+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: WHAT IS WUSHU?  (Read 24597 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #15 on: 15/09/2009 10:08 »
hallo..

banyak juga yg masuk kantoran..
karena dalam sekolah tersebut mereka juga diberi pendidikian akademik. walau lebih ditekankan pada martal art nya, filosofi, dan pendidikan kenegaraan, pembinaan mental, dsbgnya.

umum usia sd-sma.
mereka dilatih disiplin, ala militer, tinggal di asrama, baca tulis, sastra, matematika, fisika, dll... hingga sma.
yang rata2 berhasil...bisa kuliah...dan mereka yg memiliki bakat byk yg mendapat beasiswa.. masuk universitas, banyak sekali yg masuk univ olah raga, budaya, tentara, kepolisian, kesehatan/kedokteran tradisional, industri film, production house, pariwisata untuk show...dll

tapi tidak sedikit yg hanya menjadi semisal, pegawai restoran/perhotelan, resto cepat saji, cleaning service, merantau ke negara lain, tukang bangunan, tuakng kayu, pekerjaan yg lebih kasar...dll.... tapi mereka memliki dasar dari sekolah ini.karena murah, dan sangat bagus menggodok mental fisik mereka...

bisa kita bayangkan kalau semua anak tidak mampu sekolah di indo bisa sekolah pendidikan semacam ini, tentu hasil fisik dan mental mereka tidak hanya menghasilkan seniman jalanan/pengamen/pengemis.

ada yg ketika sma pindah mengambil jurusan akuntansi / computer, dll, pendidikan wushunya hanya sampai smp.
ada juga yang sampai sd lalu pindah jurusan lain.

di sekolah ini bukan hanya ditekankan kelak akan menjadi pelatih/atlet bela diri, tetapi lebih ditekankan kenegaraan, mental, fisik, budaya, disiplin, terutama anak2 - remaja.

memang benar sekolah ini adalah sekolah no terakhir yang bisa dimasuki rakyat ekonomi lemah.
tp banyak yg dalam perjalanannya mampu mendapat beasiswa. walau persaingan begitu berat, tekanan disiplin pelajaran begitu ketat.

ada juga rakyat ekonomi mampu yg sengaja memasukkan anaknya ke sekolah ini sampai smp/sma.
dalam tim inti propinsi tersebut ada seorang anak keluarga pengusaha yang akhirnya tidak mau sekolah lain, hanya mau wushu. dan didukung keluarganya, dia menjadi tim kebanggaan propinsi itu, prestasinya sekarang ranking 7 se china.

di negara yg populasinya banyak, tak ada pilihan lain kecuali memperkuat semua cabang pendidikan secara maximal.

tiongkok satu negara yg berhasil membudidayakan akademik martial arts sebagai sebuah industri yg tidak kalah besar dengan akademik industri lain.

saya rasa indonesia, sangat berpotensi untuk hal ini, kita punya budaya, beladiri, kenegaraan, populasi yg luar biasa.
dapt menarik perhatian dunia, dan membangun ekonomi di sektor ini.


goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #16 on: 10/10/2009 13:46 »
bagi yang berminat wushu, bisa lihat dokumenternya.

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=qihbpZXak58&feature=channel[/youtube]

f4iz

  • Guest
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #17 on: 07/11/2009 08:02 »
Salam Rekans..
Ini ada filem judulnya Wushu, kayaknya keluarnya thn lalu deh.
Sutradaranya Jackie Chan..yg main Sammo Hung dan juga murid-2x Wushu yg masih muda-2x.
Ngeliat trailernya kayaknya bagus filemnya.
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=xXqNJBliy1U&feature=related[/youtube]
Ada yg udah nontons belum ?

Wassalam,
Faiz

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #18 on: 07/11/2009 08:32 »
Di video yang dikirim Mas Gogi, di menit 2:02 gerakannya mirip beksi, bener gak yah? CMIIW!!

