+-

Video Silat


beksi hasbulloh - Performance silat di acara ultah
Cikalong Pabuci di acara Tatap Muka TV One
Peragaan gerak/jurus Silek Harimau
Pencak Silat di acaranya Okinawa Karate Federation
Tarung Bebas PZH
Tarung Bebas Genggong - Pesilat vs Santri
Ensiklopedi Silat Indonesia
Silat Makassar menggunakan badik
Sparing Ikmaludin vs Arif Persinas

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
31/10/2017 13:13

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

maenpo Cikalong by aki sija
25/02/2015 22:01

SilatIndonesia.Com

Author Topic: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA  (Read 26024 times)

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #30 on: 23/12/2010 14:28 »
uda bayu ini luar biasa pengalaman beladirinya  [top] pendekar dari 4 penjuru beladiri  [[peace2]]

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #31 on: 23/12/2010 15:37 »
Sebenarnya ada beberapa dispute seputar sejarah Shorinji Kempo versi yang diungkapkan oleh Uda Bayu ini, dan setahu saya sejarah ini sudah direvisi.

Pada tahun 1972 So Doshin kalah dalam pengadilan ketika mempertahankan versi sejarah ini melawan tuntutan Kenpo lain, beliau tidak mampu menunjukkan bukti, fakta sejarah, dan kedekatan lineage beliau, karenanya So Doshin diwajibkan mengganti nama alirannya menjadi "Nippon Shorinji Kempo" untuk membedakannya dari Wushu Shaolin di Cina.

Pada prinsipnya, Shorinji Kempo harus mengakui bahwa aliran ini bukanlah pewaris atau lineage utama dari aliran Shaolin, bahwa So Doshin hanyalah salah satu orang yang belajar ilmu shaolin dan mendirikan cabangnya sendiri, namun bukan otoritas shaolin yang resmi, sehingga tidak berhak menyebut diri guru besar shaolin.

Pun klaim yang menyebutkan bahwa ilmu Shorinji Kempo merupakan induk dari semua beladiri lain juga ditolak, karena Shaolin sendiri tidak mengeluarkan klaim serupa.

Kalau ditengok website Shorinji Kempo Jepang, sejarah ini sudah direvisi.
Namun karena Shorinji Kempo masuk ke Indonesia di akhir tahun '60-an, sebelum pengadilan So Doshin digelar, versi sejarah ini-lah yang masih banyak beredar.

Cuma pernah denger saja  ::)
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #32 on: 23/12/2010 17:03 »
@Kang hb : maaf kang jangan terlalu berlebihan,nanti saya GR lagi hehe...saya bukan pendekar,hanya seorang anak kampung yang hobby sekali sama beladiri,karena olah raga yang lain saya ga ada yang bisa satupun,jadi aja belajar macam2 beladiri,salam
@Bang Antara : mungkin dalam hal ini informasi saya sudah tidak Up to date,namun berkenaan dengan pernyataan bang antara tentang klaim so doshin saya kira kurang tepat,karena yang saya tuliskan diawal sebagai pencipta beladiri shaolin adalah  Pendeta Darma Taishi di kuil siau lim sie, bukan so doshin, so doshin adanya setelah perang dunia ke 2,kalau tidak salah begitu bang, dan mengenai klaim asal beladiri mungkin juga kurang tepat, tapi teknik2 dari shorinji kempo yang dibawa oleh para pendeta kuil shorinji mempengaruhi teknik2 beladiri setempat,sehinggga muncullah teknik2 beladiri baru,tapi ini juga perlu kajian historis yang mendalam, walaupun mungkin kalau diperhatikan secara seksama dari beladiri2 yang disebutkan itu terdapat banyak kesamaan2 teknik,tapi wallohu'alam kalau itu berasal dari satu garis dengan beladiri kempo saya juga kurang faham dalam hal ini,hanya sedikit membabar sejarah shorinji kempo yang pernah saya dapat yang ternyata sudah ada versi revisinya ,maaf yang sebesar2nya pada semuanya, karena sejarah yang berkembang disemua dojo kempo di indonesia hari ini masih seperti itu adanya,mohon masukan dari semuanya.mungkin barangkali dari para sensei kempo ada yang mau menambahkan dan sharing informasi yang paling up todate dan akurat,sekian terima kasih
salam

