+-

Video Silat


Shoutbox

30/12/2023 22:12 anaknaga: Mudik ke Forum ini.
Mampir dulu di penghujung 2023..
07/11/2021 17:43 santri kinasih: Holaaaaas
10/02/2021 10:29 anaknaga: Salam Silat..
Semoga Sadulur sekalian sehat semua di Masa Pandemi Covid-19. semoga olah raga dan rasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. hampur 5 tahun tidak ada yang memberikan komen disini.
23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
View Shout History

Recent Topics

Berita Duka: Alamsyah bin H Mursyid Bustomi by luri
10/07/2022 09:14

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

SilatIndonesia.Com

Author Topic: PPS Betako Merpati Putih  (Read 1532999 times)

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #570 on: 13/04/2011 11:44 »
Sedikit input saja kalau napas kondensasi itu energinya dari permukaan kulit ke tulang. Kalau yi gin ching itu energinya dari tulang ke permukaan kulit.

Lha ya ini yang maksud saya ada kemiripan dengan nafas TO di MP. :)

Seperti juga ketika belajar getaran untuk kekebalan, modelnya seperti napas kondensasi. Sedangkan TO untuk power, modelnya seperti yi gin ching.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #571 on: 13/04/2011 12:35 »
Kembali pada membahas buku Prof. DR. Alan Johnson, saya coba tampilkan prinsip Yin dan Yang pada sudut pandang Qigong Medical:



Dapat dilihat kalau proses respirasi tenaga Yang selalu dimulai dengan menghembuskan nafas (exhalation) sedangkan tenaga Yin dimulai dengan menghirup nafas (inhalation).

Jika melihat pada konteks MP, nafas pengolahan dan pembinaan dimulai dengan exhalation. Jadi memang sifatnya sangat dominan Yang, efek yang menghasilkan panas. Sedangkan pada pola latihan getaran dan aplikasi getaran, umumnya dimulai dengan inhalation yang bersifat Yin yang kemudian menghasilkan Yang. Ini sangat menarik buat saya. Bahwa latihan olah nafas MP pada tataran awal, mengaktifkan dantian bawah dan dantian tengah, pada saat masuk untuk latihan getaran/hal-hal metafisika lainnya, mengaktifkan dantian atas. Ketika aplikasi, ketiga dantian ini aktif dan saling berhubungan. Model tradisional MP, ketika seorang praktisi getaran akan menyalurkan tenaganya (bukan getaran untuk tutup mata), menggunakan dantian bawah dan dantian tengah. Seketika nafas dihirup (menggunakan pola Yin), kemudian konsentrasi pada dantian bawah, menghimpun tenaga getaran pada dantian bawah, lalu dialirkan pada dantian tengah (pada dada) untuk kemudian disalurkan pada suatu alat penyasar. Ketika masuk pada vibravision, dantian bawan dan dantian atas menjadi lebih aktif dengan konsentrasi tenaga pada dantian tengah. Aspek "visual" berupa vision sepertinya merupakan salah satu efek dari aktifnya dantian atas.

Dalam sudut pandang TCM, panas dihasilkan dari 3 api yang ada di dalam tubuh. Di tengah-tengah dada, ada yang namanya Heart Fire (api jantung). Di dalam rongga perut, ada yang namanya Kidney Fire (api ginjal), dan terakhir adalah Bladder Fire (api kandung kemih). Ketika api jantung pertama kali dibangkitkan oleh suatu kondisi, maka ginjal akan merespon PERTAMA KALI dan membangkitkan api ginjal. Dan ketika api ginjal ini bergerak, maka api kandung kemih akan mengikutinya. Ketika ketiga api ini mengikuti aliran energi secara normal, maka mereka akan mengeluarkan energi kehidupan tubuh, memberikan tenaga, dan menjaga kelangsungan proses tubuh. Ketiga api ini juga bertanggungjawab untuk mengatur pergerakan energi Yin dan Yang dengan cara menggabungkan lima energi elemental yang tersimpan pada kelima organ elemental (Jantung, Hati, Limpa, Paru-paru, dan Ginjal) dengan menggunakan energi dari ketiga dantian.



