+-

Video Silat


Cingkrik Goning - Performance silat di acara ultah
jurus tunggal perguruan silat sawung galing
Silat Tradisional di Pencak Silat Word Championshi
PERGURUAN PENCAK SILAT MUTIARA PANCA RASA
Beksi, Peragaan Jurus #02
ICE 2009, performance gerak gulung (jurus dan lang
Silat Pengasinan ( Babe Uwie Effendi )
Festival Silat Kampung Jampang - Cingkrik Gerak Ci
Jambore Pencak Silat, Satria Nagagiri performance

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Shaolinshe Naga Putih  (Read 8586 times)

AjeGile

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 4
Shaolinshe Naga Putih
« on: 27/11/2009 07:54 »
Hasil browsing sana sini..

Berasal dari China Utara yang konon tahun 1930 bernama Shaolinshe Naga Hitam yang memiliki 8000an teknik yang mematikan. Perguruan tersebut sangat disegani dan ditakuti oleh kalangan aliran beladiri mana pun karena memiliki teknik yang telah teruji dan sangat mematikan. Bentuk mau pun pola jurus yang di miliki Perguruan Shaolinshe Naga Hitam merupakan jurus Shaolin yang sudah langka, yaitu aliran utara dan selatan.

Perguruan ini disebarkan ke Indonesia oleh Bhiksu She Han Giok, salah satu dari delapan Pendekar Shaolin terhebat kala itu. Selain untuk berdagang, Beliau masuk juga menyebarkan beladiri China. Tahun 1960 Beliau sampai di Malang, Jawa Timur, dan memutuskan untuk menetap di sana, tepatnya di Vihara Buddha Malang.

Di tempat tersebut, Beliau mengajarkan ilmu beladiri yang dikuasainya kepada anak dan kerabat-kerabatnya. Sistem pelatihan pada saat itu masih menggunakan metode kuno khas Shaolin yang terkenal sangat berat sehingga hanya lima orang murid saja yang bisa bertahan dan sampai meraih gelar master pada tahun 1985. Salah satu muridnya yang berbakat dan berhasil adalah Master Gatut Swardana, atau yang akrab disapa dengan Mas Dana,

Pada tahun 1970, perguruan ini telah berganti nama menjadi Perguruan Kungfu Shaolinshe Naga Putih (白龍少林寺功夫). Ini disebabkan karena kata “hitam” memiliki konotasi negatif di masyarakat dan kurang disukai sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan persepsi nagatif. Namun demikian, maksud dan tujuan kata “hitam” sesungguhnya untuk menunjukkan teknik dan jurus yang sangat ampuh dan sulit ditandingi.

Bhiksu She Han Giok sendiri cukup dikenal oleh para praktisi beladiri setempat kala itu. Pada tahun 1971, Bhiksu She Han Giok sering dikunjungi oleh beberapa guru besar dan master dari beladiri Karate Inkai, tae kwon do, Karate Lemkari, Karate Kyokushinkaikan, dan Shorinji Kempo untuk belajad dan memperdalam teknik beladiri Shaolinshe.

Tahun 1990, Perguruan Shaolinshe Naga Putih mulai dikembangkan sampai ke Jakarta oleh murid Bhiksu She Han Giok yang ketiga, yaitu Mas Dana. Cabang pertama perguruan ini, yaitu di Universitas Gunadharma. Kemudian dikembangkan lagi di beberapa perguruan tinggi di Jakarta, seperti UI, IISIP, Universitas Pancasila, Poiteknik UI, IKIP, dan AKIP. Perguruan ini juga telah diakui oleh PB Wushu Indonesia sebagai salah satu Beladiri China resmi di Indonesia. Atas dasar ini tanggal 28 Juli tahun 1990 dianggap sebagai kelahiran Perguruan Shaolinshe Naga Putih.
Tahun 2001, Perguruan Wushu-Kungfu Naga Putih melakukan restrukturisasi kepengurusan organisasi dan mengembangkan formula bisnis pelatihan beladiri untuk Satuan Pengamanan (satpam) perkantoran dan perhotelan. Walhasil, cabang perguruan ini bertambah, yaitu 12 Hotel Menteng Group dan Bank Mandiri Pusat.

