+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: WHAT IS WUSHU?  (Read 24672 times)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
WHAT IS WUSHU?
« on: 07/01/2009 01:56 »
DONGENG APA ITU WUSHU??

saya senang ada forum ini, bisa saling bercerita. Saya ingin berbagi dongeng sedikit tentang WUSHU, apa itu dan hingga hari ini belum banyak orang, terutama awam, yang mengenalnya tapi bingung dengannya.
Ada yang membagi Wushu menjadi olahraga kesehatan dan bertarung, ada yang membagi Wushu tenaga luar dan dalam, ada yang membagi wushu modern dan tradisional, ada yang membagi Wushu beneran dan bohongan.

Istilah istilah di atas tidaklah salah, tapi tanpa mengerti APA ITU WUSHU, dalam sekian kilometer artinya bisa melenceng cukup jauh.

note: Dongeng Wushu ini hanya cerita dan jarang atau mungkin tidak ada tertulis di mana pun.

WUSHU - artinya Seni Berperang - WUSHU bukan bela diri - tapi artinya SENI MILITER - yaitu beragam cara dan metode untuk memenangkan perang!

apa itu PERANG - perang  tidak ada yang adil - satu lawan sepuluh/seribu - curang,kotor, dan penuh tipu muslihat, tidak ada adil/ksatria yang penting menang - beragam alat senjata dan teknologi rahasia dan racun - strategi dan jumlah pasukan - manajemen prajurit, spionase kayak ninja, sniper menggunakan panah dan sumpit atau pisau terbang hingga menyiapkan jendralperang , mentri militer, dan raja terkuat.

WUSHU bukan untuk bela diri one on one, tapi cara memenangkan sebuah PERANG!

buku SUN TZU adalah buku yang pertama mengenai WUSHU, tapi sebelum buku itu ditulis, ilmu berperang sudah membahana kemana - mana. SUNTZU ditulis ribuan tahun lalu, tapi perang lebih tua dari buku itu.

setiap negara dan peradaban memiliki ilmu berperang. Umum metode mereka semua sama, prajurit, senjata, strategi, jendral, spionase/ kayak ninja / racun / senjata lempar / dll....

Dalam menyiapkan sebuah PERANG, tidak bisa satu hari satu malam siap, atau satu tahun siap, tapi menyiapkannya dari usia dini seorang prajurit yaitu umur anak - anak hingga dewasa dan cucu cucu dan seluruh kehidupan yang ada di negara itu sudah disiapkan matang metode kepelatihan WUSHUnya.

WUSHU yang diceritakan disini adalah WUSHU CHINA KUNO, Wushu / seni berperang yang dipakai hingga tahun 1900an / setelah WUSHU KUNO kalah dengan WUSHU modern ( pake meriam, pistol, racun, senjata mesin, apalagi nuklir ?? )

WUSHU CHINA KUNO seperti WUSHU MODERN sangatlah terorganisir rapih, setiap kehidupan bayi ataupun anak disiapkan untuk menjadi alat militer. menjadi  sejak mungkin raja pertama, Kaisar Kuning, gak tahu berapa ribu tahun lalu, tapi sebelum Kaisar Kuning ilmu perang pun telah dengan hebatnya berperang. Mungkin sejak awal manusi jadi pandai atau entah awalnya manusia kok bisa berperang satu sama lain gak jelas.

Senjata api ada sejak sekitar tahun 1500an atau 500tahunan kalau saya tidak salah, tapi senjata pedang sudah ada sejak ribuan ribuan tahun lalu. sejarahnya pedang lebih panjang, nilai kehidupan dan darah serta filosofinya jauh lebih dualam daripada pistol!!

Berikut penjelsan sedikit tentang metode kepelatihan WUSHU KUNO yang banyak orang awam zaman sekarang salah kaprah dengan antara berperang dengan berkelahi.
( kembali diingat Wushu China kuno untuk menjadikan prajurit seperti TNI AD, apalagi setingkat KOPASUS apalagi Jendral/Mentri harus dari usia kecil mungkin seperti usia sekarang menjadi atlet Wushu/Gymnastic yaitu usia 8tahunan. Jadi metodenya berbeda dengan zaman sekarang WUSHU MODERN. Maklum pedang perlu waktu luama, pistol cukup beberapa menit )

berikut level - level yang dapat menerangkan APA ITU WUSHU??
LEVEL 1.
1. memiliki kelincahan dan kekuatan serta stamina seperti senam lantai / gymnastic untuk lebih mudah kita mengerti. Senam lantai dari Yunani yang juga merupakan dasar seni berperang mereka, seperti gulat, tinju, lempar lembing,martil, panah, lari, renang, dll... merupakan seni dasarmanusia zaman dulu yang wajib diturunkan ke cucu cicit, makanya ada Olympiade.