Ketika energi kemudian aktif dari api jantung (Heart fire), kemudian dantian tengah aktif (pada MP ini proses awal untuk melatih energi). Api jantung ini akan ditarik ke dantian bawah, kemudian api kandung kemih (Bladder Fire) akan bergabung dengan api ginjal (Kidney Fire), membuat True Fire (api yang sesungguhnya, atau yang kita kenal dengan energi nyata atau tenaga dalam). Proses ini akan membuat tubuh membentuk Qi (tenaga dalam, atau tenaga getaran, atau sejenisnya, bergantung pada apa yang mau dimunculkan) pada dantian bawah dan mengalir pada dantian tengah sehingga timbul rasa hangat pada dada. Api jantung kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh melalui nadi. Apabila penggabungan ini berhasil diperoleh, maka pikiran,  nafas, dan seluruh jaringan tubuh akan menjadi sangat teratur.

Ketiga api ini juga mewakili area penghasil panas utama yang bertanggungjawab untuk sirkulasi energi tidak hanya pada fisik, juga pada jiwa/batin. Kemampuan mengakses energi dari tiga api ini digunakan untuk pengolahan peningkatan kemampuan spiritual.

Pada konteks MP, nafas segitiga bumi, yang menarik energi dari perineum, kemudian mengalirkan ke dantian bawah, pada dasarnya ikut membuat Bladder Fire ini aktif dan menyebabkan aktifnya juga Kidney Fire (api ginjal). Begitu api ginjal aktif, secara otomatis akan mengalir ke atas menuju api jantung (Heart Fire), sebagaimana interkonektivitas yang ditunjukkan pada gambar tersebut. Jadi, kalau misalkan ada praktisi MP yang bermasalah pada ginjal, itu kemungkinkan besar disebabkan penyebaran yang tidak merata pada salah satunya. Ginjal, adalah organ yang pertama kali akan terimbas dari api jantung ini. Panas dijantung, akan turun ke ginjal. Dengan sifat utamanya yang AIR, maka panas ini akan "didinginkan" dengan energi ginjal. Kalau keseimbangannya tidak merata, dalam arti olah nafas untuk tenaga Yin lebih sedikit intensitasnya dibanding tenaga Yang, maka besarnya api jantung tidak mampu "didinginkan" oleh energi ginjal. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan energi. Tahap awal adalah terganggunya energi ginjal. Tahap berikutnya organ ginjal secara fisik yang terganggu. Dengan sedikit banyak memahami ini, maka para praktisi getaran, atau power, harus juga sering melatih nafas pembersih dan segitiga bumi. Menyerap unsur Yin, dan membuat organ yang bersifat Yin menjadi kuat dan mampu mengimbangi organ yang bersifat Yang.

Demikian sekelumit analisa saya. Mohon maaf kalau ada kekeliruan. Monggo dikoreksi.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

Sawer Wulung

  • Guest
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #572 on: 13/04/2011 13:18 »
Hehehe, seperti biasa mas agung detail penjabarannya, dalam buku mantak chia juga kurang lebih seperti itu penjelasannya, tapi sepertinya lebih mudah dimengerti yg mas agung nih.

@om samber geledek, bagaimana kalo om bikin tread baru di lapak tenaga dalam. Saya ikut meluncur ke sana. Hehehe.

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #573 on: 13/04/2011 13:44 »
Dengan sedikit banyak memahami ini, kita bisa melihat beberapa faktor dari kegagalan anggota MP yang berusaha berlatih getaran. Tentunya, dengan coba melihat dari sudut pandang yang lain (terlepas dari jodoh atau tidaknya anggota tersebut).

