+-

Video Silat


Shoutbox

23/12/2019 08:32 anaknaga: Tidak bisa masuk thread. dah lama tidak nengok perkembangan forum ini.
salam perguruan dan padepokan silat seluruh nusantara.
02/07/2019 18:01 Putra Petir: Akhirnya masuk jua... wkwkwk
13/12/2016 10:49 Taufan: Yuk ke Festival Kampung Silat Jampang 17-18 Desember 2016!!!
20/09/2016 16:45 Dolly Maylissa: kangen diskusi disini
11/02/2016 15:58 Taufan: Alhamdulillah SS sudah ON lagi ;-)
07/01/2016 10:00 luri: wa 'alaikumussalam
04/01/2016 20:21 May Lee: Assalamu 'alaikum
View Shout History

Recent Topics

PPS Betako Merpati Putih by acepilot
14/08/2020 10:06

Minta Do`a dan bimbingan para suhu dan sesepuh silat :D. SANDEKALA by zvprakozo
10/04/2019 18:34

On our book: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
13/03/2017 14:37

Siaran Radio ttg. Musik Pencak Silat di Stasiun "BR-Klassik / Musik der Welt" by Ilmu Padi
12/01/2017 16:19

Tentang buku kami: "The Fighting Art of Pencak Silat and its Music" by Ilmu Padi
17/10/2016 20:27

Hoby Miara Jin by anaknaga
19/09/2016 04:50

TALKSHOW SILAT - Silat Untuk Kehidupan by luri
22/06/2016 08:11

Thi Khi I Beng by aki sija
17/08/2015 06:19

[BUKUTAMU] by devil
09/06/2015 21:51

Daftar Aliran dan Perguruan di Indonesia by devil
01/06/2015 14:01

SILAT BERDO'A SELAMAT by devil
01/06/2015 13:59

Persilatan Jurus Lima (Sabandar) by Marsudi Eko
14/05/2015 19:36

Kebugaran Merpati Putih by mpcrb
22/04/2015 16:16

PAWAI JAMBORE PENCAK 2015 by luri
20/04/2015 16:20

ALM. Kong Nur ( BEKSI Kampung Sawah) by initial_d
30/03/2015 14:02

SilatIndonesia.Com

Author Topic: Banjir bandang di Jateng & Jatim  (Read 3129 times)

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Banjir bandang di Jateng & Jatim
« on: 31/12/2007 10:52 »
Mas Bram
Bagaimana kabarnya?
Semoga air bah tidak mampir dipemukiman sampeyan.
Saya baru bisa ikut prihatin atas musibah banjir bandang di Jateng & Jatim.

Yah...itulah buah keserakahan yg harus kita terima karena tidak mau memperlakukan alam dengan layak.
Turut prihatin.

salam,

Ranggalana

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 1
  • -Receive: 1
  • Posts: 652
  • Reputation: 81
  • sastra jendra hyu ning rad pangruwating diyu
    • Email
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #1 on: 31/12/2007 12:56 »
Maturnuwun sanget untuk perhatiannya sahabat,

Desa kami Sekaralas agak tinggi, di kaki Lawu, jadi aman karena di atas banjir dan di bawah yang longsor. Malah kemaren ini kali Nglodro yang melalui desa kami setor material senilai sekitar Rp 10 juta berbentuk pasir dan batu-batu yang nyangkut di tikungan-tikungan kali yang banjir menuju Bengawan Solo. Jadi Mas Lodeng, Mas Genggong, Mbah Yo, Kang Sis dan kawan-kawan lain tua maupun muda 'bancakan' pada ceciblon gogo pasir dan batu. Tetapi kecamatan kami bagian Utara, di daerah Gendingan dan Widodaren Lor, air mencapai wuwungan atap. Apalagi didekat tempuran kali Walikukun dengan Bengawan Solo.

Saya bersama Ratuku (yang gratisan) sudah naik bebek ke sana nengoki. Orang-orang yang jadi korban tabah, masih bisa ngguya-ngguyu tuh! Banyak yang tetulung dan ikhlas membantu sodaranya. Mungkin perlu nenuwun tambah-tambah bencana karena dampak positifnya solidaritas sosial jadi lebih keliatan?