Tahun 2008, darah mudah masuk ke perguruan ini. Tongkat manajemen yang mulai stagnan kemudian diestafet ke pengurus baru. Namanya pun diganti menjadi Kungfu Shaolinshe Naga Putih.

Pengembangan Perguruan Kungfu Shaolinshe Naga Putih masih terus dilakukan untuk dapat menyehatkan masyarakat serta mengabdi kepada bangsa dan negara.

http://nagaputih.wordpress.com

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #1 on: 27/11/2009 13:36 »
...Shaolinshe Naga Hitam yang memiliki 8000an teknik yang mematikan....
Salam...
Setahu saya yang bodoh ini, manusia mempunyai keterbatasan dalam "body mechanic"-nya. Bagaimana cara menghitung banyaknya teknik mematikan hingga "8000-an"? Lalu, kalau teknik yang mematikan saja ada sekitar 8000-an, berarti total teknik termasuk yang tidak mematikan ada lebih dari 8000-an. Anggaplah satu hari bisa melatih teknik 10 jenis sampai hapal, artinya setelah 800 hari baru tamat belajar teknik mematikan (belum termasuk teknik yang tidak mematikan). Itu baru melatih 1 teknik 1 hari (sehari 10 macam teknik berbeda) saja, kalo mau dilatih dua kali per teknik, butuh waktu 1600 hari (4 tahunan lebih), dengan asumsi tidak pernah istirahat, tiap hari latihan.

Mohon pencerahannya, apakah memang otak saya yang tidak sampai, atau memang saya salah dalam mengerti.

Terima kasih.

Salam...

AjeGile

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 4
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #2 on: 27/11/2009 20:30 »
sama bro..sy mah cuma hasil brosing sana sini..
nyang senior bisa kasih masukkan?

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #3 on: 27/11/2009 21:16 »
Menurut saya 8000 teknik mematikan bukanlah hal yang mustahil kecuali kita bisa membuktikan hal itu tidak mungkin. Mungkin saja teknik tersebut didokumentasikan tertulis dan didapat dari pengalaman berpuluh-puluh tahun. Dan kalau kita mengatakan teknik yang tidak mematikan lebih dari 8000 merupakan kesimpulan yang salah karena bisa saja tekniknya mematikan semua.

CMIIW!!!

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #4 on: 28/11/2009 10:28 »

Saya sih cenderung ini kayaknya 'rangkaian tehnik mematikan'  jadi variasi/gabungan  beberapa gerakan jadi kalau pakai rumus probabilitas variasinya jadi 2 pangkat N  (atau N pangkat dua yak ??) kalau ndak salah...misal ada 4 gerakan dasar maka 2 pangkat 4,  bisa ada 16 tehnik... ;D

Ini pun baru dugaan...kalau satu gerak itu dihitung satu tehnik mematikan, logika mas don bener...saya juga "ndak dong" alias ndak paham. Tapi memang naga putih/naga hitam mas dana setahu saya varian kungfu shaolin seperti yang biasa kita lihat. Banyak yang bilang memang ini shaolin utara plus shaolin selatan. Jadi seperti kata gogi, "tendangan utara dan tinju selatan".

