+-

Video Silat


Sabung bebas POPSI Bhayu Manunggal
HQ Hikayat Betawi Beksi Kreo Selatan #2
manahan Solo
Bandrong Ing Cilegon
Silat Tungdor Margaluyu Pusat
Tuna Daksa Sang Pendekar Silat
Merpati Putih Cabang Kabupaten Tangerang
Paseban - Pengasinan di FIB UI #2
Bunga Betawi Liar Dayak Kalteng

Shoutbox

13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
30/03/2015 14:06 initial_d: Sepi amat ya bang, pada kemane nih penghuninya....
20/10/2014 15:28 kunderemp: Ya.. om Taufan.. Tanggal 11 lalu saya masih di tengah hutan di Bakan.
View Shout History

Recent Topics

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
18/10/2018 17:03

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta  (Read 16114 times)

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #15 on: 05/11/2008 05:09 »
Nhaaa... itu menarik Uda Parewa...

Tapi sekedar meyakinkan... bagaimana kita membedakan film ini dengan film silat lain yang sudah banyak beredar di tahun '70-'80 an (dan kemudian tenggelam)?

Maksutnya... apa yang dibuat berbeda dari film kali ini yang bisa membuat para penonton lebih tergugah untuk mengetahui silat lebih jauh, bukan sekedar another film laga dan sesudah itu penonton pada lupa... Mungkin dengan sedikit memberi Caption tentang silat harimau kali ya? Misalnya kayak tulisan pembukaan di buku Da Vinci Code: "Semua fakta sejarah, lokasi dan teknologi di buku ini benar-benar ada", di film ini dimasukkan : "Silat Harimau dan semua teknik yang ditampilkan di film ini benar-benar ada, silat ini merupakan ... dst. dst."

Cuma sumbang saran... sutradaranya mau gak masukin?  :w
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #16 on: 05/11/2008 11:10 »
Kalau film ini pasarnya internasional dan sukses, kayak film-filmnya Oom steven seagel yang mengangkat pamornya Aikido atau Tony Ja dengan Ong Bak-nya, saya rasa citra silat tradisonal bakalan terangkat.

Mudah-mudahan aja [thank]
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Pembukaan pelatihan cimande di jakarta
« Reply #17 on: 05/11/2008 11:55 »
Bolehlah berharap kalau film merantau nantinya menaikkan pamor silat indonesia.tapi kita jg gak blh diam aja,kt jg harus berusaha terus biar silat kembali berkenan di hati rakyat indonesia.kira2 crnya gimana? Aku kira gak cukup dng publikasi lewat film aja,mungkin lewat buku,kan katanya buku itu jendela dunia,kita deketin tuh penulis2 yg ckp populer,apalagi yg suka bikin novel silat,kt ajak mereka melihat latihan2 silat,kali aja mereka tertarik dan menuturkan keragaman silat kita melalui cerita2nya...sekedar saran aja
baru belajar nulis

Abu Zakka

  • Anggota Senior
  • ****
  • Thank You
  • -Given: 2
  • -Receive: 13
  • Posts: 366
  • Reputation: 67
  • Sabandar Kari Madi
  • Perguruan: Maenpo Kari
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #18 on: 05/11/2008 14:25 »
Boleh juga, idenya Kang / Mbak Dolly.

Sebenernya sih kalau mau jujur yang bikin saya tergila-gila sama silat tradisional, salah satunya adalah komik-komik dan novel-novel silat jaman dulu, kayak Karyanya Yan Mintaraga (kalau gak salah namanya sih itu), Mandala, selendang sakti, dll (ai lupa nih).
Saya baca nih komik kelas 1 atau 2 SD sekitar tahun 79-an, tapi sampai sekarang masih terangan-angan gimana saktinya Mandala yang selalu naik kuda putih (Au siapa namanya).

Ada lagi wiro sableng, Pendekar dari gunung wilis, Mahesa Edan (kalau gak salah), tidak lupa karya kho ping hoo bu kek siam su, Karya Chin Yung Sin tiau Enghiong dan seri-serinya.

Dan terus terang aja, temen-temen saya yang seneng silat rata-rata juga awalnya seneng baca yang beginian nih.

Boleh juga sih, ini jadi salah satu alternative jalan pelestarian Silat tradisional.

Gimana nih Suhu-suhu yang demen nulis, saya lihat banyak Anggota Forum yang punya bakat nulis.

Usul saya sih, dalam cerita silat di masukkin unsur-unsur silat tradisional yang nyata, misalnya : jagoannya adalah pendekar yang berguru pada Ki sanak yang mempunyai silat Cikalong atau Cimande, atau Sabeni atau Cingkrik atau .....dst. Bisa juga jagoannya Jawara Pendekar golok aliran Seliwa, atau pendekar Toya Sakti dari Walet Puti, he he,....
Seru juga tuh. Jadi gak cuma fiksi, tapi emang ada unsur kenyataannya.

Kayak cerita-cerita Karya Chin Yung yang memasukkan unsur perguruan Asli Cina dan sejarah yang bisa di telusuri kebenarannya. Ini juga yang membuat Sholin, Butong, Go Bie dan Kun Lun terkenal di kalangan Praktisi Bela Diri Dunia.

