Forum Sahabat Silat

Bahasa Indonesia => Seputar Dunia Beladiri => Wushu (Kungfu) => Topic started by: Bayu Umbara on 22/12/2010 00:40

Title: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 00:40
Salam persaudaraan [[damai]]
Bagi sahabat silat yang pernah punya pengalaman berlatih Kempo bisa share disini seluas2nya,terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 00:52
Waktu SMA dulu seiring saya berlatih silek cupak Mak Danin Capek,
saya juga bergabung dengan kempo di Dojo Tuah Sakato Lapangan Merdeka Solok dari tahun 1991 s/d 1994, dan pengalaman saya berlatih kempo ini punya kesan yang mendalam...
setiap pulang latihan saya dan beberapa orang teman yang lain harus berjalan kaki sejauh 20 KM dari kota solok ke nagari cupak karena kalau malam sudah tidak ada angkutan maklum dikampung, kadang kita menyetop mobil atau truk yang lewat, kadang ada yang kasihan tapi lebih banyak yang curiga, nyetop mobil orang jam 11 atau jam 12 malam, kita muali latihan jam 7 malam, selesai latihan jam 10 malam, nyampe rumah sekitar jam satu kadang jam stengah dua pagi,sampai ditahun '94 tinggal saya sendiri yang jalan kaki sepulang latihan 2 kali seminggu,dari sebelumnya 6 orang, satu persatu berguguran....
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:01
Teknik2 di beladiri kempo sangat bervariasi, baik teknik2 kuncian, bantingan, variasi tendangan dan pukulan sangat reaktif sekali, bahkan kempo menurut saya lebih cenderung kearah beladiri MMA,  karena methoda latihannya cukup lumayan keras, disamping jurus2nya yang diarahkan ke titik2 lemah dan titik2 yang mematikan pada tubuh manusia.
teknik2 kempo diarahkan kepada real fighting atau  bahkan street fighting.
saya rasakan teknik2 di kempo ini sangat efektif untuk pertarungan sebenarnya.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:06
Menurut sejarah beladiri kempo merupakan beladiri tertua dari daratan india yang merupakan asal muasal dari kungfu sahaolin
SEJARAH SHORINJI KEMPO
ILMU BELA DIRI TERTUA BERSUMBER PADA ZEN BUDHISME..
"TAKLUK KANLAH DIRIMU SEBELUM MENAKLUK KAN ORANG LAIN"
1.KEMPO DAN BUDHISME
Seketika orang berkesimpulan,bahwa ilmu bela diri shaolin kungfu berasal dari daratan Tiongkok.Namun anggapan seperti itu tidaklah smuanya benar, karena
Kira2 taon 550 M, pendeta Budha yg ke_28 yg bernama DARMA TAICHI,pindah dari tempat tinggalnya di baramon (india)ke daratan tiongkok.Ia menetap disebuah kuil yg bernama SIAUW LIEM SIE atau dikenal kemudian dengan sebutan SHAOLIN yg terletak dipropinsi KWA NAM..
Selama dalam perjalanan dan pengembaraan nya,darma taishi juga menyebarkan ajaran agama budha,dalam tugasnya ini,tidak sedikit tantangan,ancaman,hinaan yg dialaminya,bahkan nyaris merenggut jiwa nya..
Dari pengalaman2 itu,timbulah anggapan pada dirinya,bahwa seorang calon bikshu,sebaiknya juga melatih ketahanan jasmaninya,disamping membersihkan rohaninya untuk mencapai nirwana dgn bersemedi..
Hidup adalah suatu strugle,suatu perjuangan!!demikianlah telah menjadi hukum alam.Untuk dapat survive dialam yg fana ini,,Tuhan telah mentakdirkan memberikan alat2 mempertahankan diri,kpd makhluk ciptaannya..
Dalam ajaran agama budha,dikatakan bahwa hidup itu berasal dari"kosong"atau "tiada".Namun oleh DHARMA TAISHI dilengkapinya,bahwa tidak ada gunanya menjadi kosong atau suci jika tidak dapat atau bisa membela sesama manusia yg ditimpa kemalangan..
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:07
DHARMA TAISHI,,atau yg digelar pendeta budha yg ke 28 selama di india pernah belajar SILAT INDIA(kalaripayat?),dan karena tantangan2 yg dihadapinya dalam pengembaraannya ditiongkok,kemudian dia mempelajari pula berbagai aliran silat di tiongkok kuno,selama 9 taon ia bertapa,tekad nya menyusun suatu ilmu mempertahankan diri dan dimasudkan sebagai syarat dan mata pelajaran bagi calon pendeta budha..
Sejak itu,ilmu bela diri yg ditemukannya telah menjadi sebagian dari pendidikan keagamaan pada ZEN BUDHISME..
Dharma tetap beranggapan,bahwa semua pengikutnya haruslah berfisik kuat guna melanjutkan usaha menyebar luaskan ajaran budha yg cukup berat itu..
Dalam cerita silat klasik tiongkok,sering dijumpai nama TATMO COW SU..Nama ini tidak lain adalah yg dimaksud DHARMA TAISHI sendiri,yg menciptakan seni bela diri SHAOLIN KUNGFU atau SIAUW LIEM SIE KUNG_FU..
Seni beladiri ini dilatih secara khusus kpd para calon2 bikshu didikannya,dan diajarkan secara rahasia dalam kuil shorinji,selain anggota tidak boleh melihat atau masuk dalam kuil.Namun keampuhan seni bela diri ciptaannya itu dengan cepat pula menjadi buah bibir masyarakat sekitar nya,bahkan menjalar secara luas didaratan tiongkok..
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:08
2.FALSAFAH KEMPO
"Karena seni bela diri kempo waktu itu menjadi sebagian dari latian bagi calon bikshu,dgn sendirinya ilmu itu harus mempunyai dasar falsafah yg kuat.Dengan dilandasi ajaran budha yaitu dilarang membunuh dan menyakiti,maka pada smua kenshi(pemain kempo) dilarang untuk menyerang terlebih dahulu sebelum diserang!!hal ini juga menjadi doktrin kempo bahwa"PERANGILAH DIRIMU SEBELUM MEMERANGIN ORANG LAIN".

Cukup lama sejak meletusnya perang boxer,nama shaolin kungfu menghilang.
Bahkan ditiongkok sendiri,ketika kaum KUN CHAN TANG(PARTAI KOMUNIS TIONGKOK),berkuasa,shaolin kungfu juga mengalami kemunduran (SET BACK).Gerak/teknik yg diperbolehkan muncul ketika itu hanyalah yg merupai senam belaka (TAI KYO_KUEN).
Berdasarkan doktrin ini,mempengaruhi pula susunan teknik bela diri ini,sehingga gerakan2 teknik selalu dimulai dengan mengelak/menangkis serangan dahulu,baru kemudian membalas,selanjutnya disesuaikan,ditingkatkan menurut kebutuhan,yaitu menurut keadaan serangan lawan artinya bila lawan itu sedang dalam keadaan khilaf,cukup dielakan saja dan seterusnya,dharma selalu mengajarkan bahwa disamping dilarang menyerang juga tidak slalu setiap serangan itu harus dibls dengan kekerasan..

Demikianlah dalam ilmu shorinji kempo itu lahirlah apa yg berbentuk mengelak saja,cukup menekukkan bagian2 badan lawan ,kemudian mengunci dan apabila terpaksa barulah dilakukan serangan penghancuran titik2 lemah lawan,berupa tendangan,sikutan,pukulan dan sebagainya.Bentuk yg pertama dikenal sebagai JUHO dan yg berikutnya dikenal sebagai GOHO..
Untuk itu,bagi setiap kenshi diharuskan menguasai teknik GOHO(KERAS) dan JUHO(LUNAK),artinya tidak dibenarkan apabila hanya mementingkan pukulan,tendangan saja,dan melupakan bantingan dan lipatan2..
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:10
2.FALSAFAH KEMPO
"Karena seni bela diri kempo waktu itu menjadi sebagian dari latian bagi calon bikshu,dgn sendirinya ilmu itu harus mempunyai dasar falsafah yg kuat.Dengan dilandasi ajaran budha yaitu dilarang membunuh dan menyakiti,maka pada smua kenshi(pemain kempo) dilarang untuk menyerang terlebih dahulu sebelum diserang!!hal ini juga menjadi doktrin kempo bahwa"PERANGILAH DIRIMU SEBELUM MEMERANGIN ORANG LAIN".

Cukup lama sejak meletusnya perang boxer,nama shaolin kungfu menghilang.
Bahkan ditiongkok sendiri,ketika kaum KUN CHAN TANG(PARTAI KOMUNIS TIONGKOK),berkuasa,shaolin kungfu juga mengalami kemunduran (SET BACK).Gerak/teknik yg diperbolehkan muncul ketika itu hanyalah yg merupai senam belaka (TAI KYO_KUEN).
Berdasarkan doktrin ini,mempengaruhi pula susunan teknik bela diri ini,sehingga gerakan2 teknik selalu dimulai dengan mengelak/menangkis serangan dahulu,baru kemudian membalas,selanjutnya disesuaikan,ditingkatkan menurut kebutuhan,yaitu menurut keadaan serangan lawan artinya bila lawan itu sedang dalam keadaan khilaf,cukup dielakan saja dan seterusnya,dharma selalu mengajarkan bahwa disamping dilarang menyerang juga tidak slalu setiap serangan itu harus dibls dengan kekerasan..

Demikianlah dalam ilmu shorinji kempo itu lahirlah apa yg berbentuk mengelak saja,cukup menekukkan bagian2 badan lawan ,kemudian mengunci dan apabila terpaksa barulah dilakukan serangan penghancuran titik2 lemah lawan,berupa tendangan,sikutan,pukulan dan sebagainya.Bentuk yg pertama dikenal sebagai JUHO dan yg berikutnya dikenal sebagai GOHO..
Untuk itu,bagi setiap kenshi diharuskan menguasai teknik GOHO(KERAS) dan JUHO(LUNAK),artinya tidak dibenarkan apabila hanya mementingkan pukulan,tendangan saja,dan melupakan bantingan dan lipatan2..
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:10
Karena tidak terorganisirnya kesatuan,maka penyebaran shaolin kungfu  mulai membentuk seni bela diri baru,maka yg melarikan diri ke muangthai dengan hanya menguasai teknik goho (memukul,menendang,dan menangkis),mempengaruhi perkembangan seni bela diri yg ada didaerah tersebut,maka muncullah apa yg disebut"TAI BOXING".Dalam gerakan seni beladiri ini mirip sekali dengan sebagian gerakan2 yg ada di kempo (sifat goho nya).Ajaran shaolin kungfu,terutama teknik goho,juga mempengaruhi seni bela diri yg ada di okinawa(pulau ujung sebelah selatan japan).
Maka di okinawa timbulah seni beladiri yg dinamakan OKINAWATE(kemudian dikenal sebagai KARATE)
Mereka yg melarikan diri di kepulauan jepang lainnya menguasai teknik juho(lunak)juga mempengaruhi seni bela diri yg ada didaerah2 tersebut,dari juho kemudian muncul lah seni bela diri JUJITSU(JU BERARTI HALUS,LENTING DANG FLEKSIBEL),juga lahirlah dari taknik juho seni bela diri AIKIDO dan JUDO.Maka tidaklah heran ,walaupun baru mulai bangkit kembali setelah perang dunia ke 2 setelah menghilang beberapa waktu lamanya namun aliran2 seni bela diri lainnya tersebut tetap bersumber dari shaolin kungfu,....
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:11
PERKEMBANGAN KEMPO SETELAH PERANG DUNIA KE 2..
_Dalam perkembangan selanjutnya ,berdasarkan ilmu silat kuno india dan shaolin kungfu dikimpoi dgn aliran2 bela diri lokal di jepang, terbentuklah shorinji kempo yg didirikan dijepang seusai perang dunia ke2,dan dalam waktu relatif singkat seni bela diri ini menyebar luas tidak saja di jepang bahkan diseluruh dunia..
Seorang pemuda japan bernama SO DOSHIN dikirim ke tiongkok dalam pasukan ekspedisi tentara japan ke manchuria pada tahun 1928.


Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:12
so doshin yg tak sepaham dengan cara2 penjajahan japan kemudian melarikan diri dari induk pasukannya dan mengembara didaerah tiongkok yg akhirnya membawanya ke kuil siauw liem sie,,kuil ini telah diperbaiki oleh penurus2 dharma taishi,setelah dimusnahkan oleh kolonialisme dalam perang boxer..
Dikuil shaolin ini,so doshin akhirnya mempelajari ilmu shaolin kungfu,langsung dibawah asuhan maha guru(sihang) ke _20 yaitu WEN TAY SON..
Dengan tekun ia berlatih karena dengan kesetiaannya dan penguasaan nya yg sempurna akan shaolin kungfu, maka so doshin diberi penghargaan tertinggi maha guru ke 21, dan diperbolehkan meninggalkan kuil shaolin untuk meneruskan ajaran tsb didaratan japan (tanah airnya).
Tahun 1945,setelah 17 taon menggembleng dikuil shaolin kungfu, so doshin yg telah bergelar SIHANG KE 21(MAHA GURU)kembali ke jepang, dijepang dia membuat dojo(tempat latihan)sendiri,ia memilih tempat dikota TODATSU,yg terletak di propinsi KAGAWA,di pulau SHIKOKU,yg kemudian terkenal sebagai pusat SHORINJI KEMPO..
Murid2 nya mulai berdatangan didojonya,tidak saja dari daerah sekitarnya juga dari daerah2 lain dijapan,bahkan dari luar japan sendiri(terutama mahasiswa asing yg sedang belajar dijapan),sihang ke 21 ini seperti hal nya yg dialaminya sendiri ,juga menempa kenshi2 nya dgn disiplin yg keras,GURU BESAR SHORINJI KEMPO,ini tetap menempatkan seni bela diri ini sebagai pengayom hati dan jiwa dengan penuh rasa damai dan welas_asih bagi para kenshi2nya..
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:14
CIKAL BAKAL SHORINJI KEMPO DI INDONESIA..

Sejak tahun 1959,pemerintah jepang dalam rangka pampasan perang dengan indonesia,memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan pemuda indonesia untuk belajar dan memperoleh pelatihan di jepang..
Sebagai konsekuensi yang harus dibayar kepada indonesia yaitu pampasan perang,setelah jepang kalah pada perang dunia ke 2 pada tahun 1945..
Hingga tahun 1965,sudah ratusan mahasiswa dan pemuda indonesia belajar dijepang dalam berbagai disiplin ilmu.

Pada waktu itu adalah merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa dijepang untuk belajar seni bela diri seperti,karate,judo,jujit_su dan shorinji kempo..
Pada tahun 1962,dalam suatu acara kesenian yg dipertunjukkan mahasiswa indonesia menyambut kunjungan rombongan Presiden Republik Indonesia pada waktu itu Ir.Soekarno,beberapa mahasiswa dan pemuda yg dipimpin oleh Utin Syahraz mendemontrasikan kebolehan mereka dalam seni bela diri shorinji kempo..
Utin Syaraz tiba ditokyo sekitar tahun 1960,sebagai trainee pampasan perang jepang,demontrasi yg ditunjuk kan oleh Utin Syaraz dan teman2 nya yg sebagian besar adalah mahasiswa jepang dari Universitas Pertanian Nodai itu menarik minat beberapa mahasiswa dan pemuda indonesia yg menuntut ilmu dijepang.
Dan turut menyaksikan demontrasi itu,antara lain Ginanjar Kartasasmita dan lain2..
Yang pada waktu itu adalah mahasiswa dan trainee indonesia yg kuliah di Tokyo,untuk belajar seni bela diri kempo..
Dalam suatu perjalanan kepulangan menuju Tokyo kembali dari Hombu di Todatsu setelah mengikuti Gashuku(latihan bersama),Ginanjar Kartasasmita,Sidharta Aboejono Martoredjo dan teman2 nya singgah di Kyoto disana berhasil menyakinkan Indra Kartasasmita yg pada waktu itu mempelajari Judo..Untuk beralih dan mempelajari Shorinji Kempo..
Mereka inilah yg merupakan CIKAL BAKAL PENDIRIAN DAN PERKEMBANGAN SENI BELA DIRI SHORINJI KEMPO DI INDONESIA..
Perlu dicatat peran serta dan bantuan beberapa KENSHI jepang yg berjasa membimbing para mahasiswa Indonesia itu untuk belajar SHORINJI KEMPO..Antara lain Sensei Hina(almarhum),dan Sensei Sato(pernah tinggal dijakarta selama 2 tahun melatih para kenshi indonesia)..
Perkemi(Persaudaraan Beladiri Kempo Indonesia),secara resmi didirikan oleh
SENSEI UTIN SYAHRAZ(ALMARHUM),SENSEI GINANDJAR KARTASASMITA,SENSEI INDRA KARTASASMITA di Jakarta pada tanggal 2 Pebruari 1966,lebih dari setahun setelah mereka kembali dari jepang tempat mereka menuntut ilmu dan mempelajari seni beladiri SHORINJI KEMPO ("KEMPO")
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 01:18
Demikian sedikit sejarah kempo yang saya kutip dari tetangga sebelah,
silahkan para sensei dan para kenshi dilanjutkan sejarahnya,jangan sungkan untuk sharing sama rekan2 sahabat silat semuanya,mohon maaf kalau ada info yang kurang pas,mohon dikoreksi
terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: hummdee6 on 22/12/2010 07:13
sebenarnya kisah itu masih rancu.
Jujutsu gak terpengaruh oleh shaolin.
sebelum bodhi dharma ke cina, sdh ada kungfu di china.. terutama kungfu dari kalangan tao.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 08:36
LANJUTAN SEJARAH KEMPO DI INDONESIA
PERKEMI Selain merupakan salah satu organisasi induk yang bernaung di bawah KONI Pusat, PERKEMI juga menjadi anggota penuh dari Federasi Kempo se-Dunia atau WOSKO (World Shorinji Kempo Organization), yang berpusat di kuil Shorinji Kempo di kota Tadotsu, Jepang.

Sejak tahun 1966 sampai tahun 1976, PB. PERKEMI mengadakan pemilihan pengurus setiap dua tahun sekali. Tapi sejak tahun 1976 sampai sekarang masa bakti pengurus berlangsung selama empat tahun.

Sejak didirikannya pada tanggal 2 Februari 1996, PB. PERKEMI telah banyak melakukan kegiatan yang sifatnya lokal, nasional dan internasional. Tahun 1970 telah diselenggarakan Kejauraan Nasional Kempo yang pertama di Jakarta, dan sampai sekarang masih terus berlanjut. Begitu juga dengan Kejuaraan antar Perguruan Tinggi, dimana diadakan pertama kalinya pada tahun 1971 yang sampai sekarang berjalan terus setiap dua tahun sekali.

Selain itu sejak PON IX / 1977 di Jakarta, Kempo termasuk salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 08:45
bang hummdee mungkin kungfu cina yang dimaksud disini adalah kungfu shaolin, bukan kungfu china secara keseluruhan, dan jiu jit su dipengaruhi oleh kempo bukan oleh shaolin bang hummdee,seperti yang terdapat dari kitab sejarah kempo dikuil shorinji kempo di jepang sana,wallohu'alam terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: chyp on 22/12/2010 09:44
sorry boss mau nanya nih... jadi shorinji kempo adalah dialek jepang dari shaolin kungfu? yang berarti shorinji kempo = sholin kungfu ?
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:26
Takut saya salah,kalau mengenai tata bahasa antara jepang maupun china saya kurang faham,barangkali ada sahabat2 yang bisa membantu
sekian terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:28
falsafah ShorinjiKempo setidaknya ada enam poin. Ken Zen Ichinyo (tubuh dan pikiran sebagai satu kesatuan), Riki Ai Funi (Kekuatan dan kasih sayang bukanlah dua hal yang terpisah), Shushu Koju (Menghindar diutamakan, menyerang menyesuaikan), fusatsu katsujin (tidak merusak melainkan menghidupkan/melindungi), Go Ju Ittai (keras dan lunak bersama-sama), dan Kumite Shutai (Latihan berpasangan diutamakan). Masing-masing akan kita bahas satu per satu.

1. Ken Zen Ichinyo. (Latihan dan meditasi bersama-sama)

Secara harfiah, Ken berarti tubuh. Zen berarti hati atau pikiran. Ichinyo berasal dari kata ichi yang artinya satu. Secara bebas, sering di artikan sebagai latihan dan meditasi bersamaan. Menurut saya, seharusnya Ken Zen Ichinyo ini diartikan secara lebih luas yaitu tubuh dan hati merupakan satu kesatuan.

Ketika tubuh kita sakit, kita kehilangan semangat melakukan sesuatu. Setidaknya semangat kita tidak akan setinggi ketika kita sehat. Sebaliknya ketika mental kita jatuh, sedih, marah, senang dan berbagai macam perasaan lainnya, maka akan jelas terlihat dalam fisik kita. Dua hal ini merupakan bukti nyata keterkaitan antara tubuh dan pikiran.

Dalam latihan sudah cukup jelas bahwa setiap kali latihan kita akan melalui satu sesi zazen/semedi. Setelah itu barulah kita berlatih teknik mulai dari kihon, ken, dan kemudian waza. Demikian itu adalah salah satu penerapan dari ken zen ichinyo. Lebih jauh lagi dapat kita pahami bahwa sebenarnya yang diinginkan dari ken zen ichinyo ini adalah dalam bersemedi/zazen, kita sebenarnya juga melatih fisik kita dengan pernafasan. Sebaliknya ketika kita berlatih teknik, kita juga melatih hati dan pikiran kita untuk fokus, percaya diri, dan sepenuhnya menyadari dan memikirkan apa yang kita lakukan. Pernah juga saya membaca bahwa latihan fisik adalah meditasi yang bergerak (moving meditation).
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:29
Dalam keseharian kita, seringkali kita menjalankan rutinitas yang tanpa kita sadari kita telah melakukannya. Sekolah, sholat, bekerja, dan lain sebagainya… Sering kita melakukannya tanpa sepenuhnya menyadari apa yang kita lakukan.