Soal mematikan atau ndak ini memang debatable. Satu tehnik mematikan pun secara istilah pun sudah cukup "mengerikan".  :'( :'(



Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

AjeGile

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 4
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #5 on: 29/11/2009 13:55 »
kalo lattihannya puluhan tahun mungkin juga yah bisa ribuan teknik.
penasaran nih..
tq yaa fren untuk masukannya

pemaen baru

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 36
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #6 on: 29/11/2009 15:18 »
teknik mematikan, ya? hmmmm...
kenapa kita harus belajar dan mempelajari teknik mematikan?
kalau bisa mengalahkan lawan tanpa mencelakainya, kenapa harus mematikan?

dahulu kala ada seorang pendekar yang sangat suka menuntut ilmu silat, beliau berkelana dan menemui sekian banyak guru silat/pendekar
untuk menuntut ilmu. singkat cerita, beliau akhirnya menguasai beraneka ragam ilmu silat, berbagai macam teknik mematikan, dan bisa dikatakan
beliau adalah pendekar tanpa tanding pada jamannya.

lama kelamaan, beliau merenungkan apa yang sudah dipelajri dan dimiliknya.. apakah itu tujuan belajar silat? apakah itu hakikat sebuah ilmu bela diri? membunuh lawan? mencelakai lawan?

dalam perenungannya, pendekar ini menemukan satu jawaban, bahwa ilmu bela diri bukanlah untuk mencelakai apalagi membunuh lawan...

ditemukannlah satu "teknik mematikan" dalam perenungannya...
bukan mematikan lawan, bukan mencelakai lawan, apalagi membunuh lawan..
teknik mematikan itu adalah : mematikan hawa nafsu jahat dlam diri sendiri, mematikan keinginan lawan, mematikan niat jahat lawan...

ini cuma cerita yg tersebar dari mulut ke mulut dan sampe juga ke telinga saya...

wassalam

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #7 on: 30/11/2009 09:17 »
8000-an ya, subhanallah banyak kale ... :)

sekedar membandingkan nih, ada tidak beladiri lain yg jurusnya/tekniknya sebanyak itu? dari pengalaman saya, beberapa beladiri paling punya jurus sekitar puluhan atau ratusan. Misalnya thifan Po khan, disebutkan dalam kitabnya jurus hanya 169, ditambah teknik lain total tidak lebih dari 200. IKSPI KeraSakti jumlahnya juga hanya puluhan tidak sampe seratus. Silat tradisional Betawi jurus juga sedikit.

Pertanyaan kedua, dari kelima murid tadi, apakah semua mengembangkan Naga Putih? atau hanya mas dana aja yg mengembangkan ?

AjeGile

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 4
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #8 on: 02/12/2009 23:29 »
kalau banyak apa ngga nya teknik menurut sy sih tergantung lama apa nggaknya aliran beladiri tersebut berjalan..
Silat saja sy yakin juga bisa sampai 8000 karena berkembang juga dari jaman kuda gigit besi. IMO kalau tifan khusus beladiri chineese muslim artinya baru ada sejak islam masuk ke china..CMIIW.
Tentunya ngakarnya masih lebih lama kungfu china tradision, karate, silat..yaah opini aja..gak ta juga soal tifan

Dah kontak dengan mas dananya..baek lho..kalo hasil perbincangan sih hanya dia yang fokus tiap hari ngelatih, jadi bukan nyambi sambil kerja. 4 yang lain malah pensiun gak mau ngajar karena kerja.

Telp aja mas Dana. Orangnya terbuka banget kok untuk diskusi


sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #9 on: 03/12/2009 17:28 »
saya membaca di thread ini ada tulisan naga putih. Sedang di ulinan keluarga yang saya pelajari ada pemahaman salah satu langkah adalah Langkah "Naga Putih"

Saya benar-benar buta sama sekali masalah kungfu....

Ilmu langkah naga yang ada di keluarga saya ini bermula dipelajari dan dibawa oleh seorang mandor pelabuhan Gresik Pendatang China Moslem bernama Gan Eng chu abad -14.

Namun dikutipan tertulis :
"Pada tahun 1970, perguruan ini telah berganti nama menjadi Perguruan Kungfu Shaolinshe Naga Putih (白龍少林寺功夫). Ini disebabkan karena kata “hitam” memiliki konotasi negatif di masyarakat dan kurang disukai sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan persepsi nagatif. Namun demikian, maksud dan tujuan kata “hitam” sesungguhnya untuk menunjukkan teknik dan jurus yang sangat ampuh dan sulit ditandingi."