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #19 on: 07/11/2009 12:03 »
BETUL BANGET !!!!   mas IRWAN!!

hehe  :)

gerakan aliran selatan mirip Silat Beksi.
mainnya strategi dekat..

dan termasuk urban/perkotaan zaman dulu karena kesederhanaannnya.. jarak dekatnya, maju grasak maju adu mirip tank baja  dll...

kalau utara masih lebih untuk strategi jarak jauh, perang di lapangan terbuka.. dll jadi kelincahan dan serang lari serang lari main jarak jauhnya masih kental..

aliran selatan yg terkenal LOBANTENG tokohnya di indonesia, kungfu 5 leluhur/ wu chu quan.
Wong fei hung jg sama... selatan..tp di film diapake gaya utara...terbang2.. :-X

mas Irwan main Silat Beksi?

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #20 on: 07/11/2009 12:16 »
@mas GOdam..

filmnya kurang bagus mas..
udah nonton..

malah termasuk jelek.
kurang berhasil.

film nya cerita perjalanan atlet wushu, tp byk ga greget..drama biasa. terlalu sederhana.

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #21 on: 07/11/2009 12:20 »
Ic, Mas Gogi, yang di videonya itu tahu ga itu kung fu namanya apa?

Kalau nonton pelem kung fu saya lebih suka yang aliran selatan karena lebih asyik dilihat dan ga terbang-terbangan namun sayangnya sepertinya agak jarang yah?

Saya ga pernah main beksi cuma sering lihat aja.

f4iz

  • Guest
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #22 on: 07/11/2009 12:58 »
Salam Mas Gogi..
Oh kurang bagus ya filemnya ? Kirain saya bagus dari liat trailernya dan juga karena ada Sammo Hung.
Mas dulu saya pernah baca ttg. sejarah aliran-2x Kungfu.
Katanya aliran Selatan banyak menggunakan tekhnik tangan dan kuda-2x rendah. Kalo aliran Utara banyak menggunakan kaki dan kuda-2x lebih tinggi, rada panjang gerakannya. Alasannya katanya di Selatan lebih sempit lingkungannya, orangnya lebih pendek-2x sedangkan diutara orangnya lebih tinggi-2x dan lebih luas keadaan lingkungannya.
Contoh aliran Selatan Hung Ga (alirannya Wong Fei Hung) & Wing Chun..kalo utara Tantui dan Mei Zong kalo gak salah.
Bener tidak begitu sejarahnya ?
Kalo didaerah Indonesia dan sekitarnya yg banyak masuk itu aliran Kungfu Selatan bukan ?
Terima kasih sebelumnya.
Faiz

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #23 on: 10/11/2009 08:20 »
@mas Irwan dan Godam

1....Beda selatan dan utara, dan mengapa berbeda..?

pusat militer Tiongkok zaman dulu di utara, ibukota Beijing yg sekarang pun di utara.
sejak zaman baheula jg selalu di utara, setahu saya tidak pernah pindah ke selatan.
walau selatan lebih subur...

karena potensi ancaman penjajah banyak dari utara.
karenanya tembok china di utara,.... panjangnya lebih panjang dari pulau jawa,kalo tidak salah.
sementara ancaman penjajah dari selatan hampir tidak pernah ada..

ilmu perang saat itu di tiongkok utara merupakan yg terlengkap, terkuat, dan salah satu yg tertua di bumi

...tehnik tgn kosong, senjata, berkuda, memanah, alat berat,dll...
perang terbuka di gurun atau pun perang pasukan dalam jumlah banyak sering terjadi..