Seberapa persen kita menghayati (khusyu’) sholat kita (bagi kenshi muslim)? Sudah cukupkah untuk mempengaruhi perilaku kita sehari-hari? Akhirnya ketika kita melakukan kejahatan Islamlah yang disalahkan padahal kita yang kurang menghayati ajarannya.
Berapa persen pelajaran dari guru/dosen yang kita benar-benar dengarkan dan pahami? Bertanyakah kita bila tidak paham? Akhirnya ketika waktu ujian tiba kita mencontek dari buku atau teman.
Berapa banyak dari pekerjaan kita yang kita lakukan dengan sepenuh hati? Ataukah lebih banyak kita lakukan karena takut atasan? Akhirnya kita mengerjakannya dengan asal-asalan karena dikejar deadline.

Jadi inilah yang diminta oleh ShorinjiKempo dengan Ken Zen Ichinyo. Kita dituntut untuk memahami sepenuhnya apa yang kita lakukan. Bukan hanya mengerjakan sesuatu semata-mata karena rutinitas atau – lebih buruk lagi – mengejar kesenangan atau kepentingan pribadi.

Sebaliknya, kita juga harus melakukan apa yang kita rasakan atau pikirkan. Saya pribadi mengakui sangat kurang dalam hal ini. Seringkali saya menyadari kesalahan saya dan memikirkan bagaimana cara memperbaikinya. Tapi tidak sesering saya melaksanakannya. Akhirnya hanya berhenti pada tataran pemikiran dan tidak pernah terwujud dalam dunia nyata. Kalau menurut falsafah Ken Zen Ichinyo, hal ini tidak dapat dibenarkan.

Dalam suatu kesempatan, Kaiso pernah mengatakan, “Iman dan kepercayaan yang tidak terwujud dalam suatu tindakan tidak akan ada maknanya. Jika kamu berpikir bahwa sesuatu adalah baik maka lakukanlah. Jika kamu berpikir bahwa sesuatu adalah buruk maka jangan kau lakukan.” Pada kesempatan lain beliau juga pernah mengatakan, “Jika kamu hanya memikirkan atau merasakan sesuatu, maka itu tidaklah cukup. Jika itu tidak muncul dalam tindakanmu, maka itu tidak ada artinya. Tapi ketika kamu melaksanakannya, ketika itu pula pikiran telah berubah menjadi kekuatan.”

Pikirkan apa yang kau lakukan, lakukan apa yang kau pikirkan itulah ken zen ichinyo.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:29
2. Riki Ai Funi (Keharmonisan kekuatan dan kasih sayang)

Secara harfiah, riki artinya kekuatan. Ai artinya cinta (ingat tato di dahi gaara tokoh komik naruto). Sedangkan funi terdiri dari dua kata fu yang artinya tidak/bukan dan ni yang artinya dua. Jadi bisa dibilang riki ai funi menyatakan bahwa kekuatan dan kasih sayang bukanlah dua hal yang terpisah. Atau dalam tokuhon diartikan dengan keharmonisan kekuatan dan cinta.
Kasih sayang dan kekuatan… dua hal yang nampaknya sangat bertolak belakang. Tapi sebenarnya – seperti yang sering Sensei ajarkan pada kami– ibarat mata koin. Dua-duanya harus hadir dalam tiap pribadi kenshi. Jika salah satu tidak ada maka akan terjadi ketidakseimbangan, ketidaksempurnaan.

Poin ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Pada poin sebelumnya kita telah ketahui perkataan So Doshin, “Jika kamu hanya memikirkan atau merasakan sesuatu, maka itu tidaklah cukup…” untuk mewujudkannya ke dalam suatu tindakan, sering kali kita membutuhkan kekuatan. Contohnya ketika kita melihat seorang teman dipalak orang di jalan. Pastilah rasa kasih sayang kita mendorong kita untuk bertindak. Tapi untuk bertindak kita membutuhkan kekuatan.

Sebaliknya kekuatan yang tidak disertai rasa kasih sayang dan cinta akan membuat seseorang “keblinger” dan akhirnya terjerumus ke dalam kehinaan. Contoh konkritnya bisa kita lihat pada preman-preman di jalanan yang merasa dirinya kuat sehingga berani menodong orang. Ini disebabkan oleh ketiadaan rasa kasih sayang dalam hati mereka.

Kekuatan ini dapat kita pahami secara luas. Tidak terbatas pada kekuatan fisik saja. Kecerdasan, anak buah, kekayaan, kehormatan, jabatan, pengaruh, dan lain sebagainya. Dengan demikian segala bentuk kekuatan yang kita miliki harus senantiasa kita sertai dengan cinta dan kasih sayang dalam menggunakannya. Sebaliknya dalam mewujudkan cinta dan kasih sayang kita terhadap orang lain kita senantiasa dituntut memiliki kekuatan dalam berbagai bentuknya sesuai dengan tindakan yang harus kita lakukan untuk mewujudkannya. Kalau tidak, sebagaimana telah saya paparkan sebelumnya, akan terjadi ketidakseimbangan.

Dahulu, ShorinjiKempo menggunakan Manji sebagai lambang. Manji (dalam bahasa sansekerta disebut swastika) merupakan lambang dari Riki Ai Funi. Arti dari simbol ini dari luar/depan kita akan mendapatkan manji yang menghadap kiri (omote manji), simbol kasih sayang dan cinta. Tapi bila kita balik, kita lihat dari dalam, akan kita dapatkan manji yang menghadap ke kanan (ura manji), simbol kekuatan dan kecerdasan. Ura manji ini mirip dengan simbol yang dipakai Hitler sebagai lambang Nazi.

Jelas sekali bahwa seorang kenshi dituntut untuk memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi sekaligus juga memiliki kekuatan dalam berbagai bentuknya. Dengan demikian setiap kenshi akan dapat bermanfaat bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya. nakaba wa jiko no shiawase wo, nakaba wa hito no shiawase wo. Half for another, and half for your own happiness. (doshin so).
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:30
3. Shushu Koju

Shu yang pertama dan yang kedua memiliki tulisan yang berbeda. Shu yang pertama berarti bertahan. Shu yang kedua berarti diutamakan (tulisannya sama dengan shu pada kumite shutai = berpasangan sangat diutamakan). Ko berarti menyerang (kogi=teknik menyerang). Ju berarti menyesuaikan.

Falsafah ini tampak jelas pada gerakan-gerakan ShorinjiKempo. Hampir semua gerakan dan waza (jurus) yang didapati di ShorinjiKempo diawali dengan gerakan menghindar atau menangkis kemudian diikuti dengan tangkisan baru kemudian serangan balasan. Dari gerakan-gerakan ini nampak jelas bahwa kita tidak dibenarkan menyerang dahulu sebelum ada penyebab.

Shushu Koju lebih cenderung kepada falsafah. Maksudnya adalah kita tidak dibenarkan mengadakan konfrontasi dengan orang atau pihak lain bila pihak lain tersebut tidak memulai konfrontasi dengan kita. Sedangkan dalam perkelahian, selama ada kesempatan untuk menyerang, kenapa tidak kita gunakan? Selain itu, bila terjadi suatu perkelahian sudah pasti sebelumnya telah terjadi suatu permasalahan. Ketika permasalahan ini tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara nonkekerasan, barulah kita boleh menggunakan teknik bela diri kita.

Tapi bagaimanapun juga, dalam prakteknya, menunggu serangan lawan sering kali lebih menguntungkan daripada bila kita menyerang terlebih dahulu. Ketika lawan menyerang, sebagian besar pikiran dan hatinya akan terkonsentrasi pada serangan. Selain itu ketika seorang dalam posisi menyerang, pertahanan dia akan terbuka. Pada saat inilah kita memiliki kesempatan untuk meluncurkan serangan balasan. Inilah kenapa sebagian besar (tidak semua) jurus ShorinjiKempo dimulai dengan elakan dan tangkisan. Dengan demikian shushu koju selain memiliki dasar etis juga memiliki dasar teknis.

Shushu Koju dapat pula kita artikan demikian; dalam bertahan ada serangan dan dalam menyerang ada pertahanan. Artinya, ketika kita dalam posisi bertahan (menghindar/menangkis serangan lawan), kita harus dalam posisi yang memudahkan kita untuk melancarkan serangan balasan. Sebaliknya ketika kita menyerang lawan, kita harus dalam posisi yang memudahkan kita untuk mengelak/menangkis serangan balasan lawan. Demikian yang pernah sensei sampaikan pada saya.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:31
Secara luas, Shushu Koju memiliki makna bahwa tidak semua permasalahan harus diselesaikan dengan serangan balasan. Misalnya kita melakukan kesalahan kepada salah seorang teman kita. Marahlah si teman ini dan dia sangat ingin menghajar kita. Karena kita menyadari bahwa kita salah, kita menemuinya secara baik-baik dan minta maaf kepadanya. Luluhlah hati teman yang marah ini dan mengurungkan niatnya untuk menghajar kita. Dengan demikian berarti kita telah menyelesaikan masalah hanya dengan “bertahan”. Kita tidak perlu melakukan perlawanan balik. Bahkan ketika kita tidak melakukan kesalahan dan ada seseorang yang memiliki niat jahat kepada kita, ShorinjiKempo menuntut kita untuk mendahulukan cara-cara nonagresif seperti berunding, berkompromi, dan lain-lain.

Pada contoh di atas, dengan meminta maaf kita telah menjaga hubungan baik dengan teman kita. Seandainya kita tidak mau meminta maaf, besar kemungkinan hubungan baik kita dengan teman kita akan rusak. Kita akan kehilangan seorang teman. Sebaliknya bagi yang memaafkan juga akan sama. Kalau si teman tidak mau memaafkan, pastilah kita akan dongkol. “Sudah dimintai maaf baik-baik, malah marah-marah!” kata kita dalam hati.

Shushu Koju mencerminkan bahwa dalam ShorinjiKempo kita tidak mencari menang atau kalah. Terkadang dengan mengalah sebenarnya kita telah memenangkan sesuatu yang lebih berharga.

Namun jangan lupa bahwa ada juga keadaan-keadaan dimana kita harus menyerang. Yaitu ketika harga diri dan kehormatan kita direndahkan. Ketika kita harus bertindak melawan kelaliman. Ketika jalan-jalan damai sudah mencapai kebuntuan. Karena itulah ada kata-kata “koju”.

Falsafah ini berarti bahwa kenshi harus memiliki kebijakan kapan dia bisa dan boleh menyerang. Akhirnya, kembali kepada pribadi masing-masing.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:31
4. Fusatsu katsujin

Fusatsu katsujin secara harafiah berarti “Bukan membunuh tetapi membangkitkan/menghidupkan”. Ada versi lain yang menyebutkan bahwa ciri khusus keempat dari ShorinjiKempo adalah Fusatsu Fugai yang artinya “Tidak membunuh dan tidak menyakiti”. Dari kedua versi di atas, saya lebih sering menemui yang pertama (fusatsu katsujin) daripada yang kedua. Yang kedua hanya saya dapati dari senpai-senpai di dojo dan buku gakka terbitan PB perkemi. Secara pribadi, saya juga lebih setuju dengan yang pertama karena jelas bahwa teknik kempo tidak mungkin dilancarkan tanpa menimbulkan rasa sakit terhadap lawan. Setiap kali kita kena zuki (pukulan) dari senpai, atau merasakan kuncian seperti gyaku gote, kiri gote, dll. sudah pasti kita merasa sakit. Karena itu saya kurang setuju dengan yang kedua (fusatsu fugai).