f4iz

  • Guest
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #33 on: 23/12/2010 22:24 »
Salam Uda Bayu,
Shorinji Kempo di Indonesia cukup banyak praktisinya.
Om saya dulu pernah latihan thn 60'an di Jakarta. Pelatihnya dulunya mahasiswa Indonesia yg tinggal diJepang katanya. Walo udah tua dan gak latihan lagi, dia masih inget dikit-2x :)

Mau tanya, kalau di Unyo-ho/Randori itu apakah boleh pake tekhnik kuncian dan bantingan spt. yg kita liat di Embu atau hanya boleh tekhnik tendangan dan pukulan saja ?

Wasalam,
Faiz

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #34 on: 24/12/2010 09:37 »
Randori adalah perkelahian bebas atau sparring jadi lebih kepada teknik tendangan dan pukulan,walaupun bisa menggunakan teknik juho tapi jarang yang melakukanya,
Jenis Pertandingkan dalam Kempo

   1. Embu (Performansi Teknik)
   2. Randori (Perkelahian Bebas)

Pertandingan Kempo.
Kenshi yang bertanding baik dalam nomor Randori perorangan atau beregu putra (kenshi putri tak dipertandingkan dalam Randori)
Randori.
Dalam Randori, peserta harus menggunakan do (pelindung dada), mengenakan sarung tangan, serta pelindung kepala. Selama bertanding peserta juga harus mengenakan dogi (seragam kenshi). Randori yang dipertandingkan terdiri dari dua nomor yaitu

    * Randori beregu
    * Randori perorangan

Arena Pertandingan
Pertandingan dilangsungkan pada arena seluas 5 x 5 meter yang berbentuk segi empat. Dalam nomor Randori (perkelahian bebas), setiap pertandingan berlangsung dua menit bersih. Untuk pertandingan randori beregu tiap tim terdiri 5 kenshi dan satu kenshi merupakan cadangan. Sistem pertandingan ditentukan oleh rapat teknik. Pertandingan Randori dipimpin oleh wasit utama yang dibantu oleh 2 sampai 4 wasit pembantu.
Embu
Sistem pertandingan untuk Embu berpasangan dapat diadakan 2 babak atau 3 babak menurut jumlah pesertanya. Pasangan Embu terbaik pada babak penyisihan dan babak semifinal berhak maju ke babak final, sedangkan nomor Embu beregu hanya dilangsungkan dalam 2 babak. Regu-regu terbaik dalam babak penyisihan berhak maju ke babak final.
Nomor Pertandingan Embu

    * Embu Beregu (Putra/Putri/Campuran)
    * Embu Pasangan(Putra/putri)

Penilaian
Pemenang nomor Randori adalah peserta yang menggunakan teknik-teknik kempo, baik teknik go ho atau ju ho. Dalam teknik go ho, peserta harus menghasilkan pukulan atau tendangan yang hard contact dan memenuhi prinsip lima syarat serangan (atemi no gd yo ho) Tendangan/pukulan yang tak tertangkis diberi nilai Ippon (10) atau dua kali nilai Waza Ari (5). Bila peserta kurang bersemangat (kiai), atau posisi kuda-kuda tak sempurna diberi nilai Waza Ari. Bila menggunakan teknik ju ho, harus menggunakan teknik kuncian (Katame). Bila sesudah berlangsung teknik ju ho, terbukti peserta tak melakukan Katame, serangan selanjutnya hanya boleh diarahkan ke sasaran do, bukan ke muka atau ke kepala lawan.