Lagenda Sam Kok perang yg jg sejarah di utara.
memperebutkan wilayah utara.

sementara selatan adem ayem.

ilmu perang menumpuk di utara..
selain akademi militer kerajaan..
banyak tempat pelarian veteran atau terpidana.. atau kalah perang lari bersembunyi di hutan..

ada yg jd rakyat..
jd perampok.. ( lagenda 108 pendekar - pelarian yg membentuk provinsi )
ada yg lari....jd agamawan ( shaolin )

shaolin yg pertama ada di utara..
terkenal menjadi tpt persembunyian, kedok perlawanan pemerintah..
pernah jg menjadi alat tempur rahasia pemerintahan saat itu..
shaolin menjadi salah satu tempat pelarian favorite.

shaolin juga menjadi tpt militer rahasia yg unik.


lalu bisa berpindah menjadi SELATAN, kenapa? terbagi 2?

ada satu masa.....
dimana... Shaolin zaman itu dibakar dan ditumpas habis oleh seorang raja... shaolin dianggap pemberontak, dan sebagai pusat biksu palsu dan pusat militer rahasia..
bukan hanya shaolin tp juga tempat2 ataupun desa/keluarga yg dianggap pemberontak..

hingga
tersisa tinggal 5 orang ahli tempur yg tersisa.....

mereka lari ke selatan..
katanya ada 5 orang shaolin yg lari adalah org yg penting..
temannya juga pendukungnya byk yg lari ke selatan..
mungkin byk juga yg lari keluar tiongkok..

note :
CERITA INI cerita rakyat,
BUKTI JELASNYA  aku kurang tahu..
hanya cerita leluhur, kong kong saja..
saya dengarnya dr org tua.. sebelum film ada..

lalu baru matching ama film... sekian tahun kemudian. gak tahu kebetulan.


nah BERAWAL dari cerita rakyat ini munculah aliran Selatan..

aliran selatan pada saat itu diprogram ulang..oleh mereka yg lari..
oleh mereka.. mereka mencari cara bagaimana membentuk prajurit dengan waktu yg relatif lebih singkat.
di selatan terkenal ilmu2 penempaan keras.. tangan besi.. dll..

dari Selatan pemecahan benda keras menjadi begitu trend/trademark..

cara cepat penempaan yg bisa menjadikan tubuh sebagai senjata..
Selatan gerakannya jauh jauh lebih keras, dan jarak dekat..

jurus dan metode jg dipersingkat programnya..
cara bertarungnya Selatan pun lebih URBAN/perkotaan..

karena selatan bukan berperang di padang terbuka lagi.. selatan tidak berperang dengan kuda. pasukan yg banyak.. dll..
tp berperang jarak dekat.. di  perkotaan,perkapalan... tempat2 yg lebih kecil.

ke5 orang ini membentuk biara SHAOLIN SELATAN


orang mengatakan.. tendangan dari utara,  pukulan dari selatan.

utara - Chang Quan terlihat lebih halus.. lebih ringan.. lebih lincah..serang elaknya.. strategi jarak jauh.
kenapa?
karena di utara mereka tidak mau bertempur dgn penjajah yg berfisik lebih besar buas dan lebih kuat.
melawan org yg lebih besar kuat, tentu prajurit tidak boleh bergulat/bergumul...
medan perang yg luas.. ala yg kejam..
strategi serang lari jarak jauh, menjadi pilihan.
senjata yg panjang, dan senjata lempar, serta tali berpisau, cambuk...... andalan org utara.
berkuda keahlian yg tak dipungkiri..
memanah menjadi pelajaran wajib.
kelincahan tubuh/ginkang tinggi ibarat seorang gymnast kelas dunia, juga kewajiban!



sementara...

Selatan - Nanquan terlihat lebih keras..lebih berat..serang elaknya lebih statis.. strategi jarak pendek..
selatan tidak bertemu bangsa penjaajah dari utara yg berbadan besar...buas dan lebih kuat..
sehingga selatan lebih percaya diri untuk saling adu pukul..

selatan terkenal dengan ilmu baju besi..
dan pukulan besi..
tarung di tmpat sempit.. jarak dekat tentu pilihan terbaik.
perkotaan.. pelabuhan..

perkapalan..
jalan2 yg ramai..

Selatan tidak terkenal dgn keahliannya naik kuda..
tidak terkenal dgn kelincahan..

senjatanya pun lebih urban, yaitu senjata yg lebih pendek.
andai toya/tombak pun gerakannya byk STATIS di tempat.juga tangan kosongnya.