Dari redaksionalnya jelas bahwa teknik yang diajarkan dalam ShorinjiKempo tidak boleh digunakan untuk membunuh/merusak tubuh lawan. Sebaliknya, ShorinjiKempo menuntut kita untuk membangkitkan/menghidupkan. Membangkitkan di sini artinya melindungi kehidupan yang ada.

Falsafah ini kemungkinan besar dilatarbelakangi oleh keadaan yang serba kacau setelah perang dunia kedua. ShorinjiKempo didirikan dengan tujuan mengembangkan individu-individu sehingga tercipta masyarakat yang kaya baik secara materi maupun spiritual (Tokuhon, Bab I, Bagian 3, Motivasi dan tujuan diciptakannya ShorinjiKempo). Waktu itu Jepang kalah perang yang berdampak pada tatanan ekonomi dan sosial di masyarakat. Saat itu bisa dibilang orang yang benar adalah orang yang kuat. Perampokan, penindasan golongan, arogansi dan berbagai bentuk kekerasan sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Jepang dan sudah biasa dilakukan secara terng-terangan. Berangkat dari keadaan seperti itulah Kaiso mencanangkan untuk mendirikan ShorinjiKempo.

Melihat latar belakang didirikannya ShorinjiKempo, nampak jelas bahwa Kaiso menginginkan kenshi-kenshi harus memiliki kemampuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Akhirnya kita kembali lagi ke falsafah yang kedua, Riki Ai Funi. Dimana untuk mewujudkan kasih sayang kita dibutuhkan kekuatan.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:32
ShorinjiKempo penuh dengan teknik-teknik melumpuhkan lawan. Namun tujuan sebenarnya dari teknik-teknik tersebut bukanlah merusak tubuh lawan kita melainkan menghilangkan keinginan jahat lawan kita. Ketika keinginan lawan bisa kita halau hanya dengan omongan atau kiai (teriakan), tidak perlu lagi kita berbuat lebih jauh. Tentang hal ini saya pernah mengalami kejadian yang menarik. Saya akan ceritakan dalam posting yang lain.

Dalam pengembangannya, kekuatan bukan hanya kelihaian kita menggunakan teknik-teknik bela diri Kempo. Kekuatan dapat berupa kekayaan, jabatan, kecerdasan, pengaruh, dan lain sebagainya (lihat posting sebelumnya). Kita jelas dilarang menggunakan kekuatan kita untuk menyakiti atau mencelakakan orang lain. Sebaliknya kita diharuskan memanfaatkan kekuatan yang kita miliki untuk “menghidupkan” orang lain.

Lebih jauh lagi saya mencoba memahami arti dari fusatsu katsujin ini. Akhirnya saya menyimpulkan bahwa penggunaan kekuatan, apapun bentuknya, harus didasarkan pada semangat melindungi (baca: membantu) orang lain. Bukan pada keinginan pribadi. Ketika kita mendasarkan suatu tindakan, terutama menyangkut penggunaan kekuatan dalam berbagai macam bentuknya, atas kepentingan pribadi, maka hasilnya tidak akan seindah bila kita mendasarkannya atas kepentingan bersama.

Contoh sederhana dan konkritnya adalah salah satu contoh yang pernah Sensei saya sampaikan kepada saya. “Ada dua penjual bakso.” Kata beliau. “Yang satu kenshi, yang lain bukan kenshi. Walaupun bakso buatan saudara kita kenshi ini tidak seenak yang satunya, lebih baik kamu beli dari saudaramu sesama kenshi; sama-sama kamu beli bakso.” “Karena dengan demikian kamu sudah menjaga perasaan saudaramu sesama kenshi. Selain itu kamu sudah membantu dia dengan memberi dia pemasukan tambahan.” Lanjut beliau. Membeli adalah salah satu bentuk penggunaan kekuatan. Dalam hal ini, kekuatan yang kita bicarakan berbentuk harta. Kalau kita mendasarkan tindakan membeli ini atas kemauan pribadi, tentulah kita akan membeli bakso yang lebih enak. Tapi akibatnya, kemungkinan kita akan menyakiti perasaan saudara kita.

Kesimpulannya, seorang kenshi harus selalu memikirkan segala apa yang akan dia perbuat sebelum bertindak. Apapun yang dia perbuat, tidak boleh dia merugikan orang lain apalagi sesama kenshi. Atau bisa dibilang, kenshi sejati tidak akan berbuat sesuatu yang merugikan orang lain. Kalaupun di luar tampak merugikan orang lain, pasti ada tujuan di balik perbuatannya yang telah dipertimbangkannya sebelum bertindak.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: chyp on 22/12/2010 10:32
boss klo sumbernya sama berarti ilmunya juga sama dong boss antara shorinji & shaolin
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:33
5. Kumite Shutai

Karakteristik yang lain dari Shorinji Kempo adalah Kumite Shutai. Kumite Artinya berpasangan (seperti Kumi Embu = embu berpasangan). Shutai artinya diutamakan (seperti dalam Su Shu Ko Ju). Jadi secara keseluruhan, kumite Shutai dapat diartikan bahwa latihan berpasangan itu sangat penting/diutamakan. Sama halnya dengan karakteristik yang lain, Kumite Shutai ini juga mengajarkan keseimbangan.

Tidak diragukan lagi, semua bela diri sudah pasti melatih orang untuk mempertahankan diri dari serangan lawan, tak terkecuali Shorinji Kempo. Dari sini jelas bahwa dalam berlatih kita memerlukan “lawan” yang akan menyerang kita. Tanpa adanya serangan, tidak akan ada serangan balasan. Bahkan tidak akan ada serangan tanpa ada yang diserang. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa latihan kumite (sparing) sangat penting dalam berlatih bela diri, kecuali kalau yang kita pelajari adalah tarian.

Bisa saja seseorang berlatih sendiri dengan mengandalkan buku pegangan atau dengan melihat video. Namun dengan kumite kita akan dapat berkembang lebih jauh lagi. Selain itu, banyak aspek dalam Shorinji Kempo yang hanya dapat dikuasai dengan berlatih berpasangan. Ma’ai (jarak), Kyo Jitsu (timing), Keimyaku No Ri (titik serangan), Sen (inisiatif), dan lain sebagainya.

Dengan berlatih secara kumite (berpasangan) kita juga dapat membantu kawan kita untuk berkembang. Dari sini kita tahu bahwa Shorinji Kempo mengajari kita bekerja sama untuk berproses menjadi lebih baik secara teknik maupun secara mental. Dengan berlatih berpasangan, kita dapat saling memberitahu kekurangan masing-masing pasangan. Secara logika, kita tidak dapat melihat postur tubuh kita sendiri dengan benar. Dengan berlatih berpasangan kita dapat meminta sparing partner kita untuk memperhatikan postur tubuh kita. Apakah sudah benar atau masih ada kekurangan. Jadi jelas dalam falsafah Shorinji Kempo tidak ada kata egois.

Satu hal yang menakjubkan dari prinsip Kumite Shutai ini. Kalau pasangan kita tidak bagus, kita juga tidak akan bagus atau kemajuan kita akan terbatas. Contohnya, kalau pasangan kita menendang dengan gerakan yang terlalu lambat, kita tidak akan pernah merasakan serangan yang cepat. Kalau serangan pasangan kita tidak tepat sasaran, kita tidak akan mengelak dengan sungguh-sungguh. Jadi kita mau tidak mau harus ikut memperbaiki kekurangan sparing partner kita kalau ingin menjadi lebih bagus.

Konon, dalam mencetuskan prinsip Kumite Shutai ini, So Doshin terinspirasi oleh lukisan di kuil Shaolin ketika beliau masih di Cina. Dalam lukisan itu digambarkan biksu-biksu dari Cina sedang berlatih berpasangan dengan biksu-biksu dari India dengan wajah tersenyum. So Doshin berharap agar para kenshi dapat saling membantu dengan senang hati tanpa ada ganjalan seperti para biksu di lukisan tadi.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:34
6. Go Ju Ittai

Karakteristik terakhir dari Shorinji Kempo adalah Go Ju Ittai. Secara bahasa, Go berarti keras (Goho = teknik keras), Ju berarti lunak atau lembut (Juho = teknik lunak), Ittai berasal dari kata Ichi yang artinya satu. Kembali lagi, karakteristik ini mengajarkan keseimbangan. Dalam berlatih kempo kita menemui adanya teknik keras dan lunak (goho dan juho). Keduanya tidak dapat berdiri sendiri-sendiri. Saya pernah mendapatkan kata-kata “kelembutan mematahkan kekerasan, kekerasan memecahkan kelembutan.” Pernah juga saya dapatkan bahwa goho dan juho ibarat gigi dan bibir. Keduanya bersinergi sehingga memungkinkan seseorang untuk makan. Bibir memegang makanan sedangkan gigi menghancurkannya. Ketiadaan salah satu dari dua aspek tersebut akan berakibat pada tidak efisiennya proses makan. Dari situ saya mengambil kesimpulan bahwa keduanya tidak hanya saling berlawanan tapi juga saling melengkapi.

Karakteristik ini didasari oleh fakta bahwa di dunia ini sangat banyak teknik bela diri dengan berbagai karakteristik gerakan yang bermacam-macam. Untuk mengakomodasi hal ini maka Shorinji Kempo menuntut para kenshi untuk menguasai berbagai macam jenis teknik. Sangat tidak dianjurkan bagi kita (bahkan dilarang) untuk menekankan latihan pada kekuatan kaki saja atau tangan saja, goho saja atau juho saja. Hal ini supaya kita bisa mengantisipasi berbagai macam serangan dengan berbagai macam cara dan membalasnya dengan berbagai macam serangan balasan juga. Konon, So Doshin pernah mengatakan, “Kita tidak perlu menciptakan orang kuat, tapi kita menciptakan orang yang tidak pernah kalah.”
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: f4iz on 22/12/2010 10:35
Salam Uda Bayu,
Saya seneng kalau liat Kenshi lagi demonstrasi pasangan. Keren cara ngambil kuncian-2xn ato bantingannya dari jarak striking (pukul/tendang).
Di Shorinji Kempo kan banyak kuncian-2x.
Menurut Uda Bayu apakah kuncian-2x di Shorinji Kempo memiliki kesamaan dgn Kuncian-2x didalam Silek Minang misalnya Silat Tuo ?
Juga Uda Bayu menyebut Shorinji Kempo cenderung kebeladiri MMA.
Apakah di Shorinji ada permainan bawah (gulat, gelut) juga seperti umumnya beladiri yg masuk katagori MMA ?
Terima kasih.
Wasalam,
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:36
Ketika berlatih, aplikasinya tampak dalam bermain Embu dimana dalam penyusunannya harus seimbang antara goho dan juho. Lebih detil lagi, kita akan dapati bahwa setiap teknik juho, selalu mengandung unsur goho. Sebaliknya, setiap teknik goho, selalu mengandung unsur juho. Contohnya, sejauh yang saya ketahui, semua teknik juho selalu diawali dengan atemi berupa me uchi, tsuki, atau keri. Dalam teknik-teknik nuki (melepaskan), kita melepaskan tenaga yang setara dengan tenaga yang dilepaskan dalam teknik goho. Sebaliknya, teknik goho membutuhkan kelenturan dan kelentingan (yang identik dengan lunak/juho) untuk mencapai efisiensi tenaga yang optimal.

