+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Wushu  (Read 25700 times)

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Wushu
« Reply #30 on: 04/01/2009 10:11 »
...maaf kalau dalam postingan saya dahulu sebelum saya kembali ini terdapat banyak unsur emosi atau yang lain. sekali lagi saya minta maaf. setelah banyak belajar dan tempaan dari guru saya, saya menyadari banyak hal yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh saya.
Salam Mas Red Hawk...
Hehehehe... proses pembelajaran diri memang terkadang harus melalui jalan yang terjal dan berliku. Yang lebih utama adalah bila kita bisa "melek" dan mampu melihat kekurangan diri sendiri serta berusaha untuk memperbaikinya.

[top] Selamat jika Anda sudah mampu menyadari dan mencoba memperbaiki diri. Ini yang terpenting, yang lainnya, itu adalah jalan yang telah Anda tempuh. Maaf, bukan bermaksud menggurui, saya hanya kembali teringat jalan serupa yang pernah saya lalui setelah membaca posting Anda, dan berbaginya dengan Anda.

Jabat erat...

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Wushu
« Reply #31 on: 04/01/2009 10:20 »
menurutku olah raga bela diri yang paling mirip di dunia adalah antara  wushu dan pencak silat. sangat mirip sekali!!!

kedua olah raga ini adalah harta dunia yang harus diwariskan terus menerus!!
Salam kenal dulu Mas Gogi...
Hehehehe.... Sekedar mengingatkan Mas... Di forum ini ada banyak praktisi beladiri lain selain wushu dan silat. Bagi saya pribadi sih pernyataan Mas Gogi itu merupakan suatu pujian dan penyemangat (wong yang nulis juara dunia wushu!), tetapi belum tentu bisa diterima oleh para praktisi Judo, Karate, Aikido, Muaythai, BJJ, MMA, de el el de es be....

Sekali lagi, ini just a friendly reminder lhoooo.... Mohon maaf kalo tak berkenan...

Salam hangat....

putri teratai

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 805
  • Reputation: 20
  • datang kembali datang tuk mencapai kesempurnaan
    • PD-Total Quality Body Management
Re: Wushu
« Reply #32 on: 04/01/2009 17:39 »
dengan bela diri kita dapat bersatu melebur ke dalam eksistensi alam semesta. semua gerakan merupakan perpaduan Yin Yang yang merupakan baterai penggerak alam semesta. jika kita dapat menjadikan ego alam semesta yang tanpa ego menjadi ego kita, maka saat itulah teknik tertinggi menjadi milik kita. saat kita jatuh dalam emosi, saat itu teknik paling rendah sedang kita praktekan.
alangkh bahagianya kalau kita bisa melebur menjadi satu kesatuan dalam milyaran perbedaan dan bersatu padu dengan alam menciptakan dunia yang aman, damai, harmonis dan bahagia.

maaf mas Admin saya menquote kalimat yang menurut saya sangat penting untuk di garis bawahi oleh kita semua disini.

Saya setuju dan mendukung 100% apa yang di katakan oleh mas Red Hawk, karena pada dasarnya dalam bela diri sendiri sudah unsur gerak, nafas dan meditasi memang harus ada sebagai kontrol bagi pemiliknya. Kembali ke sejarah silat dan kungfu yang saya tahu diciptakan oleh para ulama atau para suci, tentu tujuannya dulu bukan hanya sekedar untuk adu kekuatan tetapi sebagai bekal beladiri beliau-beliau dalam menyebarkan ajaran agama. Jadi karena yang menciptakan adalah para wali/ suci maka tentu saja tujuan dari bela diri itu sendiri jauh dari keburukan.


Memang ada beladiri yang diciptakan untuk perang dimana lahirnya biasanya di kerajaan pada jaman itu.

Disini saya memilih menimba ilmu seluas-luasnya sebagai referensi untuk mengenal bela diri lain dan bersilaturahmi.