kelincahan ini sangat penting, bayangkan memiliki ini di tengah hutan atau gelapnya malam gak ada listrik, atau dikejar 100 tentara, atau dikejar harimau, atau apa aja deh kalo gak lincah kuat dah pasti gak selamat.

dan kelincahan ini harus sejak kecil. Bahasa kerennya GINKANG kata Om Ping Hoo. Usia 7 tahun - 20 tahun masih harus melatih GINKAN ini dengan luar biasa disiplin adn keras unutk mencapai GINKAN tinggi, alias lentur kuat lincah lompat salto seimbang dan sebagainya  dll pokoknya kayak sirkus china atau gymnastic dan pelari sprinter serta marathon.

bayangkan anda bertemu musuh seperti ini di malam gelap gulita di hutan, dia pakai baju hitam ninja, dan jumlahnya ribuan. di siang hari adu kejar kejaran wah bagi yang gemuk dan gak ada kelincahan stamina bisa serangan jantung kecapean duluan. belum lagi pisau terbangnya.


LEVEL 2
2. Melatih Koordinasi, mata, keempat tangan ( tidak ada istilah kaki karena fungsinya harus maximal :P ), semangat daya juang, konsentrasi dalam melakukan jurus jurus dasar berperang, tangan kosong hinga macam2 senjata.

bayangkan mau bertempur tapi tubuh anda tidak ada koordinasi maximal. mana kanan kiri putar dll bingung jatuh sendiri atau salah salah senjata makan tuan atau kena teman.

Tahap ini dilatih gerakan - gerakan silat tingkat dasar tapi rumit aneh aneh ngejelimet supaya melatih dan mengutamakan kesempurnaan koordinasi tangan, kaki, mata, semangat, daya tahan, dan fokus dll digabung dalam jurus jurus berperang praktisi yang sesuai / yang cocok dengan karakter sifat dan bakat praktisi yang akan diperdalam ke level berikutnya!!

Tahap ini sudah bisa masuk ke jurus tangan kosong dan senjata seperti pedang, tombak, dll. Tahap ini juga sudah mengajarkan serang elak dan pertarungan diatur dan dihapal untuk menambah latihan koordinasi berperang, baik satu lawan satu sampai satu lawan dua puluh tergantung target kelincahan dan kemampuan si praktisi mau. ini masih dalam level koordinasi, daya juang, stamina, dan dasar dasar gerakan berperang tangan kosong hingga beragam senjata denga gerakan rumit ngejelimet.jurus binatang pu bunayak tapi belum tahap mautnya.

TAPI level ini belum mengajarkan jurus - jurus perang maut yang lebih dalam lagi!!

nah SAMPAI TAHAP inilah metode WUSHU dibuka dan disebarluaskan ke dunia menjadi OLAH RAGA WUSHU KUNO sekarang yang anda lihat !!!!!

Menguasai tahap ini adalah tahap singkat dan tidak lengkap dari DASAR WUSHU KUNO.




kalau yang dibawah ini tidak diajarkan ke dunia karena tidak dapat dengan mudah dipertanggung jawabkan/ termasuk berbahaya.
walau banyak zaman dulu diajarka sedikit sedikit oleh perantauan ke masyarakat. umum disebut Kung Fu/ KunTao/WUSHU tradisional

3. Melatih jurus maut !
Harus sangat sederhana, efisien dan efektif dan jangan lupa rahasia/tidak ditebak dan maut. Tahap ini akan kembali ke tahap 1 dan 2 diatas tapi dengan jurus tahap 3. termasuk senjata dan tangan kosong serta senjata lempar. tahap ini gak ada lagi gerakan akorbatik atau ngejelimet.tehnik aplikasi tidak lupa diasah ampe tajam reflek dan luar kepala/tubuh menghadapi berbagai macam kemungkinan serangan,elakan, dan penyelesainannya.
umum di tahap ini WUSHU CHINA KUNO tidak mengutamakan grapling, atau jarang gulat di lantai apalagi berlama lama di lantai karena kurang berguna bila berhadapan lebih dari 1 musuh. semisal mau bergulat dengan 4 orang musuh sekaligus, tentu tidak mungkin. tapi jika tehnik mematahkan/menguci dan membanting ada banyak.
lalu jurus elang, monyet, atau jurus binatang banyak diperdalam di sini. juga ilmu jurus maut yang beraneka ragam sesuai bakat alam dan bentuk karakter dan tubuh praktisi yang telah diperhitungkan sejak usia dini.



4. Melatih tubuh - tangan dari jari hingga siku pokoknya semua anggota badan dilatih penempaan keras agar menjadi senjata. proses ini ada 2 cara , yaitu cara yang memakan waktu lama dan waktu singkat.yang terlihat dan yang tak terlihat. termasuk tahan pukul.