Secara filosofis, saya tidak mendapatkan banyak referensi mengenai go ju ittai. Tapi secara pribadi saya berkesimpulan bahwa kita sebagai kenshi dituntut untuk fleksibel dalam menghadapi berbagai permasalahan dan dapat mengatasinya dengan berbagai alternatif. Dengan demikian, bila kita tidak berhasil dengan satu cara, kita dapat mencoba lagi dengan cara lain. Jadi jangan terpaku pada satu cara saja.

Go ju ittai adalah salah satu kelebihan Shorinji Kempo dibanding bela diri lain. Namun, karakteristik ini memiliki konsekuensi yang tidak ringan. Dengan tuntutan yang demikian tinggi, kenshi harus bersungguh-sungguh dalam berlatih teknik dan harus benar-benar memahami metode dan prinsip-prinsip yang mendasari suatu gerakan. Jadi, seorang kenshi harus mengetahui betul apa yang dia kerjakan. Tidak hanya menghafal gerakan.

Kesimpulannya, kita sebagai kenshi harus tekun mempelajari dan mempraktekkan. Semua itu hanya bisa dicapai dengan intelektualitas yang tinggi, ketekunan, dan keuletan. Sehingga kita sebagai kenshi dapat menjadi manusia seutuhnya.

*dikutip dari blogspot Ikhwan Noor Rosyid
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 22/12/2010 10:41
@Bang Godam : menurut pengalaman saya ada beberapa teknik kuncian di kempo yang hampir mirip dengan di silek minang,walaupun tidak sama secara keseluruhan tekniknya,karena perbedaan kultur dan falsafahnya,
dan dikempo sangat banyak teknik2 bantingan dan kuncian seperti yang terdapat di judo ataupun gulat,sekian bang terima kasih.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: hb on 23/12/2010 14:28
uda bayu ini luar biasa pengalaman beladirinya  [top] pendekar dari 4 penjuru beladiri  [[peace2]]
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Antara on 23/12/2010 15:37
Sebenarnya ada beberapa dispute seputar sejarah Shorinji Kempo versi yang diungkapkan oleh Uda Bayu ini, dan setahu saya sejarah ini sudah direvisi.

Pada tahun 1972 So Doshin kalah dalam pengadilan ketika mempertahankan versi sejarah ini melawan tuntutan Kenpo lain, beliau tidak mampu menunjukkan bukti, fakta sejarah, dan kedekatan lineage beliau, karenanya So Doshin diwajibkan mengganti nama alirannya menjadi "Nippon Shorinji Kempo" untuk membedakannya dari Wushu Shaolin di Cina.

Pada prinsipnya, Shorinji Kempo harus mengakui bahwa aliran ini bukanlah pewaris atau lineage utama dari aliran Shaolin, bahwa So Doshin hanyalah salah satu orang yang belajar ilmu shaolin dan mendirikan cabangnya sendiri, namun bukan otoritas shaolin yang resmi, sehingga tidak berhak menyebut diri guru besar shaolin.

Pun klaim yang menyebutkan bahwa ilmu Shorinji Kempo merupakan induk dari semua beladiri lain juga ditolak, karena Shaolin sendiri tidak mengeluarkan klaim serupa.

Kalau ditengok website Shorinji Kempo Jepang, sejarah ini sudah direvisi.
Namun karena Shorinji Kempo masuk ke Indonesia di akhir tahun '60-an, sebelum pengadilan So Doshin digelar, versi sejarah ini-lah yang masih banyak beredar.

Cuma pernah denger saja  ::)
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 23/12/2010 17:03
@Kang hb : maaf kang jangan terlalu berlebihan,nanti saya GR lagi hehe...saya bukan pendekar,hanya seorang anak kampung yang hobby sekali sama beladiri,karena olah raga yang lain saya ga ada yang bisa satupun,jadi aja belajar macam2 beladiri,salam
@Bang Antara : mungkin dalam hal ini informasi saya sudah tidak Up to date,namun berkenaan dengan pernyataan bang antara tentang klaim so doshin saya kira kurang tepat,karena yang saya tuliskan diawal sebagai pencipta beladiri shaolin adalah  Pendeta Darma Taishi di kuil siau lim sie, bukan so doshin, so doshin adanya setelah perang dunia ke 2,kalau tidak salah begitu bang, dan mengenai klaim asal beladiri mungkin juga kurang tepat, tapi teknik2 dari shorinji kempo yang dibawa oleh para pendeta kuil shorinji mempengaruhi teknik2 beladiri setempat,sehinggga muncullah teknik2 beladiri baru,tapi ini juga perlu kajian historis yang mendalam, walaupun mungkin kalau diperhatikan secara seksama dari beladiri2 yang disebutkan itu terdapat banyak kesamaan2 teknik,tapi wallohu'alam kalau itu berasal dari satu garis dengan beladiri kempo saya juga kurang faham dalam hal ini,hanya sedikit membabar sejarah shorinji kempo yang pernah saya dapat yang ternyata sudah ada versi revisinya ,maaf yang sebesar2nya pada semuanya, karena sejarah yang berkembang disemua dojo kempo di indonesia hari ini masih seperti itu adanya,mohon masukan dari semuanya.mungkin barangkali dari para sensei kempo ada yang mau menambahkan dan sharing informasi yang paling up todate dan akurat,sekian terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: f4iz on 23/12/2010 22:24
Salam Uda Bayu,
Shorinji Kempo di Indonesia cukup banyak praktisinya.
Om saya dulu pernah latihan thn 60'an di Jakarta. Pelatihnya dulunya mahasiswa Indonesia yg tinggal diJepang katanya. Walo udah tua dan gak latihan lagi, dia masih inget dikit-2x :)

Mau tanya, kalau di Unyo-ho/Randori itu apakah boleh pake tekhnik kuncian dan bantingan spt. yg kita liat di Embu atau hanya boleh tekhnik tendangan dan pukulan saja ?

Wasalam,
Faiz
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 24/12/2010 09:37
Randori adalah perkelahian bebas atau sparring jadi lebih kepada teknik tendangan dan pukulan,walaupun bisa menggunakan teknik juho tapi jarang yang melakukanya,
Jenis Pertandingkan dalam Kempo

   1. Embu (Performansi Teknik)
   2. Randori (Perkelahian Bebas)

Pertandingan Kempo.
Kenshi yang bertanding baik dalam nomor Randori perorangan atau beregu putra (kenshi putri tak dipertandingkan dalam Randori)
Randori.
Dalam Randori, peserta harus menggunakan do (pelindung dada), mengenakan sarung tangan, serta pelindung kepala. Selama bertanding peserta juga harus mengenakan dogi (seragam kenshi). Randori yang dipertandingkan terdiri dari dua nomor yaitu

    * Randori beregu
    * Randori perorangan

Arena Pertandingan
Pertandingan dilangsungkan pada arena seluas 5 x 5 meter yang berbentuk segi empat. Dalam nomor Randori (perkelahian bebas), setiap pertandingan berlangsung dua menit bersih. Untuk pertandingan randori beregu tiap tim terdiri 5 kenshi dan satu kenshi merupakan cadangan. Sistem pertandingan ditentukan oleh rapat teknik. Pertandingan Randori dipimpin oleh wasit utama yang dibantu oleh 2 sampai 4 wasit pembantu.
Embu
Sistem pertandingan untuk Embu berpasangan dapat diadakan 2 babak atau 3 babak menurut jumlah pesertanya. Pasangan Embu terbaik pada babak penyisihan dan babak semifinal berhak maju ke babak final, sedangkan nomor Embu beregu hanya dilangsungkan dalam 2 babak. Regu-regu terbaik dalam babak penyisihan berhak maju ke babak final.
Nomor Pertandingan Embu

    * Embu Beregu (Putra/Putri/Campuran)
    * Embu Pasangan(Putra/putri)

Penilaian
Pemenang nomor Randori adalah peserta yang menggunakan teknik-teknik kempo, baik teknik go ho atau ju ho. Dalam teknik go ho, peserta harus menghasilkan pukulan atau tendangan yang hard contact dan memenuhi prinsip lima syarat serangan (atemi no gd yo ho) Tendangan/pukulan yang tak tertangkis diberi nilai Ippon (10) atau dua kali nilai Waza Ari (5). Bila peserta kurang bersemangat (kiai), atau posisi kuda-kuda tak sempurna diberi nilai Waza Ari. Bila menggunakan teknik ju ho, harus menggunakan teknik kuncian (Katame). Bila sesudah berlangsung teknik ju ho, terbukti peserta tak melakukan Katame, serangan selanjutnya hanya boleh diarahkan ke sasaran do, bukan ke muka atau ke kepala lawan.

Bila peserta menggunakan serangan beruntun (Ren Geri) untuk menaklukkan lawan sehingga terjatuh ia dapat ditetapkan mendapat kemenangan Waza Ari. Kemenangan mutlak diberikan kepada salah seorang peserta (Mujokan Kachi) bila dalam pertandingan wasit utama menilai jalannya pertandingan tak seimbang. Bila terdapat perbedaan tingkat penguasaan teknik atau kekuatan, salah seorang peserta diberi kemenangan mutlak dengan nilai 15.

Khusus menghadapi kasus seri, dalam nomor Randori perorangan saja diberlakukan ketentuan ronde perpanjangan selama 2 menit.

Nomor Randori beregu mempertandingkan dua peserta dari tiap regu yang bertanding. Setiap regu terdiri atas 6 orang. Mereka secara bergantian mendapatkan giliran bertanding. Setiap anggota hanya bertanding sekali dengan sistem pertandingan yang berlaku dalam nomor Randori perorangan, yaitu prinsip peserta mana yang lebih dahulu mencapai nilai Ippon. Regu pemenang ditentukan oleh jumlah pemenang terbanyak. Bila terjadi seri, regu yang mengumpulkan nilai Ippon dan Waza Ari terbanyak menjadi pemenangnya. Jika dalam pertandingan penentuan nomor Randori beregu ditemukan jumlah nilai yang sama, kemenangan diberikan kepada peserta dengan nilai Yusei Kachi. Tetapi jika dalam pertandingan penentuan ini ditemukan pemenangnya first infirst win, kemenangan disebut Itten Shobu.

Bila peserta meninggalkan arena, atau tak dapat meneruskan pertandingannya, angka Ippon(10) diberikan kepada lawannya.

