+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: WHAT IS KUNGFU??  (Read 9546 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
WHAT IS KUNGFU??
« on: 09/01/2009 23:55 »
apa itu KUNGFU?
baiknya dimulai dari membaca dari  APA ITU WUSHU yang sudah saya tullis di topik sebelumnya.

Cerita singkat ini hanya sebuah cerita dari arti sebuah kata KUNGFU.
Cerita KUNGFU ini untuk para pecinta Wushu dan untuk mengenal lebih dalam tentang Wushu itu sendiri.

di cerita Wushu, ada berbagai level yang saya gambarkan,walau hanya sekedar bayangan yang berupa cerita.

kalau di cerita APA ITU KUNGFU... saya gambarkan dengan beberapa pertanyaan....

seperti pertanyaan ini kepada seorang pedagang beras..
1. Berapa banyak beras yang sudah anda jual?
2.Kepada siapa saja beras telah anda jual?
3. Untuk apa dan alasan apa anda jual beras?
4. Seberapa berhasilkah anda sebagai penjual beras?

bila kira kira jawaban pedagang beras itu...
1. Cukup banyak kurang lebih beratus ton beras sudah saya jual tiap bulan.
2. Kemana mana, kurang lebih 1/2 penduduk negara ini beli beras saya.
3.Menjual beras adalah kehidupanku sehari - hari, untuk hidup.
4.Sukses, saya telah berhasil menjadi pedagang beras terbesar di negara ini.

Dengan jawaban ini dapat kita katakan bahwa orang ini memiliki KUNGFU BERDAGANG BERAS!!

Kungfu artinya keahlian yang luar biasa dan lihay, yang telah dilatih,dipelajari sekian tahun, teruji dan terbukti berhasil, dan menjadi kemampuannya yang sukses dan menjadi ahli di bidangnya apapun bidangnya.
ini arti dari KUNGFU.

pertanyaan diatas dapat kita tanyakan ke tukang masak, pematung, penyembuh, pencuri, penipu, pembunuh, dan petarung, ataupun tukang perang, dll ! untuk melihat apakah yang bersangkutan benar benar memiliki keahlian lihay teruji atau tidak..alias memiliki KUNGFU atau tidak.

untuk lebih jelas, coba anda bayangkan bertanya kepada seorang Ninja Pembunuh dengan pertanyaan ini..
1. Berapa banyak orang yang sudah anda bunuh? belum pernah...
2. Kepada siapa anda jual kepala korban ? tidak pernah...
3. Untuk apa dan alasan apa anda melakukannya? saya belajar ilmu ninja dan belm pernah mempraktekannya.
4. Seberapa berhasilkah anda sebagai ninja? saya praktisi ninja yang berhasil di latihan tapi belum sampai ke tahap fungsi sebenarnya.

Apakah orang ini memiliki KUNGFU / keahlian NINJA? ya dia memilki Kungfu Ninja Pembunuh dalam kepelatihan, tapi belum ke tahap Kungfu Ninja Pembunuh sebenarnya.

Bayangkan pertanyaan ini ke prajurit TNI.

1. Berapa banyak anda di medan tempur ? 2 kali
2. berapa banyak musuh anda tewas di tangan anda ? cukup banyak, tapi saya tidak menghitungnya.
3. Untuk apa dan alasan apa anda berperang? saya prajurit, hidup saya untuk menghadapi perang, untuk negara.
4. Seberapa berhasilkah anda sebagai ninja? saya telah berhasil 2x berperang.

Prajurit ini dengan jelas memiliki Kungfu Berperang yang teruji di medan perang sebenarnya.

karenanya sering terjadi kesalahpahaman tentang kungfu dan wushu. kata Kungfu dapat dipakai di semua bidang.

bila pertanyaan ini ditanyakan kepada pe WUSHU zaman dulu pun sama, tapi bila ditanyakan kepada pe WUSHU zaman sekarang tentu kita harus memilah dulu arti WUSHU level/kategori/kelihay-annya yang dimaksud.