Terimakasih mas Red Hawk,

Salam,
Putri Teratai
percaya dan cintailah dirimu
(Kita ada di sini bukan untuk saling bersaing. Kita ada di sini untuk saling melengkapi. - Bill Mccartney)

EricB

  • Guest
Re: Wushu
« Reply #33 on: 04/01/2009 20:57 »
ikut setuju apa yang Mbk PT tambah  [top]

silahkan teruskan, bagus amat topic ini (sekarang malahan punya waktu untuk baca)  :D





btw. quoting seperti ini penting, ini kasih kelebihan dalam intisarinya  8)

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Wushu
« Reply #34 on: 04/01/2009 23:18 »
menurutku olah raga bela diri yang paling mirip di dunia adalah antara  wushu dan pencak silat. sangat mirip sekali!!!

kedua olah raga ini adalah harta dunia yang harus diwariskan terus menerus!!
Salam kenal dulu Mas Gogi...
Hehehehe.... Sekedar mengingatkan Mas... Di forum ini ada banyak praktisi beladiri lain selain wushu dan silat. Bagi saya pribadi sih pernyataan Mas Gogi itu merupakan suatu pujian dan penyemangat (wong yang nulis juara dunia wushu!), tetapi belum tentu bisa diterima oleh para praktisi Judo, Karate, Aikido, Muaythai, BJJ, MMA, de el el de es be....

Sekali lagi, ini just a friendly reminder lhoooo.... Mohon maaf kalo tak berkenan...

Salam hangat....

hehe.. salam kenal..
iya banyak sekali bela diri di dunia, dan juga banyak yang berbeda banget dan mirip banget... maklum karena aku memang orang indonesia yang suka wushu dan di forum ini...jadi bilangnya pencak silat ama wushu.. :) tapi memang menurutku pribadi wushu dan pencak mirip lho :) bagaimana pendapat mas?
salam hangat..

sedyaleksana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 17
  • -Receive: 7
  • Posts: 417
  • Reputation: 43
    • PD Germany & Swiss
  • Perguruan: Perisai Diri
Re: Wushu
« Reply #35 on: 05/01/2009 02:59 »
Hallo Mas Gogi,
saya sependapat dgn anda kalau pencak silat memang mirip dgn wushu. Secara pribadi kalau saya ditanya orang2 di jerman sendiri mengenai silat biasanya saya bilang silat itu bela diri dr indonesia kalau dibandingkan dgn beladiri yg lain mungkin mirip dgn kungfu (wushu). Biasanya mereka jadi punya gambaran yg cukup jelas.
Tapi setelah mengikuti komunitas sahabat silat ini saya jadi bisa membayangkan kemiripan silat dgn bela2 diri dr luar lainya, misalkan cikalong dgn aikido, dsb. Jadi kalau menurut saya mungkin secara umum silat memang mirip dgn wushu, sedang kalau di lihat per aliran tidak menutup kemungkinan kemiripan dgn bela2 diri lain, saya pikir ini lumrah saja.
Salam
Chandrasa

dsbasuki

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 11
  • -Receive: 24
  • Posts: 528
  • Reputation: 56
    • Who? Me?
  • Perguruan: Kelatnas Indonesia PERISAI DIRI
Re: Wushu
« Reply #36 on: 05/01/2009 06:51 »
Salam...
Kalo saya sendiri cenderung tergantung dari mana kita melihatnya. Saya lebih melihat kalau semua beladiri itu adalah "sama saja" pada dasar intinya, apalagi yang sudah tingkatan tinggi. Mengapa? Karena, manusia (normal) memiliki bentuk tubuh yang sama: kepala, 2 kaki dan 2 lengan, dan mekanisme yang sama. Pukulan lurus dengan buku jari terkepal misalnya, hampir di semua beladiri ada dengan berbagai macam penamaan. Teknik yang ada dan terlihat seperti "ribuan" jenisnya, itu adalah hasil dari permutasi dan kombinasi dari 2 kaki dan 2 tangan yang terbatas pada mekanika tubuh. Belum lagi kalau 10 jari tangan diikutsertakan. Tetapi kalau kita mau perhatikan lebih jauh dan dalam lagi, sebetulnya semua teknik yang "ribuan" dari berbagai macam beladiri itu bisa diperas lagi menjadi 2 macam saja: (1) lurus, dan (2) tidak lurus. Silakan diperhatikan sendiri. Tentu saja, akibat dari adanya 2 jenis serangan, pastinya ada hindaran/tolakan/tangkisan/penangkalnya.

Berpijak dari sanalah, maka saya pribadi berpendapat bahwa inti dari semua beladiri adalah SAMA. Sekarang, biasanya, ada orang yang langsung nanya: kalo gitu mana yang paling hebat/jago/superior, de el el... Jawabnya simple: pisau itu tergantung tangan yang megang. Alias, semua itu tergantung dari si pelakunya sendiri.