Dalam nomor Embu, peserta diizinkan memilih jurus yang ditawarkan oleh panitia pertandingan sesuai dengan tingkat peserta. Batas waktu melakukan Embu untuk setiap peserta selama 1 1/2 sampai 2 menit. Pada saat nomor Embu berlangsung, peserta diberikan isyarat tentang waktu yang sudah dijalaninya, karena dalam Embu dikenal hukuman denda. Peserta baik berpasangan atau beregu, yang mengalami kelebihan waktu 10 detik saja akan didenda 1,5 nilai. Malah kalau terjadi kelebihan 3 menit peserta langsung dikenakan diskualifikasi. Namun, peserta Embu yang bertanding sampai di luar batas arena pertandingan tak dikenai denda. Untuk nomor Embu nilai tertingginya 100.
sekian bang terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: euwin on 24/12/2010 10:40
Mas Bayu,

ada bbrp cerita yg tidak tepat kl boleh saya sampaikan. Seperti: Tat Mo adalah pencipta ilmu Shaolin Kungfu. Ini tidak seperti kenyataanya, Tat Mo mengajarkan seni gerak yg kemudian menjadi Yi Yin Jing dan Yin Sui Jing (ini sama sekali bukan teknik beladiri, ini adalah internal training).
Kemudian So Doshin menjadi maha guru. Dlm kuil Shaolin tidak ada maha guru, yg ada adalah Biksu Kepala yg tidak akan diberikan kepada orang luar (non chinese). Kl pun memang So Doshin menjadi biksu, nama biksu beliua apa ya?
Hal ini yg kemudian membuat WSKO merevisi isi websitenya, baik dr sisi sejarah sampai kepada logo.
Saya lupa pada tahunnya, tp ada masa ketika pihak Shaolin lewat pemerintah Cina membawa WSKO ke pengaldilan utk menunjukkan bukti2 tsb, dan akhirnya keputusan pengadilan utk WSKO hrs merubah sejarah dan logo WSKO.
Bisa di cek di web WSKO di bagian sejarah sudah berubah (tidak lg membawa2 Tat Mo dan Sho Doshin sebagai maha guru Shaolin), dan logo yg dulu (manji) jg berubah menjadi spt sekarang.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: euwin on 24/12/2010 10:49
Statement bahwa Shorinji Kempo yg mempengaruhi beladiri lain jg saya kira kurang tepat, seperti misalnya mempengaruhi Aikido Dan Judo.
Para praktisi Aikido dan Daito Ryu pada masa sekarang ini sedang mencari dan meneliti salah satu sumber ilmu mrk yg dicurigai adalah Ba Qua Channg krn secara konsep bergeak punya byk sekali kemiripna dan secara sejarah ada bbrp yg tercatat.
Judo pun sama, Kano Sensei mempelajari bbrp jenis Jujutsu (salah satunya Kito Ryu). Pencipta Kito Ryu sendiri belajar bbrp teknik Qin Na Shou dari seorang jenderal Cina, Chen Guan pin.
Dan ada bbrp lieratur yg saya baca justru kebalikannya, So Doshin yg belajar bbrp bentuk Japanese Jujutsu utk melengkapi ilmu beladirinya yg kemudian diberi nama Shorinji Kempo.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Antara on 24/12/2010 11:35
Waduh, sedang nge-draft jawaban, eh, Koh Euwin turun gunung... Mangga Koh...  :)

Jadi kalau cerita yang saya dengar, So Doshin tidak belajar di Kuil Shaolin, melainkan di salah satu dari sekian banyak perguruan yang mengajarkan aliran Shaolin. Cerita bahwa So Doshin merupakan guru besar ke 21 mungkin merujuk pada perguruan tempat beliau belajar, tapi bukan dari otoritas Kuil Shaolin, karena sampai saat ini kuil Shaolin di Song Shan masih memiliki Biksu Kepala (Abbot) yang terus turun temurun dan tidak pernah diwariskan kepada siapapun dari luar kuil tersebut. Abbot yang sekarang adalah Yong Xin, ditasbihkan pada tahun 1988, dan beliau merupakan tokoh politik yang berpengaruh di Cina sana. Adapun Abbot ke 20 Kuil Shaolin adalah Fa-Hai yang ditasbihkan pada tahun 1611, jadi bukan Wen Tay Son yang hidup di masa penjajahan Jepang, seperti menurut versi So Doshin.

Ketidakcocokan ini mengharuskan Shorinji Kempo Merevisi sejarahnya, karena sejarah yang sebelumnya beredar menimbulkan kesan bahwa Shorinji Kempo adalah otoritas yang berhak mewarisi wewenang Kuil Shaolin Song Shan.

***

Quote from: euwin
Dan ada bbrp lieratur yg saya baca justru kebalikannya, So Doshin yg belajar bbrp bentuk Japanese Jujutsu utk melengkapi ilmu beladirinya yg kemudian diberi nama Shorinji Kempo.

Demikian pula yang saya baca, Koh Euwin. Aspek Juho dari Shorinji Kempo diambil dari Jujutsu Jepang. Teori ini muncul salah satunya karena nama dari banyak waza Juho di Shorinji Kempo memiliki kesamaan dengan Jujutsu, bukan menggunakan nama dari teknik sejenis di Cina.

***

Saya bukan mau mengupas yang tidak-tidak loh ya, kita cuma berbicara versi-versi sejarah yang berbeda saja koq. Shorinji Kempo sendiri sebagai sebuah entitas beladiri merupakan organisasi besar yang disegani. [top]
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 24/12/2010 11:42
Terima kasih kang euwin dan kang antara atas masukannya,
memang sejarah yang saya dapatkan masih versi lama, saya terakhir belajar kempo tahun 94, setelah itu saya kurang mengikuti perkembangannya karena kenal internet juga baru sekarang2,
 terlepas dari masalah kebenaran sejarah yang pernah beredar diindonesia bahkan sampai hari ini, saya mengambil sisi positifnya saja, bahwa teknik beladiri yang dimiliki kempo itu sangat efektif untuk real fighting walaupun saya sudah tidak lagi menekuni kempo, tapi saya sering menyarankan ke orang lain untuk memperkaya variasi teknik beladirinya dengan belajar kempo,
saya mohon maaf atas kekurang tepatan sejarah kempo yang pernah ada dan saya tuliskan dalam tread ini, walaupun sejarahnya  bukan saya yang buat hehe....
kalaupun hal yang disampaikan itu benar adanya, bagi saya suatu hal yang positif sekali, dan saya jadi bersyukur dan berterima kasih pada semuanya, dengan diungkap seperti ini dalam forum diskusi akan ada flash back, jadi banyak informasi2 baru yang up to date dan bisa meluruskan kekeliruan sejarah yang ada dan membuka cakrawala berfikir kita untuk menerima kebenaran dari sudut pandang yang berbeda, toh itu hanyalah sebuah persepsi dan paradigma yang tetap harus melalui hipotesa yang mendalam untuk mmembuktikan kebenarannya, yang penting adalah esensi yang terkandung didalamnya, kempo adalah sebuah khasanah beladiri yang mewarnai dunia persilatan dan persilatan dunia dengan teknik goho dan juhonyo, terlepas versi mana yang benar, dalam hal ini saya bukanlah sebagai orang yang mewakili wadah organisasi kempo, hanyalah seorang pencinta teknik beladiri kempo yang pernah mewarnai kehidupan saya, jadi sekali lagi mohon maaf dan terima kasih yang setulus2nya dan sebesar2nya kepada semuanya yang sudah berapresiasi untuk memperbaiki dan meluruskan suatu kekurangan dan kekhilafan apapun itu dan dari manapun itu,
sekian terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: euwin on 24/12/2010 12:03
Mas Antara dan Mas Bayu,

saya sependapat dgn Anda berdua. Bukan bermaksud utk menyudutkan tp alangkah baiknya mulai meneliti ttg asal usul suatu hal yg kita tekuni. Sangat berguna utk genarasi penerus setelah kita.
Belajar beladiri bukan hanya sekedar berlatih teknik tempur, tp juga belajar sejarah, budaya dimana beladiri sendiri menjadi bagian dari sejarah dan budaya peradaban manusia itu sendiri.
Saya kira itu yg membedakan manusia dgn mahluk hidup lainnya bukan, belajar dr apa yg sudah terjadi sehingga bisa memperbaiki nanti kedepannya.
Seperti tujuan mulis setiap para pendiri, pencipta dan praktisi yg sudah ada jauh sebelum kita, tujuan akhir dari belajar ilmu itu mendekatkan manusia kepada peciptanya dan membentuk manusia menjadi lebih baik lagi.
Oleh sebab itu saya menulis 2 kata yg berbeda, berlatih dan belajar.

hehehe ngomongn ngawur dr org yg masihhhhhh belajar dan berlatih, kl dibaca Shifu bisa dijewer dan di strap nih :D
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: ibu on 26/12/2010 01:54
ada bbrp cerita yg tidak tepat kl boleh saya sampaikan. Seperti: Tat Mo adalah pencipta ilmu Shaolin Kungfu. Ini tidak seperti kenyataanya, Tat Mo mengajarkan seni gerak yg kemudian menjadi Yi Yin Jing dan Yin Sui Jing (ini sama sekali bukan teknik beladiri, ini adalah internal training).
Kemudian So Doshin menjadi maha guru. Dlm kuil Shaolin tidak ada maha guru, yg ada adalah Biksu Kepala yg tidak akan diberikan kepada orang luar (non chinese). Kl pun memang So Doshin menjadi biksu, nama biksu beliua apa ya?


Para praktisi Aikido dan Daito Ryu pada masa sekarang ini sedang mencari dan meneliti salah satu sumber ilmu mrk yg dicurigai adalah Ba Qua Channg krn secara konsep bergeak punya byk sekali kemiripna dan secara sejarah ada bbrp yg tercatat.
Judo pun sama, Kano Sensei mempelajari bbrp jenis Jujutsu (salah satunya Kito Ryu). Pencipta Kito Ryu sendiri belajar bbrp teknik Qin Na Shou dari seorang jenderal Cina, Chen Guan p
in.

bung euwin....kalo boleh tau....yang ngajarin ilmu beladiri ke abbott dan jenderal dari china itu siapa ya? dan kira2 abad ke berapa mereka belajarnya? salam hormat..
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: euwin on 26/12/2010 07:48
Abbot dalam arti kepala biarawan? Dlm internal kuil ada system sendiri, yg membuat para kepala biara memilih siapa penerusnya. Termasuk jg dlm menurunkan ilmu silat mereka.
Ilmu silat Shaolin sendiri merupakan byk gabungan dr ilmu silat lain, sumber2 mereka byk dari jenderal2 yg sudah pensiun atau mundur dari militer lalu mengasingkan diri ke dlm kuil.
Mereka mengajarkan ilmu mrk kepada biksu2, tentu saja mengalami perubahan disesuikan dgn konsep kuil Shaolin itu sendiri.
Dan maksud dr Ibu jenderal Cina ituyg mana? Chen Guan Pin? Kl soal itu terus terang saya tidak tahu krn saya bukan praktisinya. Tp kebanyakan beladiri Cina terutama yg tradisional punya teknik Chin Na masing2.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: mountsatria08 on 26/12/2010 22:05
Tat Mo mengajarkan seni gerak yg kemudian menjadi Yi Yin Jing dan Yin Sui Jing (ini sama sekali bukan teknik beladiri, ini adalah internal training)

mas euwin, salam kenal.. [[peace2]] klo boleh, mau tanya sedikit nih.. tentang Yi Jin Jing dan Yi Sui Jing..
mmm, klo ngga salah dengar, yang masih ada sekarang tinggal Yi Jin jing ya?! gimana dengan Yi Sui jing? masih ada yang mewarisi atau memang benar2 sudah punah? terimakasih banyak untuk pencerahannya..  :) 
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: euwin on 27/12/2010 10:09
Salam Mas,

saya gak tau pastinya siapa yg mewarisi, tp yg setau saya org2 yg menguasai ilmu2 tradisional dan kuno banyak yg memilih tidak muncul di umum. Yang tau hanya kalangan internal saja.
Mengenai Yi Yin Jing pun yg diketahui oleh umum hanya salah satu bagian dari kitab, padahal Yi Yin Jing itu lengkapnya ada bbrp kitab.
Saya kira topiknya mulai OOT, sebaiknya kembalik ke leptop kl kata Tukul hehehe...
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 25/01/2011 10:57
Salam beladiri sahabat semuanya [[damai]] [[damai]] [[damai]]
Ditunggu pencerahan dan pemahaman tentang teknik dan keilmuan shorinji kempo secara lebih mendalam dari para sempay atau sensei shorinji Kempo, agar bisa lebih dipahami secara umum bagi semua praktisi beladiri baik dari kalangan internal maupun dari pencinta beladiri secara umum, karena dalam hal ini saya hanya membuka jalan agar kempo sebagai sebuah khasanah beladiri dunia bisa di ketahui secara lebih terperinci dan mendalam oleh semua pencinta beladiri di manapun, saya bukan sebagai orang yang menguasai tentang taknik maupun keilmuan shorinji, terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Aguswin on 25/01/2011 12:52
Jadi kalau cerita yang saya dengar, So Doshin tidak belajar di Kuil Shaolin, melainkan di salah satu dari sekian banyak perguruan yang mengajarkan aliran Shaolin. Cerita bahwa So Doshin merupakan guru besar ke 21 mungkin merujuk pada perguruan tempat beliau belajar, tapi bukan dari otoritas Kuil Shaolin, karena sampai saat ini kuil Shaolin di Song Shan masih memiliki Biksu Kepala (Abbot) yang terus turun temurun dan tidak pernah diwariskan kepada siapapun dari luar kuil tersebut. Abbot yang sekarang adalah Yong Xin, ditasbihkan pada tahun 1988, dan beliau merupakan tokoh politik yang berpengaruh di Cina sana. Adapun Abbot ke 20 Kuil Shaolin adalah Fa-Hai yang ditasbihkan pada tahun 1611, jadi bukan Wen Tay Son yang hidup di masa penjajahan Jepang, seperti menurut versi So Doshin.


Atau mungkin perguruan tersebut adalah Yehemen Quan atau yang dalam buku sejarah Shorinji Kempo disebut Giwamon Ken ?

Quote from: euwin
Dan ada bbrp lieratur yg saya baca justru kebalikannya, So Doshin yg belajar bbrp bentuk Japanese Jujutsu utk melengkapi ilmu beladirinya yg kemudian diberi nama Shorinji Kempo.

Yang pernah saya dengar, jujitsunya Hakko Ryu ya ?
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: kenshi on 17/02/2011 11:48
Halo slm kenal semua, slm persaudaraan. Sya sudah berlatih kempo selama 12 thn. Selama ini sejarah yg sya ketahui mengenai kempo memang berdasarkan buku Perkemi terbitan 1992. Katanya memang ada revisi mengenai sejarah kempo. Dan kalau tidak salah sekarang ini kempo sudah tdk mengakui bahwa beladiri ini adalah turunan langsung dari Shaolin cina, melainkan merupakan beladiri baru yg teknik2nya berasal dari Shaolin. Oleh sebab itu pada janji Kenshi tdk lg mencantumkan kata2 'ajaran' melainkan hanya kempo saja.....Mohon koreksi bila ada kesalahan, trimakasih
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 17/02/2011 12:12
Salam kenal bang kenshi,salam persaudaraan, [[damai]] [[damai]] [[damai]]
selamat bergabung di sahabat silat, terima kasih atas partisipasinya di tread kempo ini,saya berharap bang kenshi bisa membagi pengalaman dan pengetahuannya tentang kempo seluas2nya disini,baik tentang teknik,sejarah atau apapun,saya dulu berlatih kempo cuma 3 tahun di dojo tuah sakato kota solok sumatera barat,kalau bang kenshi dari dojo mana? dengan pengalaman 12 tahun berlatih kempo saya yakin bang kenshi ini sudah sangat dalam pemahamannya tentang sorinji kempo,dan sudah sangat menguasai teknik2 sorinji, tolong informasi2 yang up to date tentang  sorinji kempo di sampaikan ditread ini,saya membuka tread tentang sorinji ini hanyalah sebagai pembuka jalan buat para kenshi semua,dan kalau ada info2 sejarah lama yang sudah tidak sesuai dengan kondisi kekinian tolong di koreksi,terima kasih bang kenshi
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: oriesama on 29/03/2011 02:07
salam kenal, salam persaudaraan

newbie mohon bimbingannya
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Bayu Umbara on 29/03/2011 11:49
salam persaudaraan mas orie,
mas orie ini kenshi sorinji kempo juga bukan?soalnya ngeliat di bio datanya nama perguruannya seperti kungfu,ayo bagi2 pengalamannya di tread ini kalau mas orie ini memang kenshi dari shorinji,
terima kasih
salam
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: rindumamak on 29/03/2011 14:43
halo , izin baca 2x sama sedikit bertanya ya bang ,
Kalau melihat judulnya saya sedikit bingung ya.., bukanya Shorinji kempo dari Jepang ya..
buatannya so dosin..
atau mungkin ada shorinji kempo yg lain yg dari India..?

Maaf ya kalau salah nanya..

Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: oriesama on 29/03/2011 16:39
salam persaudaraan mas orie,
mas orie ini kenshi sorinji kempo juga bukan?soalnya ngeliat di bio datanya nama perguruannya seperti kungfu,ayo bagi2 pengalamannya di tread ini kalau mas orie ini memang kenshi dari shorinji,
terima kasih
salam
ahahahaha... ZhongDaochanngQuan= So Doshin-Ken >> Shorinji Kempo :D
kalo pengalaman, saya memantau saja, soalnya saya masih hijau
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: ISMAIL SUMAPRAJA on 08/05/2011 17:37
yang jadi masalah adalah para KENSHI sekarang mengklaim bahwa AIKIDO juga turunan dari KEMPO, gimana urusannya nich???? padahal morihei ueshiba lebih dulu hidup daripada SO DOSHIN.
O YA untuk jiujitsu tidak semua aliran berasal dari china cuma ada yang ahli KUNGFU china bernama CHEN YIN PING memberi pondasi jiujitsu aliran apa gitu (lupa euy) yang cikal bakal terbentuknya wadoryu jiujitsu.
mohon maaf kalo salah.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: Antara on 10/05/2011 09:17
Klaim ini sudah lama beredar kok, bukan sekarang saja. Saya pernah baca di diktat latihan Shorinji Kempo sekitar akhir tahun 80-an.

Tapi yang dimaksud bahwa aikido merupakan ilmu yang masih pecahan dari Shaolin Kungfu, bukan shorinji kempo-nya Sho Doshin, jadi secara timeline memang masih masuk akal.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: oriesama on 13/05/2011 08:40
yang jadi masalah adalah para KENSHI sekarang mengklaim bahwa AIKIDO juga turunan dari KEMPO, gimana urusannya nich???? padahal morihei ueshiba lebih dulu hidup daripada SO DOSHIN.
O YA untuk jiujitsu tidak semua aliran berasal dari china cuma ada yang ahli KUNGFU china bernama CHEN YIN PING memberi pondasi jiujitsu aliran apa gitu (lupa euy) yang cikal bakal terbentuknya wadoryu jiujitsu.
mohon maaf kalo salah.
Klaim ini sudah lama beredar kok, bukan sekarang saja. Saya pernah baca di diktat latihan Shorinji Kempo sekitar akhir tahun 80-an.

Tapi yang dimaksud bahwa aikido merupakan ilmu yang masih pecahan dari Shaolin Kungfu, bukan shorinji kempo-nya Sho Doshin, jadi secara timeline memang masih masuk akal.

mohon maaf sebelumnya, pemahaman bahwa:
shorinji kempo=shaolin kungfu
shaolin kungfu=roots of all martial arts
so
shorinji kempo=roots of all martial arts
adalah propaganda semata :D jika dilihat dari masa itu (sebelum tahun 1990an) klaim tersebut dibuat untuk menanamkan militansi bagi kenshi kempo :) biasa lah, klaim-klaim tersebut di masa itu, tidak hanya shorinji kempo, banyak kok bela diri lain yang menggunakan klaim ajaibnya masing masing :)

the fact is :

fakta fakta tersebut sebenarnya menunjukkan perbedaan antara legenda dengan kenyataan
my favorite statement :D
"hehehe.. mereka (orang jepang) juga tahu batasan antara legenda ("penerus shaolin sejati!") dengan reality ("Creator of a modern religious martial art!")"

semoga bermanfaat :)
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: oriesama on 13/05/2011 08:49
Ijin repost ya sempai

Kenshi, Rei! sejarah Tentang Kaisho So Doshin

Nakanao Michiomi – Kaiso

Dilahirkan di suatu desa yang terletak di suatu lereng gunung kecil di daerah administrasi Okuyama tahun, 1911. Anak sulung dari tiga bersaudara, ayahnya adalah seorang pegawai biasa. Michiomi kecil ditinggal ayahnya ketika berumur delapan tahun. Sehingga ia harus mengasuh dua adik perempuannya ketika ditinggal ibunya untuk bekerja menggantikan ayahnya. Akhirnya dua saudaranya di asuh oleh keluarga dari ibu, sedangkan Michiomi pergi ke Manchuria untuk tinggal bersama kakek dari ayahnya.

Kakek Michio adalah anggota Kokyuryukai (Perkumpulan rahasia Ular Naga Hitam). Dan ia juga seorang yang ahli dalam seni beladiri (budo). Selama 7 tahun kakeknya mengajarkan permainan pedang dan seni permainan tombak, serta perkelahian tanpa senjata, Jujutsu.

Bulan mei tahun 1926 Ibu Nakano Michiomi meninggal dunia, dan iapun kembali ke Jepang. Dan pada tahun yang sama salah satu saudarinya juga menyusul ibunya, setahun kemudian, 1927, saudara satunya lagi juga meninggal dunia. Bukan suatu kebetulan juga ketika akan kembali ke Cina kakeknya juga meninggal ditahun yang sama. Kini Michiomi tinggal sebatang kara, dan iapun pergi ke Tokyo, yang pada waktu itu terjadi depresi ekonomi setelah PD I. Perekonomian tidak teratur dan angka pengangguran tinggi.

Agen Intelegent
Di usai ke 17 tahun, Januari 1928, Michiomi mendaftarkan diri masuk angkatan perang. Dan ditempatkan di Manchuria sebagai Special Expeditionary Force, agen pasukan khusus. Ditugaskan pada sekolah Taoist yang dikepalai oleh Chen Liang. Seorang anggota rahasia Perkumpulan Zaijia Li, dan kepala perkumpulan Bunga Teratai Putih (Byakuren dalam bahasa Jepang), sekolah tinju Shaolin Utara ( Shorin). Sebagai murid Chen, Michiomi mempelajari kempo (Quan Fa – Tinju), dan juga pertama kali Michiomi berkenalan dengan pengajaran Budha. Pengaruh Budha (Chan-Zen) sangat kental dengan beladiri cina.

Tahun 1931 Nakano Michiomi terkena tipus dan dikembalikan ke Jepang. Bergabung dengan Kesatuan Angkatan Udara I. Ketika latihan terbang malam, ia terkena seranga jantung, dan harus mendapatkan perawatan hingga 6 bulan. Para dokter memperkirakan waktu hidupnya 1 sampai 3 tahun.

Bulan Oktober 1931, Michiomi kembali ke Manchuria dan Chen, ditugaskan sebagai agen intelijen. Karena ia berpikir tidak punya umur panjang, Michiomi memilih untuk melakukan berbagai macam misi. Chen bertanya padanya, mengapa ia menginginkan kematian lebih cepat. Michiomi menceritakan apa
yang telah dikatakan dokter kepadanya waktu itu. Chen berkata kepada dia, siapa yang memutuskan hidupmu hanya Cuma setahun? Nasib adalah sesuatu yang Gaib, di luar ken adalah kematian. Kamu tidak akan mati dengan seketika, kamu harus berjuang untuk hidup dengan segala usaha. Aku akan merawatmu mulai hari ini. Michionmi menjalani perawatan dengan pijatan dan teknik akupressur, dalam bahasa jepang disebut Kemyaku iho. Dan dalam istilah ShorinjiKempo sekarang disebut dengan Seiho (seitai jutsu).

Dalam melaksanakan misinya, Michiomi menyamar sebagai gelandangan, menemani Chen. Pada tahun 1932, mereka berada di Beijing, di mana gurunya Chen, Wen Taizong tinggal di sana. Wen waktu itu adalah guru besar dari sekolah Shaolin Utara “Yihemen Quan” , atau Giwamon Ken dalam bahasa Jepang.

Pada waktu masih muda, Wen adalah seorang biarawan kuil Shaolin, dan akhirnya menjadi guru besar menggantikan Huang Longbai. Lalu Wen memperkenalkan Michiomi pada Huang, dan akhirnya mengijinkan menjadi muridnya secara langsung. Huang mengajarkan Michiomi 36 macam kuncian dan teknik gulat naga, yang disebut Longxi Zhuji. Ia juga mempelajari teknik lemparan Wu Hua Quan (Goka Ken, Tinju Lima Bunga), yang akhirnya menjadi dasar prinsip lembut dan keras menjadi satu (Goju Ittai).

Setelah mempelajari beladiri dari kakeknya, kemudian menguasai apa yang telah diajarkan Chen, Michiomi menerima semua pelajaran dengan cepat. Wen berpikir telah menemukan seorang yang cukup cakap. Di musim gugur 1936, Wen dan Michiomi menghidiri upacara di kuil Shaolin, Michiomi di angkat menjadi Guru Besar ke 21 dari Yihemen Quan. Wen menamai di “Doshin So/Zhong Daochang (dalam bahasa Mandarin)”, yang berarti Yang Membantu Jalan Menuju Religius. Dan nama tersebut dipakai sepanjang sisa hidupnya.

Sejak kali pertama bergabung di kuil Shaolin, Doshin amat terkesan dengan lukisan di dinding yang melukiskan Orang India dan Biarawan Cina berlatih dengan menyenangkan dan dilakukan bersama-sama. Metode ini berlawanan denga pelatihan yang selama ini dia lakukan, dan ia mengembangkan gagasan, dimana untuk berlatih harus ada kerja sama dengan pasangannya, untuk kepentingan berdua. Dalam bahasa jepang, konsep ini dinyatakan sebagai “otagai renshu” (berlatih untuk satu sama lain), atau “jita kyuraku” (menikmati dengan orang lain).

Soviet menyerbu Manchuria
Agustus 1945, Soviet menyerbu Manchuria. Angkatan perang Jepang melarikan diri, dan meninggalkan anak-anak dan para wanita di Manchuria. Doshin So merasakan perilaku yang kurang berkenan untuk ikut meninggalkan Manchuria. Akhirnya ia mengalami dua masa pendudukan di Manchuria, yaitu masa Jepang dan masa Soviet. Ia melihat perilaku dari pemenang perang waktu itu, bagaimana cara supaya bisa mempertahankan kedudukannya, tak lain dengan menekan kaum yang lemah. Dan ia pun melihat bagaimana keberanian seseorang untuk melindungi yang lemah dengan bahkan mengorbankan diri mereka. Doshin So mengembangkan pemahamannya, bahwa kualitas seseorang bukan dari kebangsaan mereka tetapi berasal dari individu sendiri.

Ia berkata, " Di masa damai, orang-orang dapat menyembunyikan karakter mereka asli mereka, mereka dapat menghias karakter masing masing, tetapi ketika kekacauan datang, akan terlihat karakter aslinya, tidak lagi terpengaruh oleh hukum yan ada. Aku mempelajari hal ini dari pengalaman dan penderitaan.
Jika kita ingin mencapai kedamaian, tidak ada jalan/cara lain kecuali menegakkan kesadaran hukum yang kuat kuat untuk semua, tidak memihak siapapun. Aku merasakan hal ini ketika berada di Manchuria. Sehingga jika aku dapat kembali ke Jepang, aku akan membuka sekolah swasta untuk membangun ikatan dan jiwa keberanian, serta kepercayaan di hati orang orang muda”.
Title: Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
Post by: oriesama on 13/05/2011 08:51
Sambungan

Kaiso Ke Jepang
Setelah peperangan selesai, orang-orang yang berada di Cina pulang ke Jepang. So Doshin tetap tinggal di Shenyang bersama teman-temannya di masyarakat Cina. Hubungan dengan orang-orang tersebut memungkinkan dia kembali ke Jepang lebih cepat. Temen-teman di Cina mencoba untuk membujuk agar tetap tinggal di dalam Negeri China, dengan alasan Jepang telah dihancurkan Sekutu. Kepada teman temannya Doshin So mengatakan bahwa mungkin Jepang telah hilang, tetapi ia belum pernah hilang, dan masih sebagai orang Jepang. Ia ingin kembali ke Jepang untuk membantu, membangun kembali Jepang. So Doshin mendarat pada Sasebo, daerah di Nagasaki pada tahun 1946. Sepanjang perjalanan pulang tidak jarang ia menggunakan teknik kempo untuk menghindari gangguan dari penumpang yang
lain.

Akhirnya Doshin ke kota kelahiran ibunya. Dan menginap di kemenakannya di Osaka. Ia memulai hidup baru dengan menjalankan bisnis produk bahan kimia bersama temannya dari Cina. Dari sini Doshin dapat bertahan hidup dan pendapatkan kenyamanan. Pada waktu yang sama, Doshin melihat penderitaan yang diakibatkan oleh perang, inflasi, kemiskinan, pengangguran, memicu orang melanggar hukum dan orang tidak mau mendengarkan suara hati untuk orang lain. Ia ditawari beberapa lahan di Tadotsu, suatu daerah pedesaan dan pelabuhan di pulau Shikoku, Daerah administrasi Kagawa. Dan akhirnya Tadotsu telah menjadi Mecca untuk Shorinji Kempo.

Mendirikan Shorinji Kempo

Doshin So memulai dengan membangun aula kecil, dan memberi pengajaran dan filosofi pada Oktober 1947. Pada awalnya ia tidak begitu diterima, karena dianggap orang asing di daerah tersebut, dan juga pengajaran yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang sudah ada. Yang datang untuk mendengarkan hanya sedikit, tapi yang kembali lagi lebih sedikit lagi.

Ketika So Doshin sedang mempertimbangkan bagaimana cara yang tepat untuk mengajarkan filosofinya, dalam suatu mimpinya ia bertemu dengan Bodhidharma, berjenggot dan berpakaian seperti biarawan budha, berjalan dengan cepat dihadapan So Doshin, ia berusaha berbicara pada Bodhidharma tetapi tidak dapat mendengarnya, Bodhidharma hanya menunjukkan satu arah dari tangannya, So Doshin berusaha memahami mimpinya. Akhirnya ia memutuskan untuk memberikan pengajaran Zen Budhisme, seperti ketika ia belajar di Kuil Shaolin. Yang kemudian ia gabungkan dengan filosofi yang pernah ia terima.Bukan pengajaran yang berhubungan dengan peperangan untuk memenangkan lawan, tetapi lebih kepada pelatihan jasmani dan peningkatan rohani untuk kemajuan bersama. Doshin akhirnya mengorganisir kembali sistem teknik yang telah ia pelajari sebelumnya dan menyelaraskan dengan pemahamannya akan Zen Budhisme.

Kota Tadotsu sedang dalam kekacauan, banyak penjahat dan pasar gelap setelah perang berakhir. So Doshin mengajarkan teknik kempo kepada muridnya dengan cepat. Dan bersama muridnya turun ke jalan untuk menantang penjahat yang ada di jalanan, karena ia berpikir, dengan pengguanaan teknik yang dikuasai untuk kebaikan hal itu adalah benar.

Bersama dengan polisi setempat Doshin So berhasil mengamankan kota. Untuk memastikan muridnya tidak kembali turun ke jalan, mereka harus bekerja terlebih dahulu. So Doshin mengajarkan teknik Beladiri dengan melatih fisik dalam format Zen. Akhirnya makin banyak murid baru yang bergabung dengan pelatihan tersebut.. Di tahun 1950, Doshin So membentuk perkumpulan yang bersifat religius, tahun 1951, resmi menjadi organisasi “Kongo Zen Sohonzan Shorinji”. Dan membentuk sekolah untuk melatih Shorinji Kempo untuk membentuk pemimpin masa depan waktu itu, yang bernama sekolah Zenrin Gakuen (akademi hutan zen), sebagai awal dari Nihon Shorinji Budo Senmon Gakko (Akademi Shorinji Kempo Jepang), yang sering disebut juga Busen (Budo Senmon).

Sebagian dari diri kalian adalah untuk orang lain, adalah satu pengajaran didalam Busen. Masing-masing individu harus berusaha hidup layak. Semboyan Shorinji Kempo dan Kongo Zen yang dikenal sampai hari ini " Pikir separuh untuk kebahagiaan milik mu, setengah untuk kebahagiaan dari yang lain" ( Nakaba wa jiko Nakaba wa jiko shiawase wo, nakaba wa hito nakaba wa hito shiawase wo). Selama tahun 1950 an sering mengadakan demonstrasi publik untuk publik, seperti embu taikai, sehingga mempercepat pertumbuhan organisasi. Tahun 1960, Doshin So muncul di televisi nasional, sehingga semakin meningkatkan ketenaran Shorinji Kempo pada publik. Di 1963 membentuk " Shadan Hojin Nihon Shorinji Kempo Renmei" di kuil Tadotsu, untuk mempelajari Buddhism yang dipelajari selama di kuil Shaolin Kuil,yaitu mempelajari penyelesaian suatu sengketa dengan cara penengahan lewan pengajaran Budha dan mempelajari teknik Beladiri.

diambil dari
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=868056