5. melatih penggunaan kongkret senjata, bagaimana menusuk pada target dll. umum menggunakan benda mati disabet atau benda mati bergerak agar melatih keakuratan serangan maut senjata. baik senjata lempar, berbagai senjata rahasia, umum jarum yang shaolin peragakan tembus kaca, termasuk panah, biji besi, sumpit, pedang, rantai, dll.

6.Melatih menggunakan kuda, atau kereta kuda, dalam berperang.dan alat alat berat lainnya, ada banyak juga macamnya.termasuk benda keseharian hidup.

7. melatih menggunakan racun, meramu, membuat penawar obat dll. toko obat cina dulu sejak ribuan tahun sukanya tahap ini. banyak ahli beladiri yang juga ke tahap ini. tapi Racun ya pasti disembunyiin atau gak mau dibuat, ntar bahaya.

8. melatih strategi bertempur, gerilya, sendirian, beregu, malam hari, siang hari, dll, di air, darat, dll... spionase, menyamar,dll.

9. melatih kepimpinan, menjadi seorang jendral, atau kapten atau mentri. belajar mengambil kebijakan, menang tanpa berperang. tanpa mengorbankan nyawa dll.. tahap ini its all about POLICY and WISDOM but WIN THE WAR. BLOOD IS THE FINAL ANSWER. dan sifat sifat jendral kesetiaan, moral, dll...

banyak sampai tahap ini bisa kita pelajari di buku/kitab/ dongeng SAM KOK atau buku kisah 3 kerajaan, cerita 2000an tahun lalu.. kuno bgt.
Buku kisah 3 kerajaan SAM KOK dan SUNTZU menerangkan cukup jelas hingga tahap ini.
kedua buku itu salah satu buku luar biasa yang dihargai dunia. Menurutku semua praktisi dan pecinta WUSHU wajib baca!!dan masih banyak dongeng yang perlu dibaca lho..

LEVEL 10
10. Melatih kesehatan kekuatan, melawan penyakit dan serangan makhluk halus alias kuman virus hehehe...dengan mengumpulkan tenaga kehidupan atau istilahnya chi. Tahap ini banyak dicari oleh raja raja zaman dulu. banyak sekali yang salah jalan dan sangat sedikit yang berhasil. umum sekarang orang sebut berlatih Wushu Internal. artinya Wushu yang melatih emosi, egosentris, dendam, tersinggung, kesabaran, dll dan mengumpulkan atau melatih sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari hari setiap makhluk hidup, tapi kita sering tidak mengerti, melihat, merasakan. tahap ini tidak berfokus pada tendang pukul, walaupun  termasuk WUSHU INTERNAL. bila termasuk tendang pukul itu hanya untuk supaya kita mengerti merasakan apa chi itu. dan tidak sedikit orang yang memanfaatkan tahap chi ini untuk memperlengkap jurus mautnya tahap ke 3 atau di WUSHU level 3 yang saya tulis di atas. Tahap ini akan bersambung di topik lain.

Sekian dongeng  APA ITU WUSHU. semoga bisa menjadi bahan hiburan yang menghibur seperti cerita almarhum om Ping Hoo dan dongeng dongeng dari ayah sebelum saya tidur..
penjelasan tahap ini hanya sekilas dan masih termasuk fiksi karena bukti buktinya tidak ada. percaya ga percaya. tapi APA ITU  WUSHU umumnya tersirat di cerita forum ini.
Sekian.


Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #1 on: 07/01/2009 10:29 »
wow, keren, sekali, dari dulu saya cari sejarah wushu. cuma wushu sekarang agak beda sama yang kuno. istilah wushu dipakai abad ke dua masehi sampai abad keenam masehi untuk nama beladiri china. sekarang baru dipakai lagi.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #2 on: 07/01/2009 12:35 »
wushu kuno dan olahraga wushu sama sampai di tahap level 2,... walau ada perbedaan sedikit ,tapi tidak jauh beda tujuannya. yaitu melatih kekayaan koordinasi tubuh, kelincahan, stamina, kekuatan, kegesitan responsif, keseimbangan tubuh, dan dasar gerak silat dengan gerak lingkar besar, dll. Wushu olahraga sekarang adalah pada level ini/ mengarah ke tujuan ini.

kalau kita melihat atlet china wushu, mereka memiliki Ginkang yang luar biasa, koordinasi, kelincahan, kecepatan, dan dasar kekuatan fungsi otot yang maximal. dbuktikan dengan sirkus dan gymnastic china yang tak terkalahkan di Olympiade, begitu juga olah raga Wushu nya. tapi mereka tidal ke level tahap 3, yaitu jurus maut! apalagi ke level 3-9.wah sudah jarang yang mau.melatih level 1-2 saja sudah setengah mati, apalagi level 3 yang beresiko, dan belum tentu digunakan seumur hidup 1x.setiap level memerlukan disiplin yang sangat tinggi.

banyak orang salah mengartikan olah raga dan bela diri, antara berperang dan berkelahi, hingga jadi wushu kuno dan modern.
Dengan mengerti tahap  tahap ini, orang dapat melihatnya lebih jelas... bahwa hanya perbedaan fokus praktisi pada level kepelatihan dari ilmu WUSHU KUNO yang sangat luas dan dalam.

tahap level 3 - 9 yang membedakan cukup jauh antara wushu zaman dulu dan olah raga wushu sekarang!!

karena olah raga wushu tidak mau melatih tahap - tahap ini( 3-9 ). hingga hari ini Masih ada yang melatihnya, di cina daratan, dan oleh para perantauan di luar China yang masih memegang teguh seni budaya perang kuno ini. tapi jarang dan cenderung tidak terbuka mudah.