Pada dasarnya tenaga yang dilatih di MP untuk menjadi bekal untuk getaran bersifat Yang. Aktif dan panas. Sedangkan melatih getaran, itu seperti melatih tenaga kebalikannya, yakni Yin, dimana pada suatu step berusaha menggabungkan keduanya. Ketika anggota melatih power dengan luar biasa besar (misal, nafas pengolahan per 2 hari sekali dengan nafas pembinaan setiap hari), itu artinya anggota tersebut melatih tenaga Yang. Efeknya, api jantung begitu aktif. Dengan begitu aktifnya api jantung, maka distribusi api ini pada ginjal akan semakin besar. Ginjal bersifat air, mendinginkan, membuat jadi seimbang, normal. Bladder Fire akan membantu melakukan proses evaporasi sekaligus sebagai gerbang penampungan atau pembuangan. Kalau Bladder dan Kidney ini tidak kuat, maka tentu tenaga Yang yang begitu dominan akan mengganggu. Api yang terlalu besar, tidak mampu didinginkan oleh air yang 'seadanya'. Efeknya akan terjadi excess heat (panas yang berlebih). Untuk mencegah ini, anggota harus melatih nafas pembersih dan nafas segitiga dengan porsi yang paling tidak seimbang dengan porsi pelatihan tenaga yang bersifat Yang.

Terjadinya keseimbangan ini, menyebabkan dantian bawah akan aktif akibat terjadinya penggabungan dari tenaga Yang dan Yin. Transformasi Jing (essence, inti, jiwa, yang dalam konteks MP adalah NIAT dan KONSENTRASI) menjadi Qi (energi, atau getaran) akan terjadi disini, lalu didistribusikan melalui Shen (pintu fisik, biasanya suatu titik pada permukaan kulit). Proses ini kalau di getaran MP ketika tangan kiri dan kanan saling berhadapan di depan pusar. Menarik, karena area pusar merupakan salah satu titik Shen pada konsep TCM ini. Kalau salah satunya lemah, maka proses fusion (penggabungan) menjadi tidak seimbang. Efeknya malah bisa merusak (pada tataran energi organ atau pada tataran organ fisik). Transformasi Jing menjadi Qi tidak terjadi. Sehingga Qi (power, atau getaran) tidak bisa dirasakan pada ruang kosong diantara telapak tangan. Kalau tidak bisa dirasakan, praktisi umumnya akan "menarik" tenaga getaran dari dantian bawah ke dantian tengah dan "membentuk/membangkitkan" api jantung untuk disalurkan pada kedua tangan dan terpusat di telapak tangan. Sekali lagi, ini akan menyebabkan api jantung menjadi bersifat sangat aktif dan sangat panas. Ginjal yang 'terhubung' secara langsung dengan api jantung ini akan berusaha 'mendinginkan' dengan sifat alamiah air dari organ tsb. Kalau tenaga Yin cukup, maka proses 'pendinginan' ini akan baik dan seimbang. Kalau tidak, energi ginjal akan kalah. Terjadi excess heat (panas berlebih). Itulah sebabnya nasehat dari pada pelatih getaran umumnya selalu untuk memperbanyak nafas pembersih dan segitiga atau semakin PASRAH atau IKHLAS. Salah satunya dengan memperhatikan faktor NIAT. Memperhatikan faktor niat untuk semakin pasrah atau ikhlas ini pada dasarnya membuka gerbang tenaga Yin. Disadari atau tidak, dari sudut pandang TCM, ini sesungguhnya nasehat yang sangat tepat. Karena dengan mengikuti anjuran nasehat tersebut, anggota harus menyeimbangkan tenaga Yang (yang dilatih dari nafas power MP) dengan tenaga Yin (yang dilatih dari nafas getaran terutama pembersih dan segitiga). Semakin anggota "bernafsu" untuk menguasai, maka keseimbangan tidak akan tercapai. Tapi semakin anggota "pasrah" saat berlatih olah nafas getaran, maka semakin tenaga Yin yang diserapnya mampu mengimbangi tenaga Yang yang sudah dilatihnya. Dalam bahasa Mas Poeng istilahnya "diprogram". Kalau kita semakin bernafsu, maka otak akan terprogram kesitu, dantian atas akan menjadi dominan Yang, padahal fungsinya Yin. Akhirnya secara tidak langsung tenaga Yang menjadi sangat dominan diseluruh tubuh. Organ yang menampung Yin menjadi tidak begitu mampu menyeimbangkan lagi. Tapi semakin kita pasrah/ikhlas, maka otak akan semakin rileks, jiwa akan semakin tenang. Ini berarti dantian atas dan dantian tengah akan semakin mampu menyerap tenaga Yin. Akhirnya keseimbangan terjadi. Tubuh yang tadinya menyimpan tenaga Yang, dengan sikap pasrah/rileks, membuat unsur Yin menjadi aktif dan kelima organ elemental berfungsi dengan sangat baik.