Utara memerlukan waktu yg lebih lama untuk menjadikan seorang prajurit yg bisa berperang di wilayah utara..
sementara Selatan memerlukan waktu yg lebih singkat untuk dipakai situasi di selatan.

Utara penempaan dari usia kecil dan berbagai syarat senjata dan tehnik komplex yg harus dikuasai..
Selatan memerlukan syarat yg lebih simple singkat, dan tidak perlu dari usia dini..

karena perbedaan situasi..
beratus perbedaan makro mikro Utara dan Selatan yg bisa diuraikan..







2..... kenapa di film Utara banyak dipakai, selatan tidak ?


video :

Utara
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=exd5gTs8DZI&feature=related[/youtube]

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=rFF3vr0heqQ&feature=related[/youtube]
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=7eSbN-1Q1z0[/youtube]


Selatan
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=7SuwfC1iP3g[/youtube]
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=eQsv9ZuAATQ[/youtube]
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=7ftThI5ofzY&feature=related[/youtube]
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=KvFhnJLqr7k&feature=related[/youtube]


banyak sekali awam yg mdah mengerti Selatan sebagai gerakan bela diri..

sementara lebih buanyak lg awam yg tidak mengerti utara sebagai bela diri, tp lebih melihatnya sebagai tarian/akrobat..
Peking Opera berasal dari orang2 utara.

ada sinopsis org tua
utara : org nya keras,tidak terbuka,sangat tertutup/terisolasi dan sedikit sekali yg merantau dibanding org selatan.
selatan : orgnya terbuka, maju,dagangnya lihay,merantau kemana mana.

mungkin ini salah satu sebab jurus utara tidak telalu dikenal di dunia.
tp sangat sangat terkenal di daratan tiongkok sendiri. sebagai yg terklasik/terkuno/original

bila kita membaca tentang Roman Lagenda Pendekar rajawali dll, dewi2 pemain pedang, pangeran dan raja..
mereka semua LAGENDA dari utara..
pedang 2 sakti yg berterbangan.. ilmu ginkang tinggi..
gerakan2 seperti tarian.. dll...
 dari Utara sinilah lagenda kuno kesaktian cerita cerita yg kita baca berawal..


dari sinilah di film utara byk diangkat.. krna dianggap lebih indah..klasik, dan asli oroginal Tiongkok
peking opera salah satu penyebabnya..

sementara Selatan sering dianggap brutal tidak indah.. dan byk tercampur budaya asing..
selatan tidak terkenal dengan permainan pedang ala pangeran / raja2 ataupun senjata panjang lainnya..
lebih terkenal senjata gerilya, golok dan toya,serta senjata pendek. dan jurus binatangnya..

Jacky chan berasal dari opera, peking opera yg merantau sampai ke selatan/ hongkong..

TAPI....jacky sebagai orang selatan

dalam filmnya banyak ala selatan yg dia masukkan..

gerakannya tidak terbang2...

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=n-qE7ilV6Yo[/youtube]




sementara film klasik dibawah ini......
gaya utara kental sekali, juga ala peking/beijing operanya..
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=1I4Moi3-g14[/youtube]



berawal dari utara inilah film action tiongkok juga romannya memakai gaya utara..
Wong fei hung yg aslinya memakai gaya selatan, di filmnya menjadi gaya utara.




Persaingan utara dan selatan.........

tidak sedikit utara dan selatan selalu bersaing..
sampai si perantauan antar perguruan pun bersaing, yg utara vs selatan.
saling mengklaim sebagai yg terbaik dan yg terefektif terdepan dalam ilmu perang.

mereka saling bertempur dan mengklaim aliran satu sama lain tidak bagus.
 :D
selatan mengatakan utara penuh dengan dongeng terbang2... dan tarian.. juga perlu waktu yg lama yg juga tidak berguna..
Utara mengatakan selatan ilmu rendahan, kasar... dan tidak berbudaya.. dlll..

tentunya ini hanyalah kalimat omong kosong..
yg sebenarnya kedua aliran ini memiliki plot yg berbeda, dan harusnya saling melengkapi.


tp ada saja yg menguasai utara dan selatan..
ada perguruan tua di indonesia yg mengatasnamakan Shaolin Utara dan Selatan.

banyak terjadi kawin campur org utara dan selatan...
lalu berbagi ilmu yg telah lama terputus oleh waktu dan ruang..
berbagi buday dan menciptakan kesempurnaan..