Bila peserta menggunakan serangan beruntun (Ren Geri) untuk menaklukkan lawan sehingga terjatuh ia dapat ditetapkan mendapat kemenangan Waza Ari. Kemenangan mutlak diberikan kepada salah seorang peserta (Mujokan Kachi) bila dalam pertandingan wasit utama menilai jalannya pertandingan tak seimbang. Bila terdapat perbedaan tingkat penguasaan teknik atau kekuatan, salah seorang peserta diberi kemenangan mutlak dengan nilai 15.

Khusus menghadapi kasus seri, dalam nomor Randori perorangan saja diberlakukan ketentuan ronde perpanjangan selama 2 menit.

Nomor Randori beregu mempertandingkan dua peserta dari tiap regu yang bertanding. Setiap regu terdiri atas 6 orang. Mereka secara bergantian mendapatkan giliran bertanding. Setiap anggota hanya bertanding sekali dengan sistem pertandingan yang berlaku dalam nomor Randori perorangan, yaitu prinsip peserta mana yang lebih dahulu mencapai nilai Ippon. Regu pemenang ditentukan oleh jumlah pemenang terbanyak. Bila terjadi seri, regu yang mengumpulkan nilai Ippon dan Waza Ari terbanyak menjadi pemenangnya. Jika dalam pertandingan penentuan nomor Randori beregu ditemukan jumlah nilai yang sama, kemenangan diberikan kepada peserta dengan nilai Yusei Kachi. Tetapi jika dalam pertandingan penentuan ini ditemukan pemenangnya first infirst win, kemenangan disebut Itten Shobu.

Bila peserta meninggalkan arena, atau tak dapat meneruskan pertandingannya, angka Ippon(10) diberikan kepada lawannya.

Dalam nomor Embu, peserta diizinkan memilih jurus yang ditawarkan oleh panitia pertandingan sesuai dengan tingkat peserta. Batas waktu melakukan Embu untuk setiap peserta selama 1 1/2 sampai 2 menit. Pada saat nomor Embu berlangsung, peserta diberikan isyarat tentang waktu yang sudah dijalaninya, karena dalam Embu dikenal hukuman denda. Peserta baik berpasangan atau beregu, yang mengalami kelebihan waktu 10 detik saja akan didenda 1,5 nilai. Malah kalau terjadi kelebihan 3 menit peserta langsung dikenakan diskualifikasi. Namun, peserta Embu yang bertanding sampai di luar batas arena pertandingan tak dikenai denda. Untuk nomor Embu nilai tertingginya 100.
sekian bang terima kasih
salam

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #35 on: 24/12/2010 10:40 »
Mas Bayu,

ada bbrp cerita yg tidak tepat kl boleh saya sampaikan. Seperti: Tat Mo adalah pencipta ilmu Shaolin Kungfu. Ini tidak seperti kenyataanya, Tat Mo mengajarkan seni gerak yg kemudian menjadi Yi Yin Jing dan Yin Sui Jing (ini sama sekali bukan teknik beladiri, ini adalah internal training).
Kemudian So Doshin menjadi maha guru. Dlm kuil Shaolin tidak ada maha guru, yg ada adalah Biksu Kepala yg tidak akan diberikan kepada orang luar (non chinese). Kl pun memang So Doshin menjadi biksu, nama biksu beliua apa ya?
Hal ini yg kemudian membuat WSKO merevisi isi websitenya, baik dr sisi sejarah sampai kepada logo.
Saya lupa pada tahunnya, tp ada masa ketika pihak Shaolin lewat pemerintah Cina membawa WSKO ke pengaldilan utk menunjukkan bukti2 tsb, dan akhirnya keputusan pengadilan utk WSKO hrs merubah sejarah dan logo WSKO.
Bisa di cek di web WSKO di bagian sejarah sudah berubah (tidak lg membawa2 Tat Mo dan Sho Doshin sebagai maha guru Shaolin), dan logo yg dulu (manji) jg berubah menjadi spt sekarang.

