+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: WHAT IS WUSHU?  (Read 24596 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #30 on: 10/11/2009 14:33 »
@mas Jalijengki..

ke 5 orang ini masih lagenda.. banyak diceritakan dan difilmkan..
tapi tidak ada yg tahu pasti.. mengingat kejadian ini ratusan tahun lalu.

saya yakin selain dari cerita ini, aliran yg hijrah ke selatan mungkin lebih banyak lagi..

tp umum daerah selatan memilki pasti system yg mirip dan sama
akibat cerita ke lima org diatas..
yaitu lebih singkat kepelatihannya , jarak dekat, lebih keras, identik pemecahan benda keras,adu pukul dan urban.

wingchun lebih halus karena dikembangkan oleh perempuan bernama Wingchun.

Cerita ke lima leluhur ini aku tidak tahu apakah berhubungan dengan
aliran 5 leluhur ( wuchuchuan ) ataupun lima aliran yg mas jali sebutkan..

Wuschuchuan / kungfu 5 leluhur adalah aliran selatan yg dipelajari LOBANTENG.
beliau, Lobanteng shifu adalah tokoh selatan yg terkenal di indonesia.

wuchuchuan
[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=B9qs1013Jbg[/youtube]


kalau tokoh utara yg terkenal di indonesia di semarang, CHISIOKFU
beliau berasal dari Shandong, pandai memainkan golok kembar, cambuk, dll ( senjata khas utara jarak jauh )
badannya besar 190cm katanya,  kalau bertemu pesilat di semarang mungkin tak akan asing dengan nama beliau.

kalau aliran yg di video tersebut
jelasnya aku kurang tahu karena tehnik jurus variatif sekali. tp yg pasti selatan.

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #31 on: 10/11/2009 16:31 »
5 leluhur yg menjadi 5 ancestors atau wu zu quan itu benar adanya, saya punya literatur dalam bahasa mandarinnya.
Aliran selatan selalu berani adu pukul dan tidak lincah> Tidak sepenuhnya benar Koh Gogi, walaupun meman tidak selincah aliran utara.
Aliran selatan tidak selalu indentik dgn kuda2 (bheso) yg rendah dan kokoh, ada juga yg bhesinya berdiri tp tetap kokoh.
Knp aliran selatan identik dgn penempaan tubuh?
Bukan semata mata utk membentuk dgn cepat seperti kata Koh Gogi, tp pada awalnya org2 yg tinggal di selatan itu scara anatomi lebih kecil jika dibanding dgn org2 utara sehingga mrk hrs membentuk tubuh mereka sebagai senjata disamping jg mahir menggunakan senjata lain.
Senjata selatan berbeda dgn senjata di utara? Kurang tepat Koh  Gogi, senjata2 di selatan jg ada pedang, rantai panjang, golok kwan kong, tombak, golok kembar, dll hanya saja cara memainkannya berbeda dgn teknik utara.

Aliran utara (shantung) yg ada di Indonesia dikembangkan oleh Chi Siauw Foo (penulisan nama spy lebih tepat saja).

sedikit koreksi dr saya yg jg msh belajar, makacii



srdananjaya

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 16
  • -Receive: 4
  • Posts: 658
  • Reputation: 31
  • http://www.simpleather.com
    • Sedia Peralatan Beladiri
    • Email
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #32 on: 10/11/2009 19:42 »
Kalau suhu Yap Kie San apakah mas gogi dan kang Euwin pernah dengar? kira2 berasal dari aliran utara/selatan?
thx sebelumnya   :)
martial art equipment:
http://www.wisanggeni-martialgear.com
Jaket Kulit (Leather Jacket):
www.simpleather.com

Pemulung

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 10
  • -Receive: 3
  • Posts: 358
  • Reputation: 12
  • Yang Penting Halal
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #33 on: 10/11/2009 20:20 »
Mungkin sebagai clue tambahan mas euwin dan mas gogi, Yap Kie San ini murid kesayangan Louw Djiang Tie, yang sejarahnya Louw Djiang Tie ini diajar biksu shaolin selama sekian tahun di bukit Chow shan. Saya seperti mas sunan juga ndak tahu inii biksu dari shaolin utara apa shaolin selatan.

Jadi gerakannya mungkin sama dengan kungfu aliran garuda emas (louw djiang tie). Sepintas kilas kayaknya gerakannya dari utara. Tapi silahkan dijawab, mungkin banyak pencerahan yang didapat.

