+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Wushu  (Read 25328 times)

aircadas

  • Guest
Re: Wushu
« Reply #15 on: 12/08/2007 09:18 »
Kalo gitu bang, coba dong cerita tentang taichinya, ane juga nggak ? bisa cerita nggak? waduh ane mesti cabut dulu neh sambil nunggu robby cerita?

robby09210

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 171
  • Reputation: 6
  • DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT
    • robby09210
Wushu
« Reply #16 on: 12/08/2007 11:26 »
Untuk TaiChi hanya mepempelajari tentang keseimbangan antara dua unsur ( Yin dan Yang ),perpaduan itu dipadukan melalui gerak ( maaf klo salah ^:)^ ), klo ada yang lebih tau lg tentang taichi tolong jelaskan lebih detail, Untuk ChiKung yaitu mempelajari sistem pernafasan, begitu kang :)p :-PP, kulo mau cabut dulu ah [run] mau makan laperrrrrrrrr [ultah] [beer]
Semua Bisa Terjadi Hanya Dengan Ijin ALLOH SWT
http://robby09210.blogspot.com/

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Wushu
« Reply #17 on: 05/10/2007 00:31 »
saya juga ikut naga mas dulu. tapi gak tau sama gak
menurut saya sih itu wushu. kungfu tradisional beda latihannya

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Wushu
« Reply #18 on: 05/10/2007 00:45 »
mas, sekarang banyak perguruan tradisional yang buka. tapi masih sembunyi-sembunyi, karena mungkin mereka gak niat terima banyak murid kali yah.
wushu aku juga kurang suka. lebih banyak kembangannya. lihat aja teknik pertarungannya, jadi kayak UFC. padahal kungfu asli lebih dahsyat. aku pernah lihat dulu di daerah aku, kakek guru aku, keturunan pertama pendekar shaolin yang hijrah ke Bangka, memukul tembok dengan punggung telapak tangannya, dinding itu langsung hancur, selain itu ilmu pengobatannya juga dahsyat banget. sebenarnya Ilmu Kungfu di China juga udah menurun banget.Sejak dulu banyak pendekar yang hijrah ke luar china sehingga menurunkan karate, tae kwon do, jujutsu, dll. tapi puncaknya adalah saat komunis melanda china. dimana banyak ahli yang hijrah ke Taiwan bersama nasionalis, hongkong, yang pada saat itu dikuasai inggris, macau yang saat itu dikuasai portugis, dan pulau-pulau lainnya. sehingga di china sendiri, banyak kehilangan ilmunya. wushu yang dibentuk sekarang gak sedahsyat jaman dinasti Han atau Tang. Wushu beda sama Kungfu tradisional yang kita pelajari.

adit joker

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 108
  • Reputation: 7
  • IKSPI KERA SAKTI
Re: Wushu
« Reply #19 on: 14/10/2007 12:55 »
wah di IKSPI ada unsur wushu nya dikit [top]
IKATAN KELUARGA SILAT PUTRA INDONESIA KERA SAKTI

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Wushu
« Reply #20 on: 03/03/2008 08:41 »
Sedikit meluruskan.
Wushu itu beladiri China yang dimodernkan, di bentuk sekitar th 1949 ada dua style dalam wushu,
-Taolu : eksebisi atau pertunjukan jurus, disana yang dipertandingkan adalah keindahan jurus dari yang bersenjata atau tangan kosong.
-Sanda/ Sanshau: yaitu gabungan antara Chinese boxing dan grapling  dalam bentuknyah sanshao hampir mirip dengan Thai Boxing.

jadi kalau dikatakan wushu ga praktis dll, itu tidak benar, bagaimanapun kita tau bahwa yang bisa menunjukkan hebat atau tidaknyah satu aliran beladiri adalah person yang ada di dalamnyah, bukan aliran beladirinyah.

salah satu mantan atlet sanshao yang ada di Indonesia adalah Chris John.
dan atlet taolu yang melejit dalam perfileman dan bisa nembus hollywood adalah Jet Lee

salam

edit: ada refisi dari mas Dasa...
« Last Edit: 04/03/2008 13:40 by HartCone »

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Wushu
« Reply #21 on: 04/03/2008 12:26 »
-Sanda/ Sanshau: yaitu gabungan antara Chinese boxing (Shuai Chiao) dan grapling (Qin Na) dalam bentuknyah sanshao ga beda dengan Thai Boxing.

