sembari menunggu video cikalongan panglipur (materi sebenarnya) mari di inget-inget bbrp hal yang disampaikan dalam materi kemarin.
1. Nendang boleh tinggi tapi posisi badan/ centerline ndak bole off-balance. Menendang sebenarnya adalah modifikasi dari melangkah, jika tendangan diarahkan ke sasaran tinggi ; kepala, jidat, etc, biasanya badan miring mencari keseimbangan dari tingginya tendangan. Ini yg kagak bole.
2.Rengkuh: posisi badan yang seolah-olah ditarik masuk kedalam, dipake saat kuda-kuda, saat menyerang maupun GF. Posisi ini melindungi semua organ vital tubuh dari kerasnya pukulan. Sikapnya: tangan ditekuk menghadap kedepan, sikut nempel di badan. Kuda-kuda sejajar kaki agak ditekuk tarik semua otot perut penyangga core masuk.
3. pecah perhatian. prinsip ini mirip kuzushi (bener ora ki dimas antara istilahe?), jika sudah mengincar masuk dengan lintasan gerak panjang, walopun kecepatan ente mumpuni usahakan di"bridging" dolo make peupeuhan/ pukulan untuk memecah perhatian lawan sebelom eksekusi lintasan panjang tsb.
4. 2 langkah/ gerak pindah! Prinsip di cikalongan van Panglipur menganut bahwa setiap gerakan; bisa langkah, bisa gerakan tangan, sebanyak 2 kali harus diikuti dengan perpindahan posisi/ melangkah sebenarnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pengambilalihan kontrol atas situasi pertarungan rapat. Kali nyang ginian dalam istilah bolanye disebut gocek!!

Note: jurus susun pun dalam cikalongan panglipur menganut paham dua rentetan pukulan ka-ki dalam satu langkah, dus jika ketiga jalan pasti kaki melanglkah.
5. Salah satu ciri khas lagi, setelah melakukan teknik tangkis/ pengalihan tenaga/ sahbandaran telapak tangan harus selalu berbalik ke arah muka lawan. Hal ini dianggap memiliki keuntungan dalam mengantisipasi serangan lawan dan memunculkan aura "ancaman" lebih dulu.
6. Kanan-kiri, atas-bawah, Serangan dilakukan dengan dinamis dengan pergerakan seperti melenting dari bawah ke atas dan gerakan tangkisan ke kanan maupun kiri. gaya pegas ayunan kaki belakang yg menjadikan serangan lebih berbobot.
7. Mentok tenaga? Jika tenaga saat eksekusi serangan kalah besar maka bisa dilakukan serangan ke arah sebaliknya. Misalnye jika tomplok ke arah kiri kagak kuat njatohin musu, gak usye dipakse ke kiri, segera saja jatuhin ke arah berlawanan. Konsep ini mengharuskan pemahaman arah tenaga.
8. Konsep kosong -isi, nih ane critain aje contonye, misalna ente kena tomplok, didesek ampe mundur, posisi ude off-balance, tenaga kalah, antisipasi ude telat, tangkisan kita dah mentok segitu-gitunye, segera ente panggil nain wan wan... eh jangan deng... segera kosongin dan segera isi kembali dalam waktu yang cepat. Konsep enih laiknya me-reset tenaga kita jadi punya awalan untuk mendorong ke arah serangan yg tadi ude mentok.
9. Peso disarming: gerakan serangan peso yg erratic adl nyang paling susye diadepin. Lah pegimane udelah cepet, ga beraturan, bertenaga dan tajemnye piso ude buat kita amsiong duluan :'(. dalam hal ini ada insight dari kang Cecep: gerakan cepat pisau ditopang oleh siku, tempat leverage buat narik-tusuk. Titik ini yang diincer untuk dijinakkan drpd pergelangan tangan yg relatif cepat dalam perubahan gerak maupun grip.
Demikian yg bisa ane tangkep. Mu'un mangap kalo pada blom jelas. Mohon sahabat yg lain sudi berbagi disini..... monggo
Disclaimer:
semua yang aye beberin diatas adalah pemahaman ane semate, jika ada pertanyaan ttg konsep mohon langsung aje ke kang Cecep AKA Nitisastra yang memahami daripada elmunyah, kalo aye mah dalam sehari banyakan gumunnya doang.
Jika ada pemahaman nyang sale, tulung dibenerin, mohon ma'ap kalo begituw... silakan jangan sungkan-sungkan
wassalam,