Sampai dimana pada tiap level/spesialis yang mereka latih dan capai/miliki dengan teruji lihay, maka disitulah ia memiliki kungfu sesuai kategori/levelnya/ kelihay-annya..

demikian cerita singkat apa itu Kungfu.

 gogi
www.harmonyWUSHUindonesia.com

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #1 on: 10/01/2009 00:41 »
Zaman sekarang, di china sendiri sejak mereka merdeka dan ketika wushu kuno telah menjadi seni militer modern....
sudah jarang sekali orang yang mengatakan memiliki kungfu bertarung/berperang kecuali tentara dari militer beneran. para praktisi lebih suka mengatakan kalau mereka adalah dokter, instruktur, praktisi, atlet, budayawan, dll... termasuk para pewaris zaman sekarang yang  sebenarnya asli level komplit lengkap sempurna  tinggi  dari tokoh tokoh kungfu ilmu berperang kuno yang lihay dan ternama zaman dulu.

ini disebabkan mereka merasa ilmu mereka bukanlah lagi ilmu yang bisa teruji sama seperti moyangnya terdahulu.

mereka tidak merasa dapat disamakan dengan para tokoh/pekungfu tarung/perang zaman dulu yang telah teruji total dalam kehidupannya.

itulah karenanya mereka lebih memilih menyebut dirinya dokter Wushu, instruktur Wushu, praktisi Wushu, atlet Wushu, budayawan Wushu, dosen Wushu, mahasiswa Wushu, profesor Wushu... dll...

Kungfu hanya dapat diberikan kepada orang yang kelihay-annya benar benar telah teruji dalam kehidupannya.
[/b]

Para ahli Wushu zaman dulu telah membuat LAGENDA DARI KUNGFU MEREKA..

HINGGA KUNGFU menjadi BEGITU TERKENAL DI DUNIA...!!
[/b]

goginebulana
www.harmonyWUSHUindonesia.com

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #2 on: 10/01/2009 15:28 »
kalo menurut saya sih gak juga dengan beda what is silat?

yang beda antara "kungfu" dan "silat" hanya di bahasa saja dan juga dari budaya yang berbeda.

Tetapi dari segei pengejawantahannya (bahasa setinggi langit nih) ya hampir sama.

Maaf bukannya saya menginterfensi artikel ini, cuman saya pikir ketika membaca postingan ini saya mempunyai gambaran yang lain dari kunfu misalnya dari segi istilahnya "kung" dan "fu" nya.

anuway TFS mas,

salam,
Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #3 on: 10/01/2009 22:28 »
kung fu / gong fu, gong dari kata gong zuo artinya kerja/bekerja/pekerjaan, tambah fu jadi keahlian pekerjaan yang lihay melalui latihan mendalam dan cobaan yang terbukti berhasil.

kungfu dan silat berbeda cukup jauh artinya, tapi.... kata silat dan kata wushu lebih mirip.

kungfu dapat dipakai oleh ahli masak, ahli pembuat patung, ahli lain lain...

silat hanya untuk kata arti bela diri/bertarung/martial art.
seperti halnya arti kata wushu yaitu berperang.

arti kata silat jauh berbeda dengan kata kungfu.

demikian,.... Putri Teratai   :)

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #4 on: 11/01/2009 11:28 »
Ini baru yang saya cari mas Gogie..
TFS ya?

Tapi kenapa kata Kungfu lebih di kenal dari pada Wushu (beladirinya). Kayak di filem-filem kungfu mandarin itu..

salam,
Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #5 on: 11/01/2009 12:35 »
Entah darimana dan kapan awal orang mulai lebih memilih kata kungfu di daerah daerah peredaran perantauan,

jawaban ini hanya cerita fiksi pendapat analisa yang tidak ada bukti,...tapi mungkin kira - kiranya jawabannya seperti ini...

banyak kemungkinan karena sosial pada saat itu lebih menekankan pada keahlian khusus/penggalan dari pada membawa sebuah seni berperang yang lengkap demikian luas pengkategoriannya. Jarang orang yang menguasai seluruh kungfu Wushu secara metodis dan sempurna selayaknya jendral perang saat itu/mungkin jarang mungkin juga tidak mau menampakkan diri.