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #36 on: 24/12/2010 10:49 »
Statement bahwa Shorinji Kempo yg mempengaruhi beladiri lain jg saya kira kurang tepat, seperti misalnya mempengaruhi Aikido Dan Judo.
Para praktisi Aikido dan Daito Ryu pada masa sekarang ini sedang mencari dan meneliti salah satu sumber ilmu mrk yg dicurigai adalah Ba Qua Channg krn secara konsep bergeak punya byk sekali kemiripna dan secara sejarah ada bbrp yg tercatat.
Judo pun sama, Kano Sensei mempelajari bbrp jenis Jujutsu (salah satunya Kito Ryu). Pencipta Kito Ryu sendiri belajar bbrp teknik Qin Na Shou dari seorang jenderal Cina, Chen Guan pin.
Dan ada bbrp lieratur yg saya baca justru kebalikannya, So Doshin yg belajar bbrp bentuk Japanese Jujutsu utk melengkapi ilmu beladirinya yg kemudian diberi nama Shorinji Kempo.

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #37 on: 24/12/2010 11:35 »
Waduh, sedang nge-draft jawaban, eh, Koh Euwin turun gunung... Mangga Koh...  :)

Jadi kalau cerita yang saya dengar, So Doshin tidak belajar di Kuil Shaolin, melainkan di salah satu dari sekian banyak perguruan yang mengajarkan aliran Shaolin. Cerita bahwa So Doshin merupakan guru besar ke 21 mungkin merujuk pada perguruan tempat beliau belajar, tapi bukan dari otoritas Kuil Shaolin, karena sampai saat ini kuil Shaolin di Song Shan masih memiliki Biksu Kepala (Abbot) yang terus turun temurun dan tidak pernah diwariskan kepada siapapun dari luar kuil tersebut. Abbot yang sekarang adalah Yong Xin, ditasbihkan pada tahun 1988, dan beliau merupakan tokoh politik yang berpengaruh di Cina sana. Adapun Abbot ke 20 Kuil Shaolin adalah Fa-Hai yang ditasbihkan pada tahun 1611, jadi bukan Wen Tay Son yang hidup di masa penjajahan Jepang, seperti menurut versi So Doshin.

Ketidakcocokan ini mengharuskan Shorinji Kempo Merevisi sejarahnya, karena sejarah yang sebelumnya beredar menimbulkan kesan bahwa Shorinji Kempo adalah otoritas yang berhak mewarisi wewenang Kuil Shaolin Song Shan.

***

Quote from: euwin
Dan ada bbrp lieratur yg saya baca justru kebalikannya, So Doshin yg belajar bbrp bentuk Japanese Jujutsu utk melengkapi ilmu beladirinya yg kemudian diberi nama Shorinji Kempo.

Demikian pula yang saya baca, Koh Euwin. Aspek Juho dari Shorinji Kempo diambil dari Jujutsu Jepang. Teori ini muncul salah satunya karena nama dari banyak waza Juho di Shorinji Kempo memiliki kesamaan dengan Jujutsu, bukan menggunakan nama dari teknik sejenis di Cina.

