asas2 dasar utk seterusnya mengendalikan badan supaya bisa melakukan kegiatan gerak badan secara naluri dengan harmonis serta menurut aturan ilmiah biologis (tangan jajar dgn dagu, dgn jari kaki depan, sudut pergelangan kaki belakang jajar dgn piggang/kua yg juga hrs ditutup  dsb ...). Didalam logat silat Hsing-I dan silat Patkwa kegiatan2 inilah (diantara yg lain) yg biasa digunakan sebagai latihan utk membangkitkan serta memelihara kekuatan tenaga-dalam (penggunaannya disini biasanya tidak mengandung pengertian unsur2 gaib).

.... utk dilanjutkan ...
cara melakukan/aturan pernafasan di-dlm silat Hsing-I
« Last Edit: 20/07/2007 04:09 by Rebo Paing »

Rebo Paing

  • Guest
Tehknik bernafas didlm Hsing I
« Reply #5 on: 26/07/2007 07:20 »
Waktu sy belajar Hsing I, di-titk-beratkan utk bernafas secara "natural".
Tetapi ada beberapa faktor yg saling mempengaruhi dan harus diperhatikan, krn tanpa memperhatikan faktor2 ini akan sukar utk mencapai puncaknya ilmu bernafas secara Hsing I,  yaitu:
1. Hati harus tenang.
2. Mulut hrs tutup & lidah menyentuh gusi diatas gigi depan.
3. Bernafas lewat hidung secara teratur.
4. Badan harus lembut, kendur & tenang.
5. Badan harus se-imbang, berarti bhw kaki merupakan pangkal daripada badan, krn itu kaki harus kukuh, diatas kaki terletak pinggang yg harus stabil tapi juga harus mudah memutar kesemua arah. Terletak diatas pinggang adalah punggung, dada harus mencekung. Diatas punggung terletak kepala yg harus seimbang dgn seluruh badan.
6. Alat pancaindera harus memperhatikan seluruh suasana di-sekitarnya
7. Jika melakukan langkah, semua faktor yg diurai diatas harus selalu diperhatikan.

Paru2 kita seperti sepon yg mengembang mengisi rangka badan dibatasi dada dan punggung. Kalau dada dikembangkan/melembung akibatnya tempat kosong didalam dada akan berkurang hingga sepon paru2 tidak bisa berkembang sepenuhnya 100%. Sebaliknya, kalau punggung melengkung serta dada mencekung (tapi hrs tanpa dipaksa), paru2 kita akan memperoleh ruang didlm dada yg dpt digunakan sepenuhnya.

Kalau faktor2 ini dpt dicermatkan, nafas secara "natural" akan tercapai. Tulang rusuk yg melayang juga akan membuka, karena sepon paru2 kita berkembang sepenuhnya, menempel ke punggung dan mengisi ruang kesamping dan kebawah.

« Last Edit: 26/07/2007 07:22 by Rebo Paing »

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Hallo mas Rebo Paing,

Saya jarang dengar Hsing I di Indonesia, Kalau boleh diskusi tentang Hsing I apa boleh saya kontak langsung. Atau kalau mau kontak saya bisa langsung di james@singgarmulia.com , kalau mas Rebo Paing bisa saya kontak dimana?

Salam

Rebo Paing

  • Guest
Mas Samber Gledek sudah sy PM dgn detail kontak sy  :).

Salam,
Krisno

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
monggo pak rebo paing diteruskeun  ::) ^:)^
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email

tetapi Hsing I tidak selalu menuntut segaris  :). Itu hanya terjadi pada latihan permulaan (tahap pertama), ketika gerakan sang murid masih belum fasih dan harus berlatih utk menyerap gaya bergerak yg menjadi ciri daripada Hsing-I dan utk meng-intergrasi laku dan badan.
Silat Hsing-I mempunyai tiga tahap perkembangan. Tahap pertama sudah mulai saya babarkan. Maaf, tetapi sekarang saya sedikit kurang waktu ...

mohon tunggu, akan dilanjutkan.

Salam,
Krisno

hmm pak rebo paing saya jadi ingin tau lagi...
maksud bapak langkah xing yi yg tidak segaris itu adalah langkah zigzag /kadng ada aliran yg circular tapi sedikit seperti dalam pao chuan(jurus api) dan jurus macan xing yi?
atau maksud bapak adalah langkah yg lain , mohon petunjuknya pak...   ^:)^
« Last Edit: 23/08/2007 20:14 by castromariachi »
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Rebo Paing

  • Guest
Ya bener, langah zig-zag atau spt disebut Sun Lu Tang langkah complex. Tapi Xingyi juga menggunakan langkah melingkar (circle walking) .. spt Bagua, cuma bedanya Bagua biasanya pakai 'mudstep' sedangkan Xingyi pakai 'natural step'.
Langkah a'la Bagua baik utk mengubah arah.

