+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: tentang xingyi quan (hsing i chuan)  (Read 19569 times)

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #15 on: 11/04/2008 19:13 »
Dalam gerakan-
nya-pun cenderung membungkuk atau menekuk kaki sehingga posisinya lebih
rendah dari lawan. Saya bayangkan dia pasti ahli menubruk atau menghantam
dengan badan/kepala...

Kalau bisa kuat dalam posisi itu, tandanya lawan grappler juga tetap aman, karena sulit ditakedown dong kalo gitu :D Mo takedown atau throw kan prinsip dasarnya center of gravity harus di bawah lawan, kalo lawan dah di bawah duluan, cuma bisa sprawl, tapi kalo lawan xinyiba malah bisa2 kena sundulan dong :D

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #16 on: 11/04/2008 20:07 »
Yiquan bukannya versi modernnya Xingyi?

Kalau saya tidak salah sih, wushu ini dikembangkan oleh seorang pendekar
XingYiQuan yang merasa perlu membawa ilmu ini ke ranah modern, dengan
menambahi pola-pola latihan yang berorientasi pada fisiologi barat.

Yiquan adalah Xingyiquan yang dihilangkan 'Xing' nya... jadi ini adalah wushu
yang tidak menggunakan bentuk (Xing) dan mengandalkan improvisasi. Mungkin
seperti Bruce Lee men-Jet Kun Tao-kan Wing Chun...

Kalo gak salah loh ya... CMIIW
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #17 on: 11/04/2008 22:16 »
Sebenernya yi quan ya adl xinyi itu (istilah d masa lalu). tapi kalau yi quan yg modern saya tdk tau.

Xingyi ga harus selalu rendah kok, tergantung situasi. n xingyi ga brmain grappling tapi langsung hantam begitu ada yg mo nyoba ngegrab, entah pake sikut ato apapun. n jangan dibayangkan spt di ufc, sama sekali beda. untuk 1 serangan jarak dekat aja misalnya hantaman bahu ato sundulan kpala udah bisa menimbulkan luka serius. apalagi ngincernya titik2 vital. xingyi cocoknya utk pertarungan beneran. klo utk pertandingan kek nya susah, akan banyak sekali pelanggarannya ;D . yang jelas ilmu ini sudah terbukti selama ratusan tahun dlm pertarungan hidup mati yg nyata.

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #18 on: 11/04/2008 22:26 »
oh ya, tadi kelupaan ;D
barusan saya ketemu n ngobrol2 ma ko alie, katanya mas barata ekonomi yg dulu bljr aikido ya? salam katanya :)
katanya juga,  mas budi sudah sering jadi narasumber perkerisan di berbagai acara bhkn punya jadwal siaran tetap di RRI ;D
pokoknya ahli keris ehehe ;D

f4iz

  • Guest
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #19 on: 12/04/2008 09:07 »
Salam Rekans..
@Mas Koshen,
Hsing I Chuan yg nemukan sama dgn yg nemukan Ying Jow Pai bukan (Jendral Yu Fei) ?
Kalo kata temen saya yg latihan Kungfu, Hsing Yi Chuan salah satu dari 3 Kungfu Internal.
Tekhnik-2xnya lebih cepat bisa dipelajari daripada TaiChi ato Baqua karena memang dirancang utk kebutuhan tentara. Jadinya lebih praktis utk dipelajari dalam waktu yg lebih singkat dibanding Taichi ato Baqua.
Bener tidak begitu ?
Kalo Baji termasuk internal juga tdk ?
Terima kasih,
Wassalam,
Faiz

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #20 on: 12/04/2008 11:08 »
Quote
Hsing I Chuan yg nemukan sama dgn yg nemukan Ying Jow Pai bukan (Jendral Yu Fei) ?
konon sih ji longfeng(ji jike) belajar konsepnya dari manualnya jenderal yue fei, tapi tidak salah lagi perumus jurus2 n konsep xingyi yang sekarang adalah ji longfeng sendiri, ada legenda beliau menciptakan xingyi juga karena melihat pertarungan antar ayam jantan dan pertarungan beruang vs elang.