Shuai Chiao itu gulat mas, fokusnya bantingan (zaman dulu lawan udah jatuh tinggal ditusuk rame2, gak usah repot2 ground fighting). Kalo Qin Na masuknya locking doang sih, gak bisa dibilang grappling jugak :P

Sanda/sanshou beda ah dengan thai boxing, sanda boleh ngebanting/ngedorong keluar arena (thai gak boleh), terus sanda gak menekankan serangan sikut sama lutut (ini thai unggul, tapi katanya burmese boxing boleh nyundul, lebih nyolot lagi dwong?)

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Wushu
« Reply #22 on: 04/03/2008 13:38 »
yah sorry, salah kutip... maksudnyah biar keren ehh malah salah...  :o

trims refisinyah...

DasaMan

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 681
  • Reputation: 31
    • Email
Re: Wushu
« Reply #23 on: 04/03/2008 15:46 »
yah sorry, salah kutip... maksudnyah biar keren ehh malah salah...  :o

Ya gpp, juara dunia mah kan udah ada hasilnya, beda ama gue yang cuma keren di ngetiknya doang, wakakakaka...  [lucu]

HartCone

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 733
  • Reputation: 38
    • Martial Arts Forever
Re: Wushu
« Reply #24 on: 04/03/2008 17:22 »
si Chris John yang juara dunia? atau si Jet Lee? jadi bingun nih saya, siapa yang juara dunia? trus apa hubungannyah sama ngetik salah?  [lucu]

MAO SAKTI

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 4
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Wushu
« Reply #25 on: 05/03/2008 16:46 »
si Chris John yang juara dunia? atau si Jet Lee? jadi bingun nih saya, siapa yang juara dunia? trus apa hubungannyah sama ngetik salah?  [lucu]

Sekedar nambahin: Chris John statusnya sekarang sebagai juara dunia Tinju, sebelum beralih ke tinju chris john adalah salah satu atlit wushu. Jet li atau nama cinanya Lilian che merupakan salah satu atlit wushu yg pernah menjadi juara dunia.

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Wushu
« Reply #26 on: 14/03/2008 10:32 »
si Chris John yang juara dunia? atau si Jet Lee? jadi bingun nih saya, siapa yang juara dunia? trus apa hubungannyah sama ngetik salah?  [lucu]

Sekedar nambahin: Chris John statusnya sekarang sebagai juara dunia Tinju, sebelum beralih ke tinju chris john adalah salah satu atlit wushu. Jet li atau nama cinanya Lilian che merupakan salah satu atlit wushu yg pernah menjadi juara dunia.

betul. Chris John dulunya adalah atlet Wushu di bagian Shan Shou. pelatihanya adalah Pak Surya Tonowijaya, yang merupakan murid dari GM Lo Siauw Gok. GM Lo Siauw Gok merupakan pewaris dari GM Lo Ban Teng. Pak Surya merupakan salah satu pendiri PB Wushu dan juga merupakan penasehat perguruan kami. Beliau juga merupakan salahsatu ahli Thai Boxing yang ada di Indonesia dan juga merupakan salah satu perintisnya.