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #3 on: 07/01/2009 12:58 »
bang gogi...

coba deh dikupas lebih dalam di level 1-2 aje dulu... [top] [top] buat anda


Tetap Semangat.


debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #4 on: 07/01/2009 13:11 »
Mas Gogi... kalo Sampeyan sendiri sebagai seorang juara dunia wushu, yang Sampeyan rasakan, Sampeyan sendiri sampe di level mana menurut Sampeyan sendiri? Mohon maaf, saya tidak bermaksud apa-apa dengan pertanyaan ini.  ^:)^ Just out from my own curiosity. Mohon tidak disalahartikan secara negatif.

[top] Terima kasih banyak dan maaf kalo pertanyaan saya ini tidak berkenan.

Jabat erat...

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #5 on: 07/01/2009 16:51 »
:)
level fokus saya hingga umur sekarang adalah di level 1 dan 2 itu pun tidak dapat dibandingkan dengan ribuan atlet di china yang tiap tahun menelorkan ribuan lagi jumlahnya. ibarat tiap tahun sarjana lulus dari universitas. Wushu di China telah menjadi pendidikan umum seperti arsitek. tapi kalau dibandingkan olahraga Wushu di negara - negara luar, saya cukup percaya diri di pertandingan.maklum kalau tidak semua bidang edukasi dilahap disana bisa beratus juta - juta pengangguran dan putus sekolah.
Saya juga tertarik mendalam level 3 - 10 sedikit sedikit, tapi teringat kembali ajaran orang dulu....

bahwa ada perbedaan besar antara mendalami dan menjalani.

ITS DIFERENT .... KNOWING THE PATH and WALKING THE PATH. berbeda mendalami perang dan menjalani perang. berbeda belajar perang dan hidup berperang.
penbahasannya pun berbeda dari praktisi yang hanya mendalami dibanding yang  menjalani /alias sudah pasti belajar perang dan hidup berperang..

seni berperang level 3 - 9 tidak mungkin bisa dibicarakan atau dibahas bila praktisi bukan seseorang yang hidup dengan dunia level tersebut. ibarat prajurit tapi belum pernah perang tapi bercerita soal perang. hanya spesifikasi ilmu dan dunia yang dia dimana hidup, bisa diceritakan.
yang umum terjadi...dalam membahas ilmu perang / WUSHU level 3 keatas..

pembahasan Seni Perang umumnya berakhir dengan pembuktian di medan perang / atau bukti perang beneran. Tapi apa pembahasan Wushu/seni berperang selalu harus dibuktikan dengan perang??

tergantung pendalaman kepelatihan dan kehidupan praktisi,dari pikiran, hati dan tubuh praktisi. kalau mungkin kita bertemu seorang jendral militer KOPASUS yang berpengalaman di medan perang, dia bisa menceritakan bukti dengan apa adanya. tapi kita pendengar yang tidak berlatih dan hidup di medan perang secara pikiran, hati tubuh seperti jendral tersebut, kita hanya bisa berangan angan, ataupun berdebat.

Ini nisa dikatakan dengan tepat kalau Jendral itu memiliki KUNGFU !! Sekarang jarang orang di China mengatakan memiliki Kungfu, tapi hanya sebagai profesor atau instruktur atau praktisi Wushu tapi bukan pe Kungfu Wushu. berbeda dengan orang orang zaman dulu.

zaman dulu orang yang memiliki Kungfu Wushu banyak ditemui di indonesia, umum mereka perantauan perantauan, atau jendral jendral / kapten batalion, prajurit dll.. yang lari kalah perang atau jenuh dengan tugas kehidupan perang. mereka lari ke negara negara jauh... seperti indonesia.

orang orang berkungfu Wushu / berkeahlian tinggi alias lihay Wushu, seperti ahli bom atom. dijaga dan dilindungi agar tidak diculik atau dibunuh. mereka menyembunyikan diri.dan menutup kisah mereka rapat rapat. SAM PO KONG membawa mungkin berlusin - lusin atau beratus orang seperti ini, dan belum lagi dari jalur perantauan lain sekian ratus  atau ribuan tahun sejak zaman Sam kok.