Quote
Tekhnik-2xnya lebih cepat bisa dipelajari daripada TaiChi ato Baqua karena memang dirancang utk kebutuhan tentara. Jadinya lebih praktis utk dipelajari dalam waktu yg lebih singkat dibanding Taichi ato Baqua.
Bener tidak begitu ?
masalah cepat atau lambat, lagi2 tergantung pendapat  ;D
senior saya mengatakan hsing i itu sangat abstrak, untuk mendapatkan power dan sense nya butuh bertahun-tahun, lebih cepat n mudah dipahami taiji daripada xingyi...

tapi saya juga menemukan pepatah : untuk belajar taiji sampai jago butuh waktu 10tahunan, tapi kalo xingyi dalam setahun sudah bisa digunakan untuk membunuh orang sekali pukul,
Some people say 太极十年不出门,形意一年打死人. That literally means that it takes ten years of Taiji practice for one to become proficient enough for combat while a single year of Xingyi practice gives one sufficient ability to kill an opponent. (This does not imply that Taiji is inferior to Xingyi, by the way.)

Tentu saja xingyi dan taichi tetep bukanlah jenis kungfu yang bisa dipelajari dalam waktu singkat seperti misalnya hunggar shaolin. Kalo untuk keperluan perang, stahu saya, biasanya diajarkan kungfu hunggar karena selain bisa sangat cepat n lebih mudah dipelajari juga sangat efektif dalam pertempuran. Biasanya juga dilakukan penempaan luar sehingga hasilnya akan lebih cepat lagi, misalnya dengan seni penempaan tertentu (ditambah jamu-jamuan/ramuan tertentu) badannya bisa jadi keras kek baja  ::), ato ilmu tapak beracun, dsb...
yah, hunggar mungkin jadi terkenal bgt karena memang pernah dipake semasa perang dulu, selain itu hunggar juga adalah kungfunya wong fei hung x-))



Quote
Yiquan bukannya versi modernnya Xingyi?

Kalau saya tidak salah sih, wushu ini dikembangkan oleh seorang pendekar
XingYiQuan yang merasa perlu membawa ilmu ini ke ranah modern, dengan
menambahi pola-pola latihan yang berorientasi pada fisiologi barat.
oh ya , about yi quan tadi saya nemu di internet:
 tahun 1930's +, Additional New styles - Yi Chuan (Intention boxing), Da Cheng Quan (Great achievement fist), Wang Xiang Zhai


tapi kalo saya sih lebih suka yang klasik keknya  :)

Quote
Kalo Baji termasuk internal juga tdk ?
sekali lagi masalah neijia atau weijia sudah saya tulis di halaman awal, akan ada banyak beda pendapat... n saya ga mau mempermasalahkan itu... :)
tapi kalo untuk baji, terus terang saja saya belum pernah belajar sama sekali, jadi tidak afdhol rasanya kalo saya memberikan pendapat  ;D
mungkin sahabat2 silat yg lain yg praktisi baji / sudah pernah belajar bisa memberikan komentar?  ::)

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #21 on: 12/04/2008 11:58 »
Quote
Because of the martial effectiveness of the Hsing Yi Chuan movements, Hsing Yi traditionally would not be taught to those students with bad or mean dispositions
hehehe...saya jadi inget kisah legendarisnya guo yun shen  ;D yang ahirnya dipake jet li sebagai inspirasi di film the one.
Dulu konon,  karena guo yun shen gampang marah/emosian (ada yg bilang krn kurang berbakat juga), gurunya- Li Luo Neng, cuma ngasih 1 jurus, yaitu  beng quan / elemen kayu saja (ada yg bilang kalo dia juga cuma nyuri teknik gurunya aja). Setelah dia belajar 3 tahun  (1 jurus saja) dia berkelahi di jalan n lawannya terbunuh, ahirnya dia dipenjara. N selama di penjara itulah dia selalu melatih jurus tsb hingga makin tinggi aja kungfunya. Selepas dari penjara karena kepribadiaannya semakin baik, maka oleh gurunya diajarkan 4 unsur lainnya dan juga termasuk jurus hewannya.

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #22 on: 12/04/2008 15:18 »
Wah saya baru tahu itu lho pak :) , tengkyu infonya. :)

apa dulu hsing i juga menjadi pelajaran resmi di kesatuannya pak rebo? atau bapak belajar di luar?


btw sepertinya mas godam me-remove postingannya ;D tapi saya terlanjur me-reply tentang guo yun shen diatas, maap... maap... :)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #23 on: 12/04/2008 17:43 »
Quote from: Rebo Paing
Pada waktu WWII tentara komando negeri Tiongkok mengunakan Hsing I sebagai martial art-nya. (http://www.rovere.com/books.html)

Pengalaman sy di Australia (Recon, 8/9 RAR) juga ada di-antara kita yg menggunakan Hsing I utk peralatan perang pribadi.