Jadi, terlepas dari keberhasilan karena faktor jodoh/takdir, dengan mengamati konsep keseimbangan unsur berbasis teori TCM ini, bisa membuka wawasan baru mengenai banyak hal.

Semoga ada manfaatnya. Mohon maaf kalau ada kekurangan/kesalahan. Monggo dikoreksi.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #574 on: 13/04/2011 14:54 »
Mangstab mas. Secara TCM benar mas ( lebih dalam dari yang saya ngerti terutama dikaitkan dengan MP ). Dilanjut mas makin menarik.

ogebang

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 28
  • Posts: 131
  • Reputation: 48
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #575 on: 13/04/2011 20:12 »
@mpcrb

Babaran yg sangat bermanfaat..Mas...
Ini bisa membuka tabir beberapa hal yg memang menjadi pertanyan2 pribadi buat saya...
Filosofi Keilmuan Olah Nafas MP menganut paham keseimbangan...tapi entah kenapa ( tolong di koreksi ya.. ) saya melihat faktor pengolahan YANG nya lebih besar bobotnya...
Mulai dari Pengolahan & pembinaan yg kita dapatkan dari tahap awal...sampai ke pengenalan Getaran di Tingkat 4 ( balik 2 ) yg lagi2 diberi judul " Pengenalan Hawa Panas "
Coba saja kita liat bahwa MP sangat identik dgn wilayah Pantai yg panas...banyak Ilmu2 Pamungkas MP spt bayu Seto , Pasir Besi , Kidang Tilangkat , dsb mensyaratkan latihan di pantai ( Hawa Panas )
Saya amati ada beberapa kasus internal terhadap orang2 yg dikenal sebagai Ahli Power & Ahli Getaran dimana mereka koq menderita penyakit generatif  , ketidak stabilan emosi ataupun infertilitas ( tidak subur ).
Tapi bisa jadi tidak ada hubungannya..ya...bisa juga karena pengaruh pola makan & gaya hidup yg tidak sehat...
Tapi jelas ini membangkitkan rasa penasaran saya...
Sampai saya teringat kalo memang Alm Mas Budi selalu menyarankan utk sering2lah melakukan Nafas Pembersih yg ternyata memilki bobot IM ( Hawa Dingin )...Apalagi sampai akhirnya saya mendapatkan latihan pengolahan getaran yg niatnya menarik Hawa Panas & Hawa Dingin secara bersamaan...terjawablah sudah Filosofi keseimbangan yg selama ini saya ragukan...Apalagi diperkuat dgn membaca babaran sampeyan ini...
Jadi saya setuju dgn sampeyan bahwa sebaiknya sehabis latihan getaran jangan pernah lupakan Nafas pembersih...sehingga filosofi keseimbangan itu tercapai...
Dalam latihan pribadi saya saat ini...saya lebih sering melakukakan latihan2 Hawa Dingin dgn asumsi di masa lalu bobot hawa panasnya lebih besar...
Mulai dari lebih sering melakukan nafas pembersih ...tarik hawa dingin sehabis sholat subuh atau pas udara lagi sejuk karena lagi hujan...
Atau lebih sering latihan didaerah pegunungan yg sejuk...
Anyway..thanks buat babarannya yg luar biasa...