orang berkungfu memiliki spesialis kungfu masing masing dan berbeda beda sifat tujuan dan orangnya dan ilmunya. Orang berkungfu / orang Kungfu umum ingin mewariskan ilmunya dan tentu dengan cara2 tersendiri, dan rahasia.Kungfu dibahas di topik lain secara dongeng dan garis besar di topik lain APA ITU KUNGFU.

nasihat orang tua dulu...
Wushu/seni perang secara garis besar dapat dilatih, dan didalami, dibanggakan, hingga menjadi orang yang memiliki kungfu Wushu lihay,...tapi kehidupan yang mau kita tuju haruslah jelas. Sekarang jarang orang di China mengatakan memiliki Kungfu, tapi hanya sebagai profesor atau instruktur atau praktisi Wushu tapi bukan pe Kungfu Wushu. berbeda dengan orang orang zaman dulu yang memang hidup berperang sebagai keahliannya.

karena bila tidak, salah salah Wushu atau kungfu yang hendak dituju....bisa membawa kita ke dalam kehidupan perang. tidak dapat kungfunya tapi dapat perangnya.
Tidak sedikit praktisi yang salah mempelajari ilmu perang dan malah membawa kehidupannya yang damai menjadi kehidupan perang. Padahal orang berlatih sampai memilik Kung Fu Wushu  adalah supaya kehidupan menjadi damai dan sejahtera,sehat, aman, bukan untuk menciptakan perang. seperti cerita om Ping Hoo yang banyak membahas tahap 1 - 9 di buku bukunya. tahap 10 banyak dimasukkan fiksi imajinasi.

Sekarang Wushu di China dalam edukasinya sangat sangat  sangat mengutamakan filosofi hal ini.. bayangkan ada beratus ribu orang anak yang berlatih Wushu tanpa edukasi yang disiplin, benar dan humanis??

di olahraga Wushu seorang anak kecil ditekankan dengan keras disiplin bahwa senjata mengajarkan mereka menghargai keamanan diri dan orang lain. seorang atlet anak kecil mempelajari pedang, golok, toya, tombak, dll. agar menghargai nilai hidup yang diturunkan oleh para jendral perang zaman dulu untuk menjaga kehidupan yang demikian berharga. sekarang ditemui praktisi wushu dari usia dini diajarkan seni,tehnik dasar dan filosofi senjata kuno.

olah raga WUSHU sangatlah erat dengan nilai nilai ini. bila telah siap secara hati pikiran tubuh, di edukasi Wushu China, praktisi boleh memperdalam level 3 - 10. umum mereka yang mendapat gelar profesor Wushu di China telah melahap level 1 - 10. umum mereka disebut 10th DUAN, kalo kita istilahnya DAN 10. Guru Jetlee adalah profesor Wushu Duan 10. mereka masih ada dan umum berumur di atas 70an. banyak yang ke indonesia berkunjung. di atas mereka ata u guru mereka juga banya tapi umum sudah tutup usia.

tetap sedikit jumlahnya yang berhasil menjadi Profesor .memerlukan dedikasi seluruh hidup yang idealis,puluhan tahun, dari usia dini untuk menjadi seorang MASTER/PROFESOR WUSHU untuk hanya berlatih dan berlatih dari level 1 - 10!!!.

 tapi juga perlu diingat kembali  ::)PROFESOR WUSHU pun bukanlah orang yang hidup di medan perang, hanya mempelajarinya, dan tidak mau hidup dalam perang! atau coba coba praktek di medan perang ::)

Di sekolah Wushu China ada kelas dan universitasnya resmi seperti tk,sd,smp,sma, S1,S2,S3, dll ampe Profesor. Di kota Deng Feng propinsi Henan ada sekitar 70 sekolah, yang terbesar memliki gedung dan murid yang makan tidur latihan pada saat sama / seperti kamp militer berjumlah 25.000 murid. ada yang 20.000 murid, sekolahnya seperti perumahan apartemen Real Estate, ada yang 10.000 murid, 5.000,dan yang umum terkecil 500 murid. beribu wisatawan dan orang luar negri ke kota ini.

Di kota Deng Feng, 1 dari sepuluh penduduknya adalah praktisi WUSHU. dari Kakek hingga cicit. Gak boong loo... Kuil shaolin hanya beberapa km dari kota ini.

dan masih akan dibuka Kota seperti ini di WU DANG. kedua tempat ini akan dan sudah merupakan INDUSTRI MARTIAL ARTS tebesar di dunia saat ini. mereka juga memperdalam Taekwondo, Judo, Karate, dll di universitasnya untuk bersaing di Olympiade ataupun kejuaraan dunia, asia, dll. belum lagi cabang olah raga lain dan bidang edukasi lainnya. tidak aneh kalau China mampu mengalahkan perolehan emas olympic Amerika cukup jauh, dan ekonomi serta pembangunannya pesat.