Hsing I berguna karena prinsip2nya mudah dipelajari dalam waktu yg singkat dan bisa di-adaptasi utk suasana konflik modern. MA yg pakai jurus2 baku tidak bisa di-adaptasi secara cepat.

Salam.

Wah, bukunya menarik tuh... saya sedang pre-order edisi komplitnya di Amazon,
tapi baru terbit Desember 2008... sabarr... sabarr...

Menurut Komandan Rebo sendiri bagaimana karakter XingYi itu, Dan? ;D Apakah
yang menjadikannya istimewa...? Sebagai seorang yang memang berkarir di
bidang militer tentu punya pandangan yang menarik buat kita-kita yang cuma
pesilat akhir pekan ini ...  x-))
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

f4iz

  • Guest
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #24 on: 12/04/2008 19:51 »
btw sepertinya mas godam me-remove postingannya ;D tapi saya terlanjur me-reply tentang guo yun shen diatas, maap... maap... :)
Maaf Mas Koshen saya remove, tadinya mo dirubah cuman gak sempet..ternyata udah dibales  :)
Kalo yg saya baca-2x dan dikasih tau temen yg praktisi ya spt. itu. Tekhnik dan kurikulum Hsing Yi lebih bisa dipelajari dalam waktu yg lebih singkat dibanding Taichi dan Baqua karena dirancang utk prajurit-2x jendral fei.
Makasih,
Faiz

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #25 on: 12/04/2008 20:45 »
hmm... mungkin juga sih,
tapi konon yi quannya yue fei berbeda dg xinyi nya ji longfeng.
hanya prinsip dasarnya tentang 6 harmoni mmg brdasarkan yi quan yue fei.
krn untuk keperluan militer, mungkin wajar saja ya  klo bs bljr cepat. konon ilmu ini utk prajurit bawahannya ya, n para prajurit atas diajarkan cakar elang.
kalo merujuk pada sejarah yue fei, katanya sih tidak bisa dijadikan referensi pasti krn tdk ada bukti yg kuat n ada berbagai versi cerita,
yang jelas menurut para sejarawan, akar ilmu n jurus xing yi berasal dari ji longfeng ( ji jike )


yang sering saya dengar dari senior n org2 yg bljr xingyi, dalam pelajaran xingyi tradisional, praktisi2nya menyadari utk benar2 menguasai dasar ilmu ini secara baik, paling tidak dibutuhkan 6 tahun latihan rutin harian. sekali lagi saya hanya ingin menekankan bahwa xingyi tradisional bukanlah ilmu instan. klo  sekedar ingin cepat bisa berkelahi, mendingan latihan kick boxing modern yg rajin ditambah latihan fisik. dijamin cepet bisa bertarung dg kuat n efektif.

f4iz

  • Guest
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #26 on: 12/04/2008 23:21 »
yang sering saya dengar dari senior n org2 yg bljr xingyi, dalam pelajaran xingyi tradisional, praktisi2nya menyadari utk benar2 menguasai dasar ilmu ini secara baik, paling tidak dibutuhkan 6 tahun latihan rutin harian. sekali lagi saya hanya ingin menekankan bahwa xingyi tradisional bukanlah ilmu instan. klo  sekedar ingin cepat bisa berkelahi, mendingan latihan kick boxing modern yg rajin ditambah latihan fisik. dijamin cepet bisa bertarung dg kuat n efektif.
Saya tidak tahu banyak ttg. aliran-2x Kungfu. Kalaupun tau hanya sebatas baca buku ataupun dari teman yg praktisi spt. Mas Rebo dan Mas Koshen.
Spt. yg Mas Rebo Paing tulis dan buku-2x referensinya disitu dijelaskan bahwa Xing Yi dipakai oleh prajurit-2x Tionkok. Mungkin yg dipelajari oleh prajurit-2x itu versi kondens Hsing Yi ?? Akan tetapi ilmu Hsing Yi itu lebih banyak lagi tekhnik-2x dsb. Bukan maksudnya Instan, tetapi kalau mau dipake oleh prajurit-2x yg siap perang mungkin hanya diambil sebagian tekhnik yg langsung bisa diaplikasi. Tetapi itu bukan seluruh tekhnik/kurikulum Hsing Yi.
Terima kasih atas penjelasannya.
Faiz
« Last Edit: 12/04/2008 23:34 by godam »

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #27 on: 13/04/2008 05:12 »
Sekedar perspektif,

Dulu di awal tahun '70-an, akademi militer Indonesia mengundang para guru silat
se-tanah air untuk memeragakan ilmu yang mereka kuasai. Dari situ AKMIL me-
ngembangkan suatu pola latihan yang praktis dan bisa diajarkan pada para
taruna dalam waktu relatif singkat.

