+-

Video Silat


Beksi Performance by Bang Muali
Jambore Pencak Silat, al azhar performance 3
Golok Seliwa @ Escapade Show Shooting
GGBD - Demo/Aplikasi #1
GGBD - Aspek Keras
Jurus Macanan KYS
Sparing Ikmaludin vs Arif Persinas
PS-1 (Pokolan Silat -1)
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Shaolin Pat Kwa Tin  (Read 9381 times)

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Shaolin Pat Kwa Tin
« on: 02/03/2011 10:10 »
ada yang pernah dengar tentang Shaolin Pat Kwa Tin ini?

Dulu di Tanah Abang ada yang mengajar namanya Ustadz Dayat , beliau meninggal tahun 2004 an, habis itu dah gk terdengar lagi..



Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #1 on: 02/03/2011 11:14 »
Nah ini menarik, seorang Ustadz yang mengajarkan kungfu.

Bang Kalipatullah, bisa dipapar ciri-ciri ilmunya seperti apa? Kalau melihat penamaannya, mungkin ini ada hubungan dengan Baguazhang... (yang paham dialek Tiongkok, mohon petunjuknya)
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #2 on: 02/03/2011 11:40 »
ustadz dayat, merupakan seorang WNI keturunan juga, kebetulan juga berprofesi jadi sinshe ..

Jurusnya saya belum sempat melihat langsung, saya sedang muter2 cari ahli warisnya.

Dari cerita2 di seputaran tanah abang, ciri khas jurusnya hampir mendekati baguazang atau bajiguan.

Selain Jurus ada Teknik pernafasannya juga, saya baru sempet belajar 1 jurus pernafasannya doank....

katanya ada beberapa murid ustadz dayat yang buka di depok...tapi masih blm ketemu.  [[run2]]


Masih terus mencari2  [[run2]]

bwane

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 19
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #3 on: 02/03/2011 14:33 »
Sayang sekali beliau telah tiada, semoga apa yang beliau pernah wariskan kepada murid2-nya dapat terus berkembang dan menjadi suatu kebarokahan dan beliau mendapat kemanfaatan dari ilmu yang pernah beliau wariskan tsb.

barangkali bang kalipatullah tahu ttg Ba Gua Chang ini? bisa dibabar bang?

abang sempat berguru dg ust Dayat?

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #4 on: 02/03/2011 15:10 »
gak sempet bang.....lagi cari2 ahli warisnya...tadi dah dapet kontak dengan anaknya besok malem ketemuan moga dapet titik terangnya.

Saya tadi check ke ke KONI wushu sih belon terdaftar tapi di IPSI Jakarta kok malah terdaftar  x-))


kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #5 on: 02/03/2011 15:17 »
Kalau dari 2 gaya nafas yang saya pelajari dan kuda-kudanya sih...kesannya Keras/ "yang" kalau dari gosip yang beredar metode pelatihannya dibedakan antara cowok dan cewek.termasuk metode warming up dan cooling downnya.

Dulu guru ane / Bang Zul Sabeni juga sempat belajar, dari gerakan sekilas hampir mirip ama Ba Gua zhang.

Kalau bahasa china nya Ba gua ama pat kwa sih sama artinya.


kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #6 on: 18/03/2011 00:00 »
besok minggu kita ada latihan bareng dengan rekan-rekan shaolin pat kwa tin.. di life spa pondok indah. Bagi yang mau ikut dtg dan melihat silahkan SMS ke saya 085225367151

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #7 on: 19/03/2011 08:53 »
Hari minggu 20 Maret 2010 Silat Sabeni Tenabang akan mengadakan Latihan Gabungan dengan Perguruan Shaolin Pat Kwa Tin Asuhan Bang Boy(leman) di Life Spa Lifespa Fitness
Pondok Indah Golf and Country Club
Jl. Metro Raya Pondok Indah No.1 Jakarta

Kami mengharapkan kehadiran rekan-rekan sekalian
Latihan akan diadakan pada pukul 09.00 - 12.00
Yang ingin hadir silahkan sms ke 085225367151.

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #8 on: 21/03/2011 09:50 »
Hari minggu 20 Maret 2011 , Kami berkesempatan untuk bersilaturahim dengan salah satu Ahli Waris Ustadz Dayat.

Sejarah Singkat
Ustadz Dayat terlahir dengan nama Than Thiam Ho lahir pada 27 November 1957 dan wafat  pada 2 Feb 2001. Setelah memeluk islam beliau berganti nama menjadi Taufiq Hidayah, seringkali orang-orang di sekitar Tanah Abang memanggil beliau dengan sebutan Bang Dayat atau Sinshe Dayat. Selain terkenal sebagai seorang jago "Maen Pukulan" Bang Dayat almarhum juga terkenal sebagai seorang Sinshe.

Beliau belajar kungfu Shiaw Liem Sie Pat Kwa Tin Aliran Tangan Selatan dari seorang china perantauan yang bernama Sifu Lho Bun Yu, sewaktu sifu Lho Bun Yu tinggal di Indonesia beliau memiliki murid sebanyak 9 orang salah satunya adalah Bang Dayat. Selain mewariskan kepandaian kungfunya Sifu Lho juga mewariskan kepandaian mengobati dan meramu obat kepada murid-muridnya.