untuk pembahasan level 3 - 10, umum banyak pecinta Wushu telah mendalaminya dan mendapatkan informasi dari berbagai orang/guru yang telah menjadi spesialisnya. bisa dibahas lebih lanjut, tapi saya lebih tertarik di level 1,2 dan 10, karena lebih mengarah humanis dan bermanfaat bagi dunia hidup kita yagn damai sekarang.

 gogi nebulana
www.harmonyWUSHUindonesia.com

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #6 on: 07/01/2009 17:06 »
 :) ada salah ketik di pragraf pertama......

level fokus saya hingga umur sekarang adalah di level 1 dan 2 itu pun tidak dapat dibandingkan dengan ribuan atlet di china yang tiap tahun menelorkan ribuan lagi jumlahnya. ibarat tiap tahun sarjana lulus dari universitas. Wushu di China telah menjadi pendidikan umum seperti arsitek. maklum kalau China tidak semua bidang edukasi dilahap disana bisa beratus juta - juta pengangguran dan putus sekolah.

kalau dibandingkan olahraga Wushu di negara - negara luar, saya cukup percaya diri di pertandingan.
Saya juga tertarik mendalam level 3 - 10 sedikit sedikit, tapi teringat kembali ajaran orang dulu....

f4iz

  • Guest
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #7 on: 08/01/2009 01:44 »
Salam Rekans dan Seniors..
@Salam Kenal Mas Goginebulana ,
Saya mau tanya Mas, didalam Wushu itu ada istilah aliran atau perguruan tidak ? Maksudnya apakah Wushu itu sebuah aliran atau lebih merupakan istilah yg digunakan utk menyebut beladiri spt. Silat atau Karate yg terdiri dari macam-2x aliran / perguruan ?
Kalau yg saya tau sedikit misalnya Kung Fu itu kan ada Hung Gar, Choi Lay Fut, Fut Gar, Wing Chun, Bak Silum , dsb. Masing-2x aliran mempunyai tekhnik/kharakteristik yg berbeda.
Kalau Wushu sendiri itu bagaimana sih ? Saya waktu itu kira Wushu itu National Art, jadinya elemen-2x dan tekhnik-2x dari banyak aliran dirangkum sehingga Wushu mempunyai kurikulum sendiri. Misalnya diWushu ada jurus Nan Quan, Cha Quan, dsb. Jadi saya tadinya kira kalau Wushu itu aliran.
Bisa dijelasin Mas kalau ada waktu.
Terima kasih sebelumnya.
Salam,
Faiz

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #8 on: 08/01/2009 03:56 »
WUSHU artinya seni berperang, bukan aliran.
dalam seni berperang ribuan tahun banyak sekali aliran dan perguruan di china hingga hari ini, belum lagi yang diluar china ratusan atau puluhan tahun terpisah dari Chna daratan.

arti WUSHU tidak seperti Karate,
dimana di Jepang masih ada lagi Aikido, Jiujitsu, Ninjitsu, Kendo, Judo, dll... Sementara itu semua adalah Seni Berperangnya / WUSHUnya orang Jepang. ..
Wushu sendiri artinya seni berperangnya itu, SEMUA BELA DIRI ATAU SENI BERTARUNG ALIAS BERPERANG YANG DI dan BERASAL dari CHINA DISEBUT WUSHU.

apa yang anda lihat di olahraga Wushu adalah dasar paling umum dari semua Seni berperang China di level 1 - 2 yang saya gambarkan.

WUSHU yang umum dibagi.. berdasarkan kategori geografi yang paling umum, seperti Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. mungkin kalau di Indonesia Pencak Silat dibagi Pencak Silat indonesia timur, tengah, dan barat, yang budaya sejarah serta kerajaan di geografis tersebut dan perawakannya sangat mempengaruhi seni bertempurnya. --- ini hanya pendapat spontan ---
kalau WUSHU China dibagi Utara dan Selatan.

Di China orang utara lebih  mengutamakan strategi jarak jauh, china selatan lebih mengutamakan jarak dekat karena budaya dan perawakan yang berbeda.  Umum di China ada 2 suku yang paling umum disebut orang Hokkian ( Selatan ) dan orang Khe.(utara ) - ( di China bentuk negaranya lebih memanjang lintang bumi utara dan ke selatan, sementara Indonesia tdak ada utara selatan tapi timur,tengah, barat karena lintangnya geografisnya manjang barat - timur.)

Chang Quan - strategi bertempur tangan kosong jarak jauh - artinya tinju panjang / tendangan utara.
Nanquan - strategi bertempur tangan kosong  jarak dekat - artinya tinju selatan
Taiji Quan - ilmu berperang Internal - Taiji dipilih sebagai perwakilan paling umum dan terkenal untuk ilmu internal.tapi internal arts masih ada banyak.hanya perwakilan terbesar saja.