Saya ingat dulu Bapak sempat ngobrol dengan beberapa guru yang diundang, dan
mereka cerita bahwa sepanjang sesi itu mereka ditanya banyak soal pola-pola
latihan masing-masing, termasuk di dalam pertanyaan adalah beberapa unsur
gerakan yang menurut para perwira AKMIL kurang efisien atau tidak praktis.

Dari situ konon memang ada formulasi bela diri gaya militer, tapi entah sekarang
masih diajarkan atau tidak. Seorang rekan saya yang lulusan Akademi Angkatan
Darat mengatakan dia tidak ketemu pola tersebut, sedangkan rekan lain yang
dari akademi kepolisian bilang dia diajari Judo sampai mentok.

Hemat saya sih, beladiri itu bisa didekati dari tiga sisi, yaitu sebagai ilmu rekreasi
(misalnya saya yang latihan sebulan sekali  ;D), sebagai ilmu terapan praktis
(seperti bela diri sipil & militer), dan sebagai ilmu kejuruan (untuk ditekuni seumur
hidup, ibarat professor yang menekuni bidangnya habis-habisan).

Perbedaan pendekatan itu menjadikan satu beladiri yang sama punya pola
pengajaran yang berbeda.
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

f4iz

  • Guest
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #28 on: 13/04/2008 12:47 »
Terima kasih Mas Rebo atas penjelasannya.
Yang dimaksud 5 kepalan sama dgn lima element (Api, Besi, Air, Bumi, Kayu) ?
Kalau tekhnik binatangnya rata-2x aliran Hsing I itu 10 atau 12 ?
Maaf nanya melulu, soalnya saya tertarik utk nambah-2x pengetahuan.
Terima kasih.
Salam,
Faiz

Kohshen

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 23
  • Reputation: 1
    • IKS PROPATRIA UGM
Re: tentang xingyi quan (hsing i chuan)
« Reply #29 on: 13/04/2008 14:41 »

lagi2 klo bicara mslh prinsip mgkn akan ada perbedaan pendapat yg disebabkan oleh bermacam2nya pemahaman, pengalaman, cara pandang, n lingkungan. Karena itu saya cenderung mghindari hal2 tsb krn saya juga sbg pemula hanya ingin berdiskusi ttg xingyi secara global saja. :) 

 
setahu saya, untuk membantu pelatihan energy, xingyi disederhanakan dg 5 element dasar atau wuxing, utk tahap selanjutnya belajar linked form / lianhuan quan. Latihan dasar wuxing harus dilakukan dg bentuk dan posisi yg benar dulu untuk mendapatkan tenaga yg optimal. karena latihan awal xingyi bukan sekedar utk mghsilkan tenaga dalam saja. tapi juga aspek lainnya misalnya kekuatan luar.
sebelum latihan form biasanya diawali dg wuji dan lat kuda2 / changchuang. tapi utk aliran kami, kuda2 disubtitusi dg lat. chikung pa twan ching shaolin yg didalamnya juga terkandung chanchuang yg dilakukan dlm wkt cukup lama.
dulu sih pd awal lat.nya menggunakan jenis chikung  lain yg di dalamnya ada posisi meditasi dg kuda2 san thi se. pemusatan perhatian di dantian.
selama sktr 3 bulan saya tidak diajari apapun selain chikung tadi, lat. sehari 2x. utk 1 porsi penuh lat. ini mghabiskan waktu sktr 1.5 jam.
selanjutnya setelah masuk ke tahap lat. wuxing, juga diawali dg wuji dan jikung(porsi setengah)


untuk tahap lanjutan diajarkan 12 hewan. dan saya sendiri masih sampai tahap lianhuan yg mentah. entah butuh brp tahun utk smp kesana ;D

klo xinyi liuhe tidak latihan wuxing, tapi 10 hewan :) aslinya memang yg 10 ini, tapi oleh pendekar xingyi di prop. yg lain ditambahin 2 hewan lagi.

 

Powered by EzPortal