***

Saya bukan mau mengupas yang tidak-tidak loh ya, kita cuma berbicara versi-versi sejarah yang berbeda saja koq. Shorinji Kempo sendiri sebagai sebuah entitas beladiri merupakan organisasi besar yang disegani. [top]
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #38 on: 24/12/2010 11:42 »
Terima kasih kang euwin dan kang antara atas masukannya,
memang sejarah yang saya dapatkan masih versi lama, saya terakhir belajar kempo tahun 94, setelah itu saya kurang mengikuti perkembangannya karena kenal internet juga baru sekarang2,
 terlepas dari masalah kebenaran sejarah yang pernah beredar diindonesia bahkan sampai hari ini, saya mengambil sisi positifnya saja, bahwa teknik beladiri yang dimiliki kempo itu sangat efektif untuk real fighting walaupun saya sudah tidak lagi menekuni kempo, tapi saya sering menyarankan ke orang lain untuk memperkaya variasi teknik beladirinya dengan belajar kempo,
saya mohon maaf atas kekurang tepatan sejarah kempo yang pernah ada dan saya tuliskan dalam tread ini, walaupun sejarahnya  bukan saya yang buat hehe....
kalaupun hal yang disampaikan itu benar adanya, bagi saya suatu hal yang positif sekali, dan saya jadi bersyukur dan berterima kasih pada semuanya, dengan diungkap seperti ini dalam forum diskusi akan ada flash back, jadi banyak informasi2 baru yang up to date dan bisa meluruskan kekeliruan sejarah yang ada dan membuka cakrawala berfikir kita untuk menerima kebenaran dari sudut pandang yang berbeda, toh itu hanyalah sebuah persepsi dan paradigma yang tetap harus melalui hipotesa yang mendalam untuk mmembuktikan kebenarannya, yang penting adalah esensi yang terkandung didalamnya, kempo adalah sebuah khasanah beladiri yang mewarnai dunia persilatan dan persilatan dunia dengan teknik goho dan juhonyo, terlepas versi mana yang benar, dalam hal ini saya bukanlah sebagai orang yang mewakili wadah organisasi kempo, hanyalah seorang pencinta teknik beladiri kempo yang pernah mewarnai kehidupan saya, jadi sekali lagi mohon maaf dan terima kasih yang setulus2nya dan sebesar2nya kepada semuanya yang sudah berapresiasi untuk memperbaiki dan meluruskan suatu kekurangan dan kekhilafan apapun itu dan dari manapun itu,
sekian terima kasih
salam

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #39 on: 24/12/2010 12:03 »
Mas Antara dan Mas Bayu,

saya sependapat dgn Anda berdua. Bukan bermaksud utk menyudutkan tp alangkah baiknya mulai meneliti ttg asal usul suatu hal yg kita tekuni. Sangat berguna utk genarasi penerus setelah kita.
Belajar beladiri bukan hanya sekedar berlatih teknik tempur, tp juga belajar sejarah, budaya dimana beladiri sendiri menjadi bagian dari sejarah dan budaya peradaban manusia itu sendiri.
Saya kira itu yg membedakan manusia dgn mahluk hidup lainnya bukan, belajar dr apa yg sudah terjadi sehingga bisa memperbaiki nanti kedepannya.
Seperti tujuan mulis setiap para pendiri, pencipta dan praktisi yg sudah ada jauh sebelum kita, tujuan akhir dari belajar ilmu itu mendekatkan manusia kepada peciptanya dan membentuk manusia menjadi lebih baik lagi.
Oleh sebab itu saya menulis 2 kata yg berbeda, berlatih dan belajar.

hehehe ngomongn ngawur dr org yg masihhhhhh belajar dan berlatih, kl dibaca Shifu bisa dijewer dan di strap nih :D

ibu

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 40
  • Reputation: 11
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #40 on: 26/12/2010 01:54 »
ada bbrp cerita yg tidak tepat kl boleh saya sampaikan. Seperti: Tat Mo adalah pencipta ilmu Shaolin Kungfu. Ini tidak seperti kenyataanya, Tat Mo mengajarkan seni gerak yg kemudian menjadi Yi Yin Jing dan Yin Sui Jing (ini sama sekali bukan teknik beladiri, ini adalah internal training).
Kemudian So Doshin menjadi maha guru. Dlm kuil Shaolin tidak ada maha guru, yg ada adalah Biksu Kepala yg tidak akan diberikan kepada orang luar (non chinese). Kl pun memang So Doshin menjadi biksu, nama biksu beliua apa ya?


Para praktisi Aikido dan Daito Ryu pada masa sekarang ini sedang mencari dan meneliti salah satu sumber ilmu mrk yg dicurigai adalah Ba Qua Channg krn secara konsep bergeak punya byk sekali kemiripna dan secara sejarah ada bbrp yg tercatat.
Judo pun sama, Kano Sensei mempelajari bbrp jenis Jujutsu (salah satunya Kito Ryu). Pencipta Kito Ryu sendiri belajar bbrp teknik Qin Na Shou dari seorang jenderal Cina, Chen Guan p
in.

bung euwin....kalo boleh tau....yang ngajarin ilmu beladiri ke abbott dan jenderal dari china itu siapa ya? dan kira2 abad ke berapa mereka belajarnya? salam hormat..