Monggo mas sunan atau mas aguswin (seinget saya pernah quote thread Louw djiang tie), bekne ada clue saya yang ingin ditambahi atau diperbaiki.
Air Setitik Menjadi Lautan, Tanah Sekepal Menjadi Gunung, Sampah Segunung di laut Menjadi Banjir....

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #34 on: 10/11/2009 22:30 »
hehe ;D

benar mas Euwin, terimakasih untuk koreksinya..

benar selatan tidak selalu dengan kuda2 rendah, dan banyak juga yg berdiri,
walau tidak selincah utara, tp jg bukan berarti selatan tidak lincah.

benar bahwa penempaan tubuh karena untuk menguatkan tubuh,,sebagai salah satu penempaan tubuh sebagai senjata.

karena orang utara berbadan lebih besar dan menggunakan jarak jauh, sedangkan selatan berbadan kecil menggunakan jarak dekat.
tp banyak juga yg mempelajari aliran selatan tp berbadan besar, dan ada jg aliran utara yg berbadan kecil.

benar selatan juga memilki senjata yg sama dengan utara, hanya permainannya saja yg berbeda.

setahu saya di semarang terkenal dengan aliran utaranya..
mungkin banyak juga yg sudah bercampur.
Garuda emas sepertinya turunan dari Chi Siouw Fu / dari Shandong / utara.
mohon koreksinya..

untuk jelasnya saya rekomendasi
pa Tatang di Bandung dari Teratai putih..
beliau bisa selatan dan utara.

euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #35 on: 11/11/2009 02:22 »
Garuda emas merupakan warisan dari Louw Tjing Tie, bukan Chi Siauw Foo.
Mengenai detailnya lebaih baik ditanyakan kepada pihak Garuda Emas di Semarang atau kepada Koh Louw Tjing Houw yg saya yakin Koh Gogi jg mengenalnya. Saya hanya sempat bertemu n berbicara dgn beliau bbrp kali.

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #36 on: 11/11/2009 07:51 »
salam kenal nih bro para pendekar wushu. jadi banyak info nih dari diskusi ini.

Sekedar info aja, sy sekarang belajar Thifan Po Khan, yg sumbernya dari cina utara. Tetapi kalau dilihat dari jurus-jurusnya, banyak sekali jurus yang mengandalkan tangan, termasuk jurus-jurus hewan seperti harimau, sampai ayam :D Tapi dilain sisi bentuk-bentuk kelincahan dan tendangan yang berputar-putar juga banyak.

Maksud sy tuh, apa memang kategori utara dan selatan selalu begitu, identik dengan tangan dan kaki yg berbeda?

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #37 on: 11/11/2009 11:42 »
oh iya, Garuda Emas bukan dari Chi siaow foo?
yg turunan dari Chi siauw foo di semarang sekarang perguruan apa ya?
aku kurang tahu tentang Louw tjing tie.
Louw tjing houw apakah p.Darmadji?

kalau p.Dharmadji setahu saya main selatan.
p.Tatang yg di Bandung orang Shandong/utara.

nanti kutanyakan deh lebih jelasnya.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #38 on: 11/11/2009 11:57 »
Yap kie san, aku kurang tahu juga.
yang aku tahu Garuda Emas, pelatih wushunya alm. om Giek.
dan sekarang p.Dharmadji.

aliran Thifan, aku juga kurang faham, kalau ada video gerakannya bisa dilihat.

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #39 on: 05/12/2009 02:15 »
 :D Salam kenal bang, aku putradewa. Bang, sebagai praktisi beladiri apakah pernah mendengar nama perguruan kuntao Sinar Sriwijaya dari Sumatera yang pernah ada sekitar tahun 60 sampai 70-an? Pernah mengadakan atau turut adu keahlian ato kalo gak salah Pyaw yen dengan semua aliran beladiri termasuk perguruan tapak suci, ahli2 karate juga dan ketua perguruannya terpilih sebagai Suheng, namanya Kwee Thiam Tjiet, murid dari seorang pelarian militer dari cina daratan berjuluk Lui Kung, menguasai aliran Shaolin, Butong, termasuk pukulan lembut Pat Kwa Liong Sin, juga tenaga dalam sampai ahli totok Dim Mak. Mohon referensinya, bang. Aku berminat belajar jurus telapak petir dari pewarisnya, mohon bantuannya, terima kasih. :o
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #40 on: 15/01/2010 14:42 »
hallo mas Putradewa..

sudah beberapa bulan aku belum sempat post lagi.

aku kurang tahu dalam sejrah detail... apalagi nama namanya, tokoh dan nama jurus..
secara makro aku bisa bantu info. karena sedikit dari para tokoh yg terbuka.
tapi aku coba cari tahu ke tetua tetua, perantauan perantauan untuk dipustakakan.

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #41 on: 21/01/2010 10:37 »
:D Terima kasih, bang. Sebelumnya aku bertanya tentang pewaris kuntao lama tersebut karena hampir putus asa mencari guru karena bapakku menolak mengajarkan "Tarian" atau wushu kalo orang sekarang bilangnya. Tapi berkat informasi dari forum ini juga salah satunya aku bisa meyakinkan bapak kalo kuntao itu gak ketinggalan jaman, peminatnya banyak, dll. Trus, akhirnya pelajarannya dimulai 2 minggu yg lalu..ha..ha.. Sudah belajar tarian "Ayam emas berdiri kaki satu", itu julukannya, sesudah latihan 8 langkah dasar. Tapi rangkaian tariannya masih sangat banyak untuk bisa masuk ke langkah patkwa "Tarian Naga Delapan Diagram", sesudah itu baru latihan penerapan Tarian dengan senjata. Senjata yg kupilih adalah Toya dan Rantai. :D
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #42 on: 21/01/2010 13:22 »
iya mas Putradewa..
ini ada sedikit tarian pedangku.

[youtube=425,350]http://www.youtube.com/watch?v=FRDBCxajBB0[/youtube]


untuk kuntaw/silat tiongkok atau tradisional yg masih belum ke arah olympic banyak datanya di

www.chinwoo.org.cn

organisasi tua yang didirikan oleh HuoYenCia, tokoh dunia kangow di film Fearles Jetlee.. mungkin dari situ bisa didapat info resmi lebih jelas untuk tradisional.


( dalam foto ini menunjukan Silat Tiongkok  sudah eksis tidak hanya dalam hal tarung saja, tapi juga dalam hal SENI.)


Chinwoo terkenal di dunia karena perjuangannya mengangkat budaya negara dalam memerangi penjajahan.

Pendirinya Huoyencia selain gemar mempertunjukan budaya silat Tiongkok,  beliau juga aktif menerima tantangan Pibu/adu ilmu.
hingga pada saatnya menerima tantangan silat dari kolonialeliau melawan pegulat barat, dan berhasil mengalahkannya.

Sebenarnya bukan hal ini membuat beliau menjadi salah satu tokoh terkenal perjuangan budaya silat tiongkok..
tetapi pemikiran beliau yang membawa Silat Tiongkok menjadi silat internasional, dengan mendirikan organisasi persilatan yang dapat merangkul berbagai kalangan. Sejak itu Chinwoo menyebarkan olahraga bela diri ini ke dunia, bersaing dengan pengaruh Jepang dan Barat. Mereka mengirimkan nbanyak delegasi budaya ke daerah - daerah.

asosiasi ini berkembang ke banyak daerah, terutama paling banyak ke asia tenggara. Banyak perguruan zaman dulu di Indonesia,Malaysia,Singapura,Hongkong,Macau,Thailand,Vietnam,dll yang bergabung dalam Asosiasi ini.


ide ini adalah salah satu dasar semangat adanya Internasional Wushu Federation, yang mengarah ke Wushu masuk dalam Olympiade.

saat sekarang asosiasi Chinwoo tetap aktif dan membantu perkembangan Silat Tiongkok, terutama di bidang tradisional. karena yang modern organisasinya bernama IWUF.

Di Shanghai, tempat sejarah Huoyencia masih ada dan menjadi kantor Silat tiongkok Shanghai.

putradewa

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 71
  • Reputation: 0
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #43 on: 23/01/2010 13:05 »
 :-\ :-\ Gak bisa dibuka bang...!!!, mohon bantuannya, dong...  :-X :-X :-X :-X :-X :-X
Hobiku banyak, cita-citaku dikatakan juga tak ada gunanya. harus dilakukan, jadi aku asyik - asyik aja..Tapi ngomong - ngomong, kapan, ya aku jadi milyader....
ha...ha...ha.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #44 on: 27/01/2010 13:56 »
@putradewa
http://chinwoo.com/

ada banyak site yg memang forbidden di indonesia kayaknya.

 

Powered by EzPortal