Bruce lee, menguasai Wingchun / selatan, tp jg mempelajari utara Chang quan, sering dia masukan pembukaan gerak Chang quan. tendangan2 jauhnya pun mencirikan utara.

ada pepatah:
tendangan dari utara
dan pukulan dari selatan.....

Taekwondo / korea ada di daerah utara.( atasnya Beijing )
mereka membuat taekwondo sebagai olah raga modern tp dengan konsep strategi jarak jauh..
yaitu tendangan.


berikut bela diri tradisional korea - sama dengan wushu china
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=JKvOeUtIyZs[/youtube]


Kora dan jepang telah memodernkan seni perangnya ke dalam karate, taekwondo, judo, dll...
menjadi urban dan sesuai dengan zaman.
seni perang klasik tidak mereka turunkan karena dianggap tidak zaman lagi dan tidak banyak orang yg akan tertari ataupun tahan unutk mempelajarinya.
karena untuk mempelajari seni klasik harus dari kecil dalam waktu yg lama.

seperti Selatan, mereka Korea dan jepang... menyederhanakannya.


dalam Wushu yg sekarang, seni klasik / kuno lah yg disebar luaskan..
begitu kuno, usianya sudah ribuan tahun..
tehnik dan metodenya sering kali membuat bingung org pecinta bela diri di zaman ini.
apalagi kalau melihat aliran Utara.
bisa2 disangka sirkus. :D

tapi itu bukan sirkus..
itu adalah original ribuan tahun lalu.seperti yunani.

dalam selatan
unsur binatang masih menjadi acuan dasar.
binatang adalah konsep untuk memaximalkan insting perang manusia.

ada pepatah:
buas dan kuat seperti harimau
lincah seperti monyet
tenang tegak dan anggun seperti phoneix / bangau..
dan pepatah2 lainnya..

sedangkan korea dan jepang tidak lagi menggunakannya.

dalam wushu lengkap tetap seperti kala dulu..
tapi memerlukan waktu seumur hdup pun tak kelar menguasainya..

belum lagi aliran internal..
senjata2 unik..

aplikasi dan ilmu lainnya.

menjadi jendral/master wushu/suntzu kuno.....yang lengkap....tidaklah mudah...


Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #24 on: 10/11/2009 08:54 »
 [toop] Perbendaharaan yang lengkap kap...GRP meluncur bro
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #25 on: 10/11/2009 09:11 »
@pemulung,..thankyou  :)

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #26 on: 10/11/2009 11:21 »
Top markotop GRP buat Gogi...

Irwansyah

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 5
  • -Receive: 2
  • Posts: 276
  • Reputation: 5
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #27 on: 10/11/2009 12:46 »
Belom mud buat nanya-nanya lagi. GRP aja dah buat Gogi  [top]

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #28 on: 10/11/2009 14:02 »
Top buat mas Gogi... [top]

Jadi kepengen nanya nih sama Mas Gogi...boleh kan?
Dari uraian Mas Gogi di atas, kalo boleh disimpulin bahwa "cikal bakal" aliran selatan berasal dari 5 orang nenek moyang yg dari aliran Utara yak...? Apa kelima itu bisa dikatakan sebagai lima aliran utama yang kita kenal sebagai...Hongjiacuan, liujiacuan, caijiacuan, lijiacuan dan majiacuan?

Kalau memang demikian adanya, apakah ada aliran selatan sebelum kelima orang itu hijrah ke selatan? mengingat Nancuan itu banyak sekali di luar yang lima itu.