Salam,
Krisno

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
Ya bener, langah zig-zag atau spt disebut Sun Lu Tang langkah complex. Tapi Xingyi juga menggunakan langkah melingkar (circle walking) .. spt Bagua, cuma bedanya Bagua biasanya pakai 'mudstep' sedangkan Xingyi pakai 'natural step'.
Langkah a'la Bagua baik utk mengubah arah.

Salam,
Krisno

terima kasih pak krisno

wah saya belum belajar dan blum pernah pakai langkah melingkar  :-\ , memang ada beberapa aliran yang menggabungkan cara bagua dgn xing yi, tapi saya gatau persis bagaimana aplikasinya dan persisnya,
mungkin inilah yg dimaksud oleh pak krisno dgn pemakaian langkah melingkar dalam xing yi. [top] ::)

silakan pak Krisno dilanjutkan lagi.  :)
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Rebo Paing

  • Guest
Hola Dik Castromariachi,
Ya, wis jam papat (pagi) disini, dan sy baru pulang dari kerja heheh.

OK, metode yg sy pakai wktu belajar Xingyi begini:
Standing exercise ada 2 macam pd mulanya ...
1/. Yg terutama berdiri spt pasang pembukaan taiji, sikut sedikit melengkung keluar dan tangan disamping dan sedikit didepan paha, dengkulnya nggak boleh lurus hrs sedikit bengkok, napas secara teratur, lumbung melembung sedikit dan dada sedikit mencekung, badan harus ber-intergrasi dan hrs waspada akan daya tarik bumi (gravity), inti perhatian hrs ditempatkan di dantian. Nah, sekarang harus berdiri selama 15 menit, lalu kalo sdh terlalu gampang di-racet naik ke 30 menit ... sampai bisa berdiri pasang taiji selama 1 jam.

Metode ini sangat penting, dan berguna utk mengalami keadaan badan yg bener2 relax. Perhatian harus disebarkan keseluruh tubuh mulai dari dantian.. hal ini penting sekali.
Kalo badan bener2 relax, badan akan mulai menggunakan dan mengembangkan/membuat lebih kuat urat dan otot yg digunakan utk melawan daya tarik bumi, dan itulah sumber "rahasia" yg memberi kekuatan Xingyi/Bagua/Taiji yg terkenal.

2/. Yg kedua berdiri pakai pasang SanTiShi ... Tau Santishi kan? Teknik dan ilmiahnya sama dgn uraian diatas, cuma bentuk luarnya lain. Gunanya juga sedikit berbeda, utk mengalami "rising" (arah yg keatas), "turning" (arah mulai berubah dan memutar) dan "dropping" (arah kebawah). Juga utk mengalami aliran enersi dari bumi lewat kaki, pusat badan (body core) dan keluar lewat tangan.

Habis latihan standing lebih kurang 1 jam, mulai dgn latihan 5 jurus. Tapi kalo latihan ngadhegnya kurang mantep, jurus nya juga nggak akan mantep  ;D. Walaupun Xingyi banyak menggunakan tangan, tapi akar kekuatan letaknya di kaki dan di pusat awak.

Semoga bermanfaat,
Krisno
« Last Edit: 24/08/2007 02:53 by Rebo Paing »

castromariachi

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 34
  • Reputation: 4
  • capo
    • Email
wuah mantep pak [top]

banyak hal baru yg saya dapet dari artikel2 bapak  ^:)^
dulu saya pernah rajin latihan san thi, tapi rekor cuma 30 menit   :)p bosennya itu lho ga ketulungan  :)p sekarang jadi niat mulai lagi
 
silakan pak saya duduk mendengarkan wejangan bapak krisno  [rapat]

GRP buat pak Krisno

matur suwun pak
Baen aha diakkui sude bangso on hita, ia anggo so diakkui Debata pangalahon ta

Rebo Paing

  • Guest
Heheh kalau berdiri pasang Santi hrs sabar Dik Bayu.
Ilmu Xingyi se-utuhnya terkandung didlm Santi. Rahasianya didlm "dynamic relaxation" dan kesadaran kita harus menyebar dan memperhatikan seluruh tubuh ... bagaimana bisa jadi bosan?

Wassalam,
Krisno


 

Powered by EzPortal