Semasa hidupnya Beliau membangun perguruan yang sangat populer di wilayah Tanah Abang, dengan nama "Perisai Baja".  "Nama Perisai Baja ini erat kaitannya dengan sifat almarhum yang sangat keras", ungkap Bang Leman salah satu putra beliau

Saat ini Bang Leman mencoba membangun lagi dan mengembangkan ajaran-ajaran almarhum, Bang Leman menggunakan nama ANTIK
(Aliran Nafas Tenaga Inti Kungfu). Metode pembelajaran , jurus, aplikasi semuanya merupakan warisan almarhum Babe, ungkap Bang leman.

Jurus dan Aplikasi

Metode Pelatihan dalam Perisai Baja, sebagai berikut:
1. Metode Warming Up (metode pemanasan dibedakan untuk pria dan wanita)
Karena secara struktur antara seorang pria dan wanita beda maka pemanasan dan jurusnya akan berbeda

2. Jurus Tunggal
Jurus ini merupakan jurus dasar yang nantinya setelah seorang murid menguasai Jurus tunggal baru melangkah ke Jurus Gabungan. Metode ini mirip dengan metode alphabet seperti yang penulis temukan pada beberapa silat tradsional

3. Jurus Gabungan
Merupakan penggabungan jurus tunggal, setelah belajar tentang huruf, maka seorang murid diajarkan merangkai kata.

4. Olah nafas,
Olah nafas ini biasanya digabungkan dengan olah fisik, untuk membentuk otot yang kuat.

Penulis mencoba berlatih sambut dengan Bang Leman, walaupun pukulan dan jurus-jurusnya memang terlihat sangat keras dan lengannya terkesan begitu kokoh, tapi dalam aplikasinya ternyata tidak seperti yang penulis bayangkan.
"Dari keras menjadi lunak, dari Yang menjadi Im" Begitu pesan almarhum ungkap Bang leman. Walaupun jurus-jurusnya terkesan keras namun kita tidak melupakan unsur Im, karena unsur Im adalah penyeimbang untuk Yang.

Walaupun badannya kecil namun kekuatan lengan dan pukulan tidak boleh diremehkan,Penulis mencoba beberapa kali menangkis pukulan Bang leman namun yang ada justru tangan penulis yang terpental ketika menyentuh lengannya.
"Kalo keras jangan dilawan keras, kalo tenaga lawan lebih kuat daripada ente, ente yang bakalan rusak" Begitu kata Bang Leman yang melihat saya lumayan kepayahan menghadapi pukulan-pukulannya.

Biasanya setelah berlatih keras seperti ini semasa almarhum masih hidup, beliau selalu menyediakan arak obat, untuk dilumurkan pada bagian-bagian yang bengkak, atau memar setelah berlatih. Insya Alloh besok paginya bengkak atau memarnya akan hilang dan kita bisa latihan lagi.

Bagi yang ingin tahu info lebih lanjut tentang perisai baja ini bisa menghubungi penulis di
085225367151
video dokumentasi menyusul

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #9 on: 21/03/2011 13:33 »
Bang Kalipatullah, kalau resep arak obatnya ada yang ngewarisin nggak?
Kayaknya bagus tuh buat ngobatin badan memar-memar digebukin anak-bini...  :-[
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #10 on: 21/03/2011 19:05 »
Resepnya kebetulan mirip dengan resep dari papa saya....kalo mau ntar ane bagiin

videonya bisa dilihat disini

Code: [Select]
http://www.facebook.com/video/video.php?v=10150130222102017&comments

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #11 on: 21/03/2011 21:47 »
Mau dong....  :P :P :P ... moga-moga gak susah buatnya ya?

Wah, terima kasih videonya.
Tata gerak Pat Kwa Tin ini mengingatkan saya pada Sanchin, dengan sisipan gerak yang karakternya (bukan gerakannya, tapi karakternya) identik dengan bagua atau taiji. Sekilas memang kelihatan keras, tapi kalau dekat sedikit, bisa kena dihisap masuk tuh...

Seru dan top  [top]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

f4iz

  • Guest
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #12 on: 22/03/2011 22:34 »
Salam,
Terima kasih sudah memperlihatkan videonya.
Gerakannya seperti ciri khas Shaolin Selatan.
Apakah ada kesamaan ato serumpun dgn Siu Lam Pat Kua Khuen ?
http://shaolin.org/video-clips-3/shaolin/pakua/picture-series.html

Wasalam,



kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #13 on: 24/03/2011 09:28 »
Mau dong....  :P :P :P ... moga-moga gak susah buatnya ya?

Wah, terima kasih videonya.
Tata gerak Pat Kwa Tin ini mengingatkan saya pada Sanchin, dengan sisipan gerak yang karakternya (bukan gerakannya, tapi karakternya) identik dengan bagua atau taiji. Sekilas memang kelihatan keras, tapi kalau dekat sedikit, bisa kena dihisap masuk tuh...

Seru dan top  [top]


mas antara kapan mo dtg ke tempat latihan ? ntar tak bawain

kalipatullah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 79
  • Reputation: 6
    • Sabeni Tenabang
    • Email
  • Perguruan: Seni Maen Pukulan Sabeni Tenabang
Re: Shaolin Pat Kwa Tin
« Reply #14 on: 24/03/2011 09:38 »
Salam,
Terima kasih sudah memperlihatkan videonya.
Gerakannya seperti ciri khas Shaolin Selatan.
Apakah ada kesamaan ato serumpun dgn Siu Lam Pat Kua Khuen ?
http://shaolin.org/video-clips-3/shaolin/pakua/picture-series.html

Wasalam,

Kalau dilihat dari gerakan videonya kira-kira hampir sama. cuman yang divideo lebih lengkap :D

 

Powered by EzPortal