Di video yang dikirim Mas Gogi, di menit 2:02 gerakannya mirip beksi, bener gak yah? CMIIW!!

Saya kok hanya melihat persamaan yg mendasar sedikit sekali dengan Beksi ...apa nama alirannya yang ditayangkan itu, Mas Gogi...?

Tabe'
« Last Edit: 10/11/2009 14:06 by Jali Jengki »
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #29 on: 10/11/2009 14:16 »
thankyou.

bila ada pertanyaan, kenapa utara gerakannya seperti akrobat/tarian sirkus?

system utara berbeda..

kalau system selatan sudah kita ketahui umum..
bdan kuat tahan pukul, mampu memecahkan benda keras, ditambah tehnik serang elak jarak dekat..
istilahnya langsung masuk,, tanpa perlu lompat sana sini..
kuda2 selatan kokoh seperti tank baja.
lalu keuar pukulan besi...
pertahanan baju besi...
buas seperti harimau naga dll...
tehnik binatang jg andalan..

system utara:
lincah, serang lari..
untuk menhindari panah, lemparan batu/pisau..
lincah menghidari sreangan senjata tajam..
menghindari adu pukul..
lawan yg besar kuat tahan pukul adalah musuh utama utara..
karena utara tidak mau beradu pukul/bergumul..
seperti monyet kecil melawan musuh yg lebih besar..


utara dirancang untuk melawan lawan banyak, lebih besar dan lebih kuat...
hingga gerakannya ke semua arah dan tidak statis.

karate dalam kumite banyak menggunakan taktik ini..
juga taekwondo..
tinju pun ada yg banyak menggunakan taktik ini..

karate gojuryu mungkin berbeda, seperti selatan taktiknya.

tehnik anggar/pedang eropa juga menggunakan taktik ini..
serang lari.. dan jarak jauh.

Bruce lee memakai taktik jarak jauh.. dengan changquan
sebab badannya kecil.. menghadapi bule dia harus lincah, cepat..dan menjaga jarak...

lalu jarak dekat dengan wingchun.

seklaipun jarak dekat wingchun/selatan.. tp wingchun lebih halus.. tidak seperti hung gar yg bersedia adu pukul..
Bruce lee tidak melatih baju besi, badannya yg kecil ringan harus mengadopsi system Utara.

jetkundo adalah paduan utara, selatan..

wingchun Brucelee, terkenal dengan kecepatannya..
jarak dekat yg memilki feeling / rasa yg tajam..

dengan menutup mata, cukup menempel sudah susah dipukul..
tehnik rasa melekat ini menjadi andalan aliran internal.

melengkapi strategi jarak jauh, dekat dan menempel tentu sangat menguntungkan.





mengapa utara byk gerakan keseimbangan, kelenturan, t endangan terbang?
apakah akan berguna?


system utara tidak seperti selatan.
utara memerlukan waktu dan proses yg lebih panjang.

utara, belajar seperti sseorang gymnast, fisik yg prima untuk medan perang yg luas dan dinamik.
setelah ini dikuasai, baru gerakan sederhana dilatih, pukulan tendangan umum...
kuncian, pukulan, tendangan, bantingan.. dll.. walau tetap konsep tarungnya tidak mau dekat/jual beli.

utara tidak bertarung one on one, tidak dirancang untuk melawan sesama tangan kosong..
utara dirancang untuk segala medan,.. malam hari terutama..
seperti ninja.

harus menguasai berbagai senjata lempar,tali,panjang, dll..
bagi org utara konsep tarung tidak seperti urban... lebih mirip maling gerilya..

musuh datang dia lari, musuh diam dia serang..
musuh kuat dia diam, musuh lemah dia datang..
suntzu di sini lebih terlihat.

si kecil melawan goliath.

 di video ini contoh tarung antar utara :
walau hanya persahabatan.. mereka mengadu kelincahan.

shaolin utara vs taekwondo korea
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=QP5TgxWaZrs[/youtube]







 

Powered by EzPortal