Ini pendapat saya lho....

Salam...

Dodol Buluk

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 1
  • Posts: 1.081
  • Reputation: 25
  • Alone but never lonely
    • Email
Re: Wushu
« Reply #37 on: 05/01/2009 10:02 »
well...masalah mirip pa ga mirip bener kate bang Don, tp kalo merujuk ke masalah kebudayaan - sosial masyarakat emang Indonesia kurang dalam hal pendokumentasian ...tergantung dari pelaku dan timing gerakan.

debuls
"Jangan pernah bilang kagak kalo kagak pernah bilang jangan"

goginebulana

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 11
  • Posts: 311
  • Reputation: 27
  • peace and universal
    • Email
  • Perguruan: Harmony Wushu Indonesia
Re: Wushu
« Reply #38 on: 05/01/2009 10:08 »
Salam dan salut atas penjelasannya, luar biasa pandangan p.Basuki dan p.Sedyaleksana..
saya sependapat 1000% !!
dalam perjalanan saya jarang ada orang yang memiliki pengertian demikian.
gogi.

Red Hawk

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 125
  • Reputation: 8
    • Email
Re: Wushu
« Reply #39 on: 06/01/2009 19:11 »
udah lama gak muncul di thread ini. salam sejahtera selamat tahun baru 2009.

beladiri kedisplinan diri. dalam bela diri apapun mengutamakan 3 hal. tanpa ini seseorang akan jadi kosong. saya pribadi mengalaminya sendiri, sehingga saya merasa malu, bahkan untuk menghadapi diri sendiri.

3 hal yang sepatutnya dimiliki seorang bela diri adalah

wen (budaya, pengetahuan)
wu (moral, etika, kedisplinan)
dao (agama--> semua agama, ketuhanan, refleksi diri)

dengan adanya wen, tanpa wu dan dao, maka yang muncul adalah keegoisan
dengan adanya wu, tanpa wen dan dao, yang muncul adalah sikap dingin dan tangan besi, tanpa belas kasihan
dengan adanya dao tanpa wen dan wu akan menghadirkan sikap yang lembek dan tanpa logika.

inilah yang saya dapat dari perjalanan saya sampai saat ini, walaupun banyak sikap saya yang tidak sesuai dengan apa yang saya tulis, tapi terus menerus saya harus instropeksi diri.

belajar beladiri kita harus makin takut. takut akan diri sendiri, dan akan semakin mencintai kehidupan. inilah ego alam. sebagai contoh, mungkin kita akan bangga kalau kita bisa membunuh perampok, namun apakah kita pernah berpikir, kenapa dia merampok? karena keuangan keluarga kah? bahkan kalau dia bajingan sekalipun, apakah lantas kita menyalahkannya? tidak, semua itu karena sistem pendidikannya. lantas? kenapa kita bangga bukannya malu, karena yang harus kita lawan adalah sistem bukan membunuh? jadi sebenarnya yang patut paling malu adalah kita. bukan malahan bangga.

sama seperti kita menjuarai pertandingan. pencapaian beladiri bukan dilihat dari milyaran medali yang kita terima, namun kapan kita menyadari buat apa sebenarnya saya mengejar ilmu tersebut.

dalam kung fu kita sering mendengar istilah Langit, Bumi, dan Manusia. sebenarnya inilah klimaks dari keseimbangan seorang bela diri, dimana keilahian dengan kemanusiaannya menjadi satu dan seimbang. inilah tujuan kita belajar. saat itu bukan saja kita menang atas diri kita, namun menang atas dunia. mungkin seperti mimpi, tapi dalam renungan saya, inilah pelajaran dan PR buat kita semua.

maaf kalau saya yang muda, hijau dan bodoh ini seakan2 menggurui, karena saya tidak ada sedikitpun hasrat untuk itu, tapi ini lebih ke arah curhatan hati saya. kalau ada kata2 salah dan menyinggung hati, harap dapat dimaafkan, dan saya minta maaf sebesar2nya. terima kasih

dragon sby

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 8
  • Reputation: 0
Re: Wushu
« Reply #40 on: 28/01/2009 16:57 »
edited.... lihat PM
« Last Edit: 28/01/2009 23:18 by parewa »

 

Powered by EzPortal