Setidaknya selama lereng Lawu dan Wilis serta gunung-gunung lain di Jawa di babat dan dijadikan kebun sayur oleh petani yang bertahan hidup, dan selama hutan-hutan jati yang digunduli saat reformasi di sepanjang aliran Bengawan Solo belon lebat kembali, selama itu pula kita pastikan bahwa banjir akan semakin seru saja. Setiap RT di setiap desa perlu punya beberapa perahu karet, jadi inpentaris RT tak cukup cuman tiker dan kursi plastik lagi.

Tinggal pilih khan? Kalau merasa asyik dengan bencana, silakan teruskan hidup serakah, sembarangan nyampah. Kalau mau tenteram sejahtera, semua sudah tau caranya. Kupikir, dan ini sangat disayangkan, kebanyakan kita memilih bencana, menolak kententraman dan kesejahteraan. Nyatanya gitu loh.

Salam hangat,
Bram
batu kali jadi candi, duka jadi puisi, jagal jadi wali

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #2 on: 31/12/2007 22:15 »
turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita baik yang dikarang anyar, korban banjir bengawan solo dan  saudar-saudar di bagian lain bumi pertiwi...
marilah kita berdoa semoga ini menjadi bencana terakhir di bumi kita ini. dan tahun 2008 menjadi titik awal dari persahabatan kita dengan, mari bersama kita berdoa semoga para penguasa politik dan ekonomi  untuk segera bertobat dan menyadari kesalahannya telah merusak alam ini...

apa yang bisa kita lakukan (walaupun sedikit) untuk merawat alam yang dipercayakan Tuhan kepada kita dan yang dititipkan kepada kita oleh anak-cucu kita?

AGUNGP

  • Anggota Tetap
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 215
  • Reputation: 10
    • Email
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #3 on: 07/01/2008 08:10 »
Turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita baik yang dikarang anyar, korban banjir bengawan solo dan  saudar-saudar di bagian lain bumi pertiwi.

Semoga juga banjir tidak terus meluas
Di Jakarta Dll.
Semoga mereka yang mencuri kayu pada sadar bahwa mencuri itu perbuatan Dosa.

Java

  • Calon Pendekar
  • *
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 0
  • Posts: 647
  • Reputation: 48
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #4 on: 07/01/2008 08:47 »
Kita bisa berpartisipasi menjaga kelestarian alam agar karunia Tuhan dapat dinikmati tanpa rasa was-was.

Mari mulai "memarahi" diri sendiri, anak, istri, pembatu dan saudara-saudara kita agar tidak membuang sampah sembarangan.

Buanglah sampah pada tempatnya sesuai dengan kelompok/ golongannya:
1. sampah organik, umumnya selain dari plastik.
2. sampah non organik, umumnya berbahan dasar plastik.

Kita mungkin belum bisa mengikuti anjuran pemerintah dalam gerakan menanam 10 juta pohon. Tapi dg tidak membuang sampah sembarangan dan selalu mengingatkan sesama agar menjaga lingkungan hidup sudah merupakan langkah awal yang cukup baik.

Mari perangi perusak lingkungan!

Tetap semangat.

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #5 on: 07/01/2008 09:18 »
setuju mas java,
memang harus dimulai dari diri sendiri. dari keluarga sendiri... alhamdulillah anak2 saya sejak kecil sudah terbiasa buang sampah ditempatnya. malah kalo saya lupa buang sampah asal buang diprotes sama2 anak sendiri.
budaya menanam pohon juga sangat baik untuk mendukung pengurangan polusi dan pemanasan global. bayangkan kalo setiap keluarga di indonesia menanam masing2 sepuluh pohon, mungkin dalam satu tahun indonesia akan kembali hijau dan dalam sepuluh tahun bumi kita akan merasakan dampak positifnya.

semoga Tuhan meridhoi kita





one

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 3
  • -Receive: 24
  • Posts: 845
  • Reputation: 66
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #6 on: 09/01/2008 12:06 »
Menanamkan kecintaan pada alam dihati semua jauh lebih penting daripada menanam pohon setelah kerusakan yang diperbuat.