Jelas dan umum bahwa banyak orang yang hanya menguasai sebagian sebagian penggalan dari Kungfu Wushu/ Seni Berperang. sehingga mereka lebih mengatakan Kungfu/keahlian mereka saja di tiap penggalan yang mereka kuasai.

Jarang orang berkungfu yang dapat kita lihat sampai saat ini yang memiliki ataupun mengajarkan kungfu Wushu secara keseluruhan dan lengkap dan termetode sempurna seperti pada zaman militer kerajaan China kuno, yang kita lihat di negara Indonesia hingga hari ini.....sangat jauh berbeda dengan kungfu Wushu yang diturunkan Jendral Perang/Jendral Wushu China Kuno saat itu kepada prajurit ataupun muridnya.


Sebabnya mereka ( perantauan zaman dulu) mengatakan kungfu penggalan/aliran yang mereka kuasai saja. Maka disebutnya KUNGFU.
Tapi BUKAN keutuhan total dari SENI BERPERANG/ WUSHU CHINA KUNO.... yang dari kelenturan sampai senjata rahasia dll... seperti penggambaran kira kira dari total APA ITU WUSHU.


karenanya banyak dari kita yang bingung dan salah kaprah dalam melihat dan menilai Wushu zaman sekarang. Padahal Universitas Wushu sekarang mengajarkan sangat mirip dengan sistem Jendral Wushu zaman dulu kepeda prajuritnya, walau tetap dalam wacana Universitas bukan akademi Militer. Universitas menyebutnya Profesor, Dosen, instruktur melatih mahasiswa atau atletnya. mereka tidak lagi memakai kata Shifu tapi Laotse untk panggilan seorang guru, dan sebutan sebutan lain.

gogi
www.harmonyWUSHUindonesia.com

luri

  • Administrator
  • Pendekar Muda
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 138
  • -Receive: 39
  • Posts: 710
  • Reputation: 215
  • Perguruan: -
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #6 on: 11/01/2009 12:47 »
@goginebulana
mohon sebaiknya posting jangan dibuat 'center'
dulu kayanya pernah disampaikan oleh kang Eric.

thx

EricB

  • Guest
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #7 on: 11/01/2009 16:50 »
betul mas Luri, saya pernah sampaikan

ini kelihatan jelek banget, juga bold style typing ngak bagus deh, seperti orang yang teriak juga ngak enak khan ;)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #8 on: 11/01/2009 20:27 »
 :D
iya akan disesuaikan dan disamakan dengan aturan di forum ini  8).
apakah mas Eric dan mas Luri tertarik dalam mempelajari Wushu?

EricB

  • Guest
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #9 on: 11/01/2009 23:45 »
saya memeng tertarik,

ada teman disini di Belanda yang mengajar Wushu juga, tapi tempat terlalu jauh untuk latihan secara rutin
tapi disini adqa Mas Gogi, silahkan mulai melatih :D

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #10 on: 12/01/2009 00:00 »
hallo mas Eric..
ada teman saya di belanda.. namanya Bao Xian Fei, dia atlet wushu nomor satu di Belanda, dan termasuk peringkat 3 besar dunia 2 tahunan yang lalu, sekarang dia menjadi pelatih tim Wushu belanda.
bisa lihat profile dia di http://www.alivenotdead.com/baoxianfei

di alivenotdead.com ada banyak tokoh wushu, karena yang design webnya yang buat jetlee.com

Salam kenal mas Eric, bila ada diskusi Wushu, saya siap untuk sambil mengasah kemampuan saya mengetik dan membahas Wushu.