acepilot

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 4
  • -Receive: 5
  • Posts: 68
  • Reputation: 21
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #576 on: 13/04/2011 21:10 »
sekadar mengingatkan.. :)

Nehemia Budi Setyawan

Hari ini 13 & 20 April 2011 pkl 23.30 WIB, biarkan masyarakat luas lihat bawasannya Merpati Putih bknlah beladiri "kampungan". Kt tunjukkan bhw kt mampu sejajar dgn beladiri lainnya khususnya beladiri asing. Kt tunjukkan bhw getaran, bayu seto bknlah cerita yg mlegenda.. krn mmg kita punya. Siapa bilang MP tdk bisa mnerima modernitas? Krn MP mmng bs mnerima pkembangan jaman modern tanpa mlupakan akar budaya bgs Indonesia.

LIHAT, DENGAR, SIMAK "PENDEKAR" TRANS 7. Lengkap mgenai Merpati Putih. Sejarah, Filosofi, Tata Gerak, Getaran, Power, tehnik perkelahian utk Atlit &URBAN,senjata khas MP "KUDI", Menguak keilmuan yg jarang diangkat BAYU SETO & PASIR BESI. Dijelaskan scara gamblang olh GURU BESAR, 4 DEWAN GURU & Juara Dunia Pencak Silat Mas Harris Nugroho, serta disajikan scara apik olh TRANS 7.

Part 1 13April 2011 pkl 23.30 WIB
Part 2 20 April 2011 pkl 23.30 WIB
"SOPO SING ISO NUTUP HOWO SONGO, YO IKU WONG SING ISO NAPAK TAPAKE KUNTUL MELAYANG" ....
-Almarhum Budi Santoso Hadi Purnomo (Mas Budi)-

kunderemp

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 58
  • -Receive: 12
  • Posts: 213
  • Reputation: 41
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: beberapa plus youtube-fu
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #577 on: 14/04/2011 07:24 »
Semalam episodenya menarik.
Waktu ditunjukkan alat-alat latihannya. Wow. Ternyata ada beberapa jenis begitu yah. Gak kalah dengan alat-alat latihan kungfu.

Oh iya, rekan-rekan dari MP, alat yang terbuat dari kumpulan lidi tebal (bambu kah?) diikat dan salah satu cara penggunaannya adalah dengan diremas itu namanya apa yah?

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #578 on: 14/04/2011 08:03 »
@mpcrb

Babaran yg sangat bermanfaat..Mas...
..Saya amati ada beberapa kasus internal terhadap orang2 yg dikenal sebagai Ahli Power & Ahli Getaran dimana mereka koq menderita penyakit generatif  , ketidak stabilan emosi ataupun infertilitas ( tidak subur ).
.hawa panasnya lebih besar...
Mulai dari lebih sering melakukan nafas pembersih ...tarik hawa dingin sehabis sholat subuh atau pas udara lagi sejuk karena lagi hujan...
Atau lebih sering latihan didaerah pegunungan yg sejuk...
Anyway..thanks buat babarannya yg luar biasa...

Mas Acepilot salam kenal mas. Mengenai apa yang mas amati untuk beberap orang diatas itu saya pernah menemuinya.
Ada beberap orang yang saya temui juga mengalami kasus infertilitas.

Para sesepuh selalu mengingatkan saya untuk selalu melakukan pendinginan apabila selesai melakukan latihan yang besifat panas

Mudah2an apa yang ditulis mas mpcrb manfaat bagi kita semua. Syukur2 ada yang mau meneliti lebih dalam lagi.
Dilanjut mas duduk dipojok ah

searcher

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 2
  • Posts: 18
  • Reputation: 4
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #579 on: 14/04/2011 09:24 »
Salam...
Mas samber Gledek, salah orang ya.. mungkin yang mas maksud Mas Ogebang bukan mas Acepilot... x-))

Btw, salam kenal ya mas samber Gledek..


Salam...

searcher

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 2
  • Posts: 18
  • Reputation: 4
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: PPS Betako Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #580 on: 14/04/2011 09:35 »
Salam...