Kadang kita melupakan ajaran moyang kita tentang keharmonisan alam dengan manusia, padahal contoh bencana sudah banyak.

Andaikan nilai-nilai luhur seperti yang diajarkan orang-orang tua kita dulu tidak disepelekan mungkin hal ini bisa dikurangi. Contoh nilai-nilai luhur: murid Cimande sebelum masuk wajib ditalek (disumpah) yang diantaranya "tidak boleh metik tanpa izin, mengambil tanpa minta (teu meunang metik teu izin, ngala teu menta)..." bisa dibayangkan untuk metik daun aja harus izin, mengambil sesuatu harus bilang... rasanya kecil kemungkinan kalau orang memiliki keluhuran budi yang telah bersumpah melakukan pengrusakan apalagi hutan...lha wong metik daun aja (yang sepele) sudah dipagari "sumpah"

sayang ya....

kalo saya boleh usul mah, mendingan para perusak hutan dan alam, ditangkap dan dibuatkan penjara dilokasi tempat ia rusak. Misalnya penggundul hutan, dibuatkan penjara dipinggir lokasi rawan longsor, para perusak tata ruang yang menyebabkan banjir dibuatkan penjara dipinggir sungai atau muara.

nah, kalo yang bingung kalo yang punya hajatannya bikin lumpur dari perut bumi keluar kayak di Sidoarjo...menurut saya dibuatkan rumah dinas ditengah semburan (kalo masih jabat mentri) ya?

Turut berduka dan merasakan....meski lewat angan
salam duka :'(,



one

Jali Jengki

  • Pendekar Muda
  • **
  • Thank You
  • -Given: 0
  • -Receive: 2
  • Posts: 828
  • Reputation: 44
  • Love Pencak Silat, Proud to be Indonesian
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #7 on: 09/01/2008 12:27 »
Sebelonnye ane turut duka cita buat sodare2 kite nyang ketiban musibah...

Ane kire setuju ame temen2 nyang udah ungkapin....

Cuman ane kalo ade musibah jadi inget Sayidina Umar bin Khatab RA ketika ngunjungin orang2 nyang kena musibah. Pertanyaannye cuman atu gak ade nyang laen: "Kire2 maksiat ape nyang udeh ente2 lakuin,ampe kejadian bgini"...?

Ye gitu deeh...ane pikir selaen nyang udeh temen2 sebutin di atas ade faktor laen atas musibah nyang silih berganti di negeri kite. Negeri kite udah diserang musibah dari berbagai penjuru...Darat,laut,udara,penyakit...Kayaknye kagak abis pikir...?

Kalo udah abis pikir bukan akal lagi nyang ngomong, tapi kudu dzikir (inget/eling)...
Kapan...udah ade ketentuan tuh Allah akan ngasih bencana nyang gak kepikiran kalo penduduk negri ntu maksiatnye udeh tinggi ame banyaknye nyang ngurangin timbangan (maksudnye ngurangin ketentuan Allah bukannye timbangan dagangan).

Nyok deh same2 kite interospeksi diri,kali2 aje ade dose nyang keliwat. Maap2 kate bukan maksud ane advise agama tertentu nih...cuman sharing aje nyang ane tau.

Tabik,
Kullu Nafsin Zaaiqatul MAUT

Unknown

  • Pendekar Madya
  • ***
  • Thank You
  • -Given: 65
  • -Receive: 41
  • Posts: 1.486
  • Reputation: 95
  • I'm no longer a member of this forum
    • FORUM SILAT
Re: Banjir bandang di Jateng & Jatim
« Reply #8 on: 09/01/2008 14:05 »
wah dose ane dah lebih gede dari gunung lebih luas dari samodre, cing....
tobat...tobat..... :'( :'( :'(

 

Powered by EzPortal