best regards.
gogi
ww.harmonyWUHSUindonesia.com

dragon sby

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #11 on: 28/01/2009 16:57 »
edited.... lihat PM
« Last Edit: 28/01/2009 23:18 by parewa »

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #12 on: 29/01/2010 14:15 »
 ::) ::) ::) Kungfu, mungkin lebih dikenal menjurus kepada keahlian Wushu karena pengaruh film - film bruce lee, dll dimasa jayanya. Sebenernya setauku ( ini juga kata engkongku sih...) dulu ilmu beladiri dari China ini ( Wushu ) di Indonesia lebih dikenal dengan Kun Tao / Kuntaw. Tapi, sejak mulai jamannya film silat Hongkong jadinya penyebutannya berubah jadi Kung fu / Gong fu, ada juga yang bilang karena para fans-nya Kho Ping Ho, tuh ( Secara aku juga salah satu Fans-nya Kho Ping Ho, nih. Meski baru mule baca beberapa bukunya hasil perburuan baru - baru ini ). Kungfu sendiri pengartiannya mungkin bisa disamakan dengan kata "OTAKU" bagi seorang mangaka jepang atau seorang Master, yang artinya seorang yang lihay dan ahli dibidang yang digelutinya, apapun itu dan mampu mengembangkannya dengan baik. Engkongku dulu punya kenalan yang seorang penjual mie, beliau membuat mie dengan memutar - mutarnya, kayak di filem - filem, beliau juga sudah mendalami profesi tersebut selama lebih dari 30 tahun. suatu kali diadakan "Pyaw Yen" kayak semacam turnamen untuk memilih ketua persilatan di Palembang sekitar tahun 60-70-an, yang diikuti oleh para ahli beladiri dari berbagai aliran dengan panji-panjinya. kalau tidak salah ingat kata engkongku ada perguruan Tapak Suci dan keturunan dari Master Lo Ban Teng juga yang turut serta, mungkin bisa dikonfirmasi kalo ada yang masih ingat. nah, ceritanya kenalan engkongku ini ikutan, sewaktu ditanya profesinya yang cuma sebagai seorang penjual mie, semua pada meremehkan beliau, tapi begitu beliau naik panggung dan memutar sebatang besi sama seperti sewaktu ia memutar bahan mie semua yang menyaksikan diam tak bicara sepatah katapun. itulah kata engkongku yang namanya "GongFu".  :o :o :o :o
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #13 on: 29/01/2010 15:05 »
 :)
mas Putradewa, main kungfu apa?

Kuntaw bahasa org Selatan..
kun itu tinju/tangan
taw itu Tao artinya jalan atao Do nya org jepang.
kalo tidak salah itu Kuntaw.

penggemar silat, orang indonesia, wajib baca Khopinghoo, kalo gak baca... kurang afdol lika liku Kangow..  :)


Gongfu Mie
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=6sfSiWepm7U&feature=related[/youtube]
 
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=UdhTOwBX9UU[/youtube]

setahu aku mie paling enak mie nya china bersuku Muslim.
ya yg di video di atas
mienya enaaak bgt,kenyal,ada yg pake kari..
kaldunya juga kental sekali
ada yg kambing dan sapi..
belum lg pake acarnya...

beda mie selatan dan utara..
kudu nyobain yg utara..
kalo selatan kita udah lumrah.. capcay,mie baso,dll.

kalo utara apalagi yang suku Muslim..
dijamin lezzzaaatt..nya bueda tenan.. [yahoo]
di sana aku nyarinnya ini melulu..

gongfu mie lezat lebih lezat dari pada gongfu brucelee.. :P

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: WHAT IS KUNGFU??
« Reply #14 on: 29/01/2010 15:32 »
Gogi,

Mungkin Kung Fu itu lebih kearah Internal ( Nggak tepat kali istilahnya ). Atau dengan kata lain ketika seseorang memainkan sebuah ilmu bukan hanya bentuk saja yg keluar tetapi seolah olah sudah ada jiwanya.

Dilanjut Gi

 

Powered by EzPortal