Semalam nonton acara "Pendekar"... wow keren  [top] [top] [top]
Senang sekali bisa melihat mas Pung dan anggota Dewan Guru.. Sudah sepuh-sepuh tapi tampak jelas spiritnya masih sangat tinggi sekali.. Jadi termotivasi untuk tetap menjaga spirit dalam berlatih olah nafas MP meski cuma bisa tingkat dasarnya saja.. x-))

Tidak sabar menunggu episode ke 2 minggu depan ttg Bayu Seto, dll....

Semoga MP semakin besar dan jaya... Amiiin..

Salam

Suprapto

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 26
  • -Receive: 86
  • Posts: 418
  • Reputation: 137
  • Sahabat Silat
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #581 on: 14/04/2011 11:02 »
@ mas Kunderemp.

Namanya "bambu raut", dari lidi bambu. Disamping untuk melatih remasan, juga untuk melatih pengerasan sisi telapak tangan, kaki (bagian2 yang menjadi perkenaan sasaran benda keras).
Yang masih belum ditampilkan gendewa kembang payung (penunjang latihan khusus kaki) dan sepasang bangku(alat latihan khusus badan).
Saat ini produksi bambu raut terbaik adalah buatan mas Sardi cs (tunanetra MP  Yogya). Lumayan untuk tambahan penghasilannya.

     *****

Sebenarnya, dalam pakem tradisional MP, protap latihan getaran  sudah lumayan seimbang. Dari prosedur nafas pembersih-segitiga pribadi-segitiga angkasa-segitiga bumi-segitiga gabungan-nafas pengendapan-nafas pembersih-doa penutup.
Meski seolah olah tenaga hasil nafas pengolahan tenaga terasa hanya sedikit menurun, banyak anggota yang malas latihan getaran. Lebih suka latihan pengolahan tenaga dalam latihan ekstra dirumah. Padahal tenaga getaran akan menjadi tenaga pemukul juga(ditingkat berikutnya).
Pada latihan penyembuhan dengan getaran, setelah mendeteksi, akan ketahuan bagian/titik mana dari pasien yang perlu tembakan panas, mana yang perlu tembakan dingin, mana yang perlu diekstraksi/ditarik untuk dibuang.
Pelatih yang mulai menekuni penyembuhan, harus melengkapi diri dengan latihan tenaga matahari(pagi), tenaga bulan dan bintang. Harus terbiasa memainkan panas-dingin.
Pada tahap selanjutnya baru latihan "merasakan, mendengar, melihat" ramuan apa yang diperlukan.
Mudah2an, sesie latihan yang sering hanya dipandang dengan sebelah mata (karena tidak ada efek langsung), makin disadari urgensinya.
             *
@ om Samber gledek.
Sepertinya tidak salah alamat, memberi hadiah buku2 dari Prof. Dr. Allan Johnson tentang qi gong/TCM kepada mas Mpcrb. Akan banyak manfaat. Segala sesuatu yang berjalan begitu saja secara naluri/tradisional, akan lebih jelas duduk permasalahannya, dengan studi komparasi.
 
Mas Mpcrb termasuk agak langka, hehehe.... jadi kalau ada kurang disana sini dalam bersikap, mohon dibukakan pintu maaf.
Terimakasih om James.

Salam.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #582 on: 14/04/2011 11:44 »
Salam...
Mas samber Gledek, salah orang ya.. mungkin yang mas maksud Mas Ogebang bukan mas Acepilot... x-))

Btw, salam kenal ya mas samber Gledek..


Salam...

Iya mas rupanya salah alamat. mohon dimaafkan ( maklum sudah uzur ). Salam kenal juga mas.

samber gledek

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 4
  • Posts: 462
  • Reputation: 35
    • Email
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #583 on: 14/04/2011 11:55 »

@ om Samber gledek.
Sepertinya tidak salah alamat, memberi hadiah buku2 dari Prof. Dr. Allan Johnson tentang qi gong/TCM kepada mas Mpcrb. Akan banyak manfaat. Segala sesuatu yang berjalan begitu saja secara naluri/tradisional, akan lebih jelas duduk permasalahannya, dengan studi komparasi.
 