Pertanyaan saya adalah apakah ada aliran pemahaman langkah naga dalam kungfu.....?
Apakah mungkin ada kaitannya atau hanya kesamaan belaka?

thx bro..
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

hudzaifah

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 242
  • Reputation: 5
    • Email
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #10 on: 04/12/2009 01:39 »
kalo yang saye pelajarin mah nage nyebrang alias si bunder....,,  :w

ngeliat soal "8000 teknik mematikan" mungkin perumpaan kali bang, kalo di silat saye ada istilah jurus satu inti jurus jadi dari jurus satu aplikasinya ampe ratusan itu juga tergantung lawan..,, lawan makin jago ngelawan kite nah berarti aplikasinya makin berkembang.., misal kite pukul duluan, terus ditangkis, nah tangkisnya bermacem2 balesnya juga bermacem2 pula jadi makin lihai musuh ngelawan kite makin banyak juga perbendaharaan aplikasi jurus satu..,, tapi ada inti2 yang perlu dipahami dan dimengerti untuk memprofesionalkan jurus satu tsb.

maaf numpang curhat  :P

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #11 on: 04/12/2009 08:55 »

Ilmu langkah naga yang ada di keluarga saya ini bermula dipelajari dan dibawa oleh seorang mandor pelabuhan Gresik Pendatang China Moslem bernama Gan Eng chu abad -14.

Namun dikutipan tertulis :
"Pada tahun 1970, perguruan ini telah berganti nama menjadi Perguruan Kungfu Shaolinshe Naga Putih (白龍少林寺功夫). Ini disebabkan karena kata “hitam” memiliki konotasi negatif di masyarakat dan kurang disukai sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan persepsi nagatif. Namun demikian, maksud dan tujuan kata “hitam” sesungguhnya untuk menunjukkan teknik dan jurus yang sangat ampuh dan sulit ditandingi."

Pertanyaan saya adalah apakah ada aliran pemahaman langkah naga dalam kungfu.....?
Apakah mungkin ada kaitannya atau hanya kesamaan belaka?

Mas Sarung Kam...
Naga dalam kebudayaan Cina adalah suatu simbol, salah satunya melambangkan kesaktian n kesempurnaan.
Dan tentu saja dalam Ilmu silatnya sebagai salah satu bentuk kebudayaan mempunyai konsep itu.
Termasuk langkah, gerakan, dll hanya saja setiap aliran pasti punya ciri masing2.
Kan aliran dalam chinese martial arts sama seperti Pencak Silat di negeri kita ini, lain ladang lain ilalang...lain tempat lain pula mainannya.


sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #12 on: 05/12/2009 17:43 »
di negeri sana ada berapa macam sih permainan yang menggunakan simbol naga?
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

AjeGile

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 11
  • Reputation: 4
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #13 on: 12/12/2009 00:08 »
banyak banget kali yaa yang gunain naga atawa macan (tiger)
coba aja cek judul film kungfu yang pake kata2 dragon atawa tiger pastibanyak
dari jama enter the dragon ampe hidden dragon crouching tiger..

abis kesannya keren.. [top]

stevenkwee

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 6
  • Reputation: 4
Re: Shaolinshe Naga Putih
« Reply #14 on: 01/07/2011 11:26 »
Menurut saya sih, 8000an teknik itu adalah kulminasi kungfu Shaolin yang sudah dikembangkan lebih dari 100th.
Latihannya pun tidak cukup 4-5 tahun, tapi sampai belasan tahun, jadi menurut saya sih masuk akal.
Dan kalau tidak salah, ilmunya bukan cuma 1, tapi ada banyak (misal : hung gar, wing chun, dll)
CMIIW.


Semoga berkenan.

 

Powered by EzPortal