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Wushu
« Reply #27 on: 14/03/2008 10:39 »
saudara sekalian, maaf kalau dalam postingan saya dahulu sebelum saya kembali ini terdapat banyak unsur emosi atau yang lain. sekali lagi saya minta maaf. setelah banyak belajar dan tempaan dari guru saya, saya menyadari banyak hal yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh saya.
bela diri itu luas dan dalam. dengan bela diri kita dapat bersatu melebur ke dalam eksistensi alam semesta. semua gerakan merupakan perpaduan Yin Yang yang merupakan baterai penggerak alam semesta. jika kita dapat menjadikan ego alam semesta yang tanpa ego menjadi ego kita, maka saat itulah teknik tertinggi menjadi milik kita. saat kita jatuh dalam emosi, saat itu teknik paling rendah sedang kita praktekan.
alangkh bahagianya kalau kita bisa melebur menjadi satu kesatuan dalam milyaran perbedaan dan bersatu padu dengan alam menciptakan dunia yang aman, damai, harmonis dan bahagia. mungkin inilah intuisi saya terhadap perjalanan penempaan saya. maaf kalau ada kata-kata yang salah. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Wushu
« Reply #28 on: 04/01/2009 00:34 »
wah menarik sekali postingnya...
untuk lebih lanjut informasi tentang  Wushu bisa ke

www.harmonyWUSHUindonesia.com

menurutku olah raga bela diri yang paling mirip di dunia adalah antara  wushu dan pencak silat. sangat mirip sekali!!!

kedua olah raga ini adalah harta dunia yang harus diwariskan terus menerus!!

Kalau kungfu dan wushu sama saja.. yang beda orangnya..
wushu artinya seni berperang, semua bela diri dari china disebut wushu.
kungfu artinya keahlian tingkat tinggi, jago wushu berarti dia punya kungfu wushu, jago pedang berarti dia punya kungfu pedang, jago ilmu shaolin berarti dia punya kungfu shaolin, jago masak kangkung berarti dia pun punya kungfu masak kangkung... :) serius ga boong..! jago mabuk ya kungfu mabuk jago tinju mabuk ya kungfu tinju mabuk, atau cakar elang, kungfu taichi,bagua, dll....

wushu zaman dulu lebih ditkankan hanya pada tarung hidup mati, bunuh ato dibunuh, ilmu yang mematikan dan menyelamatkan.

tapi sekarang zaman sudah berubah.. wushu bukan untuk itu lagi... sekarang fokus untuk olahraga.

tapi ilmu berperang wushu tidak hilang sama sekali..
tapi yang hilang orang2 alias tak ada lagi atau sedikit sekali orang di dunia yang mau melatihnya dengan penuh tanggung jawab dan serius di zaman sekarang.

ilmunya tetap ada, tapi praktisinya yang pada hilang hehehehe,..

ilmu wushu berkembang zaman ke zaman, semakin maju untuk humanity cultural sport goal!

mempelajari ilmu berperang tanpa kondisi berperang, tidaklah bijak.
memiliki pistol tanpa kondisi situasi yang memerlukan pistol, tidaklah bijak!
memiliki ilmu yang bermanfaat untuk setiap situasi dan kondisi, melatih ilmu untuk meningkatkan humanity adalah hal yang dituju...
kira kira itu pepatah ayahku dulu...

mempelajari kungfu/keahlian jangan lepas dari sejarahnya kungfu itu sendiri, saat ini dan ke depannya..
karena kungfu sejati mengikuti zaman, kungfu meningkatkan kesejahteraan, kesehatan, moral, dan nilai hidup seseorang. itulah disebut kungfu/high skill.

khusus untuk kungfu wushu ya yang telah distandarkan oleh komite olah raga.
untuk kungfu berperang ya.. yang telah distandarkan oleh komite militer.

 :) salam persahabatan.

gogi nebulana.
[/b]

parewa

  • Administrator
  • Calon Pendekar
  • *****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 6
  • Posts: 601
  • Reputation: 50
Re: Wushu
« Reply #29 on: 04/01/2009 09:34 »
Selamat Datang di SahabatSilat.com Mas Gogi Nebulana....

Dengan pengalaman beladiri dari usia yg sangat dini ditambah dg prestasi yg telah mendunia, kami senang sekali dan mendapatkan kehormatan anda bergabung dg forum diskusi ini..... [top] [top]

Salam.....


 

Powered by EzPortal