+-

Video Silat

Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: WING CHUN KUNGFU  (Read 39792 times)

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #15 on: 06/01/2009 19:34 »
sori, maksudnya ketahuan

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #16 on: 19/01/2009 16:45 »
SS kemarin saya kebetulan baru nonton film IP Man dan tadi pagi saya langsung ingat sama sifu saya Kang Sin Sin.

Beliau tinggal di Hongkong kurang lebih 20 tahun dan dulu adik seperguruan Leung Ting murid dari Ip Man.

Waktu saya telpon saya pikir beliau masih di Banjarmasin , ternyata sudah balik ke Jakarta. Saya agak surprise beliau akan buka pelatihan lagi.

Bagi SS yang tertarik nanti akan saya kabari kalau beliau resmi sudah buka kelas.

Salam


dragon sby

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #17 on: 21/01/2009 17:55 »
salam kenal aku melatih wingchun di surabaya bila tertarik silakan email chanlung777@yahoo.com

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #18 on: 21/01/2009 18:22 »
barusan nonton IP Man, wah mantep ...secara filosofis beladiri juga keren, bahwa beladiri bukan hanya untuk diri sendiri tapi mesti berguna untuk orang lain/masyarakat or bangsa ...

btw pendekar winchun yang sekarang bisa sehebat Ip Man gak ya?

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #19 on: 21/01/2009 18:38 »
yang mau belajar Wing Chun..
murid langsung Sesepuh Ip Man ( penuturan dari beliau ), masih ada di Jakarta..
dia orang hongkong, sudah lama di indonesia. Bahasa kanton, mandarin sangat fasih. bisa menggali penjelasan yang sangat dalam  tentang Wing Chun dengan Beliau. Beliau sudah umur 70an tapi teman teman akan kaget dengan fisiknya... jangan coba coba ama orang tua.

Bagi yang berminat dengan benar benar baik.. bisa hubungi saya  goginebulana@yahoo.com  /  no hp. sms 08161377173. aku akan kasih nomor telpnya Beliau.
nama Beliau Shifu Kang.
salah satu orang tua yang saya sangat hormati.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #20 on: 22/01/2009 08:09 »
Mas Gogi kalau anda sebut sifu Kang kemungkina besar itu sifu saya. Memang beliau sekarang umur sd mendekati 70 tahun.

Kapan2 kalau boleh saya pengen sowan ke tempat mas Gogi

Salam


goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #21 on: 22/01/2009 08:44 »
sip..  :)

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #22 on: 22/01/2009 10:24 »
kalau cari alat yang dipakai latihan ip man seperti dimana ya? ada yg jual gak di daerah jakarta?

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #23 on: 22/01/2009 12:37 »
Beberapa waktu lalu sy tanya Sifu Kang Sin Sin kalau sekarang harganya berkisar anatar 6-7 juta. Bisa peasn dari beliau, tapi kalau nggak salah bikinnya di Bandung.

Salam

petarung

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #24 on: 22/01/2009 13:03 »
aku baru denger nama beladiri ini .... x-))
boleh tau metodenya atau karakteristiknya gak? ;D

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #25 on: 22/01/2009 13:49 »
 Kalau sejarahnya saya nggak tahu persis karena ada beberapa versi. Yang saya ketahui hanya versi Yip MAn. Dan memang Wing chun dikenalkan oleh nyonya Yim wing chun. Beladiri ini diciptakan oleh 5 rahib shaolin yang lari dari kuil shaolin pada saat kuil shaolin dibakar.

Kalau untuk karakter silatnya bisa dikatagorikan seperti silat Gerak Gulung, dan permainannya cenderung cepat rapat dan to the point.

Mungkin ada tambahan dari akang2 lain..

Dilanjut

petarung

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 12
  • Reputation: 0
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #26 on: 22/01/2009 17:21 »
Kalau sejarahnya saya nggak tahu persis karena ada beberapa versi. Yang saya ketahui hanya versi Yip MAn. Dan memang Wing chun dikenalkan oleh nyonya Yim wing chun. Beladiri ini diciptakan oleh 5 rahib shaolin yang lari dari kuil shaolin pada saat kuil shaolin dibakar.