Ini sih memperkuat usulnya Kang/Mbak Dolly  [top]

Silahkan ah di komentarin
Cadu Nyekel Cadu Kacekel...

Dolly Maylissa

  • Moderator
  • Calon Pendekar
  • **
  • Thank You
  • -Given: 9
  • -Receive: 12
  • Posts: 519
  • Reputation: 49
  • silat itu ya salaman bukan gebuk2an,,,
    • d01ly's blog
    • Email
Pembukaan pelatihan cimande di jakarta
« Reply #19 on: 05/11/2008 23:03 »
Lah aku dipangil kang??akukan cewe,dipanggil mbak jg kyny tua bener,aku jg br 20thn kale,msh bandel,,,
monggo dilanjutkan diskusinya...
baru belajar nulis

Antara

  • Moderator
  • Pendekar Madya
  • **
  • Thank You
  • -Given: 28
  • -Receive: 29
  • Posts: 1.168
  • Reputation: 110
  • Malu bertanya tinggal pake GPS...
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #20 on: 08/11/2008 08:20 »
Wah... saya hobbi nulis nih... meskipun masih amatiran dan bisa bikin editor mimpi buruk seminggu penuh  :o Mau dong saya diajarin silat-silat tradisional seperlunya, sekedar ngeluasin wawasan... (entah novel silatnya bakal ketulis apa enggak :D)

btw... katanya minat baca generasi muda kita makin menurun tuh... hiks... prihatin, banyak novel non ..-lit dan romance yang gak laku  :'( Jadi para penulis yang belum punya latar belakang silat mungkin masih akan mikir-mikir untuk menulis genre satu ini, apalagi sampe perlu riset serius silat-silatnya....

Harus penulis yang bervisi penulisan sekaligus persilatan tuh...
Fairy tales don't tell children that dragons are real...
Children always know that dragons are real...
Fairy tales only tell that dragons can be slain...

Cah_Gemblung

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 3
  • Posts: 183
  • Reputation: 8
    • Made in Indonesia
Re: Pembukaan pelatihan cimande di jakarta
« Reply #21 on: 08/11/2008 08:45 »
Lah aku dipangil kang??akukan cewe,dipanggil mbak jg kyny tua bener,aku jg br 20thn kale,msh bandel,,,
monggo dilanjutkan diskusinya...

Budhe???  [lucu]

 [fruit] [fruit] [fruit]

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #22 on: 10/11/2008 08:32 »
Tapi kalo yang nglatih Sarung Kampret, apa nggak disuruh gelantungan di pohon gitu?  :D

Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Taroichi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #23 on: 10/11/2008 22:06 »


Aku pernah latihan cimande cuma beberapa jurus, dan apalagi saat aku di suruh mukul lalu guruku memukul kepalan tanganku, aduh aku terjatuh krn aku tahu kuda2ku kurang kukuh.

cimande silat yang aku pelajari dari seorang guru yang umurnya juga udah tua.

kalo latihannya di jakarta dimana ya, aku ingin sekali belajar lagi, tapi latihannya jangan di pukul pake sapu lidi ya.



hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #24 on: 11/11/2008 07:42 »
[quote removed, karena tidak perlu


Wah ada yang trauma. Gimana nih Kang Alam? Apa pakai sapu lidi atau yang lain?
« Last Edit: 11/11/2008 11:46 by EricB »
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

Taroichi

  • Anggota
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 14
  • Reputation: 0
    • Email
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #25 on: 17/11/2008 22:20 »


sapu lidi buat latihan gemgam dan nangkis kok :w

iqbal khan

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 124
  • Reputation: 1
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #26 on: 18/11/2008 10:09 »
Saya sekarang ini lagi semangat-semangatnya ingin belajar silat yang fokus kepada TD, Tapi sayang sangat susah cari informasinya.

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #27 on: 20/11/2008 11:45 »
kumpulkan orang agar diusahakan lebih dari 15 orang, daftar kepada sdr mas ezra.... di www.silatindonesia.com >>info latihan..

Kalau cuman kurang dari 10 orang kasihan para pengajar yang datang dari jauh nih... :'(
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

hidup

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 532
  • Reputation: 17
  • Hanya Ingin Daur Ulang Pisaneuy
    • Email
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #28 on: 20/11/2008 11:47 »
Asyik dilatih sama Pendekar Sarkam.  :)
Habis Manis, Sepah Masih Bisa Diklamuti
(The Philosophy of Recycle)

sarung kampret

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 15
  • Posts: 1.359
  • Reputation: 63
    • Email
  • Perguruan: Balerante
Re: Pembukaan Pelatihan CIMANDE di Jakarta
« Reply #29 on: 27/02/2013 17:26 »
Tolong ganti dong kok no hape sini sebagai koordinator pelatihan cimande :
1. Diriku bukan orang cimande
2. saat ini saya sudah gak aktif lagi di Forum

many thanks
"Sugih tanpo bondho,pintar tanpo ngeguru, menang tanpo ngasorake, nglurug tanpo bala, mangan tanpo mbayar."

 

Powered by EzPortal