Mas Mpcrb termasuk agak langka, hehehe.... jadi kalau ada kurang disana sini dalam bersikap, mohon dibukakan pintu maaf.
Terimakasih om James.

Salam.
[/quote]

Mas Suprapto apa kabar?

Saya termasuk beruntung karena rumahnya kebetulan dekat banget sama mas mpcrb jadi bisa sering2 diskusi. Mudah2an dari diskusi ini bisa memberikan sesuatu yang manfaat .

Saya kadang2 iri dengan kondisi di china dimana qi gong itu sudah menjadi suatu institusi sementara kita punya ilmu yang cukup banyak belum bisa  berkembang kearah situ. Siapa tahu nanti MP bisa menjadi pelopor di bidang ini mas.

Tapi saya masih ada utang nich tiap ke jogja belum sempat sowan ke tempat mas Suprapto. Mudah2an kalau ke sana lagi saya harus usaha mampir nich.

Salam

mpcrb

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 20
  • -Receive: 91
  • Posts: 759
  • Reputation: 266
  • Sahabat Silat
    • My profile on Kompas cetak (you have to be Kompas member)
    • Email
  • Perguruan: Merpati Putih
Re: PPS Betako Merpati Putih
« Reply #584 on: 14/04/2011 15:21 »
@mas suprapto,

Wadow, berarti saya termasuk makhluk hidup yang perlu dilindungi donk mas. :)

Saya mah bukan siapa-siapa mas. Hanya kebetulan lewat dan berkesempatan untuk memberikan sumbangsih yang seadanya ini untuk Merpati Putih. Sesuatu yang ingin sekali saya lakukan sejak dulu tapi belum kesampaian. Semoga dengan tulisan-tulisan ini bisa diambil manfaatnya, dikoreksi yang salah, dan diluruskan kalau melenceng.


@mas sambergledek,

Kalau bicara iri (tentunya iri dalam konteks yang baik), saya juga sama iri sekali dengan buku itu mas. Sangat komprehensif mengulas mengenai konsep qi gong, terutama berkaitan dengan pengobatan. Ada juga beberapa disinggung mengenai beladiri.

Dari sebanyak itu, baru 'khatam' 4 bab saja. :( Karena memang istilah-istilahnya masih termasuk baru buat saya. Itupun setelah 1 bulanan dibaca rutin, berulang-ulang, mencoba menajamkan rasa untuk mencari tahu makna tulisan untuk kemudian dicoba dibandingkan dengan metode MP yang saya pahami. Seperti halnya pendapat dari mas ogebang, saya juga merasa ada missing link yang selama ini seperti 'hilang' seolah muncul di buku tersebut. Selama ini penjelasan yang saya dapat, terkadang belum bisa membuat saya paham. Mungkin karena keterbatasan pengetahuan, mungkin juga karena bahasa tutur dari senior yang belum sepenuhnya saya pahami. Tetapi dengan membaca buku ini, wawasan jadi lebih terbuka. Lebih bisa memaknai bahwa apa yang MP punya itu sebenarnya sudah lebih dari cukup. Jadi istilah mas suprapto dengan "one stop shopping" sungguh sangat tepat. Tinggal membuka wawasan cakrawala saja terhadap suatu sudut pandang. Lebih open minded untuk mersudi.

Saya yang harusnya berterima kasih dengan mas sambergledek ini, karena berkat buku inilah saya jadi lebih bisa memahami apa-apa yang sebelumnya tidak/belum saya pahami. Sebagai dasar pengetahuan awal yang nanti digabungkan dengan pengetahuan-pengetahuan lain seiring perjalanan waktu. Barangkali dari sedikit pengetahuan saya bisa menjadi manfaat untuk kita semua dan membawa kebaikan bagi bersama.

Salam.
Belajar memahami hidup dalam kehidupan...

 

Powered by EzPortal