Kalau untuk karakter silatnya bisa dikatagorikan seperti silat Gerak Gulung, dan permainannya cenderung cepat rapat dan to the point.

Mungkin ada tambahan dari akang2 lain..

Dilanjut
pake TD jg?

hb

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 5
  • Posts: 219
  • Reputation: 22
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #27 on: 22/01/2009 17:46 »
Beberapa waktu lalu sy tanya Sifu Kang Sin Sin kalau sekarang harganya berkisar anatar 6-7 juta. Bisa peasn dari beliau, tapi kalau nggak salah bikinnya di Bandung.

Salam

wah mahal juga ya, mesti nabung dulu nih hehe


euwin

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 97
  • Reputation: 2
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #28 on: 22/01/2009 18:38 »
Kalau sejarahnya saya nggak tahu persis karena ada beberapa versi. Yang saya ketahui hanya versi Yip MAn. Dan memang Wing chun dikenalkan oleh nyonya Yim wing chun. Beladiri ini diciptakan oleh 5 rahib shaolin yang lari dari kuil shaolin pada saat kuil shaolin dibakar.

Kalau untuk karakter silatnya bisa dikatagorikan seperti silat Gerak Gulung, dan permainannya cenderung cepat rapat dan to the point.

Mungkin ada tambahan dari akang2 lain..

Dilanjut

Mau koreksi sedikit aja, memang betul berakar dari sisa2 rahib siauw liem sie yg lari ke selatan.
Tp kl diciptakan oleh mereka sepertinya kurang tepat.
Mulanya ilmu beladiri ini tanpa nama, diturunkan oleh seorang biksu wanita (ng mui? Kl gak salah namanya) kepada Yim Wing Chun.
Sedangkan 5 macam ilmu silat yg dibawa ke biara selatan itu namanya Wu Zu Quan (ngo cho kun).
Silahkan dikoreksi kl ada yg kurang tepat, terutama dari praktisi Wing Chun.

Makacii...


Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: WING CHUN KUNGFU
« Reply #29 on: 23/01/2009 00:31 »
ngo cho kun itu adalah salah satu dari sekian banyak ilmu shaolin selatan. masih banyak teknik lain di luar itu. memang Ng Mui adalah salah satu biarawati Buddha yang berafiliasi (bukan tinggal, karena shaolin adalah biara biksu bukan biksuni) biara fu jian di quan zhou. yang kita tau, biara ini adalah markas para pejuang sejak jaman dulu. mulai ngetop saat Hung Shi Kuan pindah kesana setelah menamatkan ruang ke 36 shaolin. nah. biara shaolin ini mekanismenya agak berbeda dengan yang di shong shan, henan. kalau di utara, maka pusatnya adalah kuil itu baik sebagai tempat latihan, tempat ngumpul, dll. namun di selatan, banyak para murid yang mendirikan sekolah beladiri yang masih sangat berafiliasi dengan kuil selatan tersebut. makanya pada saat kuil ini diserang tentara manchu, masih ada biksu yang lolos. teknik wing chun sendiri, kalau dilihar dari gerakannya, mengadopsi teknik pertarungan jarak dekat dari Nan Pek Ho Quan.

nah, kalau sejarah kuil utaranya, memang benar ada 5 leluhur yang lolos, dan mereka inilah disebut 5 leluhur shaolin, namun teknik yang diturunkan mereka ini adalah teknik yang kita kenal sekarang yang menyebar di seluruh dunia. teknik ini kalau gak salah terdiri dari 5 macam hewan. makanya ada yang bilang juga ini adalah ngo cho (lima leluhur). namun ini yang utara, dan berbeda dengan ngo cho kun nya Choa Giok Beng. seperti yang kita tau, choa sendiri latihan sama Biksu Ho Yang. karena biksu ini keburu meninggal, akhirnya Choa berkelana mengumpulkan 5 teknik terbaik (di dalam dunia Ngo Cho ada juga yang bilang 6 teknik). 5 teknik ini disebut wu zu quan.

sedangkan teknik dari 5 biksu shaolin selatan diadopsi oleh 5 keluarga di china. cuma saya lupa nama keluarganya. maaf kalau ada yang keliru. thanks

 

Powered by EzPortal