Nah dari kategori tangan kosong ini sudah kira kira pengkategorian seni berperang tangan kosong orang China umumnya. yang sebenarnya aplikasi tehnik khusus masih ke ratusan aliran yang tidak mungkin bisa dibeberkan semua, karena banyak sekali, seperti yang tadi saudara Godam sebut beberapa diantaranya.

Jianshu - Pedang - alat senjata pendek umum
Daoshu - Golok - alat senjata pendek umum
Nan Dao - Golok selatan senjata pendek umum
ketiga senjata pendek ini dianggap mewakili dasar paling umum seni berperang senjata pendek China. ketiganya memiliki karakteristik dan strategi perang senjata pendek paling dasar. Yang juga aplikasi khususnya ada ratusan senjata pendek  lagi jumlahnya...

Gunshu - Toya
Qiangshu - tombak
Nangun - toya selatan
nah ini perwakilan strategi bertempur jarak jauh dengan senjata panjang.... toya,tombak dan toya selatan mewakili dasar ciri konsep paling mendasar dari seni berperang china senjata jarak jauh/panjang. yang sebenarnya juga ada ratusan macam jenis senjata panjang.

Semua jurus yang diatas sebenarnya belum lengkap semua, karena belum lagi senjata lempar, senjata kembar, senjata lembek seperti rantai, jurus tangan kosong yang beraneka ragam spesialis..dll

lebih mudahnya seperti Jepang atau Indonesia berbagai aliran dan jurus dan perguruan.., tapi hanya untuk satu hal.. memperlengkap Seni Berperang orang Jepang/Indonesia..

umum setelah praktisi menguasai dasar dasar jurus di atas... ini, barulah di memfokuskan diri pada bidang yang lebih khusus lagi. Kembali diingat seni berperang tidak bisa diraup semua oleh satu orang tapi ada prajurit - prajurit  yang memiliki spesialis sendiri. ahlinya jarak jauh misal panah tombak, jarak dekat pedang golok, jarak lebih dekat lagi tangan kosong pisau, jarak tiba tiba senjata lempar, dan lain lain. olah raga Wushu masih dasar dari Seni Berperang China level 1-2.

Umum penjelasan yang dibawa atau diterima negara negara sekitar China hanya penggalan aliran aliran umum yang kita kenal di Indonesia saja tapi tidak dalam arti menyeluruh dari seni bertempur kerajaan China kuno.

sejarah raja raja dan kerajaan zaman dulu mengembangkan jendral/rakyatnya di bidang spesialisnya bertempur masing2 untuk memperlengkap ilmu perang sesempuna dan selengkap-lengkapnya bagi tiap kerajaan yang berbeda beda pula . Selalu dan agenda tetap untuk raja raja zaman dulu mencari dan memanggil mengembangkan penelitian analisa mendalam ahli ahli bertempurnya dan rakyatnya.

untuk mengenal kungfu wushu/apaun beladiri China baiknya kita mulai mempelajari dari sejarah perang Sam Kok,Suntzu 2000tahun lalu, jangan dari sejarah tiap aliran saja. Karena motif dan tujuan dari semua aliran ini adalah kembali ke seni berperang China.

Dulu saya juga bingung apa Wushu itu, saya pikir hanya aliran sendiri lagi atau ada orang yang gabung gabungin aliran kungfu jadi wushu, padahal tidak dan salah.

tapi setelah ke China saya baru mulai lebih mengerti sistem dan penjelasan metode bertempur kuno mereka.
tidak terpenggal penggal terpecah pecah...ke tiap aliran seadanya saja.tapi sistematis dan kesatuan dari spesialis masing masing.

inilah mengapa menurutku Pencak Silat dan Wushu sepertinya memiliki metode,sistem dan sejarah perkembangan yang mirip. sehingga sistematisnya agak mirip menurutku pribadi, yah hanya pendapatku lo.. :)

gogi nebulana
www.harmonyWUSHUindonesia.com

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #9 on: 08/01/2009 04:21 »
dengan pengertian Wushu yang sistematis dan tidak terpecah pecah membingungkan.. Wushu yang dulunya rahasia kini dikenalkan ke dunia,
orang orang eropa amerika dan negara negara lain dengan cepat melihat secara sari pati dari seni bela diri/bertempur China yang demikian unik dan sistematis serta menjadi satu unity.Jelas dar tebukalah rahasia konsep berperang China.

yang juga merupakan warisan kerajaan kerajaan ribuan tahun lalu sebelm Suntzu. Bukan paduan sesorang yang mengaku master menggabung - gabungkan aliran..........lalu disebut Wushu.

Hingga mereka/orang luar negri menerima olahraga Wushu ini dengan antusias dan cepat sekali penyebarannya. dari olahraga level 1, 2 hingga pendalamn sistem bertempur  level 3- 9 yaitu jurus maut/tehnik mematikan hingga nilai seorang ilmu kebijakan jendral/raja  dan level tertinggi 10 tingkat internal.


note : level level ini hanya gambaran dan belum tentu tertulis di mana pun, hanya gambaran pribadi saya untuk teman teman agar memudahkan  mengenal Wushu. Di universitas Wushu China bisa dipelajari lebih rinci dan akurat tentang ini.

gogi.

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #10 on: 08/01/2009 05:25 »
bang gogi, salut untuk anda and GRP terbang ke anda....kalo diliat dari levelling yang anda buat..sepertinya di ragam kehidupan ini banyak orang yang menekuni masing-masing level hingga level teratas (level 10) ada yang menekuni hanya 1-2 saja, 4 saja, 5 saja , 10 saja dan mungkin sangat jarang praktisi beladiri menguasai/mempelajari semuanya...

dan apakah masing2 orang tersebut masih boleh membawa nama Wushu sebagai alasan kuat mereka untuk menekuninya?

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #11 on: 08/01/2009 14:12 »
terimaksih atas supportnya,

wushu hanyalah sebuah nama....
semua negara, suku dan kerajaan,daerah atau apa saja... punya Wushu nya masing masing. termasuk negara Majapahit, Sriwijaya, dll... yang terorganisir rapih dan masih terlihat sisa sisanya sekarang...... di masyarakat indonesia.seni berperang ala betawi, keraton, dll yang beraneka ragam tapi milik nusantara dan untuk nusantara.

walau sering disebut hanya sebagai seni militer kuno. apapun nama yang dibawa, hendaklah untuk mengangkat budaya negara tersebut untuk kesejahteraan rakyat dan pariwisata serta olahraga, tapi  bukan untuk membuktikan keampuhan seni perang.[/u]

karena seni berperang sudah berevolusi menjadi seni militer sekarang.

wushu yang artinya seni berperang. berperang artinya seni membunuh, merusak lawan. untuk level 3 - 8 yang anda lihat... cukup jelas fokusnya hanya bagaimana tehnik terbaik memenangkan perang alias membunuh lawan.

menurutku level 3-8 bagus dan menghibur....., tapi tidak sehat dan berbahaya untuk masyarakat apalagi kalau difokuskan serius, juga kalau didebatkan terbuka, diajarkan, dan dijual. dapat dengan mudah disalah gunakan dan membawa kehidupan yang kurang baik.
Di china level 3-8 tidak sembarangan, hanya kepada yang siap dan untuk keperluan yang jelas efeknya bagi rakyatnya saja. Banyak sistem yang dapat kita contoh di negara lain yang bisa mengaturnya sedemikian rupa hingga menjadi bermanfaat untuk rakyat dan negara dalam seni budaya dan olahraga.[/b]
Menjadi tanggung jawab setiap pecinta Wushu untuk mengerti dan menjadi visi misi pondasi awal kita para pecinta Wushu.alias Wushu untuk misi humanis yang sangat diperlukan untuk anak2 yang miskin disiplin dan ekonomi.Wushu menjadi jawaban di negara China.dapat kita lihat di film2, dan secara nyata kalau kita ke sana.

untuk itu mungkin di topik MENGEMBANGKAN WUSHU. harap maklum yang saya atlet Wushu paling tahu dan mengerti hanya Wushu.

gogi
www.harmonyWUSHUindonesia.com

henry_alg

  • Guest
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #12 on: 13/09/2009 01:04 »
om gogi mau nanya saya lihat  nan quan ada 2 versi , sebenarnya itu emang berbeda atau hanya pengembangan ?

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #13 on: 14/09/2009 10:12 »
nanquan 2 versi?
yg seperti apa versinya?

makdekipe

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 55
  • Reputation: 0
Re: WHAT IS WUSHU?
« Reply #14 on: 15/09/2009 07:09 »
Di sekolah Wushu China ada kelas dan universitasnya resmi seperti tk,sd,smp,sma, S1,S2,S3, dll ampe Profesor. Di kota Deng Feng propinsi Henan ada sekitar 70 sekolah, yang terbesar memliki gedung dan murid yang makan tidur latihan pada saat sama / seperti kamp militer berjumlah 25.000 murid. ada yang 20.000 murid, sekolahnya seperti perumahan apartemen Real Estate, ada yang 10.000 murid, 5.000,dan yang umum terkecil 500 murid. beribu wisatawan dan orang luar negri ke kota ini.

Di kota Deng Feng, 1 dari sepuluh penduduknya adalah praktisi WUSHU. dari Kakek hingga cicit. Gak boong loo... Kuil shaolin hanya beberapa km dari kota ini.




Bang Gogi...

mo nanya nih  :), sekolah dgn murid sebanyak itu, nanti lulusannya mo di kemanain ye? kayak nye g mngkn deh kl mrk masuk kantoran, krn disiplin ilmu nya berbeda...


 

Powered by EzPortal