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #41 on: 26/12/2010 07:48 »
Abbot dalam arti kepala biarawan? Dlm internal kuil ada system sendiri, yg membuat para kepala biara memilih siapa penerusnya. Termasuk jg dlm menurunkan ilmu silat mereka.
Ilmu silat Shaolin sendiri merupakan byk gabungan dr ilmu silat lain, sumber2 mereka byk dari jenderal2 yg sudah pensiun atau mundur dari militer lalu mengasingkan diri ke dlm kuil.
Mereka mengajarkan ilmu mrk kepada biksu2, tentu saja mengalami perubahan disesuikan dgn konsep kuil Shaolin itu sendiri.
Dan maksud dr Ibu jenderal Cina ituyg mana? Chen Guan Pin? Kl soal itu terus terang saya tidak tahu krn saya bukan praktisinya. Tp kebanyakan beladiri Cina terutama yg tradisional punya teknik Chin Na masing2.

mountsatria08

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 1
  • Posts: 22
  • Reputation: 5
  • Sahabat Silat
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #42 on: 26/12/2010 22:05 »
Tat Mo mengajarkan seni gerak yg kemudian menjadi Yi Yin Jing dan Yin Sui Jing (ini sama sekali bukan teknik beladiri, ini adalah internal training)

mas euwin, salam kenal.. [[peace2]] klo boleh, mau tanya sedikit nih.. tentang Yi Jin Jing dan Yi Sui Jing..
mmm, klo ngga salah dengar, yang masih ada sekarang tinggal Yi Jin jing ya?! gimana dengan Yi Sui jing? masih ada yang mewarisi atau memang benar2 sudah punah? terimakasih banyak untuk pencerahannya..  :) 
Awali Segala Sesuatu Dari Hati.. ^_^

Belajar sampai benar..
Berlatih sampai akhir..

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #43 on: 27/12/2010 10:09 »
Salam Mas,

saya gak tau pastinya siapa yg mewarisi, tp yg setau saya org2 yg menguasai ilmu2 tradisional dan kuno banyak yg memilih tidak muncul di umum. Yang tau hanya kalangan internal saja.
Mengenai Yi Yin Jing pun yg diketahui oleh umum hanya salah satu bagian dari kitab, padahal Yi Yin Jing itu lengkapnya ada bbrp kitab.
Saya kira topiknya mulai OOT, sebaiknya kembalik ke leptop kl kata Tukul hehehe...

Bayu Umbara

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 195
  • -Receive: 121
  • Posts: 1.214
  • Reputation: 197
  • Datuk Bagindo Rajo
    • http://silekminangpandekacupak.blogspot.com/
  • Perguruan: Sasaran Silek Harimau Cupak
Re: SHORINJI KEMPO KUNGFU TERTUA DARI DARATAN INDIA
« Reply #44 on: 25/01/2011 10:57 »
Salam beladiri sahabat semuanya [[damai]] [[damai]] [[damai]]
Ditunggu pencerahan dan pemahaman tentang teknik dan keilmuan shorinji kempo secara lebih mendalam dari para sempay atau sensei shorinji Kempo, agar bisa lebih dipahami secara umum bagi semua praktisi beladiri baik dari kalangan internal maupun dari pencinta beladiri secara umum, karena dalam hal ini saya hanya membuka jalan agar kempo sebagai sebuah khasanah beladiri dunia bisa di ketahui secara lebih terperinci dan mendalam oleh semua pencinta beladiri di manapun, saya bukan sebagai orang yang menguasai tentang taknik maupun keilmuan shorinji, terima kasih